Tips Cara Cold Treatment Masa Dingin Umbi Bunga Hyacinth Agar Sukses Berbunga

Tips Cara Cold Treatment Masa Dingin Umbi Bunga Hyacinth Agar Sukses Berbunga. Hyacinthus adalah salah satu genus tanaman untuk sekitar 30 tanaman berbunga abadi dari wilayah Mediterania dan Afrika. Bunga dari tanaman ini berbau harum, bunga berbentuk lonceng dengan kelopak yang melipat.

Tips Cara Cold Treatment Masa Dingin Umbi Bunga Hyacinth Agar Sukses Berbunga

Hyacinth berbunga saat musim semi. Tanaman ini tidak tahan terhadap es, lebih menyukai tempat yang teduh tetapi sedikit cerah. Kalau di negara 4 musim kebanyakan ditanam di dalam ruangan jelang winter, selebihnya ditanam di kebun tapi sangat dalam ditanamnya agar tidak rusak/hancur saat musim dingin.

Umbi hyacinth ini rentan busuk kalau kebanyakan air. Saya yang tinggal di 4 musim saja paling lama 2-3 tahun bisa simpan umbi hyacinth ini. Kalau umbi mengecil tidak bisa berbunga lagi, kalau malas rawatnya selalu beli baru jadi bisa selalu lihat berbunga, kecuali kalau hyacinth unik yang bunga berlapis atau warna hitam yang unik jarang ada mahal harganya ya sayang kan kalau dibuang, tentu saja dirawat sebisanya.

Kalau pehobi punya lahan langsung setelah masa bunga selesai, tanam dalam saja dikebun kalian, jika beruntung tahun depannya akan numbuh kembali dan beranak pinak hyacinthnya, tapiiii kalau kebanyakan kena air misal karena curah hujan tinggi, cepat busuk hyacinth, mending nanam tulip atau grape hyacinth lebih tahan air 🙂 .

Tulisan Terkini

Cara menanam bunga hyacinth di Indonesia

Bunga hyacinth adalah bunga musim semi. Di negara 4 musim ditanam musim gugur. Hyacinth bisa juga di tanam di dalam rumah.

Kalau kamu tinggal di negara tropis, bibit umbi hyacinth di cold treatment dulu  yakni umbi bunga tersebut disimpan didalam kulkas selama 1 sampai 2 bulan lalu baru ditanam.

Kenapa umbi hyacinth harus disimpan dikulkas dulu? Kenapa tidak langsung ditanam seperti umbi bunga lainnya?.

Karena hyacinth berasal dari negara 4 musim, yang biasanya ditanam saat jelang winter (suhu sudah dingin) maka kalau mau nanam di negara tropis, tentu saja kita harus memperlakukan umbi bunganya seperti dinegara asalnya agar berbunga.

Di Indonesia tidak ada masa musim dingin kan?, jadi simpan di lemari pendingin (kulkas) diibaratkan seperti masa musim dingin.

Cantiknya Hyacinthus orientalis 'Pink Pearl'

Cantiknya Hyacinthus orientalis ‘Pink Pearl’

Baca juga: Harumnya Miirip Sedap Malam, Bunga Hyacinth Pink Pearl yang Cantik 

Cara cold treatment umbi Bunga Hyacinth di Indonesia

  • Bungkus umbi dengan koran (koran lebih baik daripada plastik), kalau mau pakai plastik gunakan bentuk plastik ziplock. Oh ya bisa gunakan bungkus kain karena bagus menyerap lembab/embun. Bungkus koran, kain lalu masukkan plastik ziplock bisa juga begitu 🙂 .
  • Umbi disimpan dalam keadaan kering, tanpa media.
  • Simpan di dalam kulkas dibagian tempat simpan sayuran. Sebaiknya berikan label/nama agar orang rumah tidak mengira umbi bawang bombay nanti di bikin masak haha.. Ada ibu yang cerita anaknya kira bawang bombay itu hyacinth mau dimasak tuh!, ga tahu aja si anak 1 umbi hyacinth mulai 30rb atau bahkan lebih?, pokoknya mahal kalau di Indonesia.
  • Simpan 1-2 bulan, mau amannya 2 bulanlah, kalau satu bulan masih terlalu singkat masa dinginnya. Tidak perlu selama tulip juga. Umbi tulip tidak boleh kurang 3-4 bulan masa dinginnya.
  • Penyimpanan JANGAN di freezer! karena umbi jadi beku. Hyacinth tidak tahan suhu minus ekstrim, (kalau tulip tahan suhu minus).
  • Penyimpanan hyacinth JANGAN dicampur dengan buah-buahan, terutama apel. Buah-buahan yang telah matang akan mengeluarkan gas etilen yang akan merusak bakal bunga didalam bulb (umbi). Makanya untuk amannya simpan dalam plastic ziplock.
  • Kalau didalam kulkas dingin dan lembab, bisa saja tumbuh jamur pada umbi, maka perlu dicek keadaan umbi hyacinth setiap 1-2 minggu. Jika berjamur lap perlahan, dibersihkan dengan fungisida. Cara bersihkan jamurnya misal dengan gunakan cotton bud untuk buang jamurnya, digosok perlahan sampai bebas jamur umbinya. Jaga supaya umbi tetap kering supaya tidak timbul jamur, lanjut simpan di kulkas sampai masa cold treatment selesai.

Masih mengenai cold treatment lagi.. Ada yang cold treatmentnya umbi hyacinth sudah ditanam di pot, pot kecillah, lalu ditaruh pot tersebut dalam kulkas. Kalau pehobi punya kulkas khusus buat kegiatan berkebun ya silakan saja 🙂 .

Baca juga: Bibit Bunga Hyacinth yang ditanam di Jakarta

Kalau kalian niat mau jual hyacinth yang sudah kelihatan bunganya, trus kirim sekota pakai gojek kan cepat. Yang beli bakalan senang juga tidak perlu nunggu lama lihat hyacinthnya berbunga.

Umbi bunga hyacinth saja dengan yang sudah ditanam apalagi hampir berbunga, tentu saja harganya akan jauh berbeda, namun kalau kamu malas ribet ya silakan cari pehobi yang jual hyacinth dalam pot.

Waktu itu saya pernah lihat di forum, pikir saya wah rajin sekali yang jualnya, dia punya kulkas besar khusus berkebun jadi bisa diwujudkan cold treatment hyacinth dalam pot pakai media.

Video LIVE Kasih Lihat Bunga Hyacinth & Tulip 🌷 Yang Tumbuh

PERHATIAN nih umbi bunga hyacinth beracun, mengandung asam oksalat, dapat menyebabkan iritasi kulit ringan, sebaiknya gunakan sarung tangan pelindung jika pegang umbinya. Usahakan jangan pegang wajah kalau lagi pegang umbi hyacinth.

Kalau punya anak kecil sebaiknya taruh potnnya jauh dari jangkauan si anak misal di pot gantung, termasuk kalau punya hewan peliharaan hati-hati jangan sampai termakan.

Kalau kamu hobi berkebun dan punya jiwa coba hal baru seperti nanam umbi bunga musim semi seperti hyacinth ini, kalau berhasil membungakannya, bakalan bahagia banget! 🙂 . Selain bunganya cantik, wanginya bikin seruangan harum semerbak. Wanginya mirip sedap malam, kalau ada 2 umbi mekar bersamaan tidak perlu pengharum ruangan lagi 🙂 .

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Demikianlah share saya mengenai Tips Cara Cold Treatment Masa Dingin Umbi Bunga Hyacinth Agar Sukses Berbunga, semoga kamu yang lagi ingin menanam bibit hyacinth di Indonesia mendapat pencerahan yaa 🙂 ; Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Artikel lain bagus dibaca mengenai hyacinth:

 

4 Comments

  1. RanaBalci May 7, 2022
  2. Emaknya Benjamin br. Silaen February 20, 2022
  3. rynari February 16, 2022

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: