Cara Menanam Bunga Hyacinth di Indonesia

Cara Menanam Bunga Hyacinth di Indonesia

Cara Menanam Bunga Hyacinth di Indonesia. Hyacinthus adalah genus kecil tanaman umbi lapis (bulbus) berbunga bulat dan harum dalam keluarga Asparagaceae, subfamili Scilloideae. Bunga biasa disebut hyacinths / ˈhaɪəsɪnθs /. Genus asli dari Mediterania timur (dari selatan Turki hingga bagian utara wilayah Palestina).

Cara Menanam Bunga Hyacinth di Indonesia

Bunga Hyacinthus memiliki panjang maksimal enam inchi, batang sangat tebal, tumbuh tegak dan memiliki mahkota bunga. Mahkota bunga memiliki enam kelopak yang konsisten dengan warna yang beraneka ragam. Perbungaan disusun oleh bunga-bunga kecil yang bertabung dan terbuka seperti membentuk bintang. Tumbuhan ini berbunga saat musim semi.

Baca juga: Bibit Bunga Hyacinth yang ditanam di Jakarta

Menanam bunga musim semi seperti hyacinth di negara tropis bukan hal mustahil, triknya adalah cold treatment (masa dingin).

Cara menanam bunga hyacinth di negara tropis seperti Indonesia:

  • Karena seperti bunga tulip, bunga Hyacinth berasal dari negara 4 musim, maka kalau mau di tanam perlu melalui proses “cold treatment” yakni simpan bibit umbi bunga Hyacinth di kulkas selama 1-2 bulan.
  • Setelah selesai masa “pendinginan cold treatment” barulah bibit umbi hyacinth dapat di tanam ditanah.
  • Supaya cepat numbuh akarnya, rendam 1-3 jam bagian bawah (akar) hyacinth. Bisa juga rendam dengan larutan antifungi untuk mencegah tumbuhnya jamur, barulah ditanam ditanah.

Cara cold treatment bibit umbi bunga Hyacint:

  • Bungkus umbi dengan koran (koran lebih baik daripada plastik bisa nyerap lembab), kalau mau pakai plastik gunakan bentuk plastik ziplock. Oh ya bisa juga gunakan bungkusnya gunakan kain karena bagus menyerap lembab/embun.
  • Simpan 1-2 bulan di kulkas (JANGAN di freezernya ya karena umbi jadi beku). Jangan dicampur dengan buah-buahan, terutama apel. Buah-buahan yang telah matang akan mengeluarkan gas etilen yang akan membunuh / merusak bakal bunga didalam bulb.
  • Cek keadaan umbi hyacinth setiap 1-2 minggu, kalau berjamur lap perlahan, jaga supaya umbi tetap kering supaya tidak timbul jamur, lanjut simpan di kulkas sampai masa cold treatment selesai.
  • Setelah lewat 1-2 bulan keluarkan umbi hyacinth.
  • Sebelum ditanam, rendam bagian bawah umbinya (bagian akar) dalam air selama 1-3 jam, hal ini untuk merangsang akar cepat tumbuh. Untuk perendaman tersebut bisa juga gunakan fungisida untuk mencegah tumbuhnya jamur setelah nantinya umbi hyacinth ditanam.
  • Tanam umbi bunga hyacinth sedalam separuh ukuran umbi nya, jangan semua bagian umbi masuk tanah.
  • Tutup bagian atas umbi supaya nantinya bunga tidak bantet. Kalau di negara 4 musim gunakan topi kerucut “penutup bunga hyacinth“, bisa juga bikin sendiri lihat bentuknya pada video. Penutup umbi bisa dibuka kalau sudah terlihat bakal bunganya.
  • Bisa kena matahari pagi. Kalau bunganya sudah terlihat jangan kena matahari terik. Semakin dingin lingkungan bunga hyacinth semakin lama bertahan mekar bunganya. Kalau lihat foto-foto yang pada nanam di Indonesia setelah mekar ditaruh di ruangan ber ac.

Video Cara Menanam Bunga Hyacinth dari Umbi di Negara Tropis

Penyiraman bunga hyacinth kalau kamu di negara tropis bisa siram dua sampai tiga hari sekali. Hati-hati siramnya jangan terkena umbinya terus menerus karena bisa busuk. Siramnya dari tepi (pinggiran potnya). Kalau potnya ada bolongannya (dibawah), malah lebih bagus, jadi kita bisa rendam potnya dalam ember berisi air. Air akan menyerap langsung ke akar, jadi umbinya aman tidak kena air. Sebelum menyiram, pegang tanahnya, kalau masih sangat basah media hyacinth nya, tidak perlu disiram, kalau sudah tumbuh agak besar baru berikan air lebih banyak.

Pemupukan bunga hyacinth dilakukan setelah masa berbunga selesai, supaya umbinya dapat nutrisi baru mempersiapkan bakal bunga tahun berikutnya.

PERHATIKAN!. Hyacint bulbnya beracun jangan dimakan ya haha, kalau punya hewan peliharaan hati-hati jangan sampai termakan. Bulb hyacinthus mengandung asam oxalat kalau ingin menanamnya gunakan sarung tangan, karena bisa menyebabkan iritasi kulit ringan (tergantung daya tahan tiap orang), bahkan debunya kalau nempel dikulit bikin gatal, jangan mengusap wajah karena akan gatal, jangan dekatkan umbinya ke wajah, debunya kalau terbang dan nempel di muka akan bikin gatal tak terkira!. Saya selalu mandi selesai pegang umbi hyacinth dan menanamnya, baju langsung masuk keranjang pakaian kotor untuk dicuci.

Penjual bibit umbi bunga musim semi seperti Hyacinth, tulip dan lainnya bibit impor di Indonesia yang saya kenal:

 

Video Bunga Hyacinth Mekar Wangi semerbak

Demikianlah share saya mengenai : Cara Menanam Bunga Hyacinth di Indonesia, semoga kamu yang lagi ingin menanam bibit umbi hyacinth di Indonesia mendapat pencerahan yaa 🙂 ,

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

 

Sumber bacaan:

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: