Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Sama seperti ibu, peran ayah dalam keseharian bayi tidak kalah pentingnya. Peran ayah dalam membantu ibu mengurus bayi dapat membuat ibu jadi lebih tenang, senang dan lebih rileks. Jika seorang ibu senang, tidak stress maka pengeluaran asi juga lancar dong (kata nyokap πŸ˜€ ) alias pabrik asi terus berproduksi.

β€œAny man can be a Father, but it takes someone special to be a dad.”  – Photographer Anne Geddes

 

Asi saya tidak mencukupi untuk Benjamin, walaupun tidak cukup, tidak membuat saya putus asa untuk tetap berusaha memberikannya bersama sufor (susu formula). Cerita pemberian asi akan saya ulas di tulisan lain waktu ya.

Sejak Benjamin lahir hingga saat ini mamaku sangat membantu sekali. Awal Oktober nanti mama akan kembali ke tanah air. Semoga Frank dan saya bisa telaten mengurus buah hati kami. Berikut ini saya mau cerita peran suami tercinta, dalam membantu saya mengurus Benjamin.

Sebagai seorang ayah, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk lebih dekat dengan bayi Anda. Ini berdasarkan pengamatan saya selama hampir 2 bulan ini yaa πŸ˜€ .

 

1. Memakaikan/mengganti baju bayi

15 Juli lalu saya melahirkan melalui operasi sesar. Awalnya saya bersikeras menolak melahirkan secara sesar, maunya normal supaya cepat pulih dan dapat langsung dapat mengurus bayi. Takdir berkata lain, dokter di RS. Kekeuh banget supaya saya lahirannya di operasi. Untung juga sih coba kalau normal dan lehernya anakku kelilit tali pusarnya apa bisa keluar normal?. Masa tidak terlihat ya pas di USG kalau bayi terlilit tali pusarnya?. Oh ya saya belum cerita mengenai hal ini kan yaa πŸ˜€ .

Selesai operasi, bayi dibersihkan, ditimbang dan diukur panjangnya. Saya dan Benjamin di bawa ke ruang ibu dan anak. Frank menemani kami tentunya. Nah saat itu bayi kami belum pakai baju, jadi sampai diruang ibu dan anak, adalah tugas seorang ayah untuk memakaikan baju pertama kalinya ke bayi. Tenang saja untuk ayah baru tidak usah stress karena ada suster yang mengajari bagaimana menanggani bayi tersebut.

Saya hanya menggamati dari tempat tidur ketika Frank memakaikan baju untuk Benjamin. So sweet banget kan, jadi tidak perlu ibu yang turun tangan πŸ˜† . Di lain waktu ketika saya berada di ruang ibu dan anak lagi, saya lihat para ayah lain melakukan hal yang sama seperti Frank.

Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi. Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

Ruang ibu dan anak di rumah sakit. Ayah dong ya yang mengganti baju untuk si kecil supaya ibu bisa istirahat

 

2. Mengganti popok bayi

Coba tebak sejak Benjamin lahir hingga hampir 2 bulan ini, berapa kali saya sudah mengganti popok Benjamin? kaga lebih dari 5 kali bo! Hehehe. Serahkan tugasnya ke ayah saja boleh kan yaa, ibu kan banyak kerjaannya loh πŸ˜€ .

Ketika di Rumah sakit, juga si ayah ko yang selalu sigap mengganti popok, kalau ayah lagi tidak ada, serahkan tugas ke suster rumah sakit hehe. Dirumah nih, berhubung masih ada mama, ya sih mama tercinta yang baik hatilah yang mengganti popok Benjamin. Kalau tidak mama ya, Frank yang mengganti popok Benjamin.

Oh ya popoknya tidak pakai popok kain yaa, pakai pampers sebutmerekdeh begitu penuh atau si kecil pup tinggal buang saja. Kalau pakai popok kain, akan habis waktu buat membersihkan dan nyuci. Air mahal, listirk mahal buat mesin cuci dan nyetrika, kalau pakai popok kain bayinya kencing melulu perlu berapa lusin?. Nah pakai pampers praktis dong yaa πŸ˜€ .

Boros? Mahal pampers nya? Tenang aja di Jerman sini bayi dan ibu dapat duit ko dari pemerintah πŸ˜€ . Bayi dapat 184 euro/bulan kindergeld (kalau dirupiahkan sekitar 2,9 juta ) hingga anak usia 18 tahun. Orangtuanya nya dapat 350 euro/bulan elterngeld (kalau dirupiahkan sekitar 5,4 juta ) selama 1 tahun dapatnya.

Jadi si mama akan bawa pulang selusin popok kain yang sudah dibawa, katanya nanti kalau kedua adikku yang cowo nikah dan punya anak mau dikasih. Hahaha masih lama bangett! πŸ˜† . Si mama komentar katanya tuh popok kain yang paling bagus, soalnya dibilang adikku yang punya anak, belilah yang bagusan kan mau dibawa ke Jerman, ternyata di mari bayi tidak pakai popok kain, eh si mama ngomel, katanya kenapa saya tidak survey dulu ke rumah sakit, “.. lihat dong bayi di Jerman pakai apa, bagaimana pakaiannya, berat-beratin aja sudah bawa popok“. Yaelah mama maklum baru pertama kali, kan belum tahu apa-apa ngelesπŸ˜€ .

 

3. Memandikan Bayi

Sambil memandikan si kecil, ayah jangan lupa ajak ngobrol si kecil ya. Jelaskan tahapan apa saja yang dilakukan ketika mandi. Mulai siapkan tempat mandi, taruh airnya, ukur suhu airnya 37 derajat (ada termometernya). Basahi badan bayi perlahan, lap badannya dan seterusnya.

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

Mandi adalah saat Menyenangkan bagi bayi

 

Bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. Suster dan dokter bilang cukup seminggu sekali (ini di Jerman ya, saya tidak tahu di negara lainnya), kata dokter tidak perlu gunakan sabun dan sampo, kata suster airnya cukup campurkan dengan minyak zaitun, namun Frank dan saya gunakan sabun cair dan sampo bayi dong kan biar Benjamin wangi πŸ˜€ .

 

4. Bermain

Ayah peranmu masih sangat diperlukan dong ya, yakni ajak si kecil bermain. Benjamin paling suka diajak main, dan paling penting harus banyak ngobrolnya, kalau yang ngajak main tidak aktif ajak ngobrol cepet banget nih bocah bosannya.

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

Bermain sambil Belajar Bersama ayah saat Menyenangkan buat Bayi

 

5. Memberi Minum Susu

Ibu yang menyusui, si ayah yang berikan susu melalui botol susu, kerjasama team yang baik kan πŸ˜‰ .

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

Benjamin dan opung boru. Duuuhh nak rambutmu ko gaya metal sih. Foto pagi ini 12.09.2014

 

Buat para ayah ada tambahan lagi kah? Para ibu juga boleh kasih komentar ko πŸ™‚ .

 

Artikel terkait:
β€’ Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum
β€’ Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman
β€’ Cerita Benjamin dan Macam-macam Mainannya
β€’ Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
β€’ Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3
β€’ Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil
β€’ Jurnal Kehamilan (Screening Test / Amniocentesis )
β€’ Jurnal kehamilan (Pemeriksaan di Dokter di Jerman)

Advertisements
Advertisements

91 Comments

  1. ardika November 22, 2014
    • Emaknya Benjamin November 24, 2014
  2. jessmite October 17, 2014
    • Pursuingmydreams October 17, 2014
  3. chris13jkt September 23, 2014
    • Pursuingmydreams September 25, 2014
  4. fietha September 22, 2014
    • Pursuingmydreams September 22, 2014
      • fietha September 23, 2014
        • Pursuingmydreams September 25, 2014
  5. fietha September 22, 2014
    • Pursuingmydreams September 22, 2014
  6. Rinie September 21, 2014
  7. Denny Harapan September 21, 2014
  8. Fascha September 20, 2014
    • Pursuingmydreams September 21, 2014
  9. prih September 20, 2014
    • Pursuingmydreams September 21, 2014
  10. clararch02 September 19, 2014
    • Pursuingmydreams September 19, 2014
  11. adhyasahib September 18, 2014
  12. bettyphang September 17, 2014
  13. abi_gilang September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  14. mamipapa September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  15. Pypy September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  16. Bibi Titi Teliti September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  17. Ceritaeka September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  18. Felicia September 15, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  19. dianryan September 15, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
    • Pursuingmydreams September 15, 2014
      • Nandito Silaen September 15, 2014
        • Pursuingmydreams September 15, 2014
          • Nandito Silaen September 16, 2014
          • Pursuingmydreams September 16, 2014
  20. Elskan September 15, 2014
    • Pursuingmydreams September 15, 2014
      • Elskan September 16, 2014
  21. emmachan24 September 14, 2014
    • Pursuingmydreams September 15, 2014
  22. dedy oktavianus pardede September 14, 2014
    • Pursuingmydreams September 15, 2014
  23. niar September 14, 2014
  24. joeyz14 September 14, 2014
    • Pursuingmydreams September 15, 2014
  25. Tami Kunz September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 14, 2014
      • Tami Kunz September 14, 2014
      • Tami Kunz September 14, 2014
  26. winnymarch September 13, 2014
  27. danirachmat September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 14, 2014
      • danirachmat September 14, 2014
  28. Clarissa Mey September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  29. niee September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
      • niee September 13, 2014
  30. marwanti nuraini September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  31. cumilebay.com September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
      • sapienzadivita September 14, 2014
  32. Arman September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  33. jampang September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  34. kebomandi September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
      • kebomandi September 13, 2014
  35. rianamaku September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  36. JNYnita September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
  37. ysalma September 13, 2014
    • Pursuingmydreams September 13, 2014
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: