Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya. Hai pecinta anggrek, saya ingin berbagi pengalaman mengenai penyebab daun anggrek menjadi kuning. Ada yang memang proses alami karena siklus hidup anggreknya, dimana daun tua akan menguning yang diikuti numbuhnya daun baru, nah ada pula daun anggrek menjadi kuning karena kena penyakit.

Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Penyebab daun anggrek jadi kuning:

  • Siklus hidup anggrek. Saat ada daun yang baru numbuh, adakalanya daun tuanya akan menjadi kuning, misalnya pada anggrek bulan. Daun tua yang berada paling bawah setelah beberapa tahun bisa saja menjadi kuning, lama-lama kering dan lepas dengan sendirinya.
  • Siklus hidup anggrek. Saat bulb anggrek akan dormant/istirahat daunnya akan menjadi kuning, mengering dan lepas sendiri. Bulb anggrek nya menjadi gundul misal pada anggrek Catasetum, Lyacaste dan Chelonistele sulphurea anggrek yang saya miliki.
  • Siklus hidup anggrek lagi, kali ini pengalaman saya pada anggrek Cattelya, selain daunnya menguning, bulb nya juga menguning, setelah beberapa hari, akhirnya daun cattleya nya lepas dengan sendirinya. Saya tidak kuatir karena memang daun dan bulb tua lah yang mengalami proses tersebut, bulb tersebut sudah sekitar 5 tahun umurnya, dari bulb tersebut tidak akan keluar lagi bunganya, jadi saya buang bulb yang menguningnya. Video disini Daun dan Bulb Anggrek Cattleya Menguning
  • Akar anggreknya bermasalah, akarnya busuk karena media tanamnya yang jelek.
  • Tanaman anggrek kena penyakit, misal seperti pada anggrek bulan saya pernah daunnya yang hijau juga copot sendiri. Penyakitnya karena cendawan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Lycaste lasioglossa daunnya menguning merupakan siklus hidupnya

Lycaste lasioglossa daunnya menguning merupakan siklus hidupnya

Selain 4 penyebab diatas yang merupakan pengalaman saya, ada pula penyebab daun anggrek menguning lainnya, seperti:

  • Lingkungan terlalu panas, terkena matahari langsung, padahal jenis anggrek yang tidak bisa kena full sun, maka daun anggrek akan menjadi kuning/terbakar (sunburn).
  • Terlalu sering disiram sehingga akar anggrek tidak bisa bernafas dengan baik, anggrek bulan rentan terkena cendawan (root rot) kalau terlalu banyak (berlebihan) disiram.
  • Terlalu sedikit disiram (dehidradasi) bisa jadi penyebab juga daun anggrek menjadi kuning.
  • Overdosis pemberian pupuk.
  • Stres karena diganti media tanam.
  • Stres karena suhu lingkungan yang terlalu rendah (dingin).

Untuk mengatasi daun anggrek menguning tentu saja dengan menghindari penyebabnya seperti yang saya uraikan diatas.

daun anggrek bulan menguning

Proses normal kalau daun anggrek bulan yang tua menguning, diikuti numbuhnya daun baru

Kalau baru di repotting atau ganti media tanam, biasanya tanaman (anggrek) nya akan perlu proses adaptasi dulu. Ada anggrek yang bisa cepat beradaptasi, ada pula yang malah stres berkepanjangan, apalagi kalau sedang mencoba media tanam yang baru, bisa saja anggreknya stres, sudah terbiasa dengan metan lama, dan kini metan dapat media tanam baru.

 

Video 4 Penyebab Daun Anggrek Menguning

 

Apakah ada yang busuk ujung akar anggrek mu?. Mengkerutnya daun anggrek bisa sebagai tanda overwatering (kelebihan penyiraman), kelihatan seperti kurang air, padahal itu tanda karena terlalu banyak memberikan air. Akar tanaman tidak dapat melakukan pernafasan dan transpirasi dengan baik, lama-lama akar tanaman membusuk.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini punya masalah serupa pada bunga anggrek kalian mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

 

Salam Anggrek.

Advertisements

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: