Hati-hati Penipu Cinta di Dunia Maya Masih Beraksi

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

72 Responses

  1. maura says:

    jangan tertipu dgn paket kiriman dr luar negri atas nama cinta bohong belaka,jangan sampai transfer uang berapapun krn akan kecewa nantinya saya sdh tertipu jutaan dan sampai sekarang blm bisa terlupakan hanya doa dan pasrah kpd tuhan smg penipu itu insyaf dan kena hukuman yg sesuai

  2. Selamat malam Mbak. Maaf boleh sharing soal ini g Mbak? Kemarin sempat gini sih kasusnya, sy sdh menolak dikirimi tapi katanya sdh terlanjur di delivery service. Sempat kelolosan bayar cukai sekitar 8jt ke rek pribadi dgn alasan barang harganya lebih dari 50USD dan si agen tidak punya rekening Indonesia, cuma pas minta tambahan biaya sertifikat Rp. 30 juta akhirnya mulai curiga karena saya tau tidak ada sertifikat seperti itu. Ada kiat g utk online dating? Kemarin sy pasang di profil tentang harus 100% verified profile, apa itu cukup? Terimakasih sharingnya sebelumnya. Kalau teman2 bule di luar online dating sih banyak karena teman travelling cuma karena mereka tidak pernah kirim barang ke Indonesia jadinya clueless juga.

    • Hai Amitha, kiatnya banyak berdoa πŸ˜€ . Klo sudah menyinggung ttg uang kita harus mulai curiga, mana ada bule minta duit lah gaji mereka lebih besar kan yaa πŸ˜‰ . Klo sdh mulai kearah bicara ttg duit, langsung putus kontak ga perlu say goodbye, sdh ketauanlah kartu ybs, lalu kita mulai cari gebetan lain saja, ga perlu dipikirin lg yg minta duit tbs ngabisin waktu.

  3. Asri says:

    Itu sama saja membeli barang yang dikirim si bule itu. Alhamdulillah selama aku punya teman bule di beberapa jejaring sosial. Aku gak pernah kena tipu. Eh pernah deh sama French yang turunan Arab. Dia bilang akan kirim beberapa barang untuk aku, aku tanya kapan kirimnya, dia jawab di bulan Oktober 2013, eh belum juga bulan Oktober sudah putus tengah jalan xD tapi yang penting aku gak kena tipu untuk kirim uang atau apalah, cuma sakit hati saja itu orang tidak ada kerjaan.

  4. ratna says:

    eh iya nella yg saya takutkan saya terlanjur mengirim dia by email file ktp sama sim A saya dan ke duanya berwarna lagi.saya takut bisa disalah gunakan sama dia,bagaimana ya mengatasinya?thanks.

  5. ratna says:

    saya sedang sakit hati ditipu sama bule namanya dave,emailnya daveday09@yahoo.co.uk. telpnya +447873485875, ngakunya commander di navy seal, 2 mingguan dia gencar YM, nelp saya, saya benar benar jatuh hati padanya.katanya dia mau tugas afganistan 2 bulan habis itu holiday satu bulan di Indonesia,dia bilang akan mengirimkan hadiah buat saya ttp saya harus menebusnya sekitar 50 jutaan di agent. agent akan menghubungi saya. untungnya suami saya menyadarkan kalau saya telah kena tipu.untung saya tidak rugi materi apa apa hanya rugi sakit hati. so buat wanita hati hati deh jangan kemakan rayuan gombal.

  6. Sebenarnya secara logika pun ini sudah aneh ya mbak, mana ada mereka yang kirim paket dan sewa jasa ekspedisi kok kita sebagai penerima barang yang harus bayar (dalam jumlah mahal pula). Di Indonesia pun jasa ekspedisi paket kan gak ada yang seperti itu, saya rasa di LN pun sama πŸ™‚ Mudah-mudahan gak ada lagi pihak-pihak yang dikelabui seperti ini ya..

  7. diz says:

    oya…nella….kenapa aku tahu dari awal klo itu penipu karena adikku n banyak sodaraku yg ada di LN dan sering kirim paket dan tidak pernah aku mengeluarkan uang untuk menebus paket yg mereka kirim ke aku πŸ™‚

    • Iya kalau terima paket dari LN yang nilainya tidak lebih dari 50 usd bebas pajak ko, tapi kalau lebih dari nilai tersebut ada pajak barang masuk yang harus kita bayar. Namun barangnya pasti di Inodnesilah ga mungkin nyangkut di negara lain dulu πŸ˜‰ .

  8. diz says:

    hallo nella…sekedar sharing saja…kejadian itu pernah aku alami itu thn 2010….eehhh….baru kenal 2 minggu maksa kita pacaran…aku bilang kita belom pernah ketemuan koq minta pacaran…..aku ikuti saja apa mau dia…soalnya aku penasaran sama cara kerjanya dia klo menipu orang hehehe….sama gitu katanya kirim barang2 bermerk yg tas lah…kacamata lah….cincin tunangan lah n plus duit klo dirupiahkan 125 jute hahaha…bener juga dia kirim web expedisinya…kita tahu paket itu sekarang posisi ada dinegara mana….begitu sampai malaysia ada orang yg katanya dari expedisi itu bilang paket tidak bisa dikirim ke indonesia karena barang2 bermerk n ada duitnya….trs klo aku mau ambil paket itu aku harus nebus 10 juta uang di kirim lewat western union….waktu orang malaysia itu telpon aku lagi….aku pura2 udah kirim uang itu n aku kasih no pin nya western union padahal itu no togel hahaha ( bukan itu no hasil karanganku sendiri ). Siang harinya orang itu telpon lagi katanya dia udah di bank n uang tidak bisa diambil karena no pin salah…aku bilang no itu benar, sampai 3x dia telpon bilang klo no pin salah….terakhir aku bilang : kamu mau menipuku….tidak…sekarang aku yang menipumu hahahaha….terus dia bilang Cewek bodoh…Tuhan akan menghukummu…..aku ketawa saja….wkwkwkwkwkwk…..sejak itu orang2 itu tidak pernah menghubungi aku lagi…..
    sorry ceritanya panjang hihihi….
    Semoga tidak ada lagi wanita2 Indonesia yang jadi korban penipuan
    Be Smart Guys…:)

    • Hahahha syukurin deh tuh penipu mau nipu malah ketipu πŸ˜† . Thanks ya Diz sudah share disini πŸ˜‰ .

      • diz says:

        biar kapok penipu2 itu….hehehe…dikiranya cewek2 Indonesia semua gampang ditipu…..kasihan aku klo baca cerita2 masih ada aja yg ketipu….oya…nella…penipu2 itu bukan cuman bilang kirim paket saja lho….teman adikku yg di Jawa Timur pernah kenalan sama bule dokter, trs si bule dokter bilang mau datang ke Indonesia, teman adikku sudah berangkat ke airport Juanda Surabaya….eeehhh sampai airport si bule dokter itu telpon katanya dia sekarang ketahan di imigrasi malaysia karena terlalu banyak bawa uang tunai ( klo tidak salah alasannya seperti itu ) trs teman adikku disuruh kirim uang berapa juta gitu supaya si bule dokter bisa keluar dari imigrasi malaysia….untung teman adikku tidak mau…n ga peduli lagi sama si bule dokter…. pulanglah teman adikku ke kotanya, jarak kotanya – surabaya sekitar 3 jam…..

        • Modus ke dua sama persis kena temanku 3 thn lalu. Temanku sudah booking hotel dekat rumah dia untuk si bule menginap di Jakarta dan temanku rugi biaya menginap yang sudah dibayar, hari pertama ga bisa cancel, untung rugi 1 hari saja sih, krn dia booking untuk bbrp hari. Bulenya ngaku sudah di Malaysia tidak bisa keluar dari imigrasi. Untung temanku sms aku, jadi kubilang jangan kirim se sen pun, temanku di omelin tuh bule.

  9. Pypy says:

    Iya yah kak, jgn2 bener kayak kata mem tyke mereka sbnrnya ada yg kena sihir. Makanya kayak ngebela2in gitu sampe ketipu yah.. Duhh serem bgt deh..

  10. Marialc says:

    Walah kasian banget ini kalo si cewenya lagi mabuk cinta kepayang, pasti bakal dibela2in buat bayar itu barang. Padahal mah yang namanya dikasi kado kenapa juga harus keluar uang ya, aneh banget memang. Ada2 aja ya mba modus penipu sekarang.

  11. Duh, kejem banget itu modus nya pake memainkan perasaan segala..halah…

    Dan kenapa bisa salah alamat gitu yah? Kalo pun bener kado, kan semacam gak niat ngasihnya yah…
    Makasih buat sharing nya yah Neeel πŸ™‚

  12. chris13jkt says:

    Masih ada saja orang yang memanfaatkan perasaan orang lain untuk mengeruk keuntungan ya Mbak πŸ™

  13. niee says:

    Waaaahhh.. Serem juga ya mbak klo sampe ngeluarin duit segitu banyan ya..

  14. prih says:

    Postingan ini jadi pembelajaran bersama untuk semakin berhati-hati. Terima kasih Jeng Nella berbagi kisah ini. Salam

  15. Yulia says:

    Salam kenal semua, aku jg pernah ngalamin, mau dikirim uang tp dimintain biaya USD 700 smp ke USD 300. Lucunya dia ngaku transfer dari Barclay tp yang telp dan minta transfer dari Maybank. Aku masih inget yang telp suaranya perempuan pake bahasa inggris tp logatnya malaysia (sepertinya dia kaki tangannya scammer nigeria di Malaysia). Saran saya kalau masih ragu, banyak2 browsing untuk cari informasi atau bisa klik romancescammer.com untuk cari informasi.

    Sepertinya mereka gak akan berhenti beroperasi Mba Nel, sebelum ditangkap polisi. Kembali kepada kita saja supaya lebih berhati-hati.

    • Hai Yulia thanks ya sudah berbagi informasi πŸ™‚ .
      Iyaa kita harus hati-hati, jangan langsung percaya dengan seseorang, walau sebelumnya ngobrol selalu baik.

  16. clararch02 says:

    Cintanya cinta buta banget kalo sampe mau transfer hihihi

  17. siti says:

    saya juga sudah tulis 3 postingan terkait scammers mbak, dan ternyata bener masih banyak wanita diluar sana yang masih kurang info terkait ini postngan mbak sangat banyak membantu wanita lainnya… saya saja sudah 2 org teman yg sy infokan dan akhirnya selamat..bahkan scammers lokal juga udah banyak.. makin waspada kita ..

  18. ica03 says:

    nice info …. berarti harus bersikap hati-hati dan teliti ketika buka dan membaca email

  19. t3ph says:

    Apapun sih yang minta duit itu perlu diwaspadai.. jaman skarang cara apapun bisa dipake buat nipu

  20. Temen aku ada yg dapet juga mba Nel. Adeknya sih tapi dia gak kirim duit karena kita omongin. Serem juga ya

  21. Fahrivez says:

    ternyata ane baru tau kalo ada modus penipuan seperti ini πŸ˜€

  22. jampang says:

    pernipu itu bekerja sporadis, kan cara itu nggak banyak makan biaya. tebar aja yang banyak sebab ada kemungkinan ada yang lengah dan masuk jebakan… kalau saya seringnya dapat pemberitahuan kalau saya dapat hadiah via SMS, mbak. sampe-sampe ngasih alamat web segala. dan dikirimnya malam, bahkan lewat tengah malam

    untungnya lihatnya di pagi hari, jadi udah waras dan nggak kaget πŸ˜€

  23. ndutyke says:

    Memang banyak orang Afrika (khususnya Nigeria) yg jadi pelaku penipuan model begini. Makanya ada istilah NIGERIAN SCAM. Dan kalo korbannya sulit dinasehati? Wah hati-hati itu bukan semata krn cinta buta. Bisa jadi udah kena sihir/gendam, itu. Insyaalloh bisa sembuh dengan cara diruqyah. Maaf ya ini FYI aja: Metode ruqyah yg paling gampang dan bs dilakukan sendiri adalah dengan membaca zikir-wirid pagi-petang.

  24. miris banget , masih banyak wanita yg terjebak modus penipuan seperti… kadang hari mengalahkan logika… wanita-wanita (abis ini pasti disambit cewek2

  25. Arman says:

    Wah iya kalo udh pake mesti bayar buat nebus nya sih udah jelas penipuan ya nel…

    Herannya kok ya masih ada aja org yg percaya ama penipuan model begini ya…

  26. Oya Mba Nel, aku tuh banyak dapet email yang kayanya reply ato apa gitu, karena dari judulnya ada Re :… tapi ngga pernah kubuka, takutnya itu virus, atau dari yang terlihat sedikit kaya ngasih info kerjaan. tapi semuanya kaya nama bule. Benar kali ya mba Nel?

  27. syifna says:

    Tahun 2010 juga udah ada mba, dulu aku join di online dating, dateinasia.com kalau nggak salah, dan Mba Nella kalau nggak salah join juga yaa ehehehe…
    Pengalaman ku dulu chating via YM di kantor ( iya di kantor dulu bebas, boss jarang datang, di ruangan cuma ada aku + IT hehehe ). Hampir sama kayak sari, dia bilang udah kirim barang, dan barangnya tinggal di ambil plus transfer uang buat nebus barang itu. kalau nggak di transfer yaa barang nggak bisa di ambil. trus aku cuekin, aku cuma bilang iya-iya aja, soalnya aku juga mikir sejak kapan mau ambil barang kudu transfer uang dulu hehehe .. lagian ambil barang kok ribet amat :)) Itu kejadian pertama dan terakhir kalinya, setelah itu kenapa jadi ketemu sama indiahe ahahaha .. lama2 bisa jadi Anjali nanti hihihi …

  28. Modus gini memang masih up-to-date ya mba πŸ˜€
    Gak ada habisnya, masih aja banyak cewe yang tertipu. Haduhh kesel banget deh kadang kalau mereka ga percaya ama kita, pengen di gamparin supaya sadar πŸ˜€
    mata mereka udah teretutupi rayuan dan gombalan cinta si bule muka palsu.
    Kata beberapa sumber yang yang sering posting berita gini, katanya, meskipun para penipu cinta ini ngaku asal dari UK atau negara eropa lainnya, namun sebenarnya mereka itu orang africa mba. Maaf bukan mau rasis, cuma info dari berita berita kek gitu, penjahat – penjahat dr africa sana yg mau mencuri dengan cara nipu. saya rasa kalau cewek cewek tau muka dia yg sebenernya bakalan ogah kali ya makanya mereka pake account palsu dan foto palsu. XD

    Tiap ada info yg menyatakan klw ada orang yg kena tipu modus ini, sy selalu pingin buat jebakan betmen buat si penipu cinta supaya kebalik gitu ceritanya, supaya dia yg ketipu juga. XD
    tapi gimana ya masih belum nemu cara buat bikin jebakan betmennya. πŸ™
    Kemaren klw ga salah sy pernah cerita juga ke mba kan klw temen sy ada yg kasusnya gini juga. temen sy ketipu sama cowok bule UK KW 4 lewat FB, Kenalan, chatingan, telponan, terus ujung – ujungnya dia mau ngajak merid dan ngajak untuk stay di negaranya, sebelumnya ya dia ngasih si temen sy duit dan barang barang perhiasan gitu. eee taunya paketnya nyangkut di beacukai jkt katanya, terus bacukai jkt minta duit udah dikasi 20jtan gitu kalau di totalin, terus dibayar deh, dan sampe sekarang paketnya ga nyampe. lalu akhirnya temen nyadar juga kalau udah ketipu, tapi meskipun gitu, kami masih coba hubungi si bule, kami pingin baikin si penipu untuk balik kejebak. jadi kami masih hubungi lagi deh tu penipu selama 3 bulanan, dan dia masih percaya kawan saya itu masih tergila gila dengannya. namun sayang, usaha untuk ngejebak dia lagi gagal, tapi ga sempet ada duit lagi yang keluar sih, cuma sayang banget 20jt awal ga bisa balik ke tangan. terakhirnya yaudin deh, di maki maki sama temen saya tu bule. Mulai dari situ tiap ada org yg ketipu pengen sy bantui supaya bisa balik ngejebak si penipu ini.

    sumpah de gemes banget kalau liat kasus kek gini

    • Hai Chitra, iya kamu benar Chit, kebanyakan sindikatnya di lakukan orang kulit hitam, atau kulit hitam kerjasama dengan bule. Modus baru sindikat tersebut kerjasama juga dengan orang Indonesia (untuk mempermudah korban diperdaya transfer uang).

      Duuhh kasihan banget temanmu tsb ya Chit. Sayang 20 jutanya πŸ™ semoga ybs belajar dari pengalaman.

      • Ia mba, sayang banget 20jt lebih raib di ambil si abang sam tersayang XD
        gara gara itu temen saya itu jadi benci banget liat orang bule. dia bilang bule itu sama saja. penipu, ga ada yang bener. Menuru saya sih ya sama aja, mau orang bule atau orang indonesia, ada yg baik ada yang jahat. ada yang taat agama, ada yang suka berkelakuan jahat. πŸ˜€

  29. Penipu mempunyai banyak modus utk menjebak targetnya…

  30. rianamaku says:

    Wow dasyat ya nell..
    padahal dengan membaca postingan kamu itu udah sangat jelas ya nell..
    hemmm sedih sekali πŸ™

  31. belalangmerah says:

    bukan saya loh wkwkkwkwk

    url belalangmerah.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  32. Masih aja yaaa ada yg kena, padahal dah banyak cerita yg beredar ;-(

  33. Fascha says:

    Penipuan macam begini udh banyak bangeeeet di dunia scammer, modusnya diulang2 dengan sedikit modifikasi disana sini. Ya kdg namanya udh jatuh cinta jadi semacam dibutakan gitu deh… Asal kita udh ingatkan mereka aja sih mbak, terserah mereka mau percaya ato gak… Kalo ada apa2nya kan ya mereka harus siap ambil resikonya

  34. Fahrivez says:

    Makasih mba informasix..bisa buat jaga-jaga kalo ada temen yg konsul ke ane..
    Ko ane baru tau yah ada modus penipuan kya gini..
    Biasax ane mantau modus penipuan di indonesia aja sih πŸ˜€

    regards
    fahrivez

  35. nyapurnama says:

    penipu makin lama makin kreatif aja yaak..
    kalaupun emang bener ada paket yang bisa sampai nyasar gitu (yang mana udah jelas-jelas ga mungkin sih..) mendingan putus pertemanan aja deh, daripada harus keluar duit ga jelas x))

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: