Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp

loading...

Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp. Sahabat berkebun, tulip saya yang mekar pertama adalah Jenis Darwin Hybrid yang namanya Salmon Impression. Jadi berikut ini mau cerita detail mengenai si cantik Salmon ini ya 🙂 .

 

Di toko umbi tulip ini (Salmon Impression) di jual ketengan dalam peti, saya bisa pilih umbinya yang bagus dan besar. Sejak awal sudah naksir karena ukurannya jumbo, namun tidak naksir harganya yang mahal sekali hehe. Setelah dipikir-pikir kalau bisa pilih yang kita sukai yang bagus-bagus ya harus rela lah bayar sedikit lebih mahal toh, jadi balik lagi ke toko.

Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp. Besar Sekali Bibit Tulip Darwin Hybrid Salmon Impression
Besar Sekali Bibit Tulip Darwin Hybrid Salmon Impression

Saya menanam 7 biji (bulb) Darwin Hybrid Salmon Imp. pada 23 Nov 2013. Kapan berbunganya??. Maret 2014 baru berbunga jadi 4 bulan baru bisa menikmati keindahan si tulip.

Di negara 4 musim, biasanya bibit-bibit bunga musim semi (salah satunya tulip) dijual mulai awal September hingga akhir Desember atau hingga awal Januari tahun berikutnya. Kalau lewat masa tersebut sebaiknya jangan dibeli lagi karena bibitnya tidak bagus lagi, kecuali kalau kamu tanya penjual apakah dia menyimpan bibit-bibitnya didalam lemari pendingin sebelum dikirim, nah baru silakan di beli deh.

Kenapa bibit-bibitnya beredar mulai awal September hingga Desember?, karena saat itu mulai musim gugur, dimana cuaca mulai sejuk dan akan masuk musim dingin. Waktu tersebut cocok untuk mulai menanam bibit-bibit bunga musim semi (termasuk tulip).

Tulip Salmon Imp. 02 Feb hingga 26 Feb. Yang no.1 berwarna agak putih karena baru ditaruh di tempat terang
Tulip Salmon Imp. 02 Feb hingga 26 Feb. Yang no.1 berwarna agak putih karena baru ditaruh di tempat terang

Setelah ditanam, pot-pot tulipnya saya taruh di loteng rumah (tempat gelap dan dingin) dulu karena kalau taruh di balkon akan sering kena hujan. Musim gugur tahun lalu hujan deras hampir tiap hari. Setelah mulai tumbuh baru taruh di tempat terang.

Kalau kamu tidak tinggal di negara 4 musim, namun penasaran pengen coba tanam, harus punya niat kuat buat bersusah payah hehe. Bibit-bibit tulipnya bisa kamu simpan dalam suasana dingin dulu alias simpan dikulkas selama 3 sampai 4 bulan pada suhu 1,7 hingga 12,8° C istilahnya cold treatment. Dengan begitu kamu mengkondisikan si bibit sama seperti negara 4 musim. Kalau sudah di simpan selama waktu tersebut, lalu bibit ditanam, maka pertumbuhannya dalam sebulan akan pesat sekali.

Pertumbuhan Tulip Darwin Hibrid Salmon Imp. Jika bibitnya sudah tumbuh maka akan cepat sekali pertumbuhannya
Pertumbuhan Tulip Darwin Hibrid Salmon Imp. Jika bibitnya sudah tumbuh maka akan cepat sekali pertumbuhannya

Kali ini saya tidak akan membahas lagi mengenai bagaimana cara menanam bibit tulip. Bagi yang tertarik silakan di baca di postingan Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta).

Slideshow foto-foto Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.

Kalau saya perhatikan Darwin Hybrid Salmon ini mirip sekali dengan tulip yang saya tanam tahun lalu, jenis Darwin Hybrid juga hanya namanya Big Chief. Beda pabrikan pengemasan beda juga namanya 😀 .

Tulip Darwin Hybrid Big Chief. Pemotretan 8 Februari 2013. Lihat yang warna pink ya

Kombinasi Tulip : Tulip Darwin Hybrid dan Tulip Triumph
Kombinasi Tulip : Tulip Darwin Hybrid dan Tulip Triumph

Kemudian bandingkan tahun 2014 Darwin Hybrid Salmon ketika mekar seperti dibawah ini:

Si Cantik Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp. 06.03.2014
Si Cantik Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp. 06.03.2014

Bagaimana menurut kamu, sangat mirip kan?. :mrgreen:

Jenis tulip Darwin Hibrid baru dikenal seusai Perang Dunia ke-2, merupakan hasil hibrida antara Tulipa Fosteriana yang berukuran besar dan ‘Darwin.’ Jenis ini memiliki bunga yang besar-besar dibandingkan jenis-jenis Tulip lainnya sehingga sering ditanam di taman bunga dan diproduksi besar-besaran sebagai bunga potong.

 So Beautiful My Darwin Hybrid Salmon Imp.
So Beautiful My Darwin Hybrid Salmon Imp.

Tulip Darwin Hibrid penanamannya mudah, mempunyai batang yang kuat dan tahan serangan virus. Tinggi tanaman sekitar 30-51 cm. Variasi warna bunga tidak terlalu banyak, antara lain: ‘Pink Impression’ (merah jambu), ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford’ (merah). Selain itu, ada juga warna-warna lain yang dimiliki keturunan ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford,’ seperti ‘Golden Oxford’ (kuning tua), ‘Blushing Apeldoorn’ (oranye kekuningan), dan ‘Oxford Elite (oranye dengan pinggir kekuningan).

Karena sudah mekar sempurna, maka pada 7 Maret saya potong bunganya dan taruh di vas bunga. Harapannya kalau di potong sebelum bunganya rontok sendiri, umbi tulip tetap besar, jadi tahun depan ketika umbinya ditanam kembali akan keluar bunganya.

Beberapa hal menarik mengenai Darwin Hybrid :
• Darwin Hibrida adalah tulip tertinggi. (Menurut saya tulip jenis lain bisa saja lebih tinggi, jika berada di lokasi kurang matahari, Tulip Salmon yang saya tanam malah tidak terlalu tinggi karena mendapat sinar yang cukup).
• Darwin Hybrid Tulips dikenal memiliki ukuran bunga BESAR dan berwarna cerah. Bunganya menyerupai piramida ketika masih kuncup, ketika mekar bisa menjadi ukuran 15 cm (diameter ketika terbuka penuh).
• Karena tulip ini memiliki batang panjang, dengan bentuk piramida dan warna yang indah maka jenis Darwin Hibrida sering dipilih sebagai bunga potong yang terbaik dari jenis tulip
• Termasuk tulip single late

Tips Menata Bunga di Vas Bunga di vas yang besar:
• kalau semua bunganya dimasukkan begitu saya terbenam semua. Diikat dijadikan satu sama juga tenggelam hingga ke dasar vas bunga.
• Jadi begini yang saya lakukan: Saya rekatkan solasi diatas vas bunganya, buat 3 jajar kearah depan dan kanan vas, jadi membentuk penyangga yang kecil.
• Lalu masukkan satu persatu bunga potong di sela-sela penyangga.
• Silakan lihat foto dibawah untuk jelasnya

Tip Membuat Penyangga vas pada bunga Potong
Tip Membuat Penyangga vas pada bunga Potong

 

Lihat ada solasi yang saya rekatkan di bagian atas vas bunganya yaa
Lihat ada solasi yang saya rekatkan di bagian atas vas bunganya yaa

 

Tenang saja solasi penyangga tidak terlihat ko, kecuali di amati dari jarak sangat dekat
Tenang saja solasi penyangga tidak terlihat ko, kecuali di amati dari jarak sangat dekat

 

Semua pengambilan foto dan video menggunakan kamera saku biasa. Kamera saku sony 4x optical zoom steadyshot dsc-w310

Video Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.

Oot ya buat kamu yang suka dengan posting tanaman dan bunga-bunga saya dan berniat mengkopi di blog kamu, ya silakan saja, asal SERTAKAN NAMA SAYA dan link ke blog saya ini. Buatlah satu dua alinea pendapat kamu sendiri, JANGAN ASAL KOPI SELURUH POSTINGAN SAYA dari titik komanya sama persis, sampai semua foto-fotonya tiba-tiba muncul di blog kamu. Saya berjuang sendiri loh nanam dari bibitnya, mengamati sendiri setiap hari pertumbuhannya, butuh sampai beberapa bulan untuk menikmati hasilnya. Sering gagal lalu mencoba lagi dan lagi, setelah berhasil baru saya tulis pengalaman saya di blog.

Sampai saat ini saya belum berniat membuat privat blog saya jadi bisa di baca semua yang berkunjung tidak perlu bayar ko. Saya senang kalau postingan saya berguna bagi yang lain. Tapi ya tolong hargai yang sudah berlelah-lelah menanam bibit sendiri, jangan asal kopi postingan saya yaaa.

Busyet deh saya temukan loh satu blog sampai buat khusus membahas tulip dan isinya postingan saya semua aje gileee ngubrak.com cuma bisa geleng-geleng kepala aja dulu 😥 .

Berhubung saat ini bukan postingan ngomel-ngomel jadi saya tidak akan membahas panjang seperti kereta api, nanti ada saatnya postingan khusus lagi buat ngomel ya hahaha .

Salam Berkebun deh yaaa. Go Green yuukk. Darwin hybrid salmon impression. Foto 07.03.2014
Salam Berkebun deh yaaa. Go Green yuukk. Darwin hybrid salmon impression. Foto 07.03.2014

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Sumber:
• http://id.wikipedia.org/wiki/Tulip
• http://www.theplantexpert.com/springbulbs/TulipIntro.html
• Pengalaman penulis

Baca juga:
Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)
Semangat Musim Semi II (Update Kebunku)
Tanamanku Subur Menggila karena ..
Tips Bunga Potong Tetap Segar
List artikel Kebunku

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

83 thoughts on “Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp

  • April 7, 2014 at 7:29 am
    Permalink

    seneng banget mba liat bunga tulip mba lagi. pokoknya kalau musim semi saya kudu harus singgah ke blog mba, lihat bunga yang warna warni ini. 😀
    wahh jahat bener tu orang mba, Plagiat banget.

  • March 29, 2014 at 3:47 pm
    Permalink

    Seneng liat bunga tulipnya, maaf mbak masih menjual bibitnya tdk?

  • March 29, 2014 at 3:44 pm
    Permalink

    Sis maaf masih jual bibit bunga tulip nggak??

  • March 19, 2014 at 5:36 pm
    Permalink

    Cantik-cantik tulipnya. Untuk satu masa berbunga bisa bertahan berapa lama ya mbak…

  • March 19, 2014 at 3:03 pm
    Permalink

    Soal yang hobi cipast bener2 menyebalkan ya Mba Nel? Tulisanku tentang Korea sering dicopas orang seakan2 dia yang nulis. Pernah sampe ngelaporin ke google segala karena ad satu blog copas 5 postinganku dalam seminggu. Abis udah komen minta dilink-in eh komen malah diapus. Komen teman2 MP semuanya diapus. ya udah aku laporin ke gugel aja…

  • March 19, 2014 at 2:59 pm
    Permalink

    Salut dengan ketelatenan Mba Nel dalam berkebun…
    Ada ngga yang berwarna biru Mba Nel?

  • March 19, 2014 at 5:48 am
    Permalink

    Cantik Mba Nel 🙂
    Ke Blognya Mba Nella, jadi tau cara menanam bibit bunga, jenis2 bunga, dllnya
    saya saja baru tau bibit bunga bentuknya yaa seperti itu hehehe ..

    • March 19, 2014 at 1:58 pm
      Permalink

      Jangan bosan-bosan ya kalau lihat postinganku tanaman melulu 😀 .

  • March 19, 2014 at 5:05 am
    Permalink

    Bunga tulip yang cantik…
    Kamu rajin bercocok tanam ya Nel…. semua tanaman dirawat dengan penuh kasih, makanya jadinya pun cantik…

    • March 19, 2014 at 1:57 pm
      Permalink

      Maklum mbak Zy saya penggangguran sejati, cuma dirumah saja. Supaya ga bosan ya menyalurkan hobi berkebun 😀 .

  • March 19, 2014 at 3:21 am
    Permalink

    Selamat ya….kamu udah sukses bikin aku ngiri sama tulipnya he..he…he. Suatu saat aku harus berhasil nanam bunga ini (setelah ngikutin tutorial nanam tulip di iklim tropis). Hmmm…kayaknya bagus nih buah resolusi tahun depan 🙂

  • March 18, 2014 at 4:26 pm
    Permalink

    Mbaa bibit tulipnya seiilas kaya bawang bombay hihihihi. Tapi pas udah mekar tulipnya jadi cantikkk.. 😉

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    • March 19, 2014 at 1:55 pm
      Permalink

      Iya Nis memang jenis bawang-bawangan 😀 . Di Jerman sini bunga2 begitu disebut “zwiebelblumen” zwiebel = bawang ; blumen = bunga.

  • March 18, 2014 at 11:51 am
    Permalink

    Whoaaaa…
    cantiiik banget bunga tulip nya Neeeeel 🙂
    Sekilas, mirip jadi bunga plastik yang dijual di supermarket itu saking indah nya lho…hihihi..

    Dan seriusan itu ada yang copas isi postingan mu tumplek blek gituuuh?
    Hajaaaar!..hihihi…
    bisanya ngomporin doang

    • March 18, 2014 at 1:50 pm
      Permalink

      Bunga plastik juga banyak ko, ga perlu disiram ga perlu dirawat 😆 . Aku suka yg asli lah walau setelah layu ya dibuang 😀 .

      Awas kompornya meleduk 😆 .

  • March 18, 2014 at 10:21 am
    Permalink

    Cantik banget tulipnyaaaa
    Eh apa kakak punya vas-vas khusus gitu untuk bunga tertentu?

    • March 18, 2014 at 1:48 pm
      Permalink

      Vas bunga seperti di foto khusus untuk bunga potong. Kadang kalau meja makan ga ada bunga potong rasanya ada yg kurang 😀 . Klo di kebunku pas ga ada bunga, ya beli ke toko bunga 😉 .

      • March 18, 2014 at 11:20 pm
        Permalink

        Aku tuh vas bunganya limited banget, cari-cari ke Ace Hardware kemarin nggak ada yang cocok. Mungkin harus ke Jakarta kali nih aku.

  • March 18, 2014 at 9:51 am
    Permalink

    Senang lihatnya Mbak… namanya aneh-aneh jenis tulipnya… kkk Salmon Impression x_x

  • March 17, 2014 at 2:46 pm
    Permalink

    Halo Mbak Nel, apa kabar?
    Baru tahu kalau bunga tulip itu demikian indah. Apa karena motretnya yang pintar ya? Padahal saya tidak mengerti sama sekali tentang perbungaan, tetap merasakan takjub akan keindahannya…

    Salam,

    • March 17, 2014 at 3:48 pm
      Permalink

      Hai mas Asa, kabar baik 😀 mas Asa apa kabar?.
      Menang dasar tulipnya sudah indah ko, bukan karena gaya memotret atau kamera yg keren 😀 .

  • March 17, 2014 at 11:03 am
    Permalink

    mau tanya sih, kalo tulip dikembangin di indonesia, hidup gak sih ._. haha

    blogwalking ya

    • March 17, 2014 at 1:59 pm
      Permalink

      Hidup ko, asal bibitnya di cold treatment dulu 3-4 bulan (simpan di kulkas) baru setelahyna ditanam. Saya pernah posting pengalaman Steve yang nanam tulip di Jakarta klik disini yaa.

  • March 17, 2014 at 7:25 am
    Permalink

    Bagus kak Nel tulipnya, kalo ini yang udah mulai mekar yah? Kalo yg sering lihat difoto2 Belanda biasanya yang masih kuncup gitu kan yah?

    • March 17, 2014 at 9:29 am
      Permalink

      Tulip ada yang model kuncup ada juga yg bunga kebuka. Beda-beda jenisnya 😀 .

  • March 17, 2014 at 5:43 am
    Permalink

    Hoooo…itu potnya dipakein selotip ya biar gak dempet-dempetan. Tips baru! 😀
    Mbak Nel…kapan2 boleh gak bikin tulisan ttg tips punya tanaman di lahan yang sempit hehhee…request. Aku tertarik soalnya dan mau pindah rumah, jadi mungkin bisa diaplikasikan. Makasih ya Mbak Nel. 🙂

    • March 17, 2014 at 9:29 am
      Permalink

      Iya Deva, pakai selotip di buat saling menyilang berguna sebagai penyangga bunga potong 😀 .
      Lahan sempit termasuk cuma punya balkon saja? ga spt aku kan berkebun cuma di balkon 😀 .

  • March 16, 2014 at 4:56 pm
    Permalink

    Bunganya cantik Mba Nella. Salut deh sama dirimu bisa sekonsisten dan setelaten itu. Suka banget sama tulip-tulip yang dipajang disini. Kalo ga tahu betapa perjuangan nanemnya ngirain tulip itu dilapisin lilin biar keliatan seger. Hahahaha.
    Ish, diomelin aja Mba Nell yang ngopy seenaknya gitu itu…

    • March 17, 2014 at 9:27 am
      Permalink

      Bunga tulipnya memang ada lapisan lilin, makanya keliatan mengkilap gitu Dan 😀 .

  • March 16, 2014 at 3:05 pm
    Permalink

    Waw …
    Bunganya cantik-cantik sekali …
    warnanya juga indah-indah …

    salam saya Nella

    (16/3 : 2)

  • March 16, 2014 at 2:34 pm
    Permalink

    Alamak parade tulip cantiknya……, terbayar sudah kesulitan merawat sejak tanam di musim gugur kemarin. Berbonus pula cara saji di vas bunga.
    Salam hangat

    • March 17, 2014 at 9:24 am
      Permalink

      Hehe iya bu Prih, aku senang sekali ketika bibit-bibit tulip yang kutanam berbunga 😀 .

  • March 16, 2014 at 1:11 pm
    Permalink

    Aaaakkkk, cantiiikkk yang udah di vas-nya. Eng, yg bagian nanem2nya sih udah pasti repot, ya. Yg nikmatin cuma liat hasil akhirnya aja yg cakep.. 🙂
    Ya ampun, kok msh ada sih orang2 yg nggak menghargai hasil karya orang, pake njiplak plek, plek blog mbak nella? Haiiissshh, pengen dilempar pisau tuh.. 😆

  • March 16, 2014 at 12:40 pm
    Permalink

    Kereeeeen… jadi kepingin nanam tulip juga di rumah…

  • March 16, 2014 at 9:21 am
    Permalink

    ya ampun, cantiknya maksimaal 😀

  • March 16, 2014 at 8:47 am
    Permalink

    indahnya. saya baru bisa bikin tulip dari kertas 😀

    nggak sopan banget tuh asal kopas… saya juga pernah dapatin coretan saya dicopas tanpa sebut sumber… lumayan banyak. tp blognya udah nggak diupdate2 lagi seh

    • March 16, 2014 at 9:27 am
      Permalink

      Wah bang Jampang kreatif juga membuat tulip dari kertas 😉 .

      Semoga kita ga menemukan lagi ya postingan2 di kopi tanpa izin 🙂 .

    • March 16, 2014 at 2:00 pm
      Permalink

      Iya mas Ahsan, 2 komen masuk spam box, untung saya lagi rajin aja ngecek spam box ga langsung hapus semuanya 😀 .

  • March 16, 2014 at 8:17 am
    Permalink

    Wakakaa… iya mba, kalau postingan dicopy paste plek itu rasanya kesel banget…

    btw aku juga ngenes nih lihat bunganya… bagus-bagus banget tapi gak bisa memegang dan melihat langsung… pengiiin banget ke tempat asalnya tulip… hiks…

    • March 16, 2014 at 2:00 pm
      Permalink

      Tadi ada yang komen katanya akan ada festival tulip di Singapur, dalam waktu dekat ini 😀 .

  • March 16, 2014 at 4:16 am
    Permalink

    tulipnya cantik mbak,
    saya punya tulip kw-an yang dapat dari tukang tanaman di daerah Bogor,
    cuma bentuk bunganya aja yang agak2 mirip 😀 .
    berbunganya baru-baru beli aja, sekarang tinggal bonggol dan daunnya beberapa lembar.

    • March 16, 2014 at 9:26 am
      Permalink

      Ko KW? 😀 . Tulip banyak jenisnya ko, bahkan ada yg kecil ukurannya. Iya berbunga hanya 1 kali setiap tahunnya. Klo umbinya masih besar thn depannya akan berbunga kembali.

  • March 16, 2014 at 2:30 am
    Permalink

    mbak nel, kalau sudah ditaruh di vas begitu, dia bakalan layu gak lama? 😀

    • March 16, 2014 at 9:22 am
      Permalink

      Kalau masih kuncup taruh di vas bunga bisa tahan 7-10 hari. Yang saya petik sudah mekar bbrp hari jadi setelah taruh vas tahan 4 hari 😉 .

  • March 16, 2014 at 2:29 am
    Permalink

    ternyata tulip juga banyak macam nya sampai ada yang pakai nama hybrid segala, saya nggak ngeh sama nama tanaman……….hiks…

    • March 16, 2014 at 9:21 am
      Permalink

      Iya mbak Siti, tulip banyak sekali jenis dan nama-namanya 😀 .

      • March 16, 2014 at 12:21 pm
        Permalink

        wahhhh mbak Nella juga ternyata ada online shop bibit tanamannya ya…..

        • March 16, 2014 at 1:57 pm
          Permalink

          Iya ada, mungkin akhir Juni saya tutup, siap-siap melahirkan 😀 .

          • March 16, 2014 at 2:26 pm
            Permalink

            wah juni lahiran….trus kapan dibawa ke INDO ?

          • March 17, 2014 at 1:32 am
            Permalink

            wah kalo gitu aku aja yang kunjungi mbak kesana *mulaingimpidipagi hari

  • March 16, 2014 at 1:48 am
    Permalink

    Love it……… 🙂

  • March 16, 2014 at 1:28 am
    Permalink

    bagus tulip nya… especially gua suka warnanya yang merahnya tua itu…

    • March 16, 2014 at 1:59 pm
      Permalink

      Iya, tapi senang ko ketika lihat hasilnya 🙂 .Btw komen RA masuk spam box 🙁 untung saya lagi rajin ngecek satu persatu 😀 .

  • March 15, 2014 at 11:58 pm
    Permalink

    bisa juga ternyata tumbuh di dua musim ya
    kalo dimasukin kulkas dah pasti tumbuh ya sist?

    • March 16, 2014 at 9:19 am
      Permalink

      Iya bisa tumbuh di 2 musim. Di Jakarta saja numbuh ko, asal sebelum ditanam harus di simpan dulu bibit2nya dalam kulkas selama 3-4 bulan 😉 .

  • March 15, 2014 at 11:58 pm
    Permalink

    Bibitnya gede vanget, kayak paprika yaa hehe. Bunga nya cantik, april besok ada festival tulip di singapore kayak nya pada mau datang temen2 😉

    • March 16, 2014 at 9:18 am
      Permalink

      Wah asyik dong ga usah jauh2 lagi ke Eropa untuk lihat tulip. Potretin yg banyak ya saat festivalnya, thanks in advance adik 😀 .

  • March 15, 2014 at 11:27 pm
    Permalink

    Bunga tulipnya cantik Nell. Umbinyabkalo beli di Indo kira2 harga brpaan ya

    • March 16, 2014 at 9:17 am
      Permalink

      Wah kalau di Indo saya tidak tahu mbak Ika. Para peminat biasanya pesan ke LN atau klo ada keluarga atau teman yg kebetulan liburan ke LN ketika bibitnya beredar pada nitip deh 😉 .

    • March 15, 2014 at 11:03 pm
      Permalink

      eeeettt daaahhh dah pertamax aj

      url ifan0282.wordpress.com is no longer available.
      The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: