Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted (bagian 2)

Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted (bagian 2). Setelah pindah ke self hosted, saya tidak langsung mendaftar menjadi publisher Google Adsense, karena saya tidak PD (percaya diri) dengan blog saya yang trafiknya terjun bebas setelah pindah ke self hosted.

Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted (bagian 2)

Saya banyak belajar, membaca sana sini pengalaman para bloger yang sudah lebih dulu menjadi publisher Adsense. Dari hasil baca sana sini, ko bikin nyali makin ciut, karena banyak sekali yang ditolak Adsense!.

Saya ingat paling banyak sekali membaca tips tulisannya Juragan Cipir daftar adsense, sampai saya mencatat dibuku tulis, supaya saya lebih paham lagi, ketimbang hanya baca online.

Saya belajar bagaimana tips supaya langsung diterima sebagai publisher, blog bagaimana yang bisa diterima, apa yang harus diperbaiki, penempatan dan jenis iklan terbaik untuk mencapai hasil maksimal.

Katanya kalau mau diterima Google Adsense harus buat privacy policy blog dan disclamir/ketentuan blog, nah saya yang sudah nyari contoh, bahkan ada templatenya di internet, sudah saya simpan tinggal edit aja eh lupa melulu (dasar malas sih! πŸ˜› ) .

Baca juga: Bagian 1Β Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted

Saya beneran tidak percaya diri, kuatir ditolak duluan haha, lalu saya berubah haluan mau mencoba menjadi publisher iklan lain dulu. Setelah baca sana sini akhirnya ketemu Poptm dan Adnow penyedia iklan selain adsense. Secara bersamaan saya diterima keduanya, tidak ada syarat yang menyulitkan, seperti trafikpun tidak ditanyakan.

  • Jadi Publisher Poptm. Hasil dari Poptm termasuk oke sebenarnya, apalagi trafik blog saya yang recehan (trafik rendah). Di Poptm ini tidak sampai 6 bulan sudah mencapai/terkumpul minimal payout 20 usd. Per 31 Maret 2017 minta bayaran 22.06 USD tidak sampai 24 jam masuk paypal. Per 1 April 2017 poptm saya hapus dari blog karena mau cari model iklan lain.

Negatifnya dari Poptm ini (menurutku) adalah berupa iklan Pop ups, memang sih hanya satu iklan kalau ada pengunjung masuk, iklan berikutnya muncul kalau ybs (orang yang sama) berkunjung lagi setelah jedah 3 jam, cuma kan buat orang-orang tertentu mungkin ada yang kaget ko tiba-tiba muncul iklan nutup halaman yang sedang dibaca, belum lagi kalau iklannya bandel (susah ditutup) bikin kesel pengunjung blog, termasuk kalau iklannya bikin kaget, dibilang ada virus di perangkat telepon Anda atau dapat hadiah mewah dsbnya yang bombastis bikin penasaran buat diklik, namun pada akhirnya bikin jengkel saja dah isi iklannya. Daripada saya disumpahin pembaca haha jadi ya saya keluar dari Poptm. Dari awal niatnya memang hanya ingin tahu saja, dan untungnya minimal payout sedikit.

  • Jadi Publisher Adnow. Iklannya berupa iklan lokal (Native advertising) awalnya saya ikutan yang dapat duit berdasarkan klik iklannya, gilee cuma sekian cent dalam semingguan, lalu mungkin lewat sebulan kali, saya minta juga bisa dapat penghasilan berdasarkan cpm, jadi berdasarkan impressi/iklan terpasang. Katanya sih adnow ini cocok buat blog trafik tinggi banget yang jutaan trafik.

Tapi .. apakah ada blog trafik tinggi yang mau pasang iklan model dari Adnow ya entahlah saya juga tidak terlalu memantau lagi saat blogwalking, karena saat saya buat tulisan ini sudah keluar dari Adnow.

Adnow ini pasang iklan lokal. Misal saya di Jerman yang muncul iklan-iklan bahasa Jerman. Misal tentang kesehatan, tapi ya tuh iklannya ko aneh saja menurutku. Misal iklan nurunin berat badan pakai gambar/animasi bombastis, atau iklan memanjangkan rambut dengan cepat, ya gitu deh iklannya ko aneh aja menurutku model iklan scam gitu haha.

Di negara lain seperti di Indonesia, iklan Adnownya mirip-mirip seperti di Jerman, tetap aneh gitu dan dengan teks bombastis, kalau kamu orang yang mudah penasaran, mungkin akan sering klik iklan model begitu sih.

Terkumpul minimal payout 20 usd lama bangett, tidak sampai setahun sih, tapi ya berbulan-bulan bo cuma buat nilai segitu, padahal kalau pasang Adsense, 1 – 1,5 bulan juga dapat 20 usd.

Kapan-kapan ya saya buat postingan khusus review mengenai Poptm dan Adnow. Sebelum keluar dari keduanya, saya buat screen shoot contoh iklan-iklannya yang muncul di blog saya kala itu.

  • Jadi Publisher Google Adsense (GA). Daftar Adsense 12 Juni 2017 lalu diterima 13 juni 2017. Saat daftar Adsense blog saya belum ada privacy policy blog dan disclamir/ketentuan blog.

Saya lupa berapa iklan dan ukuran apa yang saya pakai setelah dinyatakan diterima Adsense, namun saya sudah ada catatan, jenis dan ukuran iklan berapa yang bagus hasilnya. Bagus hasilnya di blog orang lain, belum tentu bagus di blog kita, namun tidak ada salahnya mencoba dari mereka yang share tentang Adsense mereka.

Banyaknya iklan yang terpasang, belum tentu akan menghasilkan banyak uang, bisa jadi pasang sedikit iklan malah bagus dapatnya. Jangan harap deh jaman sekarang bisa kaya raya dari monetasi model iklan begini, kalau blog recehan seperti saya (trafik rendah), paling tidak saya bersyukur pindah dari wordpress.com ke self hosted karena penghasilan blog bisa buat bayar hosting, beli theme premium blog, beli tanaman juga haha.

3 Hal yang saya bisa bagi pengalaman mengenai Adsense:

  1. Pasang Auto ads

Fitur ini muncul otomatis pada postingan Panjang. Misal postingan 1800 kata saya cek iklan native ads muncul 5 kali. Untuk tipe auto ads ini juga akan memunculkan iklan otomatis di bagian widget, sisi kanan atau kiri blog (tergantung sisi widget mana yang kamu aktifkan). Saya hanya pasang script Adsense didalam postingan, namun kalau kamu sering lihat ada iklan-iklan muncul pada sisi widget blog saya, atau pada bagian atas (header) atau bawah (footer) blog, itu karena adanya auto ads.

Video Cara Memasang Adsense Auto Ads Pada Blog

31 agustus 2018 adalah hari terbaik saya selama jadi publisher Adsense. Hari itu ibaratnya dapat gaji ke 13 haha. Jam 9 pagi, kaget pas cek ko pendapatan tiba-tiba sudah 14 an euro, ada 3 iklan yang diklik. Jadi ada satu iklan yang nilai satu kali kliknya 9 euro (Rp. 144.000) dan 3 klik saat itu semuanya dari Indonesia!.

Saya tidak menyangka selama ini Indonesia dikenal sebagai penyumbang paling minim ya buat Adsense, ternyata akhir Agustus 2018 adalah hari terbaik saya. Saya tidak tahu iklan apa yang menghasilkan nilai klik tertinggi hari itu. Nilai satu klik tersebut adalah yang tertinggi selama saya ikutan Adsense.

Kalau mau stabil dapatnya berapa, tunggu sampai hampir tengah malam, pergantian hari. Jadi 31 Agustus tersebut saya dapat 10,11 euro (Rp. 161.760), 4 euronya hilang kemana, entahlah saya tidak mengerti, mungkin lainnya dianggap invalid klik (klik tidak sah), namun saya bersyukur, pas 1 Septembernya pergantian bulan, apa yang saya dapat akhir agustus tersebut beneran masuk ke saldo saya, jadi bulan Agustus total dapat 22,69 euro. Saya bilang ibarat dapat gaji ke 13, karena tiap bulan saya dapatnya kisaran 10 – 15 euro.

 

  1. Ukuran dan Penempatan Iklan Adsense terbaik di blog saya
  • 300 x 250 dibawah judul artikel
  • 300 x 336 jenis ini juga bagus untuk dipasang dibawah judul dan dibagian paling bawah artikel, sebelum komen blog.

Kalau saya lagi pasang 300×250 maka yang 300×336 saya lepas dulu, demikian sebaliknya. Secara berkala misal setelah 3 bulan saya mencari ukuran, jenis dan penempatan terbaik.

  • Iklan Responsive
  • In Artikel
  • Native ads

Banyak iklan, belum tentu banyak yang klik, ukuran besar sekali belum tentu ada yang tertarik nge-klik. Katanya pasang iklan yang warna hurufnya sesuai dengan latar belakang blog kita?, ah ternyata justru iklan begitu tidak menarik buat pegunjung.

Untung ada aja publiser Adsense yang berbagi pengalaman di forum ads.id jadi saya coba-coba ternyata berhasil dilakukan di blog saya. Jadi ya justru buatlah judul atau teks iklannya, warna iklannya yang ngejreng. Fonts dibikin pink, dibikin orange dan saat ini saya buat merah. Kalau iklannya tidak menarik, pembaca juga malas nge-klik kan.

Kalau blog kita kebanyakan dikunjungi sesama rekan bloger, mereka sudah tidak peduli dengan penempatan iklan atau selesai baca banyak halaman, pergi begitu saja tanpa ada satupun iklan diklik kaciann yaa haha.

Oh ya kita dilarang ya klik iklan sendiri, bisa kena banned dari Adsense, lalu jangan pakai trik-trik jahatlah supaya cepat banyak hasilnya.

Justru dari pembaca/pegunjung blog yang sekali datang saja, alias dari mesin pencari, entah mereka cari suatu informasi di blog kita, nah ada aja yang klik, begitu juga saya, kalau saya terbantu bangett saat baca blog lain, ada iklan yang saya klik, tapi tidak banyak di klik ya, kasihan nanti jatuhnya malah klik tidak sah, lalu kasihan pemasang iklannya juga, kalau kita banyak klik tapi tidak melakukan transaksi apapun, pemasang iklan kan membayar saat ada iklan mereka yang diklik.

Tahun lalu saya pernah ikutan pasang iklan melalui Adword. Kita bisa tentukan misalnya per hari keluarkan 1 usd untuk iklan, jadi ada beberapa klik sampai nilai tercapai, besoknya baru muncul lagi iklannya. Pasang iklan di Adword selain untuk yang punya usaha/bisnis, bisa juga promosiin artikel atau blog kita.

Dulu sih karena saya dapat kupon gratis dari google, makanya saya ikutan nyoba. Pernah dapat kupon, pasang iklan 25 usd, dapat gratis 75 usd, lumayan banget kan. Saya hanya pernah dua kali ikutan, setelahnya kupon gratisannya terlalu besar menurutku, misalnya pakai 100 usd dapat gratis 100 usd, pasang iklan Rp.450.000 dapat gratis segitu juga, menurutku yang dikeluarkan terlalu besar, walaupun dapatnya juga besar sih, karena saya bukan orang punya usaha/bisnis ya sudahlah sementara stop dulu pakai Adword.

  1. Blokir iklan tidak pantas

Kalau kamu penasaran kenapa cpc (cost per click/hpk harga per klik) iklan di blogmu sangat kecil, maka coba cek siapa tahu ada iklan-iklan murah yang perlu di block. Iklan murah yang selalu muncul di akun Adsense anda adalah tema:

Suami
Gaib
Pesugihan
cm
Dukun
Ilmu
tahan lama
Liar
Tetangga
Dot ru (.ru)

Iklan-iklan murah tema tersebut diatas harus secara berkala di ceknya, kadang kalau saya lupa ngecek, maka jadinya banyak sekali dalam satu waktu iklan-iklan murahan tersebut harus di block, oh ya setelah diblock sekaligus tekan tombol lapor, karena iklan-iklan tema tersebut diatas adalah jenis iklan tidak pantas yang tidak sesuai dengan ketentuan Adsense.

Ko bisa iklan tidak pantas muncul di Adsense? Ya karena pemasang iklannya lihai gonta ganti url nya, walau sudah di banned bakalan muncul lagi dan lagi, Namanya usaha ya bo haha.

 

Video cara blokir iklan Adsense murah dan jenis iklan sensitive/tidak pantas di Blog

 

 

Sampai disini dulu cuap-cuap saya berbagi pengalaman mengenai Adsense dan penyedia iklan selain adsense, semoga kalau ada yang mau coba monetasi blog kalian bisa mendapat pencerahan.

Jangan tergiur juga langsung mau pindah ke self hosted supaya bisa ikutan Adsense, padahal kalau trafik masih 500 an, ya bakalan lama kali ngumpulin minimal payoutnya. Kalau saya minimal payoutnya 70 euro, mungkin yang mata uang dolar, kalau sudah 100 usd kali baru cair.

Kalau trafik blogmu sudah diangka 1.500 – 2.500 Β an di wordpress.com lebih baik pindah ke self hosted, hasilnya berkali lipat dengan Adsense, ketimbang Wordads yang ampunn dah 2 tahun baru kekumpul 100 usd untuk blogku yang pageview 1.000 an tiap harinya.

Kalau niat pindah ke self hosted, jangan asal pindah cari hosting murah, karena kalau page speed blog kita jelek, blog lelet dibuka, maka artikel-artikel kita bakalan di tendang google dari halaman depan, lalu siapa pula yang mau buka-buka halaman terakhir di google saat mencari sesuatu kan, kalau blog sepi pegunjung ya minim juga penghasilan dari monetasi blog.

Baca juga:Β 10 Cara Jitu Memilih Hosting yang Tepat

Sekarang saya bisa 2 bulan payout karena Adsense blog digabung dengan youtube, menurutku ko malah monetasi youtube lebih menjanjikan, kalau blog ketat sekali persaingannya.

Untuk youtube saya bisa dapat 2-3x lipat penghasilan blog, malah belakangan jauh lebih baik penghasilan dari youtube, sedangkan pendapatan dari blog semakin terjun bebas, termasuk trafik blog semakin hancur aja haha.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Postingan Blog Tutorial Emaknya Benjamin

Advertisements

14 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: