Benjamin Usia 5 Minggu

Benjamin Usia 5 Minggu. Hai para pembaca setia blog saya 🙂 apa kabar kalian?. Di tempat saya sini sudah mulai dingin bbbrrr padahal masih musim panas loh!. Jangan-jangan winter akan datang lebih cepat kali ya.

Awalnya sih saya ingin bercerita di blog ini mengenai Benjamin setiap bertambah umurnya sebulan, apa daya saya sibuk tingkat tinggi ngurusin si bocah, jadi sudah kelewat deh usia sebulannya.

Tanggal 21 Agustus lalu untuk pertama kalinya kontrol ke dokter anak. Para ibu yang menetap di Jerman pasti sudah mengenal ya istilah U1 sampai U11, paling akhir J2. Jadi itu adalah tahapan pemeriksaan/jadwal kapan anak harus kontrol ke dokter.

U1 dan U2 sudah dilakukan ketika Benjamin masih di rumah sakit, lalu U3 nya baru tanggal 21 Agustus lalu. U3 ini pemeriksaan saat anak/bayi berusia 4 hingga 5 minggu.

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat jadwal pemeriksaan yang harus dilalui seorang anak mulai lahir hingga berusia 18 tahun. Pas kedokter sempat heran juga ada ibu dengan anak sekitar usia 10 tahun ke dokter, saya pikir kontrol ke dokter bayi aja hehe.

Benjamin Usia 5 Minggu. Buku Pemeriksaan Anak

Buku Pemeriksaan Anak

 

Pemeriksaan U3. Usia 4 – 5 minggu

Berat Benjamin saat kontrol ke dokter 21 agustus lalu sudah hampir 5,2 kg sama susternya ditulis 4,8 kg karena pas nimbang Benjaminnya kan pakai baju. Nah sampai rumah saya timbanglah tuh baju dan pampers, ternyata beratnya 152 gram, jadi tahulah kita kalau si bocah beratnya sudah 5 kg. Berat ketika keluar dari rumah sakit 3,5 kg (21 Juli 2014) jadi dalam sebulan bertambah 1,5 kg beratnya 🙂 .

Panjang ketika lahir 54 cm, sekarang sudah 57 cm. Ukuran lingkar kepala saat lahir 36 cm, sekarang sudah 38 cm.

Pas diruang dokter, Benjaminnya di telanjangin 😀 kan mau diperiksa dokter. Saat itu saya tidak kaget lagi cara dokter memeriksa seorang bayi, karena sudah 2 kali lihat ketika di rumah sakit. Mungkin Frank yang agak shock kali ya hehe karena bayinya diperiksanya seperti mainin boneka 😆 . Pertama tangan kiri dokter memegang dada bayi, diangkat setinggi dada dokter. Dokter pegang satu tangan loh, lalu di pindahkan ke tangan kanan, Benjamin di tengkurapkan, pantantnya di pegang-pegang, jadi anaknya kegelian dan bergerak-gerak. Kepalanya oglek-oglek dong apa sih bahasa pasnya 😛 . Dilakukan begitu supaya tahu geraknya si anak bagus ga, respon kah kalau di sentuh.

Malah pas di rumah sakit anakku sudah diberdirikan dan di dudukkan, padahal belum ada seminggu!, pas diberdirikan dokternya bilang seminggu lagi sudah bisa lari nih kalau dilantai di taruh handphone haha.

Semua bagian tubuh diperiksa, mulai mata, telingga, hidung, alat kelamin. Berhubung saat diperiksa Benjamin lagi tidur pulas, ngamuklah dia diganggu. Dokter bilang semuanya bagus, Benjamin tumbuh kembangnya sesuai usianya. Kita disuruh datang seminggu lagi untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh menggunakan alat USG. Susternya bilang ada juga pemeriksaan khusus ginjal, tapi nih tidak ditanggung asuransi. Pas dirumah Frank bilang tidak usahlah cek ginjal, wong anaknya sehat banget ko, soalnya bayar 25 euro, kalau gratis ya mauu 😆 .

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

 

Usia 5 minggu sudah bisa ngapain aja? :
• Gerak-gerakin kepala ke kanan kiri sudah jago banget, kalau digendong malah kepalanya di goyang-goyang melulu, saya kuatirnya kebentok gigi atau mulut saya dong 😀 .
• Sudah bisa memiringkan badan, sudah mau tengkurap.
• Diajak ngomong sudah ngoceh-ngoceh. Saya selalu bicara Bahasa Indonesia, sedangkan Frank Bahasa Jerman. Frank bilang dia seperti Ausländer (orang asing) karena saya, mama dan Benjamin bicara bahasa Indonesia sedangkan Frank kaga ngerti 😛 .
• Mengamati sekeliling sangat serius, apalagi kalau dibawa keluar rumah, kita naik bus semuanya diperhatikan yang ada di jalanan kaga ngedip matanya hehe.

 

Lain-lain :
• Mau tidur rewel banget, harus dapat posisi benar-benar nyaman baru tidur pulas. Awal-awal pusing deh niduran si bocah, mulai di kasih susu, di nenenin, digendong pakai kain panjang, dibedong sampai dibikinin ayunan dari sarung. Untung ada mama yang siap membantu 24 jam.
• Sudah tidur bukan berarti saya bisa santai!. Digendong sudah tidur, malah ngorok, pas di taruh di boxnya busyettt langsung bangun, padahal sudah ditaruh pelan-pelan.
• Kalau lapar minta susu langsung ngamuk, Mariah Carey kalah deh dengan suara 7 oktafnya. Bapaknya Benjamin sampai tutup kuping loh pas awal-awal hehehe.
• Tidak mau pakai empeng. Suster di rs. Juga tidak menyarankan bayi di kasih empeng. Pernah saya coba kasih pas di RS. malah anaknya tambah ngamuk, minta susu ko malah ditipu dikasih empeng 😛 jadi ya nganggur empengnya di lemari.
• Minumnya lahap banget 500-750 ml setiap harinya. Separuh asi separuh sufor. Tidak bisa asi 100% karena tidak cukup. Boro-boro mau nabung asi, malah tekor melulu 😳 . Padahal botol buat simpan asi sudah banyak dibeli hiks.
• Minumnya tiap 2-3 jam sekali. Kalau di kasih asi tidurnya lebih lama, kalau sering dikasih sufor beser melulu pampersnya cepat penuh.
• Jam tidur sudah mulai berkurang, jadi ada waktu tertentu pagi dan sore buat main-main.
• Senang kalau di ajak jalan-jalan. Lebih banyak tidur pas jalan-jalan naik mobil atau kereta dorong. Pas berhenti bangun deh, cari 1001 cara supaya si bocah tidak ngamuk.

Asyikk dapat banyak kado

Asyikk dapat banyak kado

 

baby lucu imut. anak blasteran, anak bule indonesia

Say Cheese

 

bayi lucu ketawa. Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

 

Segitu dulu ya, kalau ada yang saya ingat akan saya tambahin lagi. Selamat bermalam minggu 😉 .

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.

132 Comments

  1. Emaknya BenjaminOktober 26, 2014
  2. Nahri AzizahOktober 26, 2014
  3. PursuingmydreamsSeptember 25, 2014
  4. PursuingmydreamsSeptember 25, 2014
  5. YantiNurhidaSeptember 25, 2014
  6. yunar92September 23, 2014
  7. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  8. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  9. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  10. PursuingmydreamsSeptember 17, 2014
  11. dwisariSeptember 16, 2014
  12. CeritaekaSeptember 16, 2014
  13. Fanni_kSeptember 16, 2014
  14. AyoupsetSeptember 13, 2014
  15. winnymarchSeptember 11, 2014
  16. PursuingmydreamsSeptember 10, 2014
  17. winnymarchSeptember 10, 2014
  18. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  19. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  20. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  21. PursuingmydreamsSeptember 8, 2014
  22. MarialcSeptember 8, 2014
  23. winnymarchSeptember 8, 2014
  24. windapontohSeptember 8, 2014
  25. Bams TriwokoSeptember 7, 2014
  26. fiethaSeptember 7, 2014
  27. PursuingmydreamsSeptember 7, 2014
  28. fiethaSeptember 7, 2014
  29. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  30. sitiSeptember 6, 2014
  31. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  32. sitiSeptember 6, 2014
  33. PursuingmydreamsSeptember 6, 2014
  34. PursuingmydreamsSeptember 1, 2014
  35. PursuingmydreamsSeptember 1, 2014
  36. dedy oktavianus pardedeAgustus 29, 2014
  37. bebe'Agustus 29, 2014
  38. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  39. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  40. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  41. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  42. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  43. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  44. PursuingmydreamsAgustus 29, 2014
  45. prihAgustus 29, 2014
  46. Bibi Titi TelitiAgustus 29, 2014
  47. Attar AryaAgustus 29, 2014
  48. winnymarchAgustus 28, 2014
  49. Ika KoentjoroAgustus 28, 2014
  50. Titik AsaAgustus 28, 2014
  51. YantiNurhidaAgustus 27, 2014
  52. Amy RahmiAgustus 27, 2014
  53. mkstories4lifeAgustus 27, 2014
  54. PursuingmydreamsAgustus 26, 2014
  55. PursuingmydreamsAgustus 26, 2014
  56. GitaAgustus 26, 2014
  57. mkstories4lifeAgustus 26, 2014
  58. adelinatampubolonAgustus 26, 2014
  59. ardikaAgustus 26, 2014
  60. PursuingmydreamsAgustus 26, 2014
  61. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  62. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  63. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  64. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  65. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  66. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  67. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  68. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  69. PursuingmydreamsAgustus 25, 2014
  70. winnymarchAgustus 25, 2014
  71. ardikaAgustus 25, 2014
  72. mondaAgustus 25, 2014
  73. JaniarAgustus 25, 2014
  74. JaniarAgustus 25, 2014
  75. PypyAgustus 25, 2014
  76. ElskanAgustus 25, 2014
  77. astridtumewuAgustus 25, 2014
  78. t3phAgustus 25, 2014
  79. sitiAgustus 25, 2014
  80. gegekrisoprasAgustus 25, 2014
  81. MakinoedinAgustus 25, 2014
  82. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  83. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  84. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  85. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  86. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  87. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  88. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  89. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  90. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  91. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  92. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  93. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  94. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  95. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  96. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  97. PursuingmydreamsAgustus 24, 2014
  98. hwaAgustus 24, 2014
  99. ysalmaAgustus 24, 2014
  100. ervananggiAgustus 24, 2014
  101. ervananggiAgustus 24, 2014
  102. nyonyasepatuAgustus 24, 2014
  103. abi_gilangAgustus 24, 2014
  104. Ailtje BinibuleAgustus 24, 2014
  105. gegekrisoprasAgustus 24, 2014
  106. ArmanAgustus 24, 2014
  107. FaschaAgustus 23, 2014
  108. GitaAgustus 23, 2014
  109. rianamakuAgustus 23, 2014
  110. t3phAgustus 23, 2014
  111. suriyatifangAgustus 23, 2014
  112. chris13jktAgustus 23, 2014
  113. NisadanChiccoAgustus 23, 2014
  114. syifnaAgustus 23, 2014
  115. sitiAgustus 23, 2014
  116. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  117. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  118. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  119. MessaAgustus 23, 2014
  120. MessaAgustus 23, 2014
  121. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  122. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  123. Amy RahmiAgustus 23, 2014
  124. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  125. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  126. PursuingmydreamsAgustus 23, 2014
  127. MessaAgustus 23, 2014
  128. shintadarmawanAgustus 23, 2014
  129. NisadanChiccoAgustus 23, 2014
  130. ceritaikhaAgustus 23, 2014
  131. rianamakuAgustus 23, 2014
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: