Menanam Bibit Bunga Musim Panas

loading...

Sahabat blogger, kali ini saya akan mengulas mengenai menanam bibit-bibit bunga musim panas. Pada judul ini yang akan saya ulas adalah bibit-bibit yang berupa umbi (bulb). Ulasan mengenai menanam bibit berupa benih akan menyusul kemudian.

Sebagian besar umbi bibit (bulb) adalah dari tahun sebelumnya. Menjelang musim dingin, semua bunga musim panas saya bongkar, dan umbinya saya bersihkan, keringkan lalu simpan di gudang. Kini bibit-bibit bunga musim panas saya keluarkan kembali dan siap ditanam. Oh ya ada beberapa yang sudah mulai tumbuh loh, sepertinya umbi mengenal perubahan cuaca, masuk musim semi mulai tumbuh sendiri.

Oh ya sering ada yang menanyakan kepada saya, „apakah bulb flower,  setelah selesai berbunga, harus dibongkar dan di keringkan umbinya, apakah tidak bisa dibiarkan begitu saja di tanah?“. Sebenarnya bisa saja tanamannya (umbinya) berada dalam tanah (pot), tinggal gunting daun-daun yang telah kering. Berhubung pot-pot saya terbatas jumlahnya, maka ya selesai berbunga saya bongkar semua, untuk tanam bibit-bibit bunga musim berikutnya. Kalau yang punya taman luas, ya biasanya dibiarkan saja umbi-umbi bunganya berada dalam tanah. Jadi dari tahun ketahun akan tumbuh lagi sesuai musimnya, malah beranak pinak.

Bibit-bibit (bulb) Bunga Musim Panas yang saya tanam, antara lain:

1. Calla bahasa latinnya Zantedeschia

Umbi Bunga Calla aka Zantedeschia. Sebelah Kiri umbi bunga yang Kuning, Kanan umbi bunga yang Merah. Tanam pada 6 Februari 2013

Umbi Bunga Calla aka Zantedeschia. Sebelah Kiri umbi bunga yang Kuning, Kanan umbi bunga yang Merah. Tanam pada 6 Februari 2013

Saya menanam 3 macam Calla :

  • Calla berwarna merah. Bunga ini saya dapat dari suami tercinta sebagai kado hari Valentine tahun 2012. Umbinya sudah mulai tumbuh, jadi harus segera ditanam. Bibitnya saya rendam dalam air dulu, untuk merangsang pertumbuhan akar-akarnya.
Rimpang Bunga Calla aka Zantedeschia. Bunganya akan Berwarna Merah

Rimpang Bunga Calla aka Zantedeschia. Bunganya akan Berwarna Merah

Bibitnya saya tanam pada 6 Januari, dan pada 28 Februari sudah tumbuh seperti dibawah ini.

Tahun lalu bunga Calla merah seperti dibawah ini:

Kado hari Valentine tahun 2012. Bunga Calla Warna Merah

Kado hari Valentine tahun 2012. Bunga Calla Warna Merah

  • Calla berwarna kuning

Bibitnya dari tahun lalu 2012. Bibitnya saya tanam pada 6 Januari 2013, dan mulai tumbuh pada  28 Februari, hingga saat ini daun pertama belum membuka.

  • Calla berwarna kuning dan Pink.

Bibitnya saya tanam pada 7 April 2013. Bulb ini ukuran 14 cm. Satu kemasan berisi dua bulb, jadi satu akan berwarna kuning dan satu lagi akan berwarna pink. Saya membeli bibitnya bulan lalu. Dua Calla yang lain (sebelumnya) tidak ada keterangan ukurannya.

Calla bahasa latinnya Zantedeschia. Nantinya akan Berwarna Kuning dan Pink

Calla bahasa latinnya Zantedeschia. Nantinya akan Berwarna Kuning dan Pink

2. Bunga Dahlia

Ada banyak sekali jenis bunga dahlia. Kalau saya ke retail tanaman selalu lapar mata, karena jenis-jenis bunga dahlia cantik-cantik dengan warna bermacam-macam, semua mau dibeli :mrgreen:.

Yang saya tanam :

  • Dahlia Park Princess umbinya dari tahun lalu, hiks 😥 begitu keluarkan dari gudang, ternyata banyak yang busuk. Ya ketika pindahan rumah  pada November 2012, saya repot mengurus macam-macam, jadi umbi dahlia ini asal saya masukkan ke plastik berlubang, saya lupa kalau rimpangnya masih basah.

Untunglah masih ada beberapa umbinya yang keras dan bisa ditanam kembali.  Umbinya tidak saya rendam terlalu lama, cukup saya celup-celupkan sebentar ke air dan langsung tanam, karena umbinya sudah basah dan sudah ada yang tumbuh. Umbinya saya tanam pada 21 Februari 2013.

Yang mau melihat bentuk bunga Dahlia Park Princess saya tahun 2012 klik disini.

  • Schmuck Dahlia

Setelah umbinya direndam, umbi langsung ditanam pada 2 Maret 2013. Nantinya bunganya akan berwarna kuning.

  • Bunga dahlia (tidak tahu jenisnya)

Tahun lalu saya mendapat tanamannya dari mama mertua, karena mungkin tahun lalu salah lokasi penanaman, jadi belum muncul bunganya, hanya daun-daunnya saja yang lebat. Bunga Dahlia butuh sinar matahari yang terik, jadi kalau tanam di lokasi yang tidak kena sinar matahari langsung, pertumbuhannya tidak optimal.

Tanaman Bunga Dahlia diberikan pagar Penyangga supaya berdiri tegak

Tanaman Bunga Dahlia diberikan pagar Penyangga supaya berdiri tegak

3. Bunga Lili (Asiatic Lilien)

Umbinya (4 buah) saya tanam pada 2 Maret 2013. Umbinya direndam dulu 24 jam sebelum penanaman. Selama belum tumbuh, cukup siram seminggu sekali, atau kalau tanahnya benar-benar kering. Penyiraman berlebihan, akan menyebabkan umbinya busuk.

Tahun lalu saya pernah mencoba menanam umbi bunga Lili, berhubung saya belum tahu mengenai tanaman ini, jadi umbinya busuk semua karena terlalu banyak disiram. Belakangan ini ada beberapa pengunjung blog yang menanyakan bunga Lili, saya jadi tertarik juga mencoba menanam kembali. Kali ini sukses, tinggal tunggu bunganya mekar ;-).

Pertumbuhan bunga Lili cepat sekali, dalam waktu sebulan bakal bunganya sudah besar, seperti dibawah ini. Saya penasaran kira-kira bunganya akan berwarna apa ya, karena dikemasan ditulis warnanya campuran.

Bakal Bunga Lili sudah siap Membuka. Penasaran warnanya. Foto 8 April 2013

Bakal Bunga Lili sudah siap Membuka. Penasaran warnanya. Foto 8 April 2013

Apakah sahabat blogger mempunyai salah satu bunga seperti yang saya tanam? Sejak kapan kamu menanamnya dan warna apa yang kamu punyai? ;).


Bersambung …

Tulisan Terkini

Advertisements

62 thoughts on “Menanam Bibit Bunga Musim Panas

  1. Saya punya umbi lily warna pink yg sy beli d pasar.. suhu d sini sekitar 26 / 11º celcius. Apakah pada suhu dan musim gugur seperti ini bunga lily bisa d tanam?

  2. Pingback: Update Bunga Musim Panas | Pursuing My Dreams

  3. Pingback: Menanam Bibit Bunga Musim Panas (Bagian 2) | Pursuing My Dreams

  4. sukaaaa bunga Dahlia… berarti cocok ditanam di Jogja yg panas ini yaa..
    biasanya brp bulan mbak dari umbi sampai berbunga? *nungguin di deket pot sampai tumbuh kuncup bunga Dahlia 😀

    • Bunga dahlia memang bunga musim panas bun :). Mulai Juni sudah mulai berbunga, sampai musim dingin.
      Hikss jadi ingat tahun lalu dalam waktu semalam tanamannnya ketika datang salju pertama, dahliannya mati total,
      tapi umbinya bagus, karena tertanam di dalam tanah, thn ini tanam kembali :).

  5. Ha ha, musim berganti, saatnya bunga pun tambah yang baru lagi. Wis lah, nek urusan bunga mbak Nella jagonya. Pagenya dilengkapi konsultasi gratis seputar bunga2an mbak. He he he

  6. hi Kak nella..
    baru tau umbinya bisa disimpen, dikeringkan, abis itu ditanem ulang. rajin banget ya kak. kalau di indonesia karena tamannya besar mungkin sudah dibiarin saja ya, bener, malah beranak pinak 😛

    Calla merah sepertinya aku pernah keliatan. tapi lupa2 ingat. apa indo ada? takutnya yang aku lihat mirip dengan calla merah padahal bukan calla merah. hehe

    btw, anggrekku sudah banyak banget yang berbunga di bulan april ini kak. aku juga uda gak sabar postingin anggrekku. kali ini anggrekku berbunga dengan warna yang langka. seneng banget deh akunya.. 😀

    • Ditunggu ya postingan anggrek2 Renny :).
      Anggrek ku ada 3, belum keluar bunganya :(.
      Mungkin krn tanaman tropis, jadi di Indonesia tentu saja lebih subur.
      Oh ya anggrek2 Renny dikasih pupuk apa? Klo disini pupuk cair.

      • iya kak, mungkin tropis. apalagi anggrek itu panasnya kudu pas ya, makanya kenapa orang suka dikasih jaring2 diatasnya kalau panasnya sangat nyentrong. untungnya rumahku panasnya pas. jadi gak perlu jaring 🙂

        anggrekku dikasih pupuk cair kak, pupuk bunga dan pupuk daun. 2-2nya cair. seminggu sekali di pupukin 🙂
        mungkin kak nella masih dinginnya di Jerman? uda brp derajat kak skrg?

        • Diluar sudah mulai hangat suhunya 12 derjat C, kalau malam 5-7 derajat. Anggrek2 di Jerman ditaruhnya dalam rumah. Disini jendela2 ada tatakannya jadi ya anggreknya taruh disitu, bisa kena sinar matahari. Suhu dalam ruangan 20-23 derajat C.

  7. Seneng deh liat post Mbak Nella yg penuh dengan bunga dan tanaman. Aku mah nggak suka nanam bunga dan sebagainya, nggak tau kenapa. Tapi Ibuku sukaaaa banget 🙂

  8. wah postingan mbak nella ini, favorit mama saya pastinya.
    kalo saya senengnya tugasnya cuman nyirami kembang doang, mama tuh yang dari nanam sampe ngerangkai kembangnya.
    penasaran liat lilinya seperti apa

  9. Wah Mbak Nella telaten banget ngurusin bunga-bunganya. Aku suka gak sabaran kalau ngurus yang model begitu, jadi yang diurus cuma berbagai macam kaktus dan sukulen saja.
    By the way, aku ikut penasaran sama bunga lilinya 🙂

    • Saya membuat kesibukan sendiri Chris supaya saya betah di negri orang ;). Ya saya juga punya banyak kaktus, dari bulan November hingga Maret tidak perlu disiram, asyikkk ya tidak perlu repot mengurusnya :D.

Comments are closed.