June 4, 2020

Menetap di Belanda Melalui MVV

Persyaratan MVV :

  1. Keduanya, WNI dan WN Belanda umurnya harus 21 tahun atau diatas.
  2. WNI harus lulus “basisexamen inburgering” (ujian dasar untuk menjadi penduduk Belanda).
  3. Paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan.
  4. WN Belanda harus memliki paling sedikit gaji kotor (bruto) sebesar 1.435,20 EURO per bulan (tanpa tambahan uang liburan). Juga harus ada kontrak kerja swasta untuk paling sedikit 12 bulan. Bila WN Belanda mempunyai perusahan sendiri harus memberikan bukti penghasilan yang cukup.
  5. WN Belanda harus memberikan bukti kontrak kerja swasta yang membuktikan premi sosial dan pajak sudah dibayar.
  6. Tidak berbahaya bagi warga yang tinggal di Belanda dan Negara Belanda (bukan pelaku kejahatan).
  7. Surat keterangan belum nikah atau cerai atau akta pernikahan (harus dilegalisir).
  8. Setelah tiba di Belanda wajib tinggal bersama (calon) suami.

• Untuk mengikuti ujian ‘basisexamen inburgering‘ WNI harus isi formulier di www.ind.nl atau di www.minbuza.nl . setelah itu mengirim kembali, nanti Anda mendapat balasan email mengenai harus transfer kemana untuk uang ujian tersebut. Setelah dibayar oleh calon Anda 350 Euro, Anda akan mendapat balasan email lagi yang memberitahukan Anda sudah bisa membuat janji dengan kedutaan untuk mengikuti ujian.
• Setelah formulir di isikan WNI dapat ‘tanda bayar yang unik’ (uniek betalingskenmerk).
Biaya ujian 350 Euro, di nomor rekening yang khusus buat pembayaran ujian ini.
• Setelah membayar uang ujian, (calon) suami harus menghubungi Kedutaan Belanda untuk mengurus janji kapan bisa mengikuti ujiannya.
• Bila WNI belum bisa berbahasa Belanda, maka WNI tersebut harus belajar atau ikut kursus bahasa Belanda terlebih dahulu.
• Diatas umur 65 tahun ada syarat-syarat lain.

JANGAN LUPA Urutan Prosedurnya : Ujian integrasi warga – apply MVV – berangkat ke Belanda.

Berkas yang diperlukan untuk apply MVV :

  • Pihak Indonesia :
  1. Akte kelahiran terbaru dilegalisir oleh : dep.kehakiman, dep.luar negeri, kedutaan Belanda. (Stempel Tidak lebih dari 3 bulan ketika masuk kedutaan).
  2. Surat Keterangan belum menikah, dilegalisir oleh : dep.kehakiman, dep.luar negeri, kedutaan Belanda. (Surat ini mulai di urus dari RT, RW, Kelurahan. (di Kelurahan akan diminta kopi paspor calon suami / istri WN Belanda, lalu kelurahan akan mengeluarkan surat N1-N4, surat tersebut kita bawa ke Kantor catatan sipil wilayah tempat tinggal Anda, pihak catatan Sipil akan mengeluarkan Surat Keterangan belum menikah (bagi yang Kristen), kalau Muslim bawa berkas N1-N4 ke Departemen Agama atau KUA? (maaf saya kurang tahu, ).
  3. Terjemahan kedua surat diatas oleh : Penerjemah Tersumpah ke Bahasa Belanda.
  4. Passpor lama dan Passport baru : copy full setiap halaman.
  5. Bukti memiliki Asuransi Kesehatan (bukan asuransi perjalanan) : bahwa si aplicant sudah terdaftar pada perusahaan asuransi kesehatan di Belanda.
  6. Copy Bukti telah lulus ujian Bahasa & Test Integrasi.
  7. Lain-lain standar (wajib disiapkan): Foto diri terbaru 4×6 cm, biaya visa 60 Euro, mengisi form aplikasi MVV, booking tiket ke Belanda (BUKAN tiket asli !) booking-annya saja), Full copy buku bank anda (minimal tertera keuangan 3 bulan terakhir).

 

  • Pihak Belanda :
  1. Terdaftar di IND (+sertakan surat dari pihak IND yg menyatakan telah memenuhi sebagai pengundang).
  2. Request advice ke IND di Belanda.
  3. Copy full passport semua halaman pengundang/penjamin.
  4. Tidak memiliki catatan kriminal di kepolisian.
  5. Bukti pendapatan perbulan gaji kotor (bruto) sebesar 1.435,20 EURO per bulan ditunjukan dengan kopi bank account + kopi kontrak kerja.
  6. Bukti dapat menerima yang diundang untuk tinggal (kopi pemilikan rumah).
  7. Jika pernikahan telah terjadi (di Indonesia ataupun di Belanda) sertakan kopi akte pernikahan tersebut.
  8. Akte kelahiran pengundang/penjamin.
  9. Membayar biaya pembuatan MVV.

 
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan prosedur lainnya, silakan hubungi kedutaan Belanda di Jakarta telepon : +62-21-524 8200 Senin s/d Kamis: 13.00-15.00 Jumat: 12.00-13.30 (Khusus untuk mendapatkan informasi).

Link pendukung lainnya, silakan klik :

• Permohonan MVV dapat diajukan melalui 3 cara : http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/izin-tinggal-sementara-mvv.html
• Persyaratan MVV dalam bahasa Belanda : http://www.mvvaanvraag.nl/index.php?option=com_content&view=article&id=2&Itemid=7
• persyaratan MVV : http://forum.detik.com/salam-dari-negeri-kincir-angin-t487p56.html
• Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Jakarta http://indonesia-in.nlembassy.org

 

JANGAN LUPA ya urutannya –> Ujian integrasi warga – apply MVV –  berangkat ke belanda. (Jangan apply MVV kalau belum ujian, dan jangan ke luar negeri kalau sedang proses MVV).

Info tambahan
Panduan membuat surat keterangan belum menikah (single) domisili dan kewarganegaraan silakan klik disini. (Lihat bagian bawah tulisan).

Semoga Berhasil! 😉 .

Dear all, karena tulisan ini sudah hampir berusia 2 tahun. Jadi kolom komentar saya tutup. 1 atau 2 kali masuk pertanyaan yang sama ya tidak masalah lah. Ternyata makin banyak pertanyaan yang itu lagi .. itu lagi .. Saya jadi ga enak sama mbak Lily yang sudah meluangkan waktu setiap ada pertanyaan baru yang masuk, karena yang nanya ga baca komentar sebelumnya, langsung aja bertanya. Sebaiknya baca komentar-komentar terdahulu ya, mungkin kamu temukan jawaban pertanyaanmu.

 

Baca juga :
19.02.2018 Pengalaman Mae bikin visa MVV Belanda 2017
10.11.2014 Pengalaman Deny ketika mengikuti ujian MVV – Basis Inburgeringsexamen (MVV Examen).

 

Sumber:
Terjemahan Bebas dari berbagai sumber, antara lain :
– www.mvvaanvraag.nl
– http://www.dutchtutor.com/Kursus-Bahasa-Belanda-MVV/index.php
– http://indonesia-in.nlembassy.org

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

66 thoughts on “Menetap di Belanda Melalui MVV

  1. Dear mb Lily,

    Aq ratna, msh inget yaa mbak… 😀
    Mb lily aq mau tny mengenai menikah Di mana yg paling aman utk kita sbg pihak wanita ( WNI ).. krn trs terang sampai saat ini aq msh menimbang2 mslh tsb. Tentu ada alasan dan aq jg bnyk mendengar dr kanan kiri org2 disekitar aq ( di indonesia dan di belanda )…namun bkn berarti aq hrs ragu dg pasanganku saat ini, aq sayang sekali sama dia begitu sebaliknya hehehehe:D
    Apakah dg menikah terlebih dahulu di Belanda, akan menjamin kelancaran mengenai pembuatan MVV ? Krn dg didukung doc dan sertifikat pernikahan. Ataukah sebaiknya melakukan pernikahan di indonesia terlebih dahulu dan lalu diterjemahkan dlm bhs belanda dan bla..bla..bla… ????
    Krn setau aq slama ini, meski sdh menikahpun kita selama blm 5thn bersama kita tdk akan mendapatkan KTP NL ( dg tetap megang paspor INA ), artinya kita msh perlu invitement dr suami dan kita msh blm mandiri dg hal tsb apabila ada al2 yg tdk kita inginkan terjadi ( maaf, aq bicara hal terburuknya ya mbak…) Atau bagaimana sebaiknya ya mbak ???

    Dan apakah dg visa vacantie selama max 90 hari , kita bisa melalukan pernikahan legal dibelanda ????? Tentunya dengan aturan yg berlaku saat ini. Makasie banyak atas wkt luangnya mbak 🙂 pastinya aq tunggu penjelasan sedetail detailnya dari mb Lily 😀

    Salam,

    Ratna

    1. Hai Ratna…

      Mengenai menikah dimana SEBAIKNYA, sebenarnya SAMA SAJA. Hanya waktu itu memang saya BIKIN SURAT KAWIN di Nederland, kemudian “saya terjemahkan” dan saya REGISTRASIKAN ke Kantor Catatan Sipil di kota asal saya.

      Saat itu (Okt 2011 – Jan 2012) saya hanya MEMEGANG visa SCHENGEN (max 90 hari). Kami Urus/mengajukan permohonan MENIKAH di Gemeente tempat tinggal kami, TENTU dngan PERSYARATAN yang sudah LENGKAP. Dan Alhamdulillah, semuanya lancar jaya…. 😀

      Sekarang saya sudah memegang Visa MVV, tentunya masih dengan Paspor Indonesia.

      Mudah2an keterangan saya diatas dapat bermanfaat.

      Salam & Sukses!
      Lily

  2. Salam kenal buat mbak nella,, dan semua yg udah komen di forum ini.
    aku rencana mau ikut ujian integrasi.
    Mau tanya kalau mau ambil kursus ato mendapat buku naar nederland apa bisa lewat kedubes di kota asal saya ya? Krn saya sempat dpt info seperti itu.
    Trimakasih. Mohon bantuan infonya 🙂

  3. Hallo, ada yang tinggal di rotterdam gak? Mau tanya kalo beli buku naar nederlands dimana ya di belanda?

    1. Hoi anggita.. buku naar nederland hanya dijual secara online dengan berbagai bahasa sesuai negara yang bersangkutan 🙂 atau kamu bisa pesan bukunya ditoko buku terdekat di r’dam.
      Sukses yaaaaaaa…… 😀

  4. Mbak, salam kenal nama saya Ria. Visa MVv saya blum keluar, diurus suami dr IND, suami WNI dan statusnya kennismigrant. Semua dokumen sudah lengkap tp katanya klo ajukan bulan Mei-September sering kepending krn mereka lbih utamakan visa student. Apa bener itu? Suami sudah ajukan dr bulan Juli belum ada kabar smp skrg. Trimakasi bnyak buat sharingnya ttg mvv

    1. Hai Ria…

      Make sense juga kalo mei-sep agak lama baru kluar. Wktu itu suami saya ajukan bln
      Juni, bln Okt saya baru dapat visanya. Suami udah dpt surat utk bayar? Kalo udah, berarti tidak lama lagi beres.

      Sukses ya…

  5. Halloo mbak, salam kenal.

    Saya udah bolak balik nih kesini, tp blm ada yg komentar nanyain cara apply mvv buat yg sudah nikah di indo. Karena di web kedutaan itu infonya disertakan dokumen ket blm nikah, tanpa kata atau. Jadi yg buat sudah nikah apa aja dok nya?
    Selain itu juga saya mau urus2 surat agak ragu karena serba ada expirednya. Sementara kepastian surat kontrak kerja suami blm ada. Mau ujian mvv jg ragu. Tapi takit serba telat. Jadi pusing nih..

    Baiknya gimana ya mbak?

    1. Halloo Via..

      Saya baru sekarang ini tau ada pertanyaan darimu. (sebelumnya BLM PERNAH lihat/tau)…

      Setau saya dari INFO/PERATURAN TERTULIS yang saya baca di internet. Kalau sudah menikah di Indonesia, surat nikah itu DITERJEMAHKAN ke dalam Bahasa Belanda dan DILEGALISIR. Karena itu merupakan persyaratan utk permohonan MVV.

      Bener, semua surat ada ‘umur’nya…

      Anda menanyakan BAIKNYA GIMANA? Menurut saya, SEBAIKNYA ya tanyakan langsung ke Kedubes Belanda di Jakarta dan suami anda juga menanyakan ke IND di wilayah tempat tinggal.

      Semoga info saya bermanfaat bagi anda.

      Sukses,

  6. Alo mba lily, nama saya juga lily nih heheh 🙂 setelah saya baca info2 disini ternyata membantu bgt deh, tp ak mau tanya lagi nih ,jadi bener yaa? gah harus nikah dulu baru bisa ajuiin mvv, soalnya skr ini ak lagi persiapin ujian mvv setelah itu baru rencana untuk nikah dibelanda.

    1. Hai… Lilyput,

      Iya nama kita sama tapi saya tanpa PUT… hehehe..

      Mengenai BENER TIDAKnya masalah MENIKAH DAHULU atau TIDAK, saya tidak bisa/berani menjawab.

      Saya SARANkan, untuk BERTANYA ke KEDUTAAN NEGERI BELANDA saja. Pasti AKURAT. Di sini kita kan hanya SHARE INFO berdasarkan pengalaman masing-masing. Tapi peraturan kan setiap saat BISA berubah…

      Itu saran saya kepada anda, sebab saya dulu juga mengalaminya, tanya sana, Tanya sini dan pusiiiiing. Dan yang berlaku serta kita turut adalah peraturan yang kita terima/dapatkan dari Kedubes Belanda di Jakarta. Oke???

      Tetap Semangat dan Sukses,
      Lily

      1. Hai Berti… salam kenal juga.

        info MVV sudah saya ‘tuang’ disini… tentunya yang WAKTU ITU saya alami/lakukan, sesuai PERATURAN SAAT ITU.

        bila membutuhkan (bantuan) informasi, saya AKAN berusaha membantu semampu saya..

        Salam,

          1. Sama-sama….

            Saua hanya ‘mencoba’ MENANAM KEBAIKAN, siapa tahu info saya dapat MEMBANTU dan MENYENANGKAN orang lain…

            Bukankah MEMBAHAGIAKAN/MENYENANGKAN/MEMBANTU orang lain, adalah merupakan salah satu IBADAH? Hehehe….

            Thanks for your kind attention to me and my information…

            Teriring salam,
            Lily

  7. hi.. Salam jenal saya Nia. informasi ini sangat berguna sekali khususnya untuk saya, sementara saya tinggal di leiden dengan visa schengen (visa pertama saya) sampai dengan 7 september 2013 dengan sponsor pasangan saya (WN Netherland) mau share juga bahwa untuk pengajuan permohonan visa schengen tidak sesulit yang diperkirakan sebelumnya. Permohonan di tolak dan diterima tergantung kelengkapan dokumen yang diminta jadi langkah awal melengkapi dokumen dan baru datang ke kedutaan sehingga pada hari itu juga bisa langsung memperoleh visa. hal ini baik jika kita tinggal diluar kota jadi tidak perlu bolak-balik kedutaan ^.^ dan saya berencana untuk mengajukan visa MVV setiba saya di indonesia. Bahwa yang saya harus tempuh pertama kali adalah Ujian Integrasi Warga, dan masih bingung kemana saya bisa ikut ujian ini dan prosedur apa yang harus saya tempuh??

    Mohon infonya, terimakasih 🙂

    1. Hai Nia,

      Salam kenal juga, saya Lily.
      Di sini saya mencoba berbagi info berdasarkan PENGALAMAN saya WAKTU ITU, mudah mudah2an berguna.

      Inburgering Examen utk MVV dilaksanakan/diikuti di Kedubes Negeri Belanda di Negara asal kita.

      Prosedurnya :
      1. pasangan/sponsor kita apply ke IND Nederland dengan segala persyaratannya. Lebih baik Tanya ke IND dulu.

      2. Setelah semua persyaratan ok, beberapa minggu/bulan kmudian, dia akan mendapatkan surat pemberitahuan unt membayar biaya ujian 350 euro.

      3. Kita telepon ke Kedubes utk menanyakan apakah kita sudah bisa mengikuti ujian + membuat janji.

      4. kita mengikuti ujian. Dan sekitar 30-60 menit setelah selesai ujian, kita akan mendapatkan keputusan LULUS TIDAKnya. (pasti lulus ya… hehe..). Dan mendapatkan surat keputusan/bukti LULUS.

      5. Dengan surat kelulusan tsb, pasangan kita mengajukan MVV ke IND lagi. Bila OK, membayar 1200 euro.

      6. Sekitar 7-10 hari kemudian kita kontak Kedubes lagi, menanyakan apakah visa MVV sudah disetujui. Bila sudah, kita bisa ke Kedubes pada hari kerja (waktu itu untuk visa MVV tanpa janjian).

      Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda dan siapa saja yang memerlukannya. Harapan saya Peraturan2an dan Prosedurnya TIDAK BANYAK BERUBAH.

      Tetap semangat & Sukses Nia!

      Salam,
      Lily – Tilburg

      1. Selamat siang mbak lily, kebetulan saya tinggal di area tilburg, apakah saya bisa mendapatkan contact number mbak? agar saya bisa bertanya lebih jelas mengenai mvv. terima kasih .joanna

        1. Hoi Joanna…

          Oooo, di Tilburg juga. MUNGKIN, sebaiknya kita KAPAN ketemuan di mana begitu? Bibliotheek atau cafehuis.

          Thanks,
          Lily

          1. Hi Lily,

            thx uda reply ku. 🙂 senangnya kamu membalas commentku..ini no hpku 0615555611. email aku : [email protected]
            apakah bisa dikirim ke email aku no. tlpmu mb?

            trims ya…. semoga kita bisa ketemu hari ini…

            gbu mb..

            joanna

    2. Mba lily masih inget dengan saya, saya ucapkan terimakasih atas responnya dan sangat bermanfaat sekali.

      Minggu lalu saya mengikuti ujian inburgering dan dinyatakan tidak lulus, ingin sharing bagi yang akan mengikuti inburgering, supaya ada gambaran (tidak seperti saya hehe) dan mumpung masih inget dikepala. Bahwa ujian menggunakan microphone dan didampingi salah satu petugas dari kedutaan, ujian dibagi atas 3 bagian, yaitu:
      1. Menebak gambar (pengetahuan umum tentang Netherland)
      2. Mengulang kembali kalimat, menjawab pertanyaan (lawan kata, dan pilihan), dan menerangkan kembali percakapan yang telah kita dengar.
      3. Membaca kata dan kalimat yang telah disediakan, menjawab pertanyaan (terdapat pilihan jawaban) dan menjawab pertanyaan dari sebuah paragraf.

      Penilaian tidak secara komulatif, artinya setiap bagian tersebut harus lulus, dan masing2 mempunyai standarisasi penilaian. Dari ke 3 bagian tersebut saya tidak lulus pada bagian 1 sedang ke 2 & 3 lulus. Memang saya tidak begitu banyak persiapan, modal saya hanya kursus Basic 1 dan mencoba berbicara dengan bahasa belanda. Saya berencana untuk mengikuti ujian yang ke 2, mungkin ada diantara kalian termasuk mba lily, bisa memberi informasi dimana saya bisa mendapatkan gambar2 untuk bisa saya hapal, karena kegagalan saya kemarin hanya pada tebak gambar.

      Terimakasih.

      1. Hai Nia,

        hehe… buku NAAR NEDERLAND bisa dibeli di negeri belanda atau mungkin via Erasmushuis di belakang kedubes negeri Belanda di Jakarta..

        Sejak pertama saya berbagi kan udah saya singgung masalah KNS yang 100 gambar/photo.

        Tx..

  8. wah makasih nih info-info MVV, besok saya akan basisexamen inburgering di kedubes belanda jakarta…mudah-mudahan lulus, doakan yaaaa…

    1. sori kalau boleh tahu, untuk bisa ikut basisexamen inburgering apakah cukup dengan lulus kursus bahasa belanda basis 1? saat ini saya masih kursus dan agak khawatir dengan cukup atau tidaknya ilmu yang saya dapat dari basis 1 ini. terimakasih 🙂

      1. Akhirnya saya sudah lulus dari basisexamen di kedutaan belanda minggu lalu dan sudah dapat jawaban dari IND ntuk ambil passport dengan visa mvv. Sharing dikit soal kursus bahasa. Saya sudah dapet diploma kursus bahasa di Maastricht Uni, level A1. Ternyata untuk persyaratan MVV tetap harus menempuh basisexamen di negara asal. Ga sulit sebenernya, memang harus fokus dan konsentrasi tinggi. Sukses ya!

        1. Proficiat BAMS.
          Memang betul sebernya tidak sulit, kita hanya KETAKUTAN sendiri ya…
          Tapi nantinya di negeri Belanda HARUS ikut INBURGERING EXAMEN lagi.

          Ok, semoga semuanya lancar…

          Salam,
          Lily

  9. Halloo mb lilly…
    Iya saya hanya sekedar sharing aja… pertengahan desember 2012 lalu saya tiba untuk pertama kalinya di nederland juga tidak ada kendala sama sekali alias smua lancar jaya 😀 … ya mungkin gementee punya peraturan baru ?saya juga tidak paham 🙂 …. saya disini sampe augustus mbak ( visum max ) dan saya tinggal di Eindhoven… kalo mb lily sendiri tinggal dimana ?

    Wassalam 🙂

    1. ooo… siip laaah.

      saya tinggal di Tilburg, deket juga sama Eindhoven, sekitar 30 menit dengan kereta api.

      Salam

  10. Halo apa kabar mb Lily.. saya ratna yg bulan maret lalu menanyakan tentang mvv. Masih ingat kan ?? 😀 … sekarang saya datang kembali kebelanda untuk ke 2 kalinya selama 90hari. Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali untuk mendapatkan visa schengen yg ke2 kalinya.
    Disini saya mau sharing buat temen2 yg sedang mengajukan visa schengen atau akan berangkat ke Belanda, untuk membawa selalu copy document yang diserahkan pada kedutaan, saat otw indonesia – nederland. Karena saat saya tiba di Nederland ( 16 may 2013 ), saya mendapatkan peraturan baru mengenai document2 yang terlampir untuk pengajuan visa pada negara asal. Saat itu saya lupa untuk membawa copy surat undangan, dan saya hanya bisa menunjukkan bukti sponsor saja (slip gaji, surat ket.kerja, dan bukti keuangan lain ). Mereka tidak yakin dengan bukti sponsor dan akhirnya mereka harus menahan passport saya.
    Saya agak khawatir juga saat itu, lalu polisi bandara membawa saya ke suatu ruangan ( seperti ruang intrograsi ) dan saya kaget sekali ternyata bukan hanya saya yang tertahan passportnya, saya hitung ada 15orang disitu dari berbagai negara juga, kebetulan saya sempat ngobrol dengan orang dari china dan thailand. Mereka juga sama gelisahnya seperti saya, karena ini juga bukan kali pertama mereka datang
    Pihak polisi menyodorkan banyak pertanyaaan kepada saya, bermacam macam. Keuangan, kartu kredit bla..bla..bla.. dan finally pacar saya menguhubungi saya d, handphone (saat itu dia bertanya2 kenapa saya belum juga keluar dr visa check) saya menceritakan semua padanya. Lalu pacar saya bilang untuk memberikan Hp saya pada polisi tsb. Mereka bicara lama by phone dan pada akhirnya saya lega karena pihak keaman memberikan kembali passport saya dan mempersilahkan untuk mengambil bagasi.
    Pacar saya bilang mereka jg menayakan banyak pertanyaan padanya, hingga mereka meng-cross check pada kantor polisi setempat dimana saya tinggal…

    Maaf mb lilly agak banyak share nya… 😀 karena saat ini saya dengar2 juga agak diperketat peraturannya…. makasie spacenya mb… goedenacht 🙂

    1. Hai Ratna,

      Thanks buat sharing kepada saya. Ooooooo… Begitu ya sampe kayak ‘ditahan’. Wktu saya sampai Nederland awal bln Des 2012, Alhamdulillah, lancar aja. Mgkin krna visa saya MVV kan penuh perjuangan utk mndptkannya, dan pstinya udah screening.

      Semoga selanjutnya lancar2 aja ya. Di Belanda sampai kapan, dan dimana?

      Wassalam,
      Lily

  11. Hai mba Nella, salam kenal yah…
    aku Vian (female) …. bulan maret kemaren aku apply visa utk kunjungan 3 bulan ke belanda, yang sponsorin aku kebetulan pacar aku WN Belanda. tapi stlh menunggu 2 mggu, visa aku ternyata ditolak 🙁 karena penolakan itu, pacarku akhirnya sekarang mengajukan permohonan mvv buat aku melalui ind belanda. aku pengen tahu apa langkah yg diambil pacarku udah tepat en pengajuan mvv via ind belanda memakan waktu berapa lama yah mba ? apakah sambil menunggu jawaban dari ind aku sdh bisa mengajukan inburgering examen di kedutaan belanda jkt ? skalian mau nanya apa bener utk tahun ini ujiannya selain lisan ada tulisannya jg yah ? oh iya mba, kalo bisa tahu buku naar nederland bisa didapatkan dimana yah ?
    please tanggapannya yah mba Nella yg baik bagi aku yg lagi bingung ini ….

    1. Hai Vian salam kenal juga ya. Visa yang ditolak untuk visa Schengen ya? maksud saya jalan-jalan?. Mungkin berkas-berkasnya ada yang kurang. Saya satu hal yang sering dicurigai karena di Indonesia jatah cuti pekerja adalah 14 hari/tahun kalau pergi 3 bulan bagaimana dengan pekerjaan kita. Sering dicurigai kita akan overstay di Belanda. Kalau kita bisa dapat surat keterangan dari kantor atau misal cuti panjang diluar tanggungan kantor mungkin bisa.

      Ada 3 cara pengajuan MVV silakan infonya di: http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen/izin-tinggal-sementara-mvv.html

      Untuk prosesnya berapa lama, tergantung kelengkapan surat-suratnya bisa 2-3 bulan bahkan lebih. JANGAN LUPA Urutan Prosedurnya : Ujian integrasi warga – apply MVV – berangkat ke Belanda. Untuk buku naar nederland coba cari infonya di link ini –> http://www.naarnederland.nl. dan untuk informasi Ujian dasar kemasyarakatan silakan baca-baca –> http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen/integrasi-warga.html .Semoga berhasil ya Vi ;).

      1. Hi mba, maaf yah baru bisa rply…anyway thank you infonya yah 🙂
        yg ditolak visa schengen aku…surat2 aku udah lengkap semua padahal, dari spnsor aku maupun kelengkapan dari aku trmasuk ijin dari kantorku juga..makanya aneh bener sampe ditolak..kalopun masih ada kekurangan pasti dikasih tau sm kedutaan, tapi udh ngga ada permintaan laen2 makanya wkt itu aku tahu udh oke semuanya…:-(

    2. Hallo Vian,

      Salam kenal ya… Aku menciba berbagi pengalaman aja, mudah2an berguna.

      Saya pernah mendapatkan visa schenge, tanpa hambatan alias lancar, wktu itu memang saya hanya rencana pergi keBelanda 2 minggu, dan visa bisa berlaku 3 bulan.

      Dan yang ke dua kalinya setelah aku menikah (acara keluarga di Indonesia) aku ke Belanda lagi dengan schengen visa lagi dan HANYA BISA tinggal selama 3 bulan. Aku pul Indonesia lagi seminggu sblm visa habis.

      Kemudian suamiku mengajukan visa MVV utkku. Dengan catatan SYARAT UTAMAnya HARUS LULUS Inburgering Examen di Kedutaan Besar negara asal.

      Jadi, kalo sebelum UJIAN & LULUS inburgering examen, TIDAK MNGKIN utk ajukan visa MVV, krna hrs melampirkan surat keterangan kelulusan dari Kedubes Belanda.

      Demikian yg dpt saya sampaikan sbg info.

      Salam & Semoga sukses selalu,
      Lily Siem – Tilburg, Nederland

      1. Hai Mba Lily di Tilburg…salam kenal jg yah…
        kalo bisa tahu, wkt mba Lily ke belanda dengan visa schengen yg pertama itu, yang sponsorin berarti pacarnya mba Lily yah ? (kan belum menikah yah ketika itu ? :-))
        kalo prosedur advis gmna lagi tuh mba ? katanya kl sponsor kita di belanda sudah memasukkan formulir ke ind belanda , kita ngga bisa mengajukan permohonan visa schengen karena prosedur advis itu sudah merupakan tahap awal dalam pengajuan mvv nantinya…apa pengertiannya bgtu mba ? 🙂
        btw, Tilburg deket dengan Breda kan yah mba ?

        1. Hallo Vian,

          Betul saat itu ‘pacarku’ yg kasih surat sponsor. Dan saat saya pertama kali ke Belanda (Juni 2011) kami ke Gemeente utk minta surat keterangan utk ajuin visa schengen yg ke dua, kbrgktanku akhir Okt ’11.

          Prosedur advice apa bukan utk : TENAGA AHLI YG DBTHKAN atau PERSONAL YG DIKIRIM oleh suatu perusahaan ?
          Kelihatannya kita TDK BISA mengajukan visa ganda, harus salah satu.

          Betul, Tilburg dekat Breda.

          Semoga sukses Vian,

          Lily.

        2. Hai Vian..
          Ikutan sharing yaa.. Setauku, prosedur advis itu dimulai dr belanda.. Apply MVV, bayarnya nanti saat sudah terima hasil positif dr Ind. Aku jg lg melalu prosedur itu nih..

  12. Dear Nella,

    Halo, aku Nella (namanya sama yaa hahaha). Terimakasih ya informasinya dan sharingan dari teman-teman yang lain, sangat membantu sekali. Saat ini aku sedang mengumpulkan info terkait pernikahan dengan WN Belanda, rencananya kita akan menikah di Indo (walaupun sepertinya lebih ribet tapi demi keluarga hehe). Semoga nanti aku juga bisa sharing gimana prosesnya dari A-Z. Sukses selalu ya untuk Nella dan teman-teman yang lain 🙂

  13. Haii.. saya ratna, saya berencana menikah di belanda, saya sedang mencari sebanyak2nya informasi mengenai MVV.. terima kasih sebelumnya kepada mbak lily informasinya berguna sekali. Saat ini saya sedang mengikuti kursus bahasa belanda untuk persiapan test MVV, tp kalo boleh jujur saya selalu dihantui perasaan” kalo2 ” saya tidak dapat menjawab pertanyaan yg di ajukan. Mohon mbak lily kiranya bisa memberikan ” bocoran ” apa saja yg biasa dipertanyakan dlm ujian trsebut.. makasie banyak sebelumnya 🙂

    1. Hai RATNA,

      Saya tau bagaimana suasana Hati anda saat ini, saya telah mengalaminya.

      Maaf, sangat sulit utk memberi yg namanya ‘bocoran’ krna soal UJIAN diacak. Ya saya beri sdikit cara istilah dlm bhs Jawa CORO BODO:
      * KNS : konsentrasi/hafalkan “gambar Dan jawaban” foto book (pertanyaan tak usah dipikir).
      * TGN : NA ZEGGEN ~ jawab/tirukan semaksimal mungkin.
      Lawan kata, dihafalkan.
      * GBL : baca sebaik mungkin.

      Saat Akan UJIAN, tenaaaang, Tarik nafas Dan berdoa. Pemandu sangat Ramah. Ruang UJIAN sangat dingin. Hehe… Making bisa diantipasi. Kalau kita kedinginan – pikiran juga bisa kacau.

      Tetap SEMANGAT Dan SUKSES.

      1. Terima kasih banyak mb lily atas informasinya, semoga saya bisa benar2 tenang dalam ujian mvv nanti :D… sekaligus siap2 jaket tebal yaa hehehe…:D

  14. hi saya mau tanya soal Surat Keterangan belum menikah, dilegalisir oleh : dep.kehakiman, dep.luar negeri, kedutaan Belanda ,apakah surat keterangan belum menikah tsb bisa di gantikan ke surat pernikahan catatan sipil dan di legalisir , krn rencananya saya menikah dulu di indonesia. setalah menikah baru kami memulai untuk pengurusan mvv,
    mohon infonya ya , Thanks

      1. Mervin, sebetulnya menikah di Indonesia(sini) maupun di Belanda (sana) SAMA SAJA. Bedanya di sana TIDAK MEMPERMASALAHKAN Agama. Saya beragama Buddha, suami Kristen dan menikah di sana. Setelah mendapatkan TROUW BOOKJE (buku nikah) dan saya HRS pulang ke Indonesia (visa schengen Habis), saya terjemahkan buku nikah tsb, kemudian saya DAFTARKAN di Kantor Capil tempat saya tinggal.

        Kami berdua mengurus ‘permohonan pernikahan ke Gemeente’ petugasnya sangat baik, TIDAK ADA SALAM TEMPEL. Yang PALING PENTING : surat2/persyaratan KOMPLIT.

        Semoga sukses & Tetap Semangat!

    1. Rina,
      Surat pernikahan Capil harus diterjemahkan ke dalam bhs.Belanda oleh Penterjemah Tersumpah dan dilegalisir. Sebaiknya, anda tanyakan langsung/meminta info ke Kedubes Belanda di Jakarta, semua informasi pasti akurat. Waktu saya akan menikah saya juga bingung, karena banyak info yang begini dan begitu, akhirnya saya bawa surat2 yang dibutuhkan dan saya ke Kedubes dan mendapat keterangan yang sangat jelas.

      Kita memang pada masa2 mengurus surat akan ‘merasa stress’, saya rasa hampir semua orang demikian. Tetapi kita HARUS tetap semangat dan berusaha juga sabaaaaarrr..

      Semoga sukses…

  15. Salam kenal, saya Lily, mau berbagi pengalaman/info.

    Akhir Okt 2011, stlh syukuran pernikahan kami, saya ke Belanda dgn Visa Schengen sambil membawa surat2 (Ket. Blm Menikah dari Capil setempat, surat kelahiran SEMUANYA DITERJEMAHKAN KE BAHASA BELANDA dan DILEGALISIR).
    Kemudian KAMI mengajukan permohonan utk menikah di GEMEENTE tempat kami tinggal. Selama surat2 KITA komplit, dan CALON KITA memenuhi syarat (pekerjaan, gaji dan bebas kriminalitas), semuanya TIDAK AKAN DIPERSULIT. Proses ini memakan waktu 8-10 minggu

    Bln Jan 2012 saya menikah secara resmi di Belanda. Minggu ke 3 Januari 2012 saya kembali ke Indonesia (Visa habis). Feb’12 saya mengikuti kursus Bhs.Belanda. Mei’12 saya melaksanakan INBURGERING EXAMEN di Kedubes. Juni’12 suami saya mengajukan permohonan visa MVV, dan Minggu pertama Okt’12 Visa MVV telah saya terima.

  16. Aiii X_X ribet bener ya, gw juga mau kawin sama calon di NL dan bermaksud menikah disana, mohon info dimana ya biro jasa untuk pengurusan dokumen tersebut?… terimakasih

    1. Hai Yudi, memang ribet sih, tapi ya bgm harus dijalankan toh supaya kamu bisa berangkat ;-). Saya pernah baca pengalaman seseorang yang mau ke Belanda juga, urus surat2nya melalui agen biayanya 3 Juta. Saya sih waktu itu urus sendiri, ya cuma harus bolak balik ke kantor pemerintahan, spt DEPLU, Dephum & Mabes Polri. Coba kamu join Kekeluargaan Warga Indonesia di Luar Negeri https://www.facebook.com/groups/KSCAPENS bisa tanya agennya disana, anggota KWI ada 7000 an.

  17. Wow..aku bingung nih..nikah di indo atau di Belanda..calon suami saya WNA bisa kasih saya tips biar gampang..btw saya mervin..i need your advice..please!!

    1. Hai Mervin tergantung kesempakatan kalian berdua, termasuk keluarga kalian maunya bagaimana, karena tiap pasangan punya keinginan berbeda loh!. Kalau saya memilih menikah di luar Indonesia, karena lebih simple dan ga pakai ribet, asal semua syarat (surat-surat) lengkap, maka lancar proses pernikahannya. Kalau di Indonesia masih banyak pihak yang minta salam tempel, kesannya wna selalu banyak duit.

      1. Nellaaaa hehe…qw ada denger2 bahwa sebelum apply mvv harus nikah dulu ya? katanya new regulation per Oct 2012 (qw baca2 web kedutaan kok ngak ada menyebutkan hal tersebut). Qw sdh kirim email mengenai hal ini ke kedutaan tp blm dibalas. Thankkkksss 🙂

        1. Nga ko. Teman saya apply Mvv, trus sdh keluar visanya dan awal Maret lalu sudah di Belanda. Rencana Nikahnya tahun depan di Belanda. Thn ini dia mau kursus integrasi dulu ;).

          1. tuhhh kan hehe doi jg dah bilang mana ada aturan seperti itu, btw qw akan update disini setelah dapat balasan dari kedutaan :). Hmm klo boleh tau temennya apply MVV bulan brapa ya…

          2. Klo ga salah temanku apply bulan Okt atau Nov, perkiraan semua akan beres di bln des atau Januari, eh ternyata baru dapat visanya akhir feb atau awal Maret lalu. Tgl 6 Maret dia sdh di Belanda.
            Klo Dinar sdh beres Mvv update disi ya ;).

          3. Salam kenal mbak nella dan semua yg komen di forum ini.
            Aku rencana mau ujian integrasi, tapi masih awam ttg bgmn prosesnya. mau tanya kalau ingin ikut kursus bahasa belanda dan dapetin buku naar nederland itu apa bisa melalui kedubes kota asal saya ya? Soalnya sempet dapet info seperti itu dari kerabat. Thanks n mohon bantuannya.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: