10 Tanaman Beracun, Jauhkan dari Anak-anak

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

41 Responses

  1. Bunganya cantik-cantik ya? Nggak nyangka kalo beracun. Beda dengan di Indonesia ya? Kasus keracunan biasanya akibat makanan kadaluarsa atau oplosan 😀

  2. Duh, ternyata lumayan banyak juga tanaman yang beracun yah Nel…

    Dan itu si Kate Middleton kayaknya mah udah disuntik anti racun dulu sebelum nikah kayaknya…hihihi…

  3. netty says:

    Wah q jd takut nanam bibit lupineku yg kupesan dr mbak nell. Memang sih selama neh anak2ku takut megang bungaku tp jg terdorong anak2 ngambilnya. Gmn dong????

    • Hai mbak Netty, yg beracun Lupine yg warna warni. Bibit (biji) nya yg beracun, klo daunnya hanya sedikit racun. Pdhl dulu aku pegang bibitnya mau tanam ga pakai sarung tangan hahaha setelah tahu jadi serem, besok2 klo pegang bibitnya harus pakai sarung tangan deh. Bilang anak-anak liat2 aja mbak jangan dipegang2 bunga, nanti gatal2.

  4. liamarta says:

    Bunga yang no 7 cantiiikkk..
    Btw, aku baru tau soal tanaman2 beracun ini. Jadi inget dulu jaman kecil suka mainin bunga apa ya namanya tuh aku lupa, yang bisa diisep airnya, manis2 gitu rasanya. Untung bukan salah satu dari tanaman beracun ini ya mba. Serem juga kalo main isep gitu hehe. Thank for sharing ya mbaa 🙂

    • Lagi aku kecil mainannya juga berburu tanaman2, termasuk tanaman tetangga. Untungnya ga kenapa2 ya 😀 . Aku lupa nama tanaman yg Lia maksud, dulu sih ada tanaman yg bisa diambil/dibuat minyak, diambil bijinya (biji saga) dll.

  5. Messa says:

    Lah koq hampir sama komentarku sama si Py hahha 😀

  6. Messa says:

    Nomor 8, cantik2 tapi beracun. Ternyata bukan cuma manusia aja yg gitu ya kak. Bunga juga bisa 😀

  7. Pypy says:

    Cantik2 beracun yah kak 😀 Jadi serem kalo deket2..hehe

  8. chris13jkt says:

    Di sekitar rumahku sih banyak pohon bintaro, katanya itu beracun juga sih Mbak

  9. suzieyenyen says:

    ..salam kenal mbak nella,..aku followermu lho mbak..baru kali ini ni ikutan komen walaupun gak punya blog..habis gemes banget aku sama bunga bunganya ..cantik cantik. Mau ada ada racunnya kek mau enggak ..aku suka semua deh, aku tunggu penggalaman selanjutnya ..selamat dg kehamilanya..moga sehat slalu..

  10. emmachan24 says:

    tanamannya cantik2 & lucu mba tapi sayang yaa beracun

  11. Wah baru tahu kalau Xmas holly itu beracun. Aku pernah lihat di Irlandia, untung nggak megang. Makasih informasinya mbak.

  12. Ditter says:

    Kalau di sini yg lagi banyak itu keracunan jajanan, Mbak…. *OOT

  13. Gita says:

    Untuk penetralisir racun kalo dalam chinese medicine itu secepat mungkin konsumsi apa aja yg berbahan baku lobak, makanan, jus atau langsung dimakan umbinya (paling cepat efeknya lobak putih), trus ada lagi minum air kelapa muda. Dijamin langsung netral. Tp kalau racunnya sudah masuk ke tubuh 24 jam lebih aku kurang tau apa efek penetralisirnya akan sama. Dulu aku pernah keracunan obat dokter yg ternyata kadaluarsa, trus langsung minum air kelapa muda sampe 10 biji. Kalo adikku sempet kemakan borak dari ikan laut yg diawetkan pake borak (gak tau soalnya kerjaan oknum di pasar sih, aku juga sempet kena tp gak sebanyak adikku yg kulitnya sampe melepuh hitam) karena dokter salah kasih obat, kondisi adikku sampe serupa sindrom stevens-johnson untuk menetralisir obat dokter dan borak dikulit, konsumsi air kelapa muda juga. Sebenernya lobak lebih efektif, tp kami gak suka rasanya, lagipula dikampung banyak pohon kelapa..^_^ Kelapa muda untuk obat tidak boleh dijatuhkan/terbanting ketanah sewaktu dipetik karena akan mengubah kandungan senyawa didalam airnya dan mengakibatkan tubuh lemas, jadi buahnya dipetik diikat tali dan diturunkan pelan2 saja.

    • Waduhh serem sekali efek keracunannya 🙁 . Lobak putih banyak ditempatku sini. Yg tdk ada air kelapa. Pernah beli kelapa di supermarket, mahalll airnya cuma 30 ml. Sdh 2x beli air kelapa kemadan di toko asia, lumayanlah mengurangi rasa kangen air kelapa 😀 .

  14. bunga lupinus perennis bentuk daunnya sekilas mirip daun ubi kayu 🙂

  15. ejuna says:

    Mbak, mau tny dong, sy ada tnm tulip, tp daunnya pd busuk, terus byk binatang hitam yg terbang2, tp umbinya msh bagus, sy mau tny umbinya apa dibuang atau msh bs ditnm lg? Terus bagaimana supaya daunnya ng busuk, kmrn itu sempet kehujanan terus . Terima kasih

    • Tanam di pot ya?. Klo hujan pindahkan potnya, kalau kena hujan terus akan busuk. Bongkar potnya lalu daunnya potong semua. Klo umbinya lembek, buka perlahan hingga ketemu yg masih putih dan keras, angin2kan. Klo mau ditanam lagi simpan di kulkas dulu 3 bulanan. Oh ya simpan dibungkus koran ya.

  16. Infonya bgs Nel walo bunganya kow cakep2 yaaaa tp berbahaya

  17. jampang says:

    pantesan aja banyak makan korban anak-anak. sebab anak-anak suka dengan sesuatu yang berwarna cerah dan indah

  18. rianamaku says:

    Jelas anak anak suka karena warnanya pada mencolok gitu nelll, so menarik perhatian mereka,
    Tapi kasian juga kalau pada keracunan gitu..

  19. Arman says:

    serem.. padahal cakep2 gitu ya… tapi beracun….

  20. yantiizza says:

    bunganya cantik2 tp sayangnya kok beracun ya..klo kita adalah penghobi bunga yang lg punya anak yang masih kecil2 tau bunga yg kita tanam drumah t’nyata beracun,emg sbaiknya jgn dtanam ato dbuang aj..ya meskipun dalam hati sayang krn bunganya cantik..toh masih ada bnyak bunga cantik2 tp tdk beracun yg bs kita tanam..klo d alam liar bnyak tmbh bunga2 yang beracun,ya setidaknya kita menciptakan lingkungan yg aman buat anak2 ya dimulai dari rumah kita sendiri dulu..y kan..

    • atau si anak diberikan pengertian, kalau bunganya hanya bisa dilihat saja. Beritahukan juga akibatnya kalau misal dipegang atau paling bahaya dimasukkan ke mulut.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: