6 Hal yang Membuat saya Frustasi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Inilah yang membuat saya frustasi:

  1. Tanaman yang dipindah malah mati. Tanamannya sudah dipelihara beberapa bulan, ketika dipindahkan ke pot baru dan dikasih tanah baru plus pupuknya, dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian mati.
  • Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Tanaman ini sudah disayang-sayang, ada 5 benih yang berhasil tumbuh. Pas winter juga dimasukkin rumah supaya bertahan. Awal Februari saya pindah ke pot baru, karena kelihatannya pot lama, media tanahnya sudah tidak bagus lagi. Pot lama berisi 5 tanaman, jadi saya bagi dua. Ada yang tiga dan dua tanaman. Mati semuanya :(.

    6 Hal yang Membuat saya Frustasi. Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Foto Kiri Masih Segar umur 6 Bulan. Foto Kanan setelah dipindah ke Pot Baru

    Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Foto Kiri Masih Segar umur 6 Bulan. Foto Kanan setelah dipindah ke Pot Baru

 

  • Β Aloe vera. Aloe Vera dipisahkan dari anak-anaknya pada 12 Des 2012. Kenapa saya pindahkan, karena induknya kepayahan menopang 13 anaknya, posisinya juga sudah miring. Tragis, dalam waktu singkat, satu pot isi anak-anak aloe vera mati semua. Satu pot lagi induknya mati, untung 2 anak masih bertahan hingga kini, saya pisahkan ke pot kecil dulu. Padahal tanahnya sudah saya berikan yang khusus untuk kaktus dan sukulen. Entahlah mungkin cuacanya belum cocok, padahal saya lakukan pemindahan dalam rumah, jadi kan hangat suhunya. Mungkin benar buku yang saya baca, jenis kaktus kalau winter dalam masa tenang alias tidur. Tidur diganggu-ganggu ya marah kali ya πŸ™ .

    Nasib Tragis pada Aloe Vera. Hanya Dua Anaknya yang Bertahan

    Nasib Tragis pada Aloe Vera. Hanya Dua Anaknya yang Bertahan

 

  • Keduanya jenis sukulen. Yang satu mulai menciut, yang sebelahnya batangnya sudah kering

    Keduanya Termasuk Sukulen. Foto Kiri kenapa Mulai Menciut ya. Foto Kanan sepertinya tamat Riwayatnya

    Keduanya Termasuk Sukulen. Foto Kiri kenapa Mulai Menciut ya. Foto Kanan sepertinya tamat Riwayatnya

  • Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas beli segar bugar. Diskonan loh cuma 1 Euro, normalnya sekitar 6 Euro an. Dari dulu pengen jenis tanaman ini. Pas beli dalam pot plastik, saya pindahkan ke pot baru, media tanah dari yang lama, saya sertakan juga. Mungkin salah pot ya, dari batu jadi dingin sekali potnya. Daun dan ranting-ranting bagian atas saya coba pangkas dan saya pindah kembali ke pot plastik. Terlihat beberapa daun mulai berdiri (segar) kembali, semoga bisa bertahan.

    Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas Beli Segar Bugar. Dipindah Ke pot Baru ya Begini deh

    Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas Beli Segar Bugar. Dipindah Ke pot Baru ya Begini deh

  • Sempervivum termasuk tanaman sukulen.Β  Foto kiri 19 Des 2012, masih segar sekali ya. Nama “Sempervivum”Β  berasal dari bahasa Latin Semper (“selalu”) dan vivus (“hidup”). Sempervivum disebut “selalu hidup” karena tanaman tahunan ini terus hidup di musim dingin dan sangat tahan terhadap kondisi sulit pertumbuhan. Karena media tanah sudah kering sekali, saya pindahkan ke pot baru dengan tanah baru ternyata.. semoga seperti namanya terus hidup ya semper.

    Sempervivum. Known as Liveforever

    Sempervivum. Known as Liveforever

    • Imuttnya Kaktusku. Foto kiri: 3 anak kaktus saya pisahkan tahun lalu. Dipisahkan menjelang musim dingin. Ternyata malah kering dan mati. Ehh induknya menghasilkan lagi anak-anak yang lumayan banyak. Saya akan pisahkan di musim panas saja, supaya aman ;).

      Imuttnya anak.anak Kaktus

      Imuttnya anak.anak Kaktus

    • Kaktus Jangkung. Dulu saya kesal dengan kaktus iniΒ  β€ž..ko kamu terima sih ada yang ngasih tanaman menyeramkan seperti iniβ€œ ujarku ke suami kala itu. Duri-duri induk kaktusnya sangat menyeramkan. Anak-anaknya juga menjalar kemana-mana, jadi harus dibuat penopang, (penyangganya). Ternyata di musim dingin, induknya mulai sakit, menghitam, dan mulai kering. Sudah kami coba ganti dengan tanah (pasir) baru. Sedih juga kalau mati kaktusnya hiks, semoga anak-anaknya bertahan hingga musim panas siap untuk dipisahkan.
      Kaktus ini Pemberian Pasien suamiku. Tragis nasibnya

      Kaktus ini Pemberian Pasien suamiku. Tragis nasibnya

      2.Β Tumbuh tidak seperti yang diharapkan.

      • Narcissus atau dikenal juga sebagai daffodil. Maunya saya tanamannya tegak, jangan letoy gitu, kesannya berantakan. Foto tengah tanamannya saya coba kerangkeng :D, sebelah kanan coba dibagi tiga bagian dan diikat.
      • Allium. Sama seperti Narcissus, harus diberikan penyangga supaya Alliumnya tegak.
        Dua Jenis Allium

        Dua Jenis Allium

        3.Β Benih tanaman tidak tumbuh-tumbuh. Sudah 2 kali coba selang waktu sebulan. Nanam benih tomat, cabe, cabe rawit, paprika dan benih beberapa macam bunga. Percobaan pertama sama sekali tidak ada yang tumbuh. Coba lagi akhirnya ada 3 yang tumbuh, tapi benih bunga sama sekali tidak tumbuh. Dua hari lalu coba tanam lagi lebih banyak bibit bunganya, semoga tumbuh, kalau tidak ya habis deh benih bunga-bungaku :(.

        Percobaan kedua nih akhirnya ada tiga yang tumbuh benih tomat dan cabe bulat

        Percobaan kedua nih akhirnya ada tiga yang tumbuh benih tomat dan cabe bulat

        4.Β Umbi tanaman (bunganya) bermasalah. Kalau tanaman atau bunga pertumbuhannya aneh, seperti ujung daunnya mengering atau agak layu. Nah patut dicurigai, coba bongkar, siapa tahu umbinya agak busuk atau berjamur seperti Allium milik saya. Kalau berjamur, bersihkan. Β Usap saja, singkirkan jamurnya dan tanam kembali, berikan tanah yang baru. Sepertinya saya memberikan terlalu banyak air, jadi umbinya lembab dan berjamur.

        Umbi Allium ku Bermasalah

        Umbi Allium ku Bermasalah

5.Β Kapan berbunga nyaaa???

      • Weihnachtskaktus atau Christmas Cactus. Genus Schlumbergera adalah genus kecil kaktus dengan enam spesies yang ditemukan di pegunungan pesisir selatan-timur laut Brasil. Tanaman tumbuh di pohon atau batu di habitat yang umumnya teduh dengan kelembaban yang tinggi. Sebagian besar spesies Schlumbergera memiliki batang yang menyerupai daun-seperti bantalan bergabung satu dengan yang lain dan bunga yang muncul dari areoles di sendi. Sudah diganti tanahnya, tidak sering disiram sesuai pentunjuk perawatannya, namun hingga sekarang tidak muncul bunganya.

        My Christmas Cactus or Thanksgiving Cactus where is your flower

        My Christmas Cactus or Thanksgiving Cactus where is your flower

      • Kalanchoe. Tanaman ini termasuk sukulen, jadi tidak boleh terlalu banyak disiram. Saya beli Mei 2012. Cantik ya warna pinknya. Bunganya bertahan lama loh sampai 3 bulan. Nah tanaman ini bisa diperbanyak dari daun-daunnya, tinggal dipotong dan ditancamkan ketanah, kalau mulai muncul cabang-cabangnya bisa juga dipotong dan ditanam. Dari bagian yang dipotong akan tumbuh lagi cabang baru. Dari satu induk yang kecil imut-imut, saya sudah punya 16 anak-anak Kalanchoe. Sayang belum muncul bunganya.
      • Anggrek Phalaenopsis. Tahun lalu sekitar bulan Oktober 2012 saya mendapat dua tanaman anggrek dari teman saya Ni Luh. Waktu diberikan belum muncul bunganya. Hingga kini milik belum muncul juga bunganya. Sedangkan milik Iluh anggreknya sudah berbunga, milik mama mertua saya anggreknya juga sudah berbunga. Anggrek semua orang sudah berbunga, hanya milik saya yang belum :(.Β Semoga setelah dipupuk satu bulan belakang ini akan berbunga. Foto kanan, anggrek yang besar sudah ada anaknya, dan sudah saya pisahkan. Eh sepertinya muncul bakal anak lagi. Haduuuhhh beranak terus kapan berbunganya??? :(. Β Beberapa kali ke supermarket khusus tanaman, naksir lihat anggrek warna biru, cantik sekali!, sayang saya tidak naksir harganya sekitar 30 Euro dirupiahkan Rp.375.000 semoga anggrek milik saya warna biru ngarep.com hehehe.

6.Β Cuaca yang tidak bersahabat.Β Yang terakhir nih yang membuat saya frustasi atau kesal, cuaca yang tidak bersahabat. Seminggu kemarin setiap hari sudah hangat suhunya, hingga 19 derajat celcius. Matahari bersinar cerah. Sayapun membeli beberapa jenis tanaman, dan sudah taruh diluar rumah. Ternyata salju turun lagi :(. Daripada tanaman-tanamanku tamat riwayatnya, jadi saya masukin rumah dulu. Semoga saljunya tidak lama ya, kan sudah masuk bulan Maret harusnya sudah musim semi dong!.

Walaupun terkadang saya frustasi akan banyak hal diatas yang saya jabarkan panjang lebar, biasanya tidak lama ko. Dalam beberapa hariΒ  kemudian kangen lagi berkebun. Biasanya di waktu jeda tersebut saya akan melakukan aktifitas lain seperti nonton tv berjam-jam, bikin-bikin kue, jalan-jalan ke beberapa supermarket khusus tanaman, membaca majalah-majalah berkebun dan tentunya internetan.

Seorang gardener sejati pasti punya cara untuk tidak berputus atas menghadapi semua masalah yang terjadi pada tanaman-tanamannya, pasti punya cara untuk mencari penyelesaiannya termasuk punya cara untuk menghibur diri sendiri ;).

Nah sahabat blogger apa punya cerita menarik juga mengenai suka duka berkebun? Bagaimana cara kalian mengatasi frustasi atau jenuh dalam bercocok tanam, share di kolom komentar ya ;).

Happy gardening!.

 

Frustasiku tahun 2012 disini ya

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Advertisements

130 Comments

  1. yudi
  2. ferryparta
  3. kasamago
  4. Elskan
  5. Uz 1453
      • Uz 1453
  6. Nisa
  7. ronal
      • ronal
  8. oxydimas
  9. ladeva
  10. whysooserious
  11. Chelle Handojo
      • Chelle Handojo
          • Chelle Handojo
          • Chelle Handojo
          • Chelle Handojo
  12. Evi
  13. ardika
      • ardika
          • ardika
          • ardika
  14. Tina Latief
      • Tina Latief
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: