Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Sama seperti ibu, peran ayah dalam keseharian bayi tidak kalah pentingnya. Peran ayah dalam membantu ibu mengurus bayi dapat membuat ibu jadi lebih tenang, senang dan lebih rileks. Jika seorang ibu senang, tidak stress maka pengeluaran asi juga lancar dong (kata nyokap πŸ˜€ ) alias pabrik asi terus berproduksi.

β€œAny man can be a Father, but it takes someone special to be a dad.”  – Photographer Anne Geddes

 

Asi saya tidak mencukupi untuk Benjamin, walaupun tidak cukup, tidak membuat saya putus asa untuk tetap berusaha memberikannya bersama sufor (susu formula). Cerita pemberian asi akan saya ulas di tulisan lain waktu ya.

Sejak Benjamin lahir hingga saat ini mamaku sangat membantu sekali. Awal Oktober nanti mama akan kembali ke tanah air. Semoga Frank dan saya bisa telaten mengurus buah hati kami. Berikut ini saya mau cerita peran suami tercinta, dalam membantu saya mengurus Benjamin.

Sebagai seorang ayah, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk lebih dekat dengan bayi Anda. Ini berdasarkan pengamatan saya selama hampir 2 bulan ini yaa πŸ˜€ .

 

1. Memakaikan/mengganti baju bayi

15 Juli lalu saya melahirkan melalui operasi sesar. Awalnya saya bersikeras menolak melahirkan secara sesar, maunya normal supaya cepat pulih dan dapat langsung dapat mengurus bayi. Takdir berkata lain, dokter di RS. Kekeuh banget supaya saya lahirannya di operasi. Untung juga sih coba kalau normal dan lehernya anakku kelilit tali pusarnya apa bisa keluar normal?. Masa tidak terlihat ya pas di USG kalau bayi terlilit tali pusarnya?. Oh ya saya belum cerita mengenai hal ini kan yaa πŸ˜€ .

Selesai operasi, bayi dibersihkan, ditimbang dan diukur panjangnya. Saya dan Benjamin di bawa ke ruang ibu dan anak. Frank menemani kami tentunya. Nah saat itu bayi kami belum pakai baju, jadi sampai diruang ibu dan anak, adalah tugas seorang ayah untuk memakaikan baju pertama kalinya ke bayi. Tenang saja untuk ayah baru tidak usah stress karena ada suster yang mengajari bagaimana menanggani bayi tersebut.

Saya hanya menggamati dari tempat tidur ketika Frank memakaikan baju untuk Benjamin. So sweet banget kan, jadi tidak perlu ibu yang turun tangan πŸ˜† . Di lain waktu ketika saya berada di ruang ibu dan anak lagi, saya lihat para ayah lain melakukan hal yang sama seperti Frank.

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

 

2. Mengganti popok bayi

Coba tebak sejak Benjamin lahir hingga hampir 2 bulan ini, berapa kali saya sudah mengganti popok Benjamin? kaga lebih dari 5 kali bo! Hehehe. Serahkan tugasnya ke ayah saja boleh kan yaa, ibu kan banyak kerjaannya loh πŸ˜€ .

Ketika di Rumah sakit, juga si ayah ko yang selalu sigap mengganti popok, kalau ayah lagi tidak ada, serahkan tugas ke suster rumah sakit hehe. Dirumah nih, berhubung masih ada mama, ya sih mama tercinta yang baik hatilah yang mengganti popok Benjamin. Kalau tidak mama ya, Frank yang mengganti popok Benjamin.

Oh ya popoknya tidak pakai popok kain yaa, pakai pampers sebutmerekdeh begitu penuh atau si kecil pup tinggal buang saja. Kalau pakai popok kain, akan habis waktu buat membersihkan dan nyuci. Air mahal, listirk mahal buat mesin cuci dan nyetrika, kalau pakai popok kain bayinya kencing melulu perlu berapa lusin?. Nah pakai pampers praktis dong yaa πŸ˜€ .

Boros? Mahal pampers nya? Tenang aja di Jerman sini bayi dan ibu dapat duit ko dari pemerintah πŸ˜€ . Bayi dapat 184 euro/bulan kindergeld (kalau dirupiahkan sekitar 2,9 juta ) hingga anak usia 18 tahun. Orangtuanya nya dapat 350 euro/bulan elterngeld (kalau dirupiahkan sekitar 5,4 juta ) selama 1 tahun dapatnya.

Jadi si mama akan bawa pulang selusin popok kain yang sudah dibawa, katanya nanti kalau kedua adikku yang cowo nikah dan punya anak mau dikasih. Hahaha masih lama bangett! πŸ˜† . Si mama komentar katanya tuh popok kain yang paling bagus, soalnya dibilang adikku yang punya anak, belilah yang bagusan kan mau dibawa ke Jerman, ternyata di mari bayi tidak pakai popok kain, eh si mama ngomel, katanya kenapa saya tidak survey dulu ke rumah sakit, “.. lihat dong bayi di Jerman pakai apa, bagaimana pakaiannya, berat-beratin aja sudah bawa popok“. Yaelah mama maklum baru pertama kali, kan belum tahu apa-apa ngelesπŸ˜€ .

 

3. Memandikan Bayi

Sambil memandikan si kecil, ayah jangan lupa ajak ngobrol si kecil ya. Jelaskan tahapan apa saja yang dilakukan ketika mandi. Mulai siapkan tempat mandi, taruh airnya, ukur suhu airnya 37 derajat (ada termometernya). Basahi badan bayi perlahan, lap badannya dan seterusnya.

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

 

Bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. Suster dan dokter bilang cukup seminggu sekali (ini di Jerman ya, saya tidak tahu di negara lainnya), kata dokter tidak perlu gunakan sabun dan sampo, kata suster airnya cukup campurkan dengan minyak zaitun, namun Frank dan saya gunakan sabun cair dan sampo bayi dong kan biar Benjamin wangi πŸ˜€ .

 

4. Bermain

Ayah peranmu masih sangat diperlukan dong ya, yakni ajak si kecil bermain. Benjamin paling suka diajak main, dan paling penting harus banyak ngobrolnya, kalau yang ngajak main tidak aktif ajak ngobrol cepet banget nih bocah bosannya.

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

 

5. Memberi Minum Susu

Ibu yang menyusui, si ayah yang berikan susu melalui botol susu, kerjasama team yang baik kan πŸ˜‰ .

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

 

Buat para ayah ada tambahan lagi kah? Para ibu juga boleh kasih komentar ko πŸ™‚ .

 

Artikel terkait:
β€’ Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum
β€’ Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman
β€’ Cerita Benjamin dan Macam-macam Mainannya
β€’ Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
β€’ Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3
β€’ Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil
β€’ Jurnal Kehamilan (Screening Test / Amniocentesis )
β€’ Jurnal kehamilan (Pemeriksaan di Dokter di Jerman)

Advertisements

91 Comments

  1. fietha
      • fietha
  2. fietha
  3. Rinie
  4. Denny Harapan
  5. clararch02
  6. mamipapa
  7. Elskan
      • Elskan
  8. marwanti nuraini

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: