6 Hal yang Membuat saya Frustasi

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

130 Responses

  1. jgn lama2 frustrasinya ya kak 😀 mawarku tuh yg jingga dan ungu udah mati, udah RIP, tanahnya kupindahkan ke tanaman cemaraku dan potnya sudah kusimpan di gudang 🙁 sekarang tinggal yg mawar merah yang tak pernah berbunga itu, tapi daunnya tumbuh melulu.. aneh, padahal udah diajak ngobrol dan diancam segala (seperti saran kakak dulu hahaa), tetap aja mingkem gak berbunga..

    • Mawar yang mati sudah dibuang? aturan potong saja semua ranting2 keringnya, sisakan beberapa cm batangnya, pindahkan ke pot lebih kecil, siram lebih sering, nanti juga tumbuh lagi. Mawar merahmu coba potong ranting-ranting bagian atasnnya. Kasih pupuk juga. Mawarku sih masih kedinginan, jadi ga diajak ngobrol dulu hehehe.

      • udah kubikin kayak gitu dulu sebelum kubuang kak, lalu dia tak tumbuh lagi, menghitam batangnya.. sudah busuk nampaknya.. makanya wassalam lah 🙂 nah kalau mawar merah juga sudah kubikin persis kek kakak bilang itu, udah hampir setahun kak gak berbunga. kalau daunnya tumbuh terus dan hijau cantik.. lets see lah 🙂 kalau berbunga nanti kufoto deh 🙂

  2. Kegagalan adalah guru terbaik Nel. Tetep semangat ya Nel, walaupun sedih melihat tanaman mati tapi jangan terlalu lama sedihnya. Ntar kita2 ndak bisa liat update-an foto-foto cantik bungamu 🙂

  3. yudi says:

    yang bikin mati itu tumbuhannya yang stres tu mba nel…
    klo smpe di pisah di bagian akarnya itu di tambah pupuk perangsang akar (sesuai aturan)/ tambahin fungsida supaya menghindari dari gangguan jamur terus kondisi air tanahnya juga harus di perhatikan sesuai dengan jenis tanaman

  4. aku ngak sanggup deh mbak harus ini itu. he he belum belum patah semangat.

  5. alrisblog says:

    Aku kalo ada waktu luang pengen berkebun. Rasanya senang liat tanaman yang kita tanam berhasil tumbuh dengan baik.

    • Kadang frustasi kalau tanamannya sakit bahkan kalau mati, tapi lebih banyak senang sih, apalagi pas lihat bibit yang kita tanam mulai tumbuh trus berbunga atau berbuah. Silakan dicoba ;-).

  6. Wong Cilik says:

    wah, mbak Nela telaten sekali ya … saya nggak telaten kalau berkebun … 😀

  7. Riri says:

    wahh, sayang banget, padahal menunggunya butuh kesabaran ekstra yah 🙁

  8. iya mba, paling frustasi sama semua itu. apa lagi kalau terserang hama kutu putih atau ulat bulu. >_<

    anggrek mba belum berbunga juga ya?? tapi biasanya mba, kalau anggreknya udah punya anakann, di pohon induknya bakalan muncul tunas bunga. 😀 Coba pupuknya mba ganti, sama air rendaman beras, seminggu sekali aja, biar semut semut gak dateng 😀

  9. monda says:

    banyak betul bungamu ya Nel…
    sedih emang kalau bunga rusak…, Sansiveraku sering busuk daun, jadi terpaksa dibuang supaya nggak nularin…,
    satu lagi yg bikin frustasi anggrek macan dari Papua sejak dibeli bertahun2 lalu tetap nggak mau berbunga….

  10. aku juga suka nanam mbak,naman pohon buah, tapi karena nggak punya lahan luas,jadinya kalo udh tumbuh kepaksa ditebang deh, selain itu, ayahku nggak suka ada tanaman di halaman rumah, jadi kalo ada bunga yg tumbuh suka ditebang sama ayah,sekarang lgi rajin nanam cabe-cabean,melati, sama pare aj,di lahan sempit disebelah kamar,smoga kali ini engga ada yg gangguin itu..

  11. Erit07 says:

    Kaktusnya unyu’…

  12. Lucu jg ada masa tidurnya. Harus sabarrrrrrr bgt yaa mba nella

  13. winnymarch says:

    gak nyangka kakak bisa frustasi juga khususnya yang berhubungan dengan tanaman..cayo semangat kakak 😀

  14. nh18 says:

    Wah ini telaten sekali nih …
    perlu kesabaran tinggi untuk memelihara tanaman seperti ini

    salam saya Nell

  15. Andika Xp says:

    wah jangan sampe frustasi gitu lah kak (panggil kakak ja ya? moga ga keberatan 🙂 ). mungkin butuh penyesuaian lagi tu kayanya. semangat!! 😉

  16. ferryparta says:

    Berkebun bunga ditaman kita..hehe

  17. bebe' says:

    Dirimu telaten banget ya Nel. Aku ga bisa dan ga suka berkebun. 🙁

  18. Aulia says:

    kalau sudah berkebun jarang frustasi mba, tp malah fun biasanya 😀

  19. Fascha says:

    mbak, aku kan pernah tuh beli bibit Digitalis Purpurea kalo gak salah, yg dipoto itu gambar bunga yang di tengah (setelah foto temperatur) aku kirim ke mama di Indo, pas ditanem tuh taneman udah tinggi aja gitu, kata mama tanemannya kaya bayem, tapi ga berbunga- bunga loh, ampe tingginya mencapai sekitar 2 meter, apa emang gak cocok iklim yah ?

  20. kasamago says:

    mngkin tanamanny perlu dsesuaikan suhuny dg musim yg ad.. turut berduka cita.
    ttp semngat berkebun

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  21. Kagum Mba Nell dengan kegigihan dan ketelatenan berkebunnya. Gak kebayang kalo harus bolak-balik mindahin taneman begitu.
    Semoga sehat selalu ya Mba tanemannya dan pada survive semua..

  22. oppie83 says:

    Frustasi nya aku sama taneman adalah, semua fresh flowers yg ditaro di vas pasti dimakanin kucing. Begitu juga sama tanaman palem di pot..habis deh digigitin. Kemarin baru ngebuang sempervivum sukulen itu karena setelah 6 bulan dibeli krn tiba2 tanahnya kering padahal dipelihara dgn baik. Ternyata ga lama langsung pada mati, jd sedih bgt pas ngebuangnya.Satu lg, kl punya daffodil subuuur bgt tp ya gt jd pada letoy 🙁 Trus kl dipagerin eh malah mati.Saat ini aku cuma mau punya sukulen aja krn ga dimakanin kucing plus gampang ngerawat nya hehehe.

    • Pernah coba tanam atau beli rumput buat kucing? Bisa jadi pengalih perhatian si kucing ;). Aku juga suka sukulen, ga butuh perhatian khusus.

      • oppie83 says:

        Huhuhu pernah..tp mereka ga tertarik sama rumput kucing itu. Emang nasib, mungkin nanti klo kita punya rumah yg ada kebun nya bisa mereka makan sepuas puas nya deh tuh rumput. Aneh ya, kucing aku paling suka bunga mawar lho. Hehehe.

        • Hahaha kirain ampuuuhhh tuh rumput kucing, krn disini byk yg jual, bibit maupun yg sdh jadi. Oppieeee mungkin kucingmu butuh makanan yg beda2 deh, masah suka makan mawar, iseng banget ya :D.

  23. Elskan says:

    wah jangan patah semangat Nela, hilang satu tumbuh dua ribu heheheh, kalo diindo(bekasi nan panas) cocok tanam apa yah, aku mau beli benih bunga di sini buat ibuku

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  24. Uz 1453 says:

    bisa jadi kalo tanaman mati pas dipindah ke tempat baru… unsur Ph nya beda, so, tanemannya shock.. 🙂

  25. Max Manroe says:

    Yang membuat saya frustasi itu tangisan bayi yang sangat keras dan ga mau diam huhuhu …. ga ada hubungannya sama bunga ya hahaha 😆

  26. Nisa says:

    kudu teliti dan super hati2 y mbx dalam urusan tanam menanan >_<

  27. ronal says:

    whaaaat 6 hal yg bikin frustasi semuanya berhubungan dengan tanaman..ala maak hahaha…gak ada yg berhubungan dgn pasangan atau makanan gitu mba 😛

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

  28. sulitnih says:

    Jangan sampe prustasi.. Bukankah seperti itu mba tantangannya menanam…
    Main cabut aja … bisa bikin mati…
    Kelamaan ngga dicabut… eh dia mati, kirain udeh mantep disitu..
    Ngga di cabut-cabut.. Kasian… Kaya lidah buayanya…doyong.. Begitu dicabut eh malah dia pilih mati..
    Sabar Mba.. Melihat tanaman ngga cukup dengan mata… Kw kwkw..

  29. biluping says:

    Coba di cek tanahnya dan juga pupuk yang digunakan, sapa tau memng tidak cocok mbak…. salam kenal yah mbak, kunjungan perdana

  30. lieshadie says:

    wah aku telat datang ke sinih…ah blognya bagus bangettt….!!! Aku suka taneman juga…

  31. spertinya tulip punya saya harus di bungkar nih takut berjamur 😀

    spertinya saya juga pernah ngalamin tanaman yang rentan bila pindah2 pot/tempat
    seperti forget me not flower ditanam 50 hidup semua pas pindah pot yang hidup cuma 15 😀
    dan suhu tempat saya pun mulai rada aneh tiba2 panas terik dan tiba2 dingin bner ckck jadi susah untuk menanam benih selanjutnya bila cuaca nya terus begini

  32. oxydimas says:

    dulu pernah mbak coba memelihara kaktus dan bunga kosmos
    tapi karena nggak terlalu mengerti cara ngerawatnya jadi mati semua deh

    url oxydimas.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  33. Aiko says:

    Aaaaa suka banget sama sempervivumnya <3

    Mbak pro banget nih soal berkebun. Jadi belajar banyak aku 😀

  34. bundamuna says:

    mbak Nella emang pakarnya taneman!! padahal kuliah di farmasi yaaa 😀
    aku naksir kaktus yang di rak itu.. cantik-cantik kek mbak Nella! *ngegombal murahan hahaha

    dah hampir sebulan ini aku nanem pohon sirsak, kmrn kok ada beberapa daunnya yg menguning ya mbak? mau matikah pohonku? pdhl aku rajin nyiramnya… musti ak ksh pupuk lg gak ya mbak? terakhir ksh pupuk kandang sekitar 2 minggu yg lalu..

  35. itatea says:

    kalanchoe nya cantiiiiik.
    duh kapan yaa bisa berkebun. (nunggu rumah jadi dulu hihihi)

  36. ladeva says:

    Baru-baru ini suamiku beliin aku 1 pot bunga ester yang masih kuncup dan ada juga sich yang udah berbunga. Nah, itu dibilangin kan gak boleh kena sinar matahari langsung dan yang disiram akarnya aja. Tapi berhubung karena gatel pengen nyiram semuanya dari atas sampai bawah, kayaknya tumbuhnya jadi gak terlalu sukses dech Mbak. Ada yang udah layu gitu…huhuhuhu….

    • Bunga Aster kali ya?. Kalau bunganya kena air jadi cepat layu. Beda dengan tanaman yang tanpa bunga contohnya spider plat, zamio palme dll, kita bisa semprot semua bagian dengan air sekalian menghilangkan debunya.

  37. @p49it says:

    Sempervivum itu layaknya cinta yang abadi, ya. Saya suka dengan bentuknya.

  38. Wany Sung says:

    Kalanchoe ny bgs sis nella.
    bunga ny bnr2 mirip dgn rose wrn pink!

  39. Goiq says:

    saya sebenernya bukan gardener, tapi suka kalau lihat bunga bunga mermekaran.. bikin adem hati

  40. ternyata tiap tanaman seperti manusia–punya ciri khas sendiri-sendiri dan nggak bisa disamaratakan cara memperlakukannya 🙂

  41. Arman says:

    hihihi berhubung gua gak suka berkebun.. kemaren ini si andrew ada disuruh nanem apa gitu dari sekolahnya. disiramin terus ama dia. tapi gak numbuh2. gua sih udah bilang gak bakal numbuh jadi mau gua buang aja. tapi gak boleh ama si andrew. sampe sekarang (udah setaunan) tetep aja ada di balkon, gak boleh dibuang. udah gak disiram juga, dan gak numbuh juga. 😛

  42. Chelle Handojo says:

    waaa… di rumahku anggreknya berbunga terus kak XD
    udah satu setengah taun ini bunganya ga rontok2 dan malah berubah2 warna (normal ngga sih?) dari ungu, ke agak keemasan, terus putih, sekarang gradasi hahahaha

    url chellesroom.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

    • Ha masah sih?? Anggrek asli kan?. Asyik banget berbunganya lama sekali:D

      • Chelle Handojo says:

        iya, asli kok 😀
        nah itu juga yang bikin aku heran, sebelomnya jarang berbunga, sekarang bunganya awet.. ngga pernah rontok dan masih seger sampe sekarang XD

        • Dikasih pupuk cair atau padat? Taruh di tempat gelap atau terang?.
          Penasaran dg anggrekku nih :D.

          • Chelle Handojo says:

            engga dikasih pupuk, cuman disiram tiap hari sama ditaruh di bawah matahari langsung 😀

            oh iya, ralat nih, kata mamah itu bunganya rontok juga ternyata tapi tiap ada yang rontok tumbuh lagi yang baru jadinya ngga habis2 XD

          • Ooo gitu. Chelle tanya mama lagi dong, Anggreknya ditaruh dibawah matahari pas sudah ada bunganya atau ketika belum berbunga?. wah aku tunggu musim panas dong, sekarang ada matahari tapi suhunya minus hehehe.. Oh ya bilang makasih ya buat mama mu 😉

          • Chelle Handojo says:

            okaaay ntar kalo mama pulang aku tanyain lagi 😀
            tapi seingetku itu anggreknya udah di bawah matahari dari pertama dibawa pindah ke rumah ini hehe
            😀

          • Chelle Handojo says:

            kakaaa 😀
            udah wawancarain mamah nih hehe
            kata mamah kalo ditaruh di tempat yang teduh ato lembab anggreknya ngga bisa berbunga.. emang harus di ekspos ke sinar matahari 😀 terus itu emang dari awal ditaruh di bawah sinar matahari langsung sama mama hehe

          • Ooo gitu yaa. Bilang mamamu terima kasih yaa. Aku tungguin matahari deh ;).

  43. Evi says:

    Mbak Nella, karena saya tak berkebun, jadi gak pernah punya frustrasi dengan para tanaman. KAlaupun frustrasi soal cuaca, musim panas yg panjang kemarin. Pohon aren tak menghasilkan nira, kan ya gak ada yg bisa dibuat gula. Saya gak bisa jualan deh 🙂

  44. ardika says:

    Sampai detilnya mbak, memang mbak Nella itu flourist sejati nih. ha ha ha

  45. Tina Latief says:

    saya juga pernah, mindah bungan kesayangan malah mati..
    btw, saya sudh lama ngga punya kaktus..
    unik, bagus-bagus pula

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: