Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

loading...

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Sama seperti ibu, peran ayah dalam keseharian bayi tidak kalah pentingnya. Peran ayah dalam membantu ibu mengurus bayi dapat membuat ibu jadi lebih tenang, senang dan lebih rileks. Jika seorang ibu senang, tidak stress maka pengeluaran asi juga lancar dong (kata nyokap πŸ˜€ ) alias pabrik asi terus berproduksi.

β€œAny man can be a Father, but it takes someone special to be a dad.”  – Photographer Anne Geddes

 

Asi saya tidak mencukupi untuk Benjamin, walaupun tidak cukup, tidak membuat saya putus asa untuk tetap berusaha memberikannya bersama sufor (susu formula). Cerita pemberian asi akan saya ulas di tulisan lain waktu ya.

Sejak Benjamin lahir hingga saat ini mamaku sangat membantu sekali. Awal Oktober nanti mama akan kembali ke tanah air. Semoga Frank dan saya bisa telaten mengurus buah hati kami. Berikut ini saya mau cerita peran suami tercinta, dalam membantu saya mengurus Benjamin.

Sebagai seorang ayah, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk lebih dekat dengan bayi Anda. Ini berdasarkan pengamatan saya selama hampir 2 bulan ini yaa πŸ˜€ .

 

1. Memakaikan/mengganti baju bayi

15 Juli lalu saya melahirkan melalui operasi sesar. Awalnya saya bersikeras menolak melahirkan secara sesar, maunya normal supaya cepat pulih dan dapat langsung dapat mengurus bayi. Takdir berkata lain, dokter di RS. Kekeuh banget supaya saya lahirannya di operasi. Untung juga sih coba kalau normal dan lehernya anakku kelilit tali pusarnya apa bisa keluar normal?. Masa tidak terlihat ya pas di USG kalau bayi terlilit tali pusarnya?. Oh ya saya belum cerita mengenai hal ini kan yaa πŸ˜€ .

Selesai operasi, bayi dibersihkan, ditimbang dan diukur panjangnya. Saya dan Benjamin di bawa ke ruang ibu dan anak. Frank menemani kami tentunya. Nah saat itu bayi kami belum pakai baju, jadi sampai diruang ibu dan anak, adalah tugas seorang ayah untuk memakaikan baju pertama kalinya ke bayi. Tenang saja untuk ayah baru tidak usah stress karena ada suster yang mengajari bagaimana menanggani bayi tersebut.

Saya hanya menggamati dari tempat tidur ketika Frank memakaikan baju untuk Benjamin. So sweet banget kan, jadi tidak perlu ibu yang turun tangan πŸ˜† . Di lain waktu ketika saya berada di ruang ibu dan anak lagi, saya lihat para ayah lain melakukan hal yang sama seperti Frank.

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

 

2. Mengganti popok bayi

Coba tebak sejak Benjamin lahir hingga hampir 2 bulan ini, berapa kali saya sudah mengganti popok Benjamin? kaga lebih dari 5 kali bo! Hehehe. Serahkan tugasnya ke ayah saja boleh kan yaa, ibu kan banyak kerjaannya loh πŸ˜€ .

Ketika di Rumah sakit, juga si ayah ko yang selalu sigap mengganti popok, kalau ayah lagi tidak ada, serahkan tugas ke suster rumah sakit hehe. Dirumah nih, berhubung masih ada mama, ya sih mama tercinta yang baik hatilah yang mengganti popok Benjamin. Kalau tidak mama ya, Frank yang mengganti popok Benjamin.

Oh ya popoknya tidak pakai popok kain yaa, pakai pampers sebutmerekdeh begitu penuh atau si kecil pup tinggal buang saja. Kalau pakai popok kain, akan habis waktu buat membersihkan dan nyuci. Air mahal, listirk mahal buat mesin cuci dan nyetrika, kalau pakai popok kain bayinya kencing melulu perlu berapa lusin?. Nah pakai pampers praktis dong yaa πŸ˜€ .

Boros? Mahal pampers nya? Tenang aja di Jerman sini bayi dan ibu dapat duit ko dari pemerintah πŸ˜€ . Bayi dapat 184 euro/bulan kindergeld (kalau dirupiahkan sekitar 2,9 juta ) hingga anak usia 18 tahun. Orangtuanya nya dapat 350 euro/bulan elterngeld (kalau dirupiahkan sekitar 5,4 juta ) selama 1 tahun dapatnya.

Jadi si mama akan bawa pulang selusin popok kain yang sudah dibawa, katanya nanti kalau kedua adikku yang cowo nikah dan punya anak mau dikasih. Hahaha masih lama bangett! πŸ˜† . Si mama komentar katanya tuh popok kain yang paling bagus, soalnya dibilang adikku yang punya anak, belilah yang bagusan kan mau dibawa ke Jerman, ternyata di mari bayi tidak pakai popok kain, eh si mama ngomel, katanya kenapa saya tidak survey dulu ke rumah sakit, “.. lihat dong bayi di Jerman pakai apa, bagaimana pakaiannya, berat-beratin aja sudah bawa popok“. Yaelah mama maklum baru pertama kali, kan belum tahu apa-apa ngelesπŸ˜€ .

 

3. Memandikan Bayi

Sambil memandikan si kecil, ayah jangan lupa ajak ngobrol si kecil ya. Jelaskan tahapan apa saja yang dilakukan ketika mandi. Mulai siapkan tempat mandi, taruh airnya, ukur suhu airnya 37 derajat (ada termometernya). Basahi badan bayi perlahan, lap badannya dan seterusnya.

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

 

Bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. Suster dan dokter bilang cukup seminggu sekali (ini di Jerman ya, saya tidak tahu di negara lainnya), kata dokter tidak perlu gunakan sabun dan sampo, kata suster airnya cukup campurkan dengan minyak zaitun, namun Frank dan saya gunakan sabun cair dan sampo bayi dong kan biar Benjamin wangi πŸ˜€ .

 

4. Bermain

Ayah peranmu masih sangat diperlukan dong ya, yakni ajak si kecil bermain. Benjamin paling suka diajak main, dan paling penting harus banyak ngobrolnya, kalau yang ngajak main tidak aktif ajak ngobrol cepet banget nih bocah bosannya.

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

 

5. Memberi Minum Susu

Ibu yang menyusui, si ayah yang berikan susu melalui botol susu, kerjasama team yang baik kan πŸ˜‰ .

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

 

Buat para ayah ada tambahan lagi kah? Para ibu juga boleh kasih komentar ko πŸ™‚ .

 

Artikel terkait:
β€’ Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum
β€’ Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman
β€’ Cerita Benjamin dan Macam-macam Mainannya
β€’ Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
β€’ Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3
β€’ Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil
β€’ Jurnal Kehamilan (Screening Test / Amniocentesis )
β€’ Jurnal kehamilan (Pemeriksaan di Dokter di Jerman)

Advertisements

91 thoughts on “Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

  1. Suaminya telaten ya mbak… Emang kalo ngurus bayi suami-istri kudu team-work, tapi biasanya ngga banyak kan suami yang telaten ngurusin bayi πŸ™‚

  2. Bagus juga policy di RS Bersalin Jerman yang mewajibkan para ayah sebagai orang yang pertama kali memakaikan baju ke baby-nya. Kalau di sini rasanya belum ada deh yang kaya gitu. Seingat aku dulu, pertama kali aku lihat anak-anakku setelah dilahirkan ya mereka sudah dipakaikan baju

  3. kalo di indo banyak bapak yg ogah ngurusin bayi mbak, soalnya mikirnya mah klo anak itu urusan mak nya… urusan istri itu ya sumur dapur kasur anak, hahaha… tapi saya udah wanti2 ama suami, coba aja nanti klo suami gak mau tau urusan anak, awas aja gw juga ga mau tau ngurusin anak, hahahha

  4. nah lhooo? di sana bayi mandinya cuman sekali seminggu mba? apa ga gerah? kalo disini sih 2x sehari.. jadi bingung, bagusnya yg mana ya mba? apa sesuai iklim? soalnya di indo kan tropis πŸ˜€
    mba ada penjelasan ilmiahnya ga? hehehe borong pertanyaan nih, mo punya baby soalnya πŸ˜€

    • Iya Fie dokter dan perawat nyaranin mandi seminggu sekali, disini kan ga panas ko. Tiap hari paling dilap saja. Klo sering dimandikan kulit bayi jadi kering sekali. Kalau di negara tropis ya tiap hari mandinya πŸ˜‰ .

  5. memang biasanya anak lebih dekat dengan ibu. tapi anak tentunya membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. jadi peran seorang ayah juga memang sangat dibutuhkan bagi sang anak.

    ( link rinie.net.id dihapus karena domain tidak aktif lagi. 20.09.2016 )

  6. Kak kalo mau contact2 sama kakak kayak mana ya? Soalnya saya mau kuliah ke jerman, jadi biar dapat info dari kakak πŸ˜€

  7. Kebersamaan yang digalang sejak bayi lahir, Benyamin semakin merasakan kasih ayah bundanya. Cepat sekali perkambangan baby Ben ya Jeng, ekspresinya nggemesin.
    Salam hormat untuk Mama Oma Ben ya Jeng.

  8. lucunyaaa… mau dong Ka yang kaya gitu satu.. hehehe.. ponakanku harus dimainin gitar dulu baru mau bobo hahaha.. riweh deh

  9. Mba Nella kalo akang liatnya bukan di tribun news tapi di koran warta kota tadi pagi. Pas liat nama narasumber Nella Silaen pikiran akang langsung ke Mba Nella padahal cuma baca judulnya doank. Begitu dibaca eh bener aja ada alamat blog ini. Dari tadi ga sabar pengen segera buka blog ini tapi kerjaan banyak banget jadinya baru sempet buka blog pas sampe di rumah. Selamat yaa… πŸ™‚ lama2 beneran jadi Seleb blog nih :mrgreen:

  10. wah seminggu sekali mandi tuh Mbak Nel, mungkin karena 4 musim yah?
    foto Benjamin yg digendong sama opung lucu banget, seolah2 ekspresi mukanya huhhh apaan tuh…hahahha

  11. Kak nel, Mama mu cantik banget kak πŸ˜€

    Seneng yah kak disana dapat duit dari pemrintah.. Kapan yah bisa kejadian disini? haha πŸ˜€ Bang Frank kelihatan cekatan yah kak megang baby Ben.. Bener2 Papa idaman πŸ˜€

  12. Neeeeel..berarti kita sama2 beruntung karena sama2 dikasih suami yang bersedia dan mampu untuk ngurus2 bayi yaaaaah…
    Soalnya Abah juga telaten banget kalo disuruh ngurus bayi lho Neel…bahkan waktu baru lahir pun dia udah luwes buat mandiin lho, secara aku mah masih takut2…hihihi…

    Sehat-sehat terus yaaaah baby Beeen πŸ™‚

  13. Eh kenapa ASI-nya nggak cukup kak? Ada masalahkah?
    Aku ikut kelas pre-natal dan diberitahu bahwa ASI di awal-awal hanya sedikit karena lambung bayi juga cuma sebesar kelereng. ASI pasti cukup karena prinsipnya suppy and demand. Seamkin sering dikenyot akan semakin banyak produksinya.
    Itu yang aku dapat di kelas pre-natal kak. Tapi nggak tau kalau ada kondisi lain yang menimpa kakak. Ditunggu ceritanya ya kak πŸ™‚

  14. Kalo disini biar ga sebut merk, kita bilang diapers.
    Dulu kita juga sempet cobain popok kain, tapi emang tambah ribet apalagi kalo udah BAB ribet nyucinya….hehehe…abis gitu udah pake diapers trus aja, popoknya dibawa pulang balik indo πŸ˜€

    Ayah bisa menemani si kecil tidur juga πŸ™‚

  15. Mba nella, mamanya cantik banget yah πŸ˜€ salah fokus

    Aih, benjamin makin ganteng, tapi emang kerjasama itu perlu yah mba dalam mengurus bayi, kaka iparku juga melahirkan yang mandiin sama gantiin popok suaminya πŸ˜€

  16. My husband is my hero :-D, kalo gak ada dia dulu, bisa kurus kering mama nya ngurus anak sendirian, beruntung sekali Nella ada ibu yang menemani. Amaze juga awalnya liat suamiku sangat piawai mengurus anak, ganti popok, bikin susu, masak, beres2 rumah,,dan ternyata hampir semua bapak bapak seperti itu. Benjamin lucu bgttt ih

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    • Hai mbak Atik, iya ya memang begitu ya tipikal bapak2 di eropa disini πŸ˜€ .
      Nah cuma nih ya kalau anak rewel, suamiku belum bisa nangani, tiap kali si kecil rewel/ngamuk mau tidur cuma perut si kecil yg dielus-elus sambil bilang “sakit perut kali nih anak” gitu melulu, kadang saya sebel πŸ˜† .

      • hahahah, sama sih, kalo si ali gak diem diem mamanya di bangunin, lapar kali nih dia pgn nyusu langsung dari pabriknya πŸ˜€

        url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
        The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  17. kalau di indo jarang ada daddy sebegitunya sama anak bayi, khususnya di tempat tinggalku.
    pada takut kebanyakan kalau mandiin bayi hehe

    benjamin gemesin banget mba πŸ™‚

  18. Daddy itu paling bener buat pampering anak deh kak,
    aku pikir aku bakalan jadi ayah yg baik deh, krn ponakanku aja pada nempel
    jd tulang yg baik hati gitu, hahahaha
    btw, aku dinamain dedy krn mamaku khilangan sosok ayah wkt bliau msh kecil,

  19. Ya ampunnn mandi seminggu sekali ua ka nel…kalo di jakarta yg panas ini kesian bayinya…keringetan…jadi mandi 2 kali.sehari

    Enak banget sikasih duit dr pemerintah…tapi ttp ogah punya banyak anak hehe
    Tugas papa juga pijetin mamanya donk yg capek menyusui hehee
    Btw opung borunya Benjamin cantik yak….pukpuk opungnya yg udah cape2 bawa popok kain dr indo :)))))

    • Kalau di Jakarta ya harus tiap hari mandinya Jo πŸ˜€ . Ada temannya temanku tinggal di Belanda, dia mandiin anak sehari 2x kali, kulit anaknya jadi kering sekali pas ke dokter si ibu diomelin dokternya πŸ˜€ .

  20. Koq bisa 350 ya Nel, aku “cuma” 300 (tetep bersyukur koq).
    Anakku (5 bulan) sekarang mandi setiap 2-3 hari Nel
    Trus.. bapaknya bisa dorong stroller, belanja ke supermarket sama beli makanan take away kalo ibunya stress & malas masak =)

      • Elterngeldnya Nel. Nanti setelah 1 tahun kalo belum masuk KiTa umur 3 tahun, ada Betreuungsgeld 150€ udah tau ya? Umur berapa Benjamin mau KiTa? Aku masih galau, padahal harus reserve tempat cepat2..

      • Oo kayaknya karena Nella sempat kerja dan ada income ya makanya lebih tinggi Elterngeldnya. Dan tadi maksudnya setelah masa Elterngeld, kalo anaknya ga masuk KiTa sebelum dia 3 tahun, per bulan bisa dapat 150€.

  21. bersihin waktu pup ato pipis. Eh udah pake pampers ya. Saya dulu sempat idealis mau pake clodi tapi akhirnya setelah merasakan kepraktisan pampers ya pake pampers terus. hahaha. sebut merek terus
    Peran ayah gak kalah pentingnya kok buat ngebantu Ibu. Semoga sehat selalu ya buat semuanya Mba Nel. πŸ™‚

  22. Eh lucu ya Benyamin…duh kalo pagi2 padti udah ceriwis ya….pingin debget deh mbak Nella suaranya si kecil…so cute…

    • Kaga bau dong, kan nga spt orang dewasa yg banyak aktifitas di luar rumah πŸ˜€ .
      Lagipula di mari sejuk, kalau di Indonesia yamungkin harus mandi tiap hari.
      Kulit bayi jadi kering loh kalau dimandikan tiap hari.
      Setiap hari di lap ko bayinya πŸ˜‰ .

      • Oya? Mungkin karena dimandikan dengan sabun ya Mbak Nel, makanya kulit bayi jadi kering. Minyak pelembab yang dihasilkan bayi langsung habis disapu sabun.

        Hmmm… Jadi ingat masa kecil dulu… Dimandiin, enak. Kalau sakit, dimandiin tapi dilap pakai telur rebus yang baru masak, lalu dilap pakai air hangat… Sekarang, sama sekali gak pernah… Nostalgia deh!

        Cepat gede ya Benjamin-nya, biar bisa kayak namanya… πŸ™‚

        Salam

  23. saya pernah melakukannya yang di atas. cuma untuk mandiin…. setelah anak besar dan bisa berdiri dengan baik πŸ˜€

    tambahan lainnya….
    mencuci pakaiannya, pake mesin cuci seh, terus mejemurnya
    membeli bahan makanan dan memasaknya

  24. whuaaaa…sekalinya mampir disini sudah ada baby benjamin.. aaaaak, ikut seneng banget yaaaa, baby benjamin sehat, lucu dan ganteng πŸ˜€
    Welcome to the world, baby benjamin πŸ˜€

  25. Benjamin udah semakin ekspresif ya, gemesin,
    udah top deh ayah melakukan yang 5 di atas,
    apalagi yg no 5, buatin susu, mana ibu lagi ngantuk berat πŸ™‚

Comments are closed.