Menanam Biji Anggrek Merpati Habenaria Radiata

Menanam Biji Anggrek Merpati Habenaria Radiata. Hai pecinta anggrek, saya ingin berbagi pengalaman menanam biji anggrek merpati Jepang Habenaria radiata – Anggrek merpati Jepang disebut juga bunga Kuntul Putih atau anggrek Berumbai. Ukuran umbi/corm anggrek Habenaria radiata ini sangat kecil, hanya seukuran biji jagung.

Menanam Biji Anggrek Merpati Habenaria Radiata

Habenaria radiata egret orchid “Dove Orchid” atau “Vogelorchidee” (Bahasa Jerman). Anggrek Pecteilis radiata (syn. Habenaria radiata) adalah spesies anggrek tanah ukuran mini yang ditemukan di Cina, Jepang, Korea dan Rusia.

Tanaman ini tumbuh subur di tanah gambut yang dikeringkan dengan baik dan mengering di musim gugur. Oleh karena itu penting bahwa media selalu tetap lembab selama fase pertumbuhan.

Umumnya dikenal sebagai bunga kuntul putih, anggrek berjumbai atau sagiso. Tidak perlu bingung dengan anggrek putih berpohon Platanthera praeclara, yang merupakan spesies Amerika Utara. Sagiso adalah bunga resmi di lingkungan Setagaya, Tokyo.

Saya tinggal di Jerman dan membeli bibit Habenaria radiata nya di gewiehs-blumenzwiebeln.de kalau di rupiahkan harga nya Rp.93.000 untuk satu biji anggrek ukuran biji jagung saja haha. Awalnya melihat ukuran biji anggrek merpati Jepang ini sempat ragu apakah bisa tumbuh, walau ragu sayacoba tanam juga biji anggreknya mengikuti petunjuk yang saya baca dari forum anggrek berbahasa Jerman.

Tulisan Terkini

Cara Menanam Anggrek Merpati Habenaria Radiata dari Umbi nya:

  • Rendam umbi dalam air hangat selama sekitar 10 menit sampai 30 menit.
  • Gunakan pot ukuran kecil karena umbi anggrek nya pun sangat kecil, hal ini supaya tidak boros media tanam dan kelembapan terjaga sekitar umbi.
  • Media tanam anggrek habenaria radiata gunakan campuran antara media anggrek dari cacahan pinus (saya gunakan ukuran kecil untuk seedling), perlite, tanah berpasir dan spagnum moss.
  • Isi pot dengan separuh media tanam, taruh umbi Habenaria radiata lalu tambahkan sisa metan sampai pot penuh, dimana sphagnum moss saya berikan lebih banyak porsi nya.
  • Saya tutup pot anggrek menggunakan pot transparan (bagian atas bolong) hal ini supaya terjaga kelembapannya. Kita bisa juga gunakan bekas botol air mineral ukuran 1 l atau 1,5 L. Bagi 2 botol, jadi mirip greenhouse mini.
  • Umbi Habenaria radiata yang saya tanam numbuh setelah 3 minggu. Pada minggu ke 4 numbuh daun keduanya. Wah jangan ditanya senangnya saya, ingin jingkrang kegirangan haha 🙂 .
  • Jika sudah 6 minggu anggrek nya bisa di repotting, ganti media tanam.

Video Menanam Umbi Bunga Anggrek Merpati Habenaria Radiata #1

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Saya sempat mencari bibit ini di google untuk pembelian di Indonesia, kebanyakan yang menjual tidak pajang bentuk umbi Habenaria radiata nya, hanya menyertakan gambar saat berbunga. Ditulis nya bibit / benih / seeds anggrek Habenaria radiata. Hati-hati ya kalau bentuknya benih menurut saya sangat sulit menumbuhkannya, karena ukurannya sangat halus seperti pasir.

Saya juga tidak percaya karena harganya sangat murah Rp.3.000 atau Rp.5.000 sepertinya yang dijual bentuk benih atau biji anggrek sangat halus seperti pasir, dijual satuan. Toko lain ada jual harga Rp.4.500, Rp.20.000 1 set isi 20 butir Benih.

Kalau kamu mau membeli bibit Habenaria radiata sebaiknya belilah bentuk umbi/corm bentuknya seperti pada video saya.

Habenaria radiata adalah anggrek mini hanya setinggi 30cm. Anggrek ini dapat bertahan hingga pada suhu minus 5 ° C.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Demikianlah share saya mengenai Menanam Biji Anggrek Merpati Habenaria Radiata, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini suka anggrek mini juga tertarik menanamnya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: