6 Hal yang Membuat saya Frustasi

loading...

Inilah yang membuat saya frustasi:

  1. Tanaman yang dipindah malah mati. Tanamannya sudah dipelihara beberapa bulan, ketika dipindahkan ke pot baru dan dikasih tanah baru plus pupuknya, dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian mati.
  • Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Tanaman ini sudah disayang-sayang, ada 5 benih yang berhasil tumbuh. Pas winter juga dimasukkin rumah supaya bertahan. Awal Februari saya pindah ke pot baru, karena kelihatannya pot lama, media tanahnya sudah tidak bagus lagi. Pot lama berisi 5 tanaman, jadi saya bagi dua. Ada yang tiga dan dua tanaman. Mati semuanya :(.

    6 Hal yang Membuat saya Frustasi. Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Foto Kiri Masih Segar umur 6 Bulan. Foto Kanan setelah dipindah ke Pot Baru

    Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks. Foto Kiri Masih Segar umur 6 Bulan. Foto Kanan setelah dipindah ke Pot Baru

 

  •  Aloe vera. Aloe Vera dipisahkan dari anak-anaknya pada 12 Des 2012. Kenapa saya pindahkan, karena induknya kepayahan menopang 13 anaknya, posisinya juga sudah miring. Tragis, dalam waktu singkat, satu pot isi anak-anak aloe vera mati semua. Satu pot lagi induknya mati, untung 2 anak masih bertahan hingga kini, saya pisahkan ke pot kecil dulu. Padahal tanahnya sudah saya berikan yang khusus untuk kaktus dan sukulen. Entahlah mungkin cuacanya belum cocok, padahal saya lakukan pemindahan dalam rumah, jadi kan hangat suhunya. Mungkin benar buku yang saya baca, jenis kaktus kalau winter dalam masa tenang alias tidur. Tidur diganggu-ganggu ya marah kali ya :(.

 

  • Keduanya jenis sukulen. Yang satu mulai menciut, yang sebelahnya batangnya sudah kering

    Keduanya Termasuk Sukulen. Foto Kiri kenapa Mulai Menciut ya. Foto Kanan sepertinya tamat Riwayatnya

    Keduanya Termasuk Sukulen. Foto Kiri kenapa Mulai Menciut ya. Foto Kanan sepertinya tamat Riwayatnya

  • Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas beli segar bugar. Diskonan loh cuma 1 Euro, normalnya sekitar 6 Euro an. Dari dulu pengen jenis tanaman ini. Pas beli dalam pot plastik, saya pindahkan ke pot baru, media tanah dari yang lama, saya sertakan juga. Mungkin salah pot ya, dari batu jadi dingin sekali potnya. Daun dan ranting-ranting bagian atas saya coba pangkas dan saya pindah kembali ke pot plastik. Terlihat beberapa daun mulai berdiri (segar) kembali, semoga bisa bertahan.

    Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas Beli Segar Bugar. Dipindah Ke pot Baru ya Begini deh

    Rhododendron ku sakit, layu daun. Padahal awal bulan ini pas Beli Segar Bugar. Dipindah Ke pot Baru ya Begini deh

  • Sempervivum termasuk tanaman sukulen.  Foto kiri 19 Des 2012, masih segar sekali ya. Nama “Sempervivum”  berasal dari bahasa Latin Semper (“selalu”) dan vivus (“hidup”). Sempervivum disebut “selalu hidup” karena tanaman tahunan ini terus hidup di musim dingin dan sangat tahan terhadap kondisi sulit pertumbuhan. Karena media tanah sudah kering sekali, saya pindahkan ke pot baru dengan tanah baru ternyata.. semoga seperti namanya terus hidup ya semper.

    Sempervivum. Known as Liveforever

    Sempervivum. Known as Liveforever

  • Imuttnya Kaktusku. Foto kiri: 3 anak kaktus saya pisahkan tahun lalu. Dipisahkan menjelang musim dingin. Ternyata malah kering dan mati. Ehh induknya menghasilkan lagi anak-anak yang lumayan banyak. Saya akan pisahkan di musim panas saja, supaya aman ;).

    Imuttnya anak.anak Kaktus

    Imuttnya anak.anak Kaktus

  • Kaktus Jangkung. Dulu saya kesal dengan kaktus ini  „..ko kamu terima sih ada yang ngasih tanaman menyeramkan seperti ini“ ujarku ke suami kala itu. Duri-duri induk kaktusnya sangat menyeramkan. Anak-anaknya juga menjalar kemana-mana, jadi harus dibuat penopang, (penyangganya). Ternyata di musim dingin, induknya mulai sakit, menghitam, dan mulai kering. Sudah kami coba ganti dengan tanah (pasir) baru. Sedih juga kalau mati kaktusnya hiks, semoga anak-anaknya bertahan hingga musim panas siap untuk dipisahkan.

    2. Tanamannya tumbuh tidak seperti yang saya harapkan

  • Narcissus atau dikenal juga sebagai daffodil. Maunya saya tanamannya tegak, jangan letoy gitu, kesannya berantakan. Foto tengah tanamannya saya coba kerangkeng :D, sebelah kanan coba dibagi tiga bagian dan diikat.
  • Allium. Sama seperti Narcissus, harus diberikan penyangga supaya Alliumnya tegak.
    Dua Jenis Allium

    Dua Jenis Allium

    3. Benih tanaman tidak tumbuh-tumbuh. Sudah 2 kali coba selang waktu sebulan. Nanam benih tomat, cabe, cabe rawit, paprika dan benih beberapa macam bunga. Percobaan pertama sama sekali tidak ada yang tumbuh. Coba lagi akhirnya ada 3 yang tumbuh, tapi benih bunga sama sekali tidak tumbuh. Dua hari lalu coba tanam lagi lebih banyak bibit bunganya, semoga tumbuh, kalau tidak ya habis deh benih bunga-bungaku :(.

    Percobaan kedua nih akhirnya ada tiga yang tumbuh benih tomat dan cabe bulat

    Percobaan kedua nih akhirnya ada tiga yang tumbuh benih tomat dan cabe bulat

    4. Umbi tanaman (bunganya) bermasalah. Kalau tanaman atau bunga pertumbuhannya aneh, seperti ujung daunnya mengering atau agak layu. Nah patut dicurigai, coba bongkar, siapa tahu umbinya agak busuk atau berjamur seperti Allium milik saya. Kalau berjamur, bersihkan.  Usap saja, singkirkan jamurnya dan tanam kembali, berikan tanah yang baru. Sepertinya saya memberikan terlalu banyak air, jadi umbinya lembab dan berjamur.

    Umbi Allium ku Bermasalah

    Umbi Allium ku Bermasalah

5. Kapan berbunga nyaaa???

  • Weihnachtskaktus atau Christmas Cactus. Genus Schlumbergera adalah genus kecil kaktus dengan enam spesies yang ditemukan di pegunungan pesisir selatan-timur laut Brasil. Tanaman tumbuh di pohon atau batu di habitat yang umumnya teduh dengan kelembaban yang tinggi. Sebagian besar spesies Schlumbergera memiliki batang yang menyerupai daun-seperti bantalan bergabung satu dengan yang lain dan bunga yang muncul dari areoles di sendi. Sudah diganti tanahnya, tidak sering disiram sesuai pentunjuk perawatannya, namun hingga sekarang tidak muncul bunganya.

    My Christmas Cactus or Thanksgiving Cactus where is your flower

    My Christmas Cactus or Thanksgiving Cactus where is your flower

  • Kalanchoe. Tanaman ini termasuk sukulen, jadi tidak boleh terlalu banyak disiram. Saya beli Mei 2012. Cantik ya warna pinknya. Bunganya bertahan lama loh sampai 3 bulan. Nah tanaman ini bisa diperbanyak dari daun-daunnya, tinggal dipotong dan ditancamkan ketanah, kalau mulai muncul cabang-cabangnya bisa juga dipotong dan ditanam. Dari bagian yang dipotong akan tumbuh lagi cabang baru. Dari satu induk yang kecil imut-imut, saya sudah punya 16 anak-anak Kalanchoe. Sayang belum muncul bunganya.
  • Anggrek Phalaenopsis. Tahun lalu sekitar bulan Oktober 2012 saya mendapat dua tanaman anggrek dari teman saya Ni Luh. Waktu diberikan belum muncul bunganya. Hingga kini milik belum muncul juga bunganya. Sedangkan milik Iluh anggreknya sudah berbunga, milik mama mertua saya anggreknya juga sudah berbunga. Anggrek semua orang sudah berbunga, hanya milik saya yang belum :(. Semoga setelah dipupuk satu bulan belakang ini akan berbunga. Foto kanan, anggrek yang besar sudah ada anaknya, dan sudah saya pisahkan. Eh sepertinya muncul bakal anak lagi. Haduuuhhh beranak terus kapan berbunganya??? :(.  Beberapa kali ke supermarket khusus tanaman, naksir lihat anggrek warna biru, cantik sekali!, sayang saya tidak naksir harganya sekitar 30 Euro dirupiahkan Rp.375.000 semoga anggrek milik saya warna biru ngarep.com hehehe.

6. Cuaca yang tidak bersahabat. Yang terakhir nih yang membuat saya frustasi atau kesal, cuaca yang tidak bersahabat. Seminggu kemarin setiap hari sudah hangat suhunya, hingga 19 derajat celcius. Matahari bersinar cerah. Sayapun membeli beberapa jenis tanaman, dan sudah taruh diluar rumah. Ternyata salju turun lagi :(. Daripada tanaman-tanamanku tamat riwayatnya, jadi saya masukin rumah dulu. Semoga saljunya tidak lama ya, kan sudah masuk bulan Maret harusnya sudah musim semi dong!.

Walaupun terkadang saya frustasi akan banyak hal diatas yang saya jabarkan panjang lebar, biasanya tidak lama ko. Dalam beberapa hari  kemudian kangen lagi berkebun. Biasanya di waktu jeda tersebut saya akan melakukan aktifitas lain seperti nonton tv berjam-jam, bikin-bikin kue, jalan-jalan ke beberapa supermarket khusus tanaman, membaca majalah-majalah berkebun dan tentunya internetan.

Seorang gardener sejati pasti punya cara untuk tidak berputus atas menghadapi semua masalah yang terjadi pada tanaman-tanamannya, pasti punya cara untuk mencari penyelesaiannya termasuk punya cara untuk menghibur diri sendiri ;).

Nah sahabat blogger apa punya cerita menarik juga mengenai suka duka berkebun? Bagaimana cara kalian mengatasi frustasi atau jenuh dalam bercocok tanam, share di kolom komentar ya ;).

Happy gardening!.

 

Frustasiku tahun 2012 disini ya

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Advertisements

130 thoughts on “6 Hal yang Membuat saya Frustasi

  1. jgn lama2 frustrasinya ya kak 😀 mawarku tuh yg jingga dan ungu udah mati, udah RIP, tanahnya kupindahkan ke tanaman cemaraku dan potnya sudah kusimpan di gudang 🙁 sekarang tinggal yg mawar merah yang tak pernah berbunga itu, tapi daunnya tumbuh melulu.. aneh, padahal udah diajak ngobrol dan diancam segala (seperti saran kakak dulu hahaa), tetap aja mingkem gak berbunga..

    • Mawar yang mati sudah dibuang? aturan potong saja semua ranting2 keringnya, sisakan beberapa cm batangnya, pindahkan ke pot lebih kecil, siram lebih sering, nanti juga tumbuh lagi. Mawar merahmu coba potong ranting-ranting bagian atasnnya. Kasih pupuk juga. Mawarku sih masih kedinginan, jadi ga diajak ngobrol dulu hehehe.

      • udah kubikin kayak gitu dulu sebelum kubuang kak, lalu dia tak tumbuh lagi, menghitam batangnya.. sudah busuk nampaknya.. makanya wassalam lah 🙂 nah kalau mawar merah juga sudah kubikin persis kek kakak bilang itu, udah hampir setahun kak gak berbunga. kalau daunnya tumbuh terus dan hijau cantik.. lets see lah 🙂 kalau berbunga nanti kufoto deh 🙂

  2. Kegagalan adalah guru terbaik Nel. Tetep semangat ya Nel, walaupun sedih melihat tanaman mati tapi jangan terlalu lama sedihnya. Ntar kita2 ndak bisa liat update-an foto-foto cantik bungamu 🙂

  3. yang bikin mati itu tumbuhannya yang stres tu mba nel…
    klo smpe di pisah di bagian akarnya itu di tambah pupuk perangsang akar (sesuai aturan)/ tambahin fungsida supaya menghindari dari gangguan jamur terus kondisi air tanahnya juga harus di perhatikan sesuai dengan jenis tanaman

    • Kadang frustasi kalau tanamannya sakit bahkan kalau mati, tapi lebih banyak senang sih, apalagi pas lihat bibit yang kita tanam mulai tumbuh trus berbunga atau berbuah. Silakan dicoba ;-).

  4. iya mba, paling frustasi sama semua itu. apa lagi kalau terserang hama kutu putih atau ulat bulu. >_<

    anggrek mba belum berbunga juga ya?? tapi biasanya mba, kalau anggreknya udah punya anakann, di pohon induknya bakalan muncul tunas bunga. 😀 Coba pupuknya mba ganti, sama air rendaman beras, seminggu sekali aja, biar semut semut gak dateng 😀

  5. banyak betul bungamu ya Nel…
    sedih emang kalau bunga rusak…, Sansiveraku sering busuk daun, jadi terpaksa dibuang supaya nggak nularin…,
    satu lagi yg bikin frustasi anggrek macan dari Papua sejak dibeli bertahun2 lalu tetap nggak mau berbunga….

  6. aku juga suka nanam mbak,naman pohon buah, tapi karena nggak punya lahan luas,jadinya kalo udh tumbuh kepaksa ditebang deh, selain itu, ayahku nggak suka ada tanaman di halaman rumah, jadi kalo ada bunga yg tumbuh suka ditebang sama ayah,sekarang lgi rajin nanam cabe-cabean,melati, sama pare aj,di lahan sempit disebelah kamar,smoga kali ini engga ada yg gangguin itu..

  7. wah jangan sampe frustasi gitu lah kak (panggil kakak ja ya? moga ga keberatan 🙂 ). mungkin butuh penyesuaian lagi tu kayanya. semangat!! 😉

  8. mbak, aku kan pernah tuh beli bibit Digitalis Purpurea kalo gak salah, yg dipoto itu gambar bunga yang di tengah (setelah foto temperatur) aku kirim ke mama di Indo, pas ditanem tuh taneman udah tinggi aja gitu, kata mama tanemannya kaya bayem, tapi ga berbunga- bunga loh, ampe tingginya mencapai sekitar 2 meter, apa emang gak cocok iklim yah ?

  9. mngkin tanamanny perlu dsesuaikan suhuny dg musim yg ad.. turut berduka cita.
    ttp semngat berkebun

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  10. Kagum Mba Nell dengan kegigihan dan ketelatenan berkebunnya. Gak kebayang kalo harus bolak-balik mindahin taneman begitu.
    Semoga sehat selalu ya Mba tanemannya dan pada survive semua..

  11. Frustasi nya aku sama taneman adalah, semua fresh flowers yg ditaro di vas pasti dimakanin kucing. Begitu juga sama tanaman palem di pot..habis deh digigitin. Kemarin baru ngebuang sempervivum sukulen itu karena setelah 6 bulan dibeli krn tiba2 tanahnya kering padahal dipelihara dgn baik. Ternyata ga lama langsung pada mati, jd sedih bgt pas ngebuangnya.Satu lg, kl punya daffodil subuuur bgt tp ya gt jd pada letoy 🙁 Trus kl dipagerin eh malah mati.Saat ini aku cuma mau punya sukulen aja krn ga dimakanin kucing plus gampang ngerawat nya hehehe.

      • Huhuhu pernah..tp mereka ga tertarik sama rumput kucing itu. Emang nasib, mungkin nanti klo kita punya rumah yg ada kebun nya bisa mereka makan sepuas puas nya deh tuh rumput. Aneh ya, kucing aku paling suka bunga mawar lho. Hehehe.

        • Hahaha kirain ampuuuhhh tuh rumput kucing, krn disini byk yg jual, bibit maupun yg sdh jadi. Oppieeee mungkin kucingmu butuh makanan yg beda2 deh, masah suka makan mawar, iseng banget ya :D.

  12. wah jangan patah semangat Nela, hilang satu tumbuh dua ribu heheheh, kalo diindo(bekasi nan panas) cocok tanam apa yah, aku mau beli benih bunga di sini buat ibuku

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  13. bisa jadi kalo tanaman mati pas dipindah ke tempat baru… unsur Ph nya beda, so, tanemannya shock.. 🙂

  14. whaaaat 6 hal yg bikin frustasi semuanya berhubungan dengan tanaman..ala maak hahaha…gak ada yg berhubungan dgn pasangan atau makanan gitu mba 😛

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

  15. Jangan sampe prustasi.. Bukankah seperti itu mba tantangannya menanam…
    Main cabut aja … bisa bikin mati…
    Kelamaan ngga dicabut… eh dia mati, kirain udeh mantep disitu..
    Ngga di cabut-cabut.. Kasian… Kaya lidah buayanya…doyong.. Begitu dicabut eh malah dia pilih mati..
    Sabar Mba.. Melihat tanaman ngga cukup dengan mata… Kw kwkw..

  16. spertinya tulip punya saya harus di bungkar nih takut berjamur 😀

    spertinya saya juga pernah ngalamin tanaman yang rentan bila pindah2 pot/tempat
    seperti forget me not flower ditanam 50 hidup semua pas pindah pot yang hidup cuma 15 😀
    dan suhu tempat saya pun mulai rada aneh tiba2 panas terik dan tiba2 dingin bner ckck jadi susah untuk menanam benih selanjutnya bila cuaca nya terus begini

  17. dulu pernah mbak coba memelihara kaktus dan bunga kosmos
    tapi karena nggak terlalu mengerti cara ngerawatnya jadi mati semua deh

    url oxydimas.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  18. mbak Nella emang pakarnya taneman!! padahal kuliah di farmasi yaaa 😀
    aku naksir kaktus yang di rak itu.. cantik-cantik kek mbak Nella! *ngegombal murahan hahaha

    dah hampir sebulan ini aku nanem pohon sirsak, kmrn kok ada beberapa daunnya yg menguning ya mbak? mau matikah pohonku? pdhl aku rajin nyiramnya… musti ak ksh pupuk lg gak ya mbak? terakhir ksh pupuk kandang sekitar 2 minggu yg lalu..

  19. Baru-baru ini suamiku beliin aku 1 pot bunga ester yang masih kuncup dan ada juga sich yang udah berbunga. Nah, itu dibilangin kan gak boleh kena sinar matahari langsung dan yang disiram akarnya aja. Tapi berhubung karena gatel pengen nyiram semuanya dari atas sampai bawah, kayaknya tumbuhnya jadi gak terlalu sukses dech Mbak. Ada yang udah layu gitu…huhuhuhu….

    • Bunga Aster kali ya?. Kalau bunganya kena air jadi cepat layu. Beda dengan tanaman yang tanpa bunga contohnya spider plat, zamio palme dll, kita bisa semprot semua bagian dengan air sekalian menghilangkan debunya.

  20. hihihi berhubung gua gak suka berkebun.. kemaren ini si andrew ada disuruh nanem apa gitu dari sekolahnya. disiramin terus ama dia. tapi gak numbuh2. gua sih udah bilang gak bakal numbuh jadi mau gua buang aja. tapi gak boleh ama si andrew. sampe sekarang (udah setaunan) tetep aja ada di balkon, gak boleh dibuang. udah gak disiram juga, dan gak numbuh juga. 😛

  21. waaa… di rumahku anggreknya berbunga terus kak XD
    udah satu setengah taun ini bunganya ga rontok2 dan malah berubah2 warna (normal ngga sih?) dari ungu, ke agak keemasan, terus putih, sekarang gradasi hahahaha

    url chellesroom.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

      • iya, asli kok 😀
        nah itu juga yang bikin aku heran, sebelomnya jarang berbunga, sekarang bunganya awet.. ngga pernah rontok dan masih seger sampe sekarang XD

          • engga dikasih pupuk, cuman disiram tiap hari sama ditaruh di bawah matahari langsung 😀

            oh iya, ralat nih, kata mamah itu bunganya rontok juga ternyata tapi tiap ada yang rontok tumbuh lagi yang baru jadinya ngga habis2 XD

          • Ooo gitu. Chelle tanya mama lagi dong, Anggreknya ditaruh dibawah matahari pas sudah ada bunganya atau ketika belum berbunga?. wah aku tunggu musim panas dong, sekarang ada matahari tapi suhunya minus hehehe.. Oh ya bilang makasih ya buat mama mu 😉

          • okaaay ntar kalo mama pulang aku tanyain lagi 😀
            tapi seingetku itu anggreknya udah di bawah matahari dari pertama dibawa pindah ke rumah ini hehe
            😀

          • kakaaa 😀
            udah wawancarain mamah nih hehe
            kata mamah kalo ditaruh di tempat yang teduh ato lembab anggreknya ngga bisa berbunga.. emang harus di ekspos ke sinar matahari 😀 terus itu emang dari awal ditaruh di bawah sinar matahari langsung sama mama hehe

  22. Mbak Nella, karena saya tak berkebun, jadi gak pernah punya frustrasi dengan para tanaman. KAlaupun frustrasi soal cuaca, musim panas yg panjang kemarin. Pohon aren tak menghasilkan nira, kan ya gak ada yg bisa dibuat gula. Saya gak bisa jualan deh 🙂

  23. saya juga pernah, mindah bungan kesayangan malah mati..
    btw, saya sudh lama ngga punya kaktus..
    unik, bagus-bagus pula

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

Comments are closed.