May 30, 2020

Cinta vs Uang Hati-hati Internet Love Scams!

Cinta vs Uang Hati-hati Internet Love Scams!. Sebenarnya saya sudah pernah beberapa kali baca curhatan para wanita di milis mengenai modus-modus penipuan ala cinta-cintaan di dunia maya (internet). Curhatan mereka itu kira-kira satu atau dua tahun lalu lah. Saya jadi tertarik untuk menuangkan isi pikiran saya saat ini karena minggu lalu ada curhatan baru lagi di milis dan teman sayapun ada yang terkena sindikat ini.

Cinta vs Uang Hati-hati Internet Love Scams!. freecodesource.com

Kenapa saya bilang sindikat? Karena kelompok ini rapi banget mengatur segala sesuatunya, mulai orang-orang yang berperan didalamnya (bule), lokasi (Negara), sampai no. telp di Negara asing.

Kalau yang aktif bermilis-ria mungkin sudah pernah tahu mengenai sindikat ini, bahkan polanya tidak berubah sampai saat ini. Ini teori bego-begoan saya mengenai polanya, semoga anggota sindikat ini tidak ada orang Indonesia atau kalaupun orang asing tidak mengerti bahasa Indonesia yang sekarang saya buat, halllaahh hiperbola banget ya! :P.

Maksud teori saya begini, kalau ada yang curhat (seorang wanita Indonesia), si wanita bilang punya pacar orang bule (tapi belum pernah ketemu langsung!), tepatnya bule yang tinggal di Inggris (UK) dan sekitarnya, lalu menyebutkan satu negara lagi, yakni Malaysia. Maka otak saya langsung “klik” Wah kena “Internet Love Scams” nih …

Tag linenya : Bule – tinggal di UK – Malaysia

Percaya deh! Modusnya tiga kata diatas, dan ujung-ujungnya adalah meminta sejumlah uang dari para wanita. Dengan berbagai cara ngibulinnya.

Si bule akan gerak cepat (dalam hitungan 1 – 1,5 bln) untuk bikin para wanita klepek-klepek jatuh cinta, yang saya maksud disini adalah para wanita Indonesia. Saya juga bertanya pada mr. Google, ternyata love scammer semacam ini banyak juga terjadi di luar negeri. Banyak wanita Asia yang mendambakan pendamping hidup orang asing (pria bule) yang sukses (sampai jenjang pernikahan dan hidup bahagia) namun banyak juga yang tertipu. Jadi kita (para wanita) harus pintar-pintar menganalisa, apakah si pria (bule) benar-benar tulus mencintai kita, atau malah ada udang di balik bakwan halaaaayyyy kalau ini lezat dong :P. Jangan pernah jatuh cinta 100% kalau belum lihat batang hidungnya langsung!!!

Tulisan Terkini

Dua modus yang dipakai sindikat pencari cinta (love scammer) ini dalam melancarkan aksinya :

1. Si bule bilang dia kirim hadiah atau barang-barang mewah (perhiasan, barang elektronik, tas-tas dan baju-baju bermerek dll) dengan nilai fantastis ratusan juta rupiah dari UK ke Indonesia. Wanita mana sih yang gak senang dikasih hadiah yang mahal?? Beberapa hari kemudian si bule akan bilang ternyata barang kirimannya nyangkut di custom Malaysia.

Kok bisa??? Harusnya sih dari sini kita sudah mulai curiga, memang kiriman dari luar negeri (LN) ke Indonesia HARUS transit di Malaysia? Oke lanjut ceritanya .. si bule bilang lagi tuh, dia minta uang ke kita (wanita Indonesia) untuk bayarin dulu pajak barangnya yang nyangkut di Malaysia, dia kasih copy airwaybill barangnya, contact person di Malaysia berikut no. telp disana. Website ala kadarnya dari si jasa pengiriman juga sudah dipersiapkan. Oh ya no telp bule di UK juga sudah dipersiapkan, kalau kita telp beneran nomer UK dan yang angkat “pacar jadi-jadian tsb”. Si bule mulai melancarkan aksinya dengan bujukan yang awalnya lembut minta dikirimkan uang, lama-lama kalau kita menolak dia akan mengancam dan menekan si wanita. Tau ga minta kiriman uangnya juga harus melalui western union dan gak mau kita transfer via bank.

Huuu dasar penipu kan, sudah ketahuan banget modusnya! .. Kalau kita ladeni nih .. kita bilang saja dari uang yang minta dikirimkan (puluhan juta rupiah) masih sangat jauh lebih murah kalau kita terbang langsung ke Malaysia untuk ambil itu barang, dan kalau kamu bilang seperti itu, komunikasi ditutup sama bule tsb.! Putus hubungan dengan nyamuk! hahahaha

2. Si bule bilang dia gak sabar pengen segera kopi darat dengan si wanita di Indonesia, si bule ada tugas atau nanti terbang via Malaysia. Halllaaaa kalau ada yang cerita seperti ini saya pasti langsung “klik” dan bilang ke si wanita “JANGAN PERNAH TRANSFER SEPESERPUN ATAU KASIH UANG SEBELUM LIHAT BATANG HIDUNGNYA DI INDONESIA” saya sih ngomong dengan baik waktu memperingatkan, itu agak sedikit lebay hehehe ya intinya jangan transfer uang kalau si bule minta. Oke lanjut ceritanya .. singkat cerita si bule bilang dia sudah di Malaysia dan ternyata dia gak bisa keluar dari imigrasi setempat untuk lanjut terbang ke Indonesia. Dia gak punya cukup uang untuk bayar pajak di Malaysia, jadi dia minta si wanita untuk segera transfer uang melalui western union ke Malaysia. Si bule bilang nanti uangnya pasti diganti setibanya di Indonesia.

Para bule tersebut mencari wanita-wanita Asia (Indonesia) melalui media social seperti tagged.com, friendster.com bahkan melalui facebook.com saya tidak bisa mengatakan mana social media yang bagus untuk diikuti dan yang mana para love scam menjadikannya sebagai tempat untuk melancarkan aksinya. Sampai online dating berbayar semacam asiandating.com (web dimana suami dan saya bertemu) pun disusupi para love scammer ini!.

Yang saya bisa katakan adalah berhati-hati mencari cinta melalui internet. Namun berhati-hati jangan jadi parno juga hehehe malah gak dapat-dapat dong nantinya.

Saya menemukan beberapa contoh chatting (percakapan) dengan si love scammer : https://www.scamwarners.com/forum/viewtopic.php?f=13&t=3587

Teori bego-begoan kedua dari saya untuk mengenai Internet Love Scams adalah :

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

4 thoughts on “Cinta vs Uang Hati-hati Internet Love Scams!

  1. Bener banget info2nya…. saya pernah ngalamin dan hampir aja jd korban “Love Scammer”… singkat cerita, si bule yang ngaku tinggal di UK, dia minta agar saya kirim uang melalui “Money Gram” karena dia akan kirim saya uang yg sngt banyak (Poundsterling) utk biaya pernikahan kami… tapi anehnya ko sy yg harus kirim uang? dan dia minta agar dikirim ke seseorang yg ada di Malaysia (katanya Bankir)?.. feeling sy langsung ga enak nih… akhirnya sy bilang bhw sy punya banyak family di Malaysia yg kerja di Atase Militer disana, dan saudara sy yg akan kirim uang secara lsg ke orang yang dia tunjuk. Eeh bener aja… dia langsung menghilang ditelan bumi…. Pokonya kalo dia menyebutkan sesuatu tentang Malaysia, bilang aja bahwa kita juga punya banyak teman or family yg tinggal disana… lumayan ampuh juga tuh… Sekarang sy jd parno & alergi deh kl ada yg minta kenalan dr Malaysia or UK… hehehe….

  2. SHARE yg bagus banget, tahun ini sdh ada 5 pria asing (bule) yg mau berkenalan dengan saya via “facebook”. Padahal status saya tidak cari temen dekat, saya hanya pasang “networking” dan “friendship”. Memang saya single tapi gak sdg cari cinta di INTERNET. 3 dari 5 mengaku tentara UK/AS yg sedang tugas di Irak dan/ atau Afghanistan, tampangnya so pasti “keren” kayak bintang film. Tapi namanya juga iseng, saya ngobrol sama yg ngaku dr US lumayanlah buat practicing English. Dia gak nunjukin sama sekali mau minta apa-apa, tapi begitu bilang mau ke Indonesia saya langsung curig kok sdg bertugas di Irak tiba-tiba selesai bulan July ini dan terus aja saya berondong dengan segala pertanyaan kecurigaan saya. Sebagai GONG-nya saya bilang bahwa benyak Internet-Crime yg beridentitas seperti anda, hehehe sdh bisa diduga dia langsung RAIB. Yang kasihan adalah yang punya foto tersebut, identitasnya dicatut. Siapa tahu dia masih tenang hidup berkeluarag di US san, tapi dibilang duda dan istri meninggal. Oh dunia … krisis “global” thanks atas kesempatan share … 🙂

  3. Wah betul bangt tuch mbk .. Bnyak yang love scam en rapih sekali organisasainya dan tlpnya pun sama kadang tdk dr uk aja loh smp usa tp kl dia sdh dng alasan ke malysia itu tdk benar dan tdk pria saja wanitapun gabung di situ jd hrus lbh hati2 dan sy tidak tau knp bnyak wanita ind tergila2 dg pria bule. Pokoknya saran sy lbh baik knal pria bule tdk dr internt … Juga tdk dr tagged , atau facebook .. Lbh baik dr kehidupan nyata …

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: