June 1, 2020

Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?

3. Tawaran kerjasama produk smartphone
Kerjasamanya tahun lalu bulan Mei, selama kira-kira 3-4 bulan. Kerjaannya saya terima. Saya membuat 3 postingan di blog, bayarannya per judul postingan. Saya diminta membuat harga yang saya mau, walahh jujur saya bilang tidak tahu harga postingan di blog. Saya sempat google tapi tidak puas dengan hasil pencariannya. Kalau dulu baca postingan terbarunya Fiaz mengenai harga postingan mungkin bisa jadi gambaran buat saya.

Vendor pengennya soft promotion untuk merek Samsung, jadi jangan sampai pembaca langsung tahu kalau itu iklan. Jaman sekarang sih menurut saya yaaa para pembaca dengan mudah bisa menebak ko, apakah suatu postingan mengandung iklan atau tidak. Beberapa kali ada revisi sampai vendor bilang oke (maklum saya bukan blogger penulis produk hehe).

Tawaran Kerjasama untuk Produk Smartphone
Tawaran Kerjasama untuk Produk Smartphone

Pada saat membuat judul yang kedua, datang tawaran dari agency yang sama yang menawarkan kerjasama untuk mempromosikan kamera DSLR (mereknya sama dengan smartphone). Kompensasinya kamera baru tersebut dengan harga kisaran 7-8 juta an. Pengen banget dong kameranya, apalagi kamera saya “hidup segan, mati tak mau“, alasan kedua, nilai kompensasinya lebih besar 2 lipat kompensasi kerjasama smartphone yang sedang saya kerjakan.

Sebagai orang yang jujur dan baik hati prett 😎 hahaha jadi saya bilang ke agencynya kalau saya sedang dalam kerjasama merek yang sama dengan agency yang sama, cuma beda produk. Akhirnya “bye bye kamera DSLR gratis”. Saya hanya bisa mupeng membaca postingan beberapa blogger yang mempromosikan kamera tersebut “betapa beruntungnya kalian“.

Walaupun saya tidak mendapat kamera tersebut, saya tetap berkomentar positif di blog sobat blogger yang membahas kamera tersebut, saya tidak buka kartu dengan mengatakan kalau postingan tersebut iklan. Buat apa nyindir-nyindir atau buka kartu seseorang? mau posting iklan atau mau mempromosikan suatu produk kek itu rejeki setiap blogger. Saya tahu banyak blogger penuh waktu atau paruh waktu digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memasarkan suatu produk, menurut saya sah-sah saja. Apalagi blogger penuh waktu yang menggandalkan kemampuan menulisnya untuk mendapatkan penghasilan. Kalau blogger tersebut tidak kerja, dapur tidak ngebul dong πŸ˜€ . Kalau kamu tidak suka baca postingan produk, ya tidak perlu berkomentar negatif, silakan tutup halaman yang kamu baca beres toh ? πŸ˜‰ .

Oh ya kompensasi yang saya terima waktu itu 1 juta untuk satu judul, 3 judul berarti tahu dong ya. Pas mau pembayaran katanya akan dipotong 3% .. lah saya komplain dasartukangkomplain hehe karena di surat kontraknya tertera yang saya terima nilainya nett. Puji Tuhan nett dapatnya. Perpuluhan saya berikan deh ke sekolah minggu tempat saya dulu berjemaat di tanah air, trus belikan nyokap selop, trus buat ini itu habis deh haha πŸ™„ .

Waktu nurunin 3 postingan tersebut ada dong sobat blogger yang bilang “iklan ya” ; “produk nya lagi ngeblast promosinya yaaa? beberapa blog membahas yang sama” buat saya biar saja di katain biar disindir yang penting bayarannya oke banget dong <3 tidak seperti tawaran kerjasama di No.1 diatas yang bayarannya kecil amir trus di bully sobat blogger pula hihi. Saya masih bisa ngeles “biarin iklan yang penting bayarannya oke kan“.

β€œBlogging isn’t about publishing as much as you can. It’s about publishing as smart as you can.” ― Jon Morrow

 

Artikel Terkait :
β€’ Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal
β€’ 7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal
β€’ Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?
β€’ Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa
β€’ 3 Tipe Komentar yang β€œGa banget deh”
β€’ Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds
β€’ 5 Tips Etika Berkomentar di Blog
β€’ Aturan Internetan di Jerman
β€’ Rayakan Pencapaian Blog Anda

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

106 thoughts on “Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?

  1. Hoho.. harusnya kemaren2 aku gugling dulu kali ya. Awalnya aku nemu blog mbak ini karena kiword “tarif tulisan advertorial”. Gara-garanya, aku dapet tawaran bikin tulisan advertorial dari agency diskon gitu. Kyknya ada yg sempet share jg nih di atas πŸ˜€
    Orangnya tanya berapa fee aku untuk 1 tulisan advertorial. Aku emang belum tetapin tarif sih. Secara awalnya aku blogger hobiis, bukan money oriented. Traffic juga nggak tinggi.

    Akhirnya aku dapet referensi, sekian dollar untuk 1 post advertorial. Eh si agency langsung setuju aja. Aku jadi mikir, jangan jangan tarif yg aku kasih kerendahan nih.
    Haha..

    Mau naikin tarif kyknya g mungkin. Y udah deh akhirnya postingan naek layar juga.

    Dan mbak, aku juga sempet terima tawaran si Z. Dan waktu itu aku seneng banget. Kali pertama dapet tawaran begitu. Lumayan dapet voucher. Kali pertama ngerasain “duit” dari blog sendiri. Haha

    dan monggo yg mau bully aku.. πŸ˜€

  2. Wah, jadi semakin semangat ngeblog bagi new-comer seperti saya. Tak disangka kalau banyak job yang datang dari aktivitas ngeblog πŸ™‚

    (webmasfu.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 09.07.2016 )

  3. Waah keren mba Nel banyak yg nawariin. Jadi termotivasii πŸ™‚ Btw itu yg DSLR menggiurkan banget yah.. Dan setuju mba, kl emang ga suka dengan postingan iklan ya jgn dicela2, toh namanya kerjaan kan. Kl ga suka tinggal tutup ajaa.. Hihihi

  4. Saya termasuk yang pertama postingan iklan di nomor 1 Mba Nel. Alhamdulillaahnya ga ada yang ngebully. Hahahaha. Ato emang saya yang gak ngerasa ya?
    Karena traffic blog masih mini dan masih bisa diterima hati nurani jadi ya dibikin saja. Malah saya bikin postingan iklan tanpa dibayar (yang workshop ituu) karena sesuai sama visi saya ngeblog halah.

    Semoga semakin banyak ya Mba Nel yang menwarkan postingan berbayar. πŸ™‚

  5. yang penting heppi aja lah kak hahaa πŸ˜€ kalau nggak heppi ya jangan dikerjain ya kan πŸ˜‰ as simple as that πŸ˜€

  6. wah ternyata gak cuma aku aja yang ditawarin job beginian, nella juga ya..:D dulu waktu masih nge blog pas di indonesia gak pernah ada nawarin eh sekarang pindah ke amrik malah suka dikirim e-mail job online juga (even though aku contribute bukan di wordpress/blogger) yang macem2 pula sampe disuruh review vitamin segala πŸ˜›

    aku belum pernah sih ditawarin sama online fashion si Za*** itu tapi kalo sama online shop di jakarta yang suka promosi pake instagram/facebook sih sering banget. cuma emang persis kayak nella, profit di kita nya yang kecil dong. gak worth it sih kecuali kalo di endorse website online shopping kayak Asos.com gitu yang memang ok.

    ps: ngebaca tulisan nella yang lapor diri jadi senyum2 juga aku. aku pas pindahan ke amrik juga gak langsung report ke kjri. abis 2 years baru nyadar. haha.

    1. Klo review produk seperti vitamin apa mbak Fufu dapat sampelnya dulu?. Sekarang masih ngeblog ga mbak? aku mau baca-baca blog mbak Fufu πŸ˜‰ .

      Hahaha setelah 2 thn baru lapor, aku paling parah dong ya lebih lama πŸ˜€ .

  7. Wadew baca postingan ini asli jadi mupeng. Enak bener kalo blog yang udah banyak pengunjungnya banyak penawaran iklan. Kalo akang dapat tawaran Z waktu itu udah seneng banget. Tapi begitu mo bikin tulisan ga jadi-jadi, maklum urusan belanja on line akang sendiri nggak banyak tau :mrgreen:

  8. aku ditawarin juga Mbak sama yang Z, pertamanya aku nolak kalau voucher, eh ternyata pakai cash, aku terima dengan alasan, blog yang buat promosiin produknya, blog masih baru, belum satu tahun πŸ˜€
    lumayan lah.. πŸ˜€

  9. Whoaaa..
    bener banget lho Nel…aku emosi banget sama si Za*** itu, soalnya ketika aku tolak, dia malahan nawar lho..kalo segini aja mau gak?…hihihi..OGAH!!

    Aku pernah jadi blogger buzzer nya salah satu provider internet gitu, dan bayarannya sama dengan yang dikau sebutkan, jadi ya harga itu lah yang aku jadikan patokan…hihihi…males turun harga

    Etapi..tapiii..kemaren ini aku pernah lho ditawarin buat nulis …jreng…jreng…
    profilnya tokoh politik…bhuahahaaa…bayarannya menggiurkan Nel…

    Tapi aku males ah menyentuh ranah politik, walopun mungkin tulisanku netral, tapi tetep lah bakalan dituduh bahwa aku pro partai tertentu…OGAAAH!…hihihi..

    Jadi blogger banyak godaan nya yah Nel…hihihi…

    1. Ditawarin nambahnya banyak? berapa kali lipat Ry?.
      blogger harus sudah nilai jual sendiri ya, jangan semua tawaran diiyakan padahal dapatnya kecil πŸ˜€ .

      Hahaha iya banyak godaannya πŸ˜‰ .

  10. bangga dong mba Nella dapat tawaran.tulisan mba Nella sangat menarik.gaya bahasanya enak di baca n ga bikin ngantuk.kl bs buat buku tentang berkebun.kl tawaran yang pelit di tolak saja.karena mereka tak menghargai hasil karya kita

  11. awalnya kirain Zara mbak kok di tolak setelah ditelaah akhirnya ngeh hahaha promonya gencar tuh di fb pdhl gak like gak temenan tp muncul mulu sampe sebel

    bikin buku tanaman aja mbak pasti keren deh trus bonus video cd haha biar pangsa pasar dikit kl yg hobby berkebun beli dong?

  12. Aduuuh. Ak merasa terbantu dengan adanya postingan seperti ini. Sebagai org yg bekerja di industri itu dapet masukan dari blogger langsung. Makasihhh ya kalian. Hugss. Btw, hamil kak? Asoooy. Sehat2 yaaa. Uda berapa minggu? Congratssss

  13. blog sya traffic-nya msh sepi, bru 2 digit. jdi mustahil ada tawaran ini-itu, tapi sya happy aja krn menulis buat sya hanya utk kesenangan aja.. πŸ™‚

    selamat ya !

  14. Halo, yg nomer 1 juga ditawarin tapi aku blom jawab, abis bingung aku liat2 web nya ga ada yg minat mau kubeli, ntar nombok donk? hahaha sama kaya nyonyasepatu. Klo nulis review kan kudu beli barangnya dulu toh? kecuali kalo barang reviewannya dikasi gratis semacem endorsement (kaya kamera DSLR ituh) ya asik tuhh πŸ˜€

    tapi hebat lho tawarannya banyak Mbak πŸ˜€

  15. wah.. kalo traffik blognya tinggi asik juga yah.. sayang blog gw masih jauuuhh dari itu. hihihi… wong nulisnya mood2an. dan tujuannya bukan untuk cari duit. tapi kalo ditawarin asik juga. asal jangan kayak si Z itu ya mbak? hehehe…

  16. Mbak Nel, aku juga dapat yang nomor 1. Beberapa kali. Terus aku tolak. Nah, ada lagi sebuah website diskon gitu minta dimasukkin ke link tulisanku ttg review produk, ya aku gak mau karena kan aku nulis review karena pengalaman pribadi, kalau disuruh ya jadi bohongin pembaca. Terus mereka coba nawarin bikin tulisan advertorial gitu…bayarannya ketjilll pisan. Dan kayaknya gak oke karena kan blog ku itu blog gratisan jadi dilarang oleh TOR WordPress. Ya kan? πŸ˜€

    ladeva.wordpress.com is no longer available. The authors have deleted this site.. Check Nov. 21.2018.

      1. Tapi kan blogku masih gratisan Mbak, bukannya di TOS dilarang ya…

        ladeva.wordpress.com is no longer available. The authors have deleted this site.. Check Nov. 21.2018.

          1. Ooo berarti kalau nulis advertorial di blog gratisan boleh ya Mbak Nel? Sayang udah aku batalin. Hehehe…

            ladeva.wordpress.com is no longer available. The authors have deleted this site.. Check Nov. 21.2018.

  17. Aku juga di tawarin sam produk Z itu kak, aduh duh duh tragis banget kalo nominal nya cuman segitu. Cukup buat ke starbuck sekali itupun dapat kopi + kue masih nombok hahahaha.

  18. Semangat ya mbak nell. Memang dapat tawaran gt harus tegas kalau oke bilang oke, klau tidak jujur katkan tdk darpd ujung2 hati mbak nella tdk menerima. Tp semua tuh pertanda mbak nella sdh maju, kedepan bakal byk tawaran. Salut tdk lp rasa syukur pada Tuhan. Gbu

  19. Kayaknya saya tau nih inisial “Z” ini wahahaha πŸ™‚
    kayaknya seru yaa, dapat tawarin seperti itu hihihi apalagi yang no 3 πŸ™‚ tapi saya belum pernah dapat tawarin seperti itu, laah wong isi blognya juga beraneka ria πŸ™‚

  20. seru banget ya mbak, setuju banget tuh mbak nella sekalinya terima memang harus kakap, kalo teri repot banyak doang. salut dan sukses utk mbak nellla!

    salam
    /kayka

  21. Ahhh.. Py tau yg Z ituuu πŸ˜€ hihihi..

    Kak, pas kk ngomong soal rate gitu Py jadi inget si Adis bekpeker dia pernah posting soal harganya diblog whateverbackpacker.com . Kalo udah dimuat jadi kan kesaring sendiri yg mana perusahaan yg punya budget segitu ut bisa ngajuin proposal πŸ˜€ Suksess yah kak, punya blog rame emang jadi berkat tambahan πŸ™‚ Btw, knp kk ga bikin buku soal tanam menanam.. Eh tapi diblog ini juga udah jelas bgt sih yah πŸ™‚

    1. Hai Py thanks linknya ya aku mau baca blognya Adis πŸ˜‰ .

      Klo bikin buku berarti yg minat aja beli bukunya, klo di blog bebas kan siapa mau baca silakan gratis ngelesnyapemalas hahaha.

  22. Ya memang dilihat dari tawarannya, semuanya tidak nyambung dengan topik menanam bunga atau berkebun. Lucu saja marketer-nya habisin uang company utk hal yg jauh dari relevan (mgkn demi mencapai target).

    Keputusan yang bijaksana mbak Nella πŸ™‚

  23. Keren mbak, nell. Aku belum pernah ada yg nawarin. πŸ™
    Haha, orang blogku isinya cuma curhatan doang sih, buat promosi jg susah kali ya…

  24. wah, buat yang kedua dan ketiga, lumayan banget yah mbak Nella, sayang tarffic blog aku belum kayak mbak Nella, Ko Arman, atau mbak Noni. Hihihihi

  25. Widihhh asik banget yang kamera…..
    ngayal deh kapan dpt tawaran2 begitu…lah blognya aja belom setaon dan masih sepiiii…hihihi
    Ka nell coba ditawarin ttg buku berkebun or tanem2an..mau ga?
    Yang Z itu tau deh kayaknya πŸ˜‰

    1. Kalau buku berkebun sepertinya akan kupertimbangkan deh πŸ˜€ . Kalau aku mau dan blogger lain pengen nerbitin buku sebenarnya bisa melalui “self publishing” dasarnya aku aja yang malas ko hehe.

  26. Yg no 1 aku jg tolak mba, soalnya kecil banget. Aku liat harga2 barang di webnya yg aku pengen mahal2. Ya wislah ditolak aja daripada aku nombok.

    Nah yg no 2 dan 3 akuuuu mau banget mba nel hahha sayang gak ada yg nawarin hihi semedi ahhhh biar rame blognya

  27. Saya pernah posting tentang Z sekali, tapi tidak mau di bayar voucher
    kalau menurut saya lumayan untuk blog yang baru balik dari hiatus panjang,
    dan isinya suka-suka yang nulis πŸ˜‰ .
    * yang kamera menggiurkan banget tuh mbak, kasih referensi teman blogger lain ga nolak mbak πŸ˜€

  28. Wah penawarannya banyak ya kalo blog dah traffic tinggi, smpe tawaran nulis buku segala yaa….anyway kalau nulis buku royalty nya gede gak ya…he he he..

      1. ohh gitu ya, jadi kalau di produksi terus menerus akan tetap dapat royalti donk ya… hmmm perlu di pertimbangkan ya…. harus ada niche yang mau dibahas yang kita sudah ahli disitu.. dan ilmunya kan dibagi jadi beramal…dunia dapat n akhirat dapat …teorinya keren ya..

  29. hihihi gua termasuk yang nyindir gak ya? moga2 gak ya… huahahaha πŸ˜› kadang gua suka nyindir2 soalnya kalo baca postingan iklan. gak maksud apa2 sih cuma becanda aja… πŸ˜€

    aduh yang dslr itu kok gak prospek gua ya. mau banget tuh! huahahaha. kalo yang smartphone nya, asli itu pengalaman buruk buat gua. bagian media nya plin plan banget. padahal kita udah bikin surat perjanjian lho ketentuan review nya apa aja. gua udah ikutin, udah bikin, eh direvisi macem2. awalnya udah ngikutin, eh direvisi lagi. lama2 jadi kesel gua dan jadi batal. πŸ™ sejak pengalaman buruk ama si smartphone itu, gua kalo dapet job lagi, gua selalu minta DP. dan DP nya non-refundable. jadi kalo sampe batal, at least gua ngantongin DP nya. boleh jadi tips nih buat blogger lain yang dapet online job, gak ada salahnya minta DP atau lebih baik lagi kalo minta dibayar di muka. ada lho beberapa yang mau bayar di muka.

    tentang si Z… huahahaha emang paling kaco nih si Z. yang bener aja ya masa dibayarnya dikit banget, voucher pula! udah gitu sampe 2 kali nawarin. malesin banget ya…. πŸ˜›

    1. Hahaha iya Man gw juga revisi bolak balik, pas tengah jalan sempat kesel juga, tapi bgm dong bayaran turun setelah 3 judul, masah di judul ke 2 gw cut rugi hehe, paling gw sabar2in aja buat revisi lagi πŸ˜€ .

      Wah dapat ilmu baru nih dari lu thanks ya, berarti minta Dpnya dulu ya πŸ˜‰ . Minta bayaran di muka apa yg ngelunjak ya? hehe blog lu sih keren lah rame, yg nawarin mungkin oke aja ya bayar dimuka πŸ™‚ .

  30. saya pernah dapat tawaran yang nomor 1 juga mbak. terus saya tanya-tanya… itu untuk berapa kali posting… terus harus nyebutin merek sebagai nama toko apa adanya atau bisa saya ganti sebagai nama tokoh cerpen fiksi misalnya…. ternyata cuma sekali postingan dan harus menyebetukan bahwa merek itu adalah nama toko… akhirnya saya nggak bikin πŸ˜€

    BTW… bikin postingan bisa pake halaman gimana caranya, mbak? mau donk tutorialnya

    terima kasih

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: