Benjamin Usia 5 Minggu

Benjamin Usia 5 Minggu. Hai para pembaca setia blog saya 🙂 apa kabar kalian?. Di tempat saya sini sudah mulai dingin bbbrrr padahal masih musim panas loh!. Jangan-jangan winter akan datang lebih cepat kali ya.

Awalnya sih saya ingin bercerita di blog ini mengenai Benjamin setiap bertambah umurnya sebulan, apa daya saya sibuk tingkat tinggi ngurusin si bocah, jadi sudah kelewat deh usia sebulannya.

Tanggal 21 Agustus lalu untuk pertama kalinya kontrol ke dokter anak. Para ibu yang menetap di Jerman pasti sudah mengenal ya istilah U1 sampai U11, paling akhir J2. Jadi itu adalah tahapan pemeriksaan/jadwal kapan anak harus kontrol ke dokter.

U1 dan U2 sudah dilakukan ketika Benjamin masih di rumah sakit, lalu U3 nya baru tanggal 21 Agustus lalu. U3 ini pemeriksaan saat anak/bayi berusia 4 hingga 5 minggu.

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat jadwal pemeriksaan yang harus dilalui seorang anak mulai lahir hingga berusia 18 tahun. Pas kedokter sempat heran juga ada ibu dengan anak sekitar usia 10 tahun ke dokter, saya pikir kontrol ke dokter bayi aja hehe.

Benjamin Usia 5 Minggu. Buku Pemeriksaan Anak

Buku Pemeriksaan Anak

 

Pemeriksaan U3. Usia 4 – 5 minggu

Berat Benjamin saat kontrol ke dokter 21 agustus lalu sudah hampir 5,2 kg sama susternya ditulis 4,8 kg karena pas nimbang Benjaminnya kan pakai baju. Nah sampai rumah saya timbanglah tuh baju dan pampers, ternyata beratnya 152 gram, jadi tahulah kita kalau si bocah beratnya sudah 5 kg. Berat ketika keluar dari rumah sakit 3,5 kg (21 Juli 2014) jadi dalam sebulan bertambah 1,5 kg beratnya 🙂 .

Panjang ketika lahir 54 cm, sekarang sudah 57 cm. Ukuran lingkar kepala saat lahir 36 cm, sekarang sudah 38 cm.

Pas diruang dokter, Benjaminnya di telanjangin 😀 kan mau diperiksa dokter. Saat itu saya tidak kaget lagi cara dokter memeriksa seorang bayi, karena sudah 2 kali lihat ketika di rumah sakit. Mungkin Frank yang agak shock kali ya hehe karena bayinya diperiksanya seperti mainin boneka 😆 . Pertama tangan kiri dokter memegang dada bayi, diangkat setinggi dada dokter. Dokter pegang satu tangan loh, lalu di pindahkan ke tangan kanan, Benjamin di tengkurapkan, pantantnya di pegang-pegang, jadi anaknya kegelian dan bergerak-gerak. Kepalanya oglek-oglek dong apa sih bahasa pasnya 😛 . Dilakukan begitu supaya tahu geraknya si anak bagus ga, respon kah kalau di sentuh.

Malah pas di rumah sakit anakku sudah diberdirikan dan di dudukkan, padahal belum ada seminggu!, pas diberdirikan dokternya bilang seminggu lagi sudah bisa lari nih kalau dilantai di taruh handphone haha.

Semua bagian tubuh diperiksa, mulai mata, telingga, hidung, alat kelamin. Berhubung saat diperiksa Benjamin lagi tidur pulas, ngamuklah dia diganggu. Dokter bilang semuanya bagus, Benjamin tumbuh kembangnya sesuai usianya. Kita disuruh datang seminggu lagi untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh menggunakan alat USG. Susternya bilang ada juga pemeriksaan khusus ginjal, tapi nih tidak ditanggung asuransi. Pas dirumah Frank bilang tidak usahlah cek ginjal, wong anaknya sehat banget ko, soalnya bayar 25 euro, kalau gratis ya mauu 😆 .

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

 

Usia 5 minggu sudah bisa ngapain aja? :
• Gerak-gerakin kepala ke kanan kiri sudah jago banget, kalau digendong malah kepalanya di goyang-goyang melulu, saya kuatirnya kebentok gigi atau mulut saya dong 😀 .
• Sudah bisa memiringkan badan, sudah mau tengkurap.
• Diajak ngomong sudah ngoceh-ngoceh. Saya selalu bicara Bahasa Indonesia, sedangkan Frank Bahasa Jerman. Frank bilang dia seperti Ausländer (orang asing) karena saya, mama dan Benjamin bicara bahasa Indonesia sedangkan Frank kaga ngerti 😛 .
• Mengamati sekeliling sangat serius, apalagi kalau dibawa keluar rumah, kita naik bus semuanya diperhatikan yang ada di jalanan kaga ngedip matanya hehe.

 

Lain-lain :
• Mau tidur rewel banget, harus dapat posisi benar-benar nyaman baru tidur pulas. Awal-awal pusing deh niduran si bocah, mulai di kasih susu, di nenenin, digendong pakai kain panjang, dibedong sampai dibikinin ayunan dari sarung. Untung ada mama yang siap membantu 24 jam.
• Sudah tidur bukan berarti saya bisa santai!. Digendong sudah tidur, malah ngorok, pas di taruh di boxnya busyettt langsung bangun, padahal sudah ditaruh pelan-pelan.
• Kalau lapar minta susu langsung ngamuk, Mariah Carey kalah deh dengan suara 7 oktafnya. Bapaknya Benjamin sampai tutup kuping loh pas awal-awal hehehe.
• Tidak mau pakai empeng. Suster di rs. Juga tidak menyarankan bayi di kasih empeng. Pernah saya coba kasih pas di RS. malah anaknya tambah ngamuk, minta susu ko malah ditipu dikasih empeng 😛 jadi ya nganggur empengnya di lemari.
• Minumnya lahap banget 500-750 ml setiap harinya. Separuh asi separuh sufor. Tidak bisa asi 100% karena tidak cukup. Boro-boro mau nabung asi, malah tekor melulu 😳 . Padahal botol buat simpan asi sudah banyak dibeli hiks.
• Minumnya tiap 2-3 jam sekali. Kalau di kasih asi tidurnya lebih lama, kalau sering dikasih sufor beser melulu pampersnya cepat penuh.
• Jam tidur sudah mulai berkurang, jadi ada waktu tertentu pagi dan sore buat main-main.
• Senang kalau di ajak jalan-jalan. Lebih banyak tidur pas jalan-jalan naik mobil atau kereta dorong. Pas berhenti bangun deh, cari 1001 cara supaya si bocah tidak ngamuk.

Asyikk dapat banyak kado

Asyikk dapat banyak kado

 

baby lucu imut. anak blasteran, anak bule indonesia

Say Cheese

 

bayi lucu ketawa. Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

 

Segitu dulu ya, kalau ada yang saya ingat akan saya tambahin lagi. Selamat bermalam minggu 😉 .

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.

132 Comments

  1. Emaknya BenjaminOctober 26, 2014
  2. Nahri AzizahOctober 26, 2014
  3. PursuingmydreamsSeptember 25, 2014
  4. PursuingmydreamsSeptember 25, 2014
  5. YantiNurhidaSeptember 25, 2014
  6. yunar92September 23, 2014
  7. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  8. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  9. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  10. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  11. dwisariSeptember 16, 2014
  12. CeritaekaSeptember 16, 2014
  13. Fanni_kSeptember 16, 2014
  14. AyoupsetSeptember 13, 2014
  15. winnymarchSeptember 11, 2014
  16. PursuingmydreamsSeptember 10, 2014
  17. winnymarchSeptember 10, 2014
  18. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  19. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  20. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  21. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  22. MarialcSeptember 8, 2014
  23. winnymarchSeptember 8, 2014
  24. windapontohSeptember 8, 2014
  25. Bams TriwokoSeptember 7, 2014
  26. fiethaSeptember 7, 2014
  27. PursuingmydreamsSeptember 7, 2014
  28. fiethaSeptember 7, 2014
  29. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  30. sitiSeptember 6, 2014
  31. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  32. sitiSeptember 6, 2014
  33. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  34. PursuingmydreamsSeptember 1, 2014
  35. PursuingmydreamsSeptember 1, 2014
  36. bebe'August 29, 2014
  37. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  38. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  39. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  40. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  41. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  42. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  43. PursuingmydreamsAugust 29, 2014
  44. prihAugust 29, 2014
  45. Bibi Titi TelitiAugust 29, 2014
  46. Attar AryaAugust 29, 2014
  47. winnymarchAugust 28, 2014
  48. Ika KoentjoroAugust 28, 2014
  49. Titik AsaAugust 28, 2014
  50. YantiNurhidaAugust 27, 2014
  51. Amy RahmiAugust 27, 2014
  52. mkstories4lifeAugust 27, 2014
  53. PursuingmydreamsAugust 26, 2014
  54. PursuingmydreamsAugust 26, 2014
  55. GitaAugust 26, 2014
  56. mkstories4lifeAugust 26, 2014
  57. adelinatampubolonAugust 26, 2014
  58. ardikaAugust 26, 2014
  59. PursuingmydreamsAugust 26, 2014
  60. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  61. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  62. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  63. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  64. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  65. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  66. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  67. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  68. PursuingmydreamsAugust 25, 2014
  69. winnymarchAugust 25, 2014
  70. ardikaAugust 25, 2014
  71. mondaAugust 25, 2014
  72. JaniarAugust 25, 2014
  73. JaniarAugust 25, 2014
  74. PypyAugust 25, 2014
  75. ElskanAugust 25, 2014
  76. astridtumewuAugust 25, 2014
  77. t3phAugust 25, 2014
  78. sitiAugust 25, 2014
  79. gegekrisoprasAugust 25, 2014
  80. MakinoedinAugust 25, 2014
  81. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  82. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  83. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  84. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  85. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  86. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  87. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  88. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  89. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  90. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  91. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  92. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  93. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  94. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  95. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  96. PursuingmydreamsAugust 24, 2014
  97. hwaAugust 24, 2014
  98. ysalmaAugust 24, 2014
  99. ervananggiAugust 24, 2014
  100. ervananggiAugust 24, 2014
  101. nyonyasepatuAugust 24, 2014
  102. abi_gilangAugust 24, 2014
  103. Ailtje BinibuleAugust 24, 2014
  104. gegekrisoprasAugust 24, 2014
  105. ArmanAugust 24, 2014
  106. FaschaAugust 23, 2014
  107. GitaAugust 23, 2014
  108. rianamakuAugust 23, 2014
  109. t3phAugust 23, 2014
  110. suriyatifangAugust 23, 2014
  111. chris13jktAugust 23, 2014
  112. NisadanChiccoAugust 23, 2014
  113. syifnaAugust 23, 2014
  114. sitiAugust 23, 2014
  115. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  116. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  117. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  118. MessaAugust 23, 2014
  119. MessaAugust 23, 2014
  120. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  121. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  122. Amy RahmiAugust 23, 2014
  123. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  124. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  125. PursuingmydreamsAugust 23, 2014
  126. MessaAugust 23, 2014
  127. shintadarmawanAugust 23, 2014
  128. NisadanChiccoAugust 23, 2014
  129. ceritaikhaAugust 23, 2014
  130. rianamakuAugust 23, 2014
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: