Menanam Bibit Bunga Musim Panas

loading...

Menanam Bibit Bunga Musim Panas. Sahabat blogger, kali ini saya akan mengulas mengenai menanam bibit-bibit bunga musim panas. Pada judul ini yang akan saya ulas adalah bibit-bibit yang berupa umbi (bulb). Ulasan mengenai menanam bibit berupa benih akan menyusul kemudian.

Sebagian besar umbi bibit (bulb) adalah dari tahun sebelumnya. Menjelang musim dingin, semua bunga musim panas saya bongkar, dan umbinya saya bersihkan, keringkan lalu simpan di gudang. Kini bibit-bibit bunga musim panas saya keluarkan kembali dan siap ditanam. Oh ya ada beberapa yang sudah mulai tumbuh loh, sepertinya umbi mengenal perubahan cuaca, masuk musim semi mulai tumbuh sendiri.

Oh ya sering ada yang menanyakan kepada saya, „apakah bulb flower,  setelah selesai berbunga, harus dibongkar dan di keringkan umbinya, apakah tidak bisa dibiarkan begitu saja di tanah?“. Sebenarnya bisa saja tanamannya (umbinya) berada dalam tanah (pot), tinggal gunting daun-daun yang telah kering. Berhubung pot-pot saya terbatas jumlahnya, maka ya selesai berbunga saya bongkar semua, untuk tanam bibit-bibit bunga musim berikutnya. Kalau yang punya taman luas, ya biasanya dibiarkan saja umbi-umbi bunganya berada dalam tanah. Jadi dari tahun ketahun akan tumbuh lagi sesuai musimnya, malah beranak pinak.

Bibit-bibit (bulb) Bunga Musim Panas yang saya tanam, antara lain:

1. Calla bahasa latinnya Zantedeschia

Menanam Bibit Bunga Musim Panas. Umbi Bunga Calla aka Zantedeschia. Sebelah Kiri umbi bunga yang Kuning, Kanan umbi bunga yang Merah. Tanam pada 6 Februari 2013
Umbi Bunga Calla aka Zantedeschia. Sebelah Kiri umbi bunga yang Kuning, Kanan umbi bunga yang Merah. Tanam pada 6 Februari 2013

Saya menanam 3 macam Calla :

  • Calla berwarna merah. Bunga ini saya dapat dari suami tercinta sebagai kado hari Valentine tahun 2012. Umbinya sudah mulai tumbuh, jadi harus segera ditanam. Bibitnya saya rendam dalam air dulu, untuk merangsang pertumbuhan akar-akarnya.
Rimpang Bunga Calla aka Zantedeschia. Bunganya akan Berwarna Merah
Rimpang Bunga Calla aka Zantedeschia. Bunganya akan Berwarna Merah

Bibitnya saya tanam pada 6 Januari, dan pada 28 Februari sudah tumbuh seperti dibawah ini.

Tahun lalu bunga Calla merah seperti dibawah ini:

Kado hari Valentine tahun 2012. Bunga Calla Warna Merah
Kado hari Valentine tahun 2012. Bunga Calla Warna Merah
  • Calla berwarna kuning

Bibitnya dari tahun lalu 2012. Bibitnya saya tanam pada 6 Januari 2013, dan mulai tumbuh pada  28 Februari, hingga saat ini daun pertama belum membuka.

  • Calla berwarna kuning dan Pink.

Bibitnya saya tanam pada 7 April 2013. Bulb ini ukuran 14 cm. Satu kemasan berisi dua bulb, jadi satu akan berwarna kuning dan satu lagi akan berwarna pink. Saya membeli bibitnya bulan lalu. Dua Calla yang lain (sebelumnya) tidak ada keterangan ukurannya.

Calla bahasa latinnya Zantedeschia. Nantinya akan Berwarna Kuning dan Pink
Calla bahasa latinnya Zantedeschia. Nantinya akan Berwarna Kuning dan Pink

2. Bunga Dahlia

Ada banyak sekali jenis bunga dahlia. Kalau saya ke retail tanaman selalu lapar mata, karena jenis-jenis bunga dahlia cantik-cantik dengan warna bermacam-macam, semua mau dibeli :mrgreen:.

Yang saya tanam :

  • Dahlia Park Princess umbinya dari tahun lalu, hiks 😥 begitu keluarkan dari gudang, ternyata banyak yang busuk. Ya ketika pindahan rumah  pada November 2012, saya repot mengurus macam-macam, jadi umbi dahlia ini asal saya masukkan ke plastik berlubang, saya lupa kalau rimpangnya masih basah.

Untunglah masih ada beberapa umbinya yang keras dan bisa ditanam kembali.  Umbinya tidak saya rendam terlalu lama, cukup saya celup-celupkan sebentar ke air dan langsung tanam, karena umbinya sudah basah dan sudah ada yang tumbuh. Umbinya saya tanam pada 21 Februari 2013.

Yang mau melihat bentuk bunga Dahlia Park Princess saya tahun 2012 klik disini.

  • Schmuck Dahlia

Setelah umbinya direndam, umbi langsung ditanam pada 2 Maret 2013. Nantinya bunganya akan berwarna kuning.

  • Bunga dahlia (tidak tahu jenisnya)

Tahun lalu saya mendapat tanamannya dari mama mertua, karena mungkin tahun lalu salah lokasi penanaman, jadi belum muncul bunganya, hanya daun-daunnya saja yang lebat. Bunga Dahlia butuh sinar matahari yang terik, jadi kalau tanam di lokasi yang tidak kena sinar matahari langsung, pertumbuhannya tidak optimal.

Tanaman Bunga Dahlia diberikan pagar Penyangga supaya berdiri tegak
Tanaman Bunga Dahlia diberikan pagar Penyangga supaya berdiri tegak

3. Bunga Lili (Asiatic Lilien)

Umbinya (4 buah) saya tanam pada 2 Maret 2013. Umbinya direndam dulu 24 jam sebelum penanaman. Selama belum tumbuh, cukup siram seminggu sekali, atau kalau tanahnya benar-benar kering. Penyiraman berlebihan, akan menyebabkan umbinya busuk.

Tahun lalu saya pernah mencoba menanam umbi bunga Lili, berhubung saya belum tahu mengenai tanaman ini, jadi umbinya busuk semua karena terlalu banyak disiram. Belakangan ini ada beberapa pengunjung blog yang menanyakan bunga Lili, saya jadi tertarik juga mencoba menanam kembali. Kali ini sukses, tinggal tunggu bunganya mekar ;-).

Pertumbuhan bunga Lili cepat sekali, dalam waktu sebulan bakal bunganya sudah besar, seperti dibawah ini. Saya penasaran kira-kira bunganya akan berwarna apa ya, karena dikemasan ditulis warnanya campuran.

Bakal Bunga Lili sudah siap Membuka. Penasaran warnanya. Foto 8 April 2013
Bakal Bunga Lili sudah siap Membuka. Penasaran warnanya. Foto 8 April 2013

Apakah sahabat blogger mempunyai salah satu bunga seperti yang saya tanam? Sejak kapan kamu menanamnya dan warna apa yang kamu punyai? ;).

Baca juga: Menanam Bibit Bunga Musim Panas bagian 2

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

60 thoughts on “Menanam Bibit Bunga Musim Panas

  • November 18, 2013 at 6:01 pm
    Permalink

    Saya punya umbi lily warna pink yg sy beli d pasar.. suhu d sini sekitar 26 / 11º celcius. Apakah pada suhu dan musim gugur seperti ini bunga lily bisa d tanam?

    • November 18, 2013 at 6:11 pm
      Permalink

      Nyla tinggal dimana? asal suhunya tidak minus bisa ko. Oh ya jangan sering kena hujan, umbi lily rentan busuk karena terllau basah.

      • November 18, 2013 at 7:47 pm
        Permalink

        saya di turki.. karena tidak sabar saya mulai menanam umbinya hari ini..

        • November 18, 2013 at 11:00 pm
          Permalink

          Klo musim dingin taruh rumah, jangan dipupuk, cukup disiram seminggu sekali.

  • April 13, 2013 at 3:09 pm
    Permalink

    satu pun nggak punya kak 😀 aku menyimak aja kak 😀 tanaman yg ada dirumahku skrg cuma tinggal si cemara 😀 gampang ngurusnya hihihihiii

    • April 13, 2013 at 10:31 pm
      Permalink

      Sudah ga punya mawar lagi Mess?, pohon cemara kan? Besar ya? :D.

      • April 14, 2013 at 9:11 am
        Permalink

        cemara yg muat di pot aja kak, kan gak punya halaman gede 😉

  • April 13, 2013 at 1:21 pm
    Permalink

    suka bunga lili nya mba,,
    aku pengen mulai lagi berkebun,,cuma dikontrakan gada lahannya,,

    • April 13, 2013 at 1:56 pm
      Permalink

      Sekarang aku juga tidak punya lahan :(.
      Hanya punya 2 balkon, jadi semua tanaman ya di pot :).

  • April 13, 2013 at 6:40 am
    Permalink

    sukaaaa bunga Dahlia… berarti cocok ditanam di Jogja yg panas ini yaa..
    biasanya brp bulan mbak dari umbi sampai berbunga? *nungguin di deket pot sampai tumbuh kuncup bunga Dahlia 😀

    • April 13, 2013 at 8:22 am
      Permalink

      Bunga dahlia memang bunga musim panas bun :). Mulai Juni sudah mulai berbunga, sampai musim dingin.
      Hikss jadi ingat tahun lalu dalam waktu semalam tanamannnya ketika datang salju pertama, dahliannya mati total,
      tapi umbinya bagus, karena tertanam di dalam tanah, thn ini tanam kembali :).

  • April 12, 2013 at 7:50 pm
    Permalink

    wah ngebayanginnya repot ngurusnya. emang harus telaten nih. 😀
    bunga Calla nya udah gede keren/cantik.

    • April 12, 2013 at 7:55 pm
      Permalink

      Bersusah-susah ngurusnya, baru nantinya akan lihat bunganya yg cantik hehe.

  • April 11, 2013 at 4:38 pm
    Permalink

    Penasaran liat bunga asiatic lilinya mba, 😀
    nanti kalau sudah habis berbunga di gimanakan mba?
    di pangkas atau dibiarkan saja?

  • April 11, 2013 at 5:40 am
    Permalink

    Owhh.. Umbi nya disimpen gitu yah? *baru tau*..hehee.. Jadi gak sabar mau lihat bunga2nya mekarr dehh.

      • April 12, 2013 at 5:55 am
        Permalink

        Asikk.. siap menanti Mba Nel 😀

  • April 11, 2013 at 1:51 am
    Permalink

    Bar tahu Mba kalo Dahlia itu bunga musim panas. pantesan aja di sini subur banget Mba Nel. Hehehe.

    • April 11, 2013 at 3:32 pm
      Permalink

      Iya Dani, bunga dahlia harus kena sinar matahari langsung supaya subur, di temoatku sini matahari belu panas, jadi bunga2 dahlia belum tumbuh peaat.

  • April 11, 2013 at 1:32 am
    Permalink

    Ha ha, musim berganti, saatnya bunga pun tambah yang baru lagi. Wis lah, nek urusan bunga mbak Nella jagonya. Pagenya dilengkapi konsultasi gratis seputar bunga2an mbak. He he he

    • April 11, 2013 at 3:30 pm
      Permalink

      Edisi bunga musim semi hampir berakhir, saatnya nanam bunga2 musim panas :). Saran Ardika bokeh juga tuh ;). Sementara ini klo ada yang mau nanya2 melalui email.

  • April 10, 2013 at 7:22 pm
    Permalink

    Liat lily asiatic…aku jadi sedih…hik…hik…hik…
    Mau juga…

      • April 15, 2013 at 7:37 pm
        Permalink

        Besok, kesempatan terakhir…sampai hari ini masih gak bisa keluar….
        Kayaknya aku order lagi saja….emang gak bisa kalo disini…

  • April 10, 2013 at 5:53 pm
    Permalink

    hi Kak nella..
    baru tau umbinya bisa disimpen, dikeringkan, abis itu ditanem ulang. rajin banget ya kak. kalau di indonesia karena tamannya besar mungkin sudah dibiarin saja ya, bener, malah beranak pinak 😛

    Calla merah sepertinya aku pernah keliatan. tapi lupa2 ingat. apa indo ada? takutnya yang aku lihat mirip dengan calla merah padahal bukan calla merah. hehe

    btw, anggrekku sudah banyak banget yang berbunga di bulan april ini kak. aku juga uda gak sabar postingin anggrekku. kali ini anggrekku berbunga dengan warna yang langka. seneng banget deh akunya.. 😀

    • April 10, 2013 at 6:25 pm
      Permalink

      Ditunggu ya postingan anggrek2 Renny :).
      Anggrek ku ada 3, belum keluar bunganya :(.
      Mungkin krn tanaman tropis, jadi di Indonesia tentu saja lebih subur.
      Oh ya anggrek2 Renny dikasih pupuk apa? Klo disini pupuk cair.

      • April 10, 2013 at 6:51 pm
        Permalink

        iya kak, mungkin tropis. apalagi anggrek itu panasnya kudu pas ya, makanya kenapa orang suka dikasih jaring2 diatasnya kalau panasnya sangat nyentrong. untungnya rumahku panasnya pas. jadi gak perlu jaring 🙂

        anggrekku dikasih pupuk cair kak, pupuk bunga dan pupuk daun. 2-2nya cair. seminggu sekali di pupukin 🙂
        mungkin kak nella masih dinginnya di Jerman? uda brp derajat kak skrg?

        • April 10, 2013 at 7:44 pm
          Permalink

          Diluar sudah mulai hangat suhunya 12 derjat C, kalau malam 5-7 derajat. Anggrek2 di Jerman ditaruhnya dalam rumah. Disini jendela2 ada tatakannya jadi ya anggreknya taruh disitu, bisa kena sinar matahari. Suhu dalam ruangan 20-23 derajat C.

  • April 10, 2013 at 11:30 am
    Permalink

    Seneng deh liat post Mbak Nella yg penuh dengan bunga dan tanaman. Aku mah nggak suka nanam bunga dan sebagainya, nggak tau kenapa. Tapi Ibuku sukaaaa banget 🙂

    • April 10, 2013 at 2:41 pm
      Permalink

      Ko banyakan ibu-ibu ya yang suka nanam bunga2 :). Disini oma2 tamannya bagus2.

      • April 11, 2013 at 4:44 pm
        Permalink

        Tapi temenku cowok suka juga sama tanaman, malah dia lebih detail dan suka melakukan percobaan.

        Mbak Nella belajar dari Oma-oma itu juga ya ?? 🙂

        • April 11, 2013 at 4:50 pm
          Permalink

          Disini bpk2, ibu2, opa2, oma2 suka berkebun semua :D.
          Ya biasanya saya tanya2 oma2 krn mereka lebih berpengalaman.

          • April 11, 2013 at 4:58 pm
            Permalink

            Hebaat ya, pada seneng berkebun….

  • April 10, 2013 at 10:09 am
    Permalink

    wah postingan mbak nella ini, favorit mama saya pastinya.
    kalo saya senengnya tugasnya cuman nyirami kembang doang, mama tuh yang dari nanam sampe ngerangkai kembangnya.
    penasaran liat lilinya seperti apa

    • April 10, 2013 at 10:51 am
      Permalink

      Hai Ajeng, kamu pernah bahas di blog kah mengenai koleksi bunga2 mama mu? Mau dong lihat2 gambar bunganya :D. Mama punya bunga apa saja?.

  • April 10, 2013 at 8:04 am
    Permalink

    seru banget mba bertanamnya, sayangnya aku cuma penikmat bunga aja hihihii 😀

      • April 10, 2013 at 6:01 pm
        Permalink

        iyaaa mbaa, aku suka banget sama bunga, warna warni dan bentuknya unik-unik 😀

  • April 10, 2013 at 7:42 am
    Permalink

    kak…..mau donk calla lily yg berwrn merah?????? XD

    • April 10, 2013 at 9:15 am
      Permalink

      Ya ternyata yang satu berwarna merah, cantik yaa. Aku lagi kumpulin orderan dulu nih aku sekalian mau beli calla yang hitam :).

  • April 10, 2013 at 7:08 am
    Permalink

    telaten banget deh 😀
    aku gak ada bunga-bungaan, tapi pohon2 gede hehehe

    • April 10, 2013 at 9:13 am
      Permalink

      Hai Red punya pohon apa saja?. Saya ga punya taman jadi tidak bisa tanam pohon besar :(.

      • April 10, 2013 at 9:18 am
        Permalink

        mangga, jambu air. kemarin ada sawo tapi udah ditebang

        • April 10, 2013 at 9:20 am
          Permalink

          Wah pohon-pohon besar ya. Saya sudah 2 tahun ga makan jambu, sawo ahhh sedapnya buah-buah tropis ;).

          • April 10, 2013 at 9:29 am
            Permalink

            disana mahal ya buah2an? saya tiap hari ngejus buah disini, bagian dari food combining diet 😀

          • April 10, 2013 at 10:47 am
            Permalink

            Ada yang murah ada yang mahal, tergantung musimnya. Skrg mulai banyak stroberi jadi murah, bisa sering bikin juice. Buah pepaya mahal yg kecil paling sekilo harganya sekitar rp.60.000, sdh 2 tahun ga makan pepaya, ga rela keluarin duitnya :D.

          • April 10, 2013 at 10:58 am
            Permalink

            hahaha itu pepaya mahal banget. disini 7000 dah dapet 1 biji yang gedeee :p

          • April 10, 2013 at 11:03 am
            Permalink

            Iyaaa mihil makanya aku ga rela keluarin duit. Pengen nanam pohon pepaya deh :D.

  • April 10, 2013 at 3:10 am
    Permalink

    Wah Mbak Nella telaten banget ngurusin bunga-bunganya. Aku suka gak sabaran kalau ngurus yang model begitu, jadi yang diurus cuma berbagai macam kaktus dan sukulen saja.
    By the way, aku ikut penasaran sama bunga lilinya 🙂

    • April 10, 2013 at 9:11 am
      Permalink

      Saya membuat kesibukan sendiri Chris supaya saya betah di negri orang ;). Ya saya juga punya banyak kaktus, dari bulan November hingga Maret tidak perlu disiram, asyikkk ya tidak perlu repot mengurusnya :D.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: