Ternyata Namanya Malva Sylvestris

loading...

Ternyata Namanya Malva Sylvestris. Memasukin awal musim panas saya membeli satu kaleng kecil bibit-bibit bunga. Di kemasan tertera ada sekitar 22 jenis tanaman dan bunga. Jenisnya tanaman liar yang bisa kita jumpai di tanah lapang, pinggir jalan atau padang rumput.

Ternyata Namanya Malva Sylvestris
Bibit Tanaman (Bunga) Liar. (Foto: dok. pribadi)

Nah saya tanamlah bibit-bibit bunga ini, saya sebar melingkar, niatnya supaya membentuk pagar indah. Ternyata dalam waktu sebulan taman saya malah jadi berantakan dengan rerumputan!. Saya tunggu 1-2 minggu tidak muncul-muncul juga bunga-bunga yang diharapkan, malah tanaman hijau makin tinggi semrawut :-(.

Bibit Bunga-Bunga Liar

Terpaksa saya babat semua, karena tanaman atau rerumputan tersebut merusak pemandangan. Saya hanya tertarik dengan satu jenis tanaman, karena daunnya unik dan melebar, beda dengan rerumputan sekitarnya.

Maka saya pisahkan yang unik ini dan saya satukan di lokasi yang sama. Beberapa waktu kemudian mulai muncul bunga-bunga ungu, semakin banyak dan banyak. Wah Indah!.

Ada teman yang pernah tanya nama tanaman (bunga) ungu ini. Saya katakan: „.. tidak tahu namanya, saya beli bibit bunga campuran, ternyata tanaman (bunga liar), saya pisahkan si ungu saja eh malah bagus“.

Gak asyik juga ah kalau tidak tahu nama si tanaman ini. Maka saya cari di google nama-nama tanaman yang tertera di kemasan (kaleng) bibit. Ada 22 nama, saya cari satu persatu, lihat bentuk tanaman, lihat bentuk dan warna bunganya. Ketemu!!! Namanya Malve ;-).

Bunga liar Malva sylvestris L.
Malva sylvestris L.

Malva sylvestris adalah spesies dari genus Malva Mallow keluarga Malvaceae. Tanaman dengan bunga-bunga indah cerah berwarna ungu muda hingga ungu tua, memiliki urat gelap. Bunga Malve ini menarik kupu-kupu dan lebah berkumpul sekitarnya. Tinggi tanaman ini mencapai 1 meter.

Malva sylvestris yang di taman saya tingginya 131 cm
Malva sylvestris yang di taman saya tingginya 131 cm

 

Bakal bibit atau Biji Malva sylvestris yang Mengering
Buah atau Biji Malva sylvestris yang Mengering

Biji yang telah mengering saya rontokan dan saya jemur. Mau coba apakah dari bijinya tersebut bisa tumbuh tanaman Malve juga.

 

Video singkat Malva sylvestris

 

Baca juga:

  • Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
  • Jendela Rumahku dan Dekorasinya
  • Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
  • Padatnya Kebun Tomatku
  • Bunga Mawar Koleksiku
  •  

    Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

    Advertisements

    Emaknya Benjamin br. Silaen

    Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

    14 thoughts on “Ternyata Namanya Malva Sylvestris

    • August 3, 2012 at 10:14 pm
      Permalink

      Tinggi juga yah.., mudah lekuk ndak ni mbakyu.. 😀

      • August 4, 2012 at 2:39 pm
        Permalink

        Saya kasih 3 kayu penyangga disekelilingnya, karena kalau angin kencang tanamannya kuatir rubuh.

    • August 1, 2012 at 9:20 am
      Permalink

      coba tanam kelengkeng kak? Katanya kelengkeng ini bisa tumbuh di daerah dingin yang bersuhu sekitar 10 derajat celcius. Kemaren gara2 habis makan lengkeng (maklum lagi bulan puasa di Indonesia, jadi banyak yg jualan lengkeng) jadi pengen nanam lengkeng gitu di balkon, karena katanya bisa tumbuh juga di pot. Tapi suhu disini panas, gak cocok..

      • August 1, 2012 at 9:41 am
        Permalink

        Wah mesti minta di bawain dulu lengkengnya dari Indonesia, ntar kalau ada yang datang deh minta di bawa bijinya ;-).

    • July 31, 2012 at 11:20 am
      Permalink

      Wah kalo diindo ga jual bibit kayak gt ya, biasanya jual tanaman yang udah jadi aja

      url arlanpratama.wordpress.com is no longer available.
      The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

      • July 31, 2012 at 6:39 pm
        Permalink

        Iya kalau di Indonesia saya juga tidak tahu dimana bisa beli bibit bunga dan sayuran, kalau di Jerman ada supermarket khusus pertamanan, disupermarket biasapun banyak dijual bibit tanaman ;-).

    • July 31, 2012 at 4:20 am
      Permalink

      wah.. ga nyangka jd ungu gitu. unyuuu bgt.
      mo tanya, di Jerman ad mawar biru ndak y ? 😀

      url kasamago.wordpress.com is no longer available.
      The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

      • July 31, 2012 at 9:56 am
        Permalink

        Mawar biru mungkin ada, lupa deh apa pernah lihat :D. Beberapa waktu lalu saya beli bibit mawar tapi campuran jadi tunggu numbuh dulu baru ketahuan warnanya :).

        • February 13, 2013 at 2:45 am
          Permalink

          sis,klo uda tumbuh mawar ny,perlihatkan donk foto ny!hehehe…..

          • February 13, 2013 at 7:16 pm
            Permalink

            Stockrose yang sya kasih ke sis? aku punya 5 sis, aku pindahin tanamannya, karena kuliat tanahnya sudah kurang baik, ehh malah tamat riwayatnya, sayang banget padahal sdh agak besar, sdh 7 bln pelihara. Harus mulai tanam lagi dari benihnya :(.

            • February 14, 2013 at 3:22 am
              Permalink

              oooo……
              sy liat di pinterest sis,mwr ungu ny uda bertunas!
              bgs bngt sis wrn ungu ny!hehehe…..
              suka bngt d.

            • February 14, 2013 at 9:14 am
              Permalink

              Dihalaman ini ya, itu bunga Malve. Saya berikan juga beberapa benih Malve dipaket yang telah saya kirimkan. Malve memang cantik sis, warnanya ungu, masih ada saudara dengan mawar :).

    • July 31, 2012 at 2:34 am
      Permalink

      waw. . .
      keliatannya bagus buat ditanam tuh.
      tapi, bisa tumbuh daerah dingin gak ya?

      • July 31, 2012 at 9:58 am
        Permalink

        Ditempatku dingin ko, sejuklah 15 derajat. Asal jangan musim dingin (salju) tanaman mati suri :D.

    Comments are closed.

    error: Content is protected !!
    %d bloggers like this: