Benjamin Usia 5 Minggu

Benjamin Usia 5 Minggu. Hai para pembaca setia blog saya πŸ™‚ apa kabar kalian?. Di tempat saya sini sudah mulai dingin bbbrrr padahal masih musim panas loh!. Jangan-jangan winter akan datang lebih cepat kali ya.

Awalnya sih saya ingin bercerita di blog ini mengenai Benjamin setiap bertambah umurnya sebulan, apa daya saya sibuk tingkat tinggi ngurusin si bocah, jadi sudah kelewat deh usia sebulannya.

Tanggal 21 Agustus lalu untuk pertama kalinya kontrol ke dokter anak. Para ibu yang menetap di Jerman pasti sudah mengenal ya istilah U1 sampai U11, paling akhir J2. Jadi itu adalah tahapan pemeriksaan/jadwal kapan anak harus kontrol ke dokter.

U1 dan U2 sudah dilakukan ketika Benjamin masih di rumah sakit, lalu U3 nya baru tanggal 21 Agustus lalu. U3 ini pemeriksaan saat anak/bayi berusia 4 hingga 5 minggu.

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat jadwal pemeriksaan yang harus dilalui seorang anak mulai lahir hingga berusia 18 tahun. Pas kedokter sempat heran juga ada ibu dengan anak sekitar usia 10 tahun ke dokter, saya pikir kontrol ke dokter bayi aja hehe.

Benjamin Usia 5 Minggu. Buku Pemeriksaan Anak

Buku Pemeriksaan Anak

 

Pemeriksaan U3. Usia 4 – 5 minggu

Berat Benjamin saat kontrol ke dokter 21 agustus lalu sudah hampir 5,2 kg sama susternya ditulis 4,8 kg karena pas nimbang Benjaminnya kan pakai baju. Nah sampai rumah saya timbanglah tuh baju dan pampers, ternyata beratnya 152 gram, jadi tahulah kita kalau si bocah beratnya sudah 5 kg. Berat ketika keluar dari rumah sakit 3,5 kg (21 Juli 2014) jadi dalam sebulan bertambah 1,5 kg beratnya πŸ™‚ .

Panjang ketika lahir 54 cm, sekarang sudah 57 cm. Ukuran lingkar kepala saat lahir 36 cm, sekarang sudah 38 cm.

Pas diruang dokter, Benjaminnya di telanjangin πŸ˜€ kan mau diperiksa dokter. Saat itu saya tidak kaget lagi cara dokter memeriksa seorang bayi, karena sudah 2 kali lihat ketika di rumah sakit. Mungkin Frank yang agak shock kali ya hehe karena bayinya diperiksanya seperti mainin boneka πŸ˜† . Pertama tangan kiri dokter memegang dada bayi, diangkat setinggi dada dokter. Dokter pegang satu tangan loh, lalu di pindahkan ke tangan kanan, Benjamin di tengkurapkan, pantantnya di pegang-pegang, jadi anaknya kegelian dan bergerak-gerak. Kepalanya oglek-oglek dong apa sih bahasa pasnya πŸ˜› . Dilakukan begitu supaya tahu geraknya si anak bagus ga, respon kah kalau di sentuh.

Malah pas di rumah sakit anakku sudah diberdirikan dan di dudukkan, padahal belum ada seminggu!, pas diberdirikan dokternya bilang seminggu lagi sudah bisa lari nih kalau dilantai di taruh handphone haha.

Semua bagian tubuh diperiksa, mulai mata, telingga, hidung, alat kelamin. Berhubung saat diperiksa Benjamin lagi tidur pulas, ngamuklah dia diganggu. Dokter bilang semuanya bagus, Benjamin tumbuh kembangnya sesuai usianya. Kita disuruh datang seminggu lagi untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh menggunakan alat USG. Susternya bilang ada juga pemeriksaan khusus ginjal, tapi nih tidak ditanggung asuransi. Pas dirumah Frank bilang tidak usahlah cek ginjal, wong anaknya sehat banget ko, soalnya bayar 25 euro, kalau gratis ya mauu πŸ˜† .

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

 

Usia 5 minggu sudah bisa ngapain aja? :
β€’ Gerak-gerakin kepala ke kanan kiri sudah jago banget, kalau digendong malah kepalanya di goyang-goyang melulu, saya kuatirnya kebentok gigi atau mulut saya dong πŸ˜€ .
β€’ Sudah bisa memiringkan badan, sudah mau tengkurap.
β€’ Diajak ngomong sudah ngoceh-ngoceh. Saya selalu bicara Bahasa Indonesia, sedangkan Frank Bahasa Jerman. Frank bilang dia seperti AuslΓ€nder (orang asing) karena saya, mama dan Benjamin bicara bahasa Indonesia sedangkan Frank kaga ngerti πŸ˜› .
β€’ Mengamati sekeliling sangat serius, apalagi kalau dibawa keluar rumah, kita naik bus semuanya diperhatikan yang ada di jalanan kaga ngedip matanya hehe.

 

Lain-lain :
β€’ Mau tidur rewel banget, harus dapat posisi benar-benar nyaman baru tidur pulas. Awal-awal pusing deh niduran si bocah, mulai di kasih susu, di nenenin, digendong pakai kain panjang, dibedong sampai dibikinin ayunan dari sarung. Untung ada mama yang siap membantu 24 jam.
β€’ Sudah tidur bukan berarti saya bisa santai!. Digendong sudah tidur, malah ngorok, pas di taruh di boxnya busyettt langsung bangun, padahal sudah ditaruh pelan-pelan.
β€’ Kalau lapar minta susu langsung ngamuk, Mariah Carey kalah deh dengan suara 7 oktafnya. Bapaknya Benjamin sampai tutup kuping loh pas awal-awal hehehe.
β€’ Tidak mau pakai empeng. Suster di rs. Juga tidak menyarankan bayi di kasih empeng. Pernah saya coba kasih pas di RS. malah anaknya tambah ngamuk, minta susu ko malah ditipu dikasih empeng πŸ˜› jadi ya nganggur empengnya di lemari.
β€’ Minumnya lahap banget 500-750 ml setiap harinya. Separuh asi separuh sufor. Tidak bisa asi 100% karena tidak cukup. Boro-boro mau nabung asi, malah tekor melulu 😳 . Padahal botol buat simpan asi sudah banyak dibeli hiks.
β€’ Minumnya tiap 2-3 jam sekali. Kalau di kasih asi tidurnya lebih lama, kalau sering dikasih sufor beser melulu pampersnya cepat penuh.
β€’ Jam tidur sudah mulai berkurang, jadi ada waktu tertentu pagi dan sore buat main-main.
β€’ Senang kalau di ajak jalan-jalan. Lebih banyak tidur pas jalan-jalan naik mobil atau kereta dorong. Pas berhenti bangun deh, cari 1001 cara supaya si bocah tidak ngamuk.

Asyikk dapat banyak kado

Asyikk dapat banyak kado

 

baby lucu imut. anak blasteran, anak bule indonesia

Say Cheese

 

bayi lucu ketawa. Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

 

Segitu dulu ya, kalau ada yang saya ingat akan saya tambahin lagi. Selamat bermalam minggu πŸ˜‰ .

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.

Advertisements
Advertisements

132 Comments

  1. Nahri Azizah October 26, 2014
    • Emaknya Benjamin October 26, 2014
  2. yunar92 September 23, 2014
  3. dwisari September 16, 2014
  4. Ceritaeka September 16, 2014
  5. Fanni_k September 16, 2014
    • Pursuingmydreams September 17, 2014
  6. Ayoupset September 13, 2014
  7. Marialc September 8, 2014
  8. winnymarch September 8, 2014
    • Pursuingmydreams September 8, 2014
      • winnymarch September 10, 2014
  9. windapontoh September 8, 2014
    • Pursuingmydreams September 8, 2014
  10. Bams Triwoko September 7, 2014
  11. fietha September 7, 2014
    • Pursuingmydreams September 7, 2014
      • fietha September 7, 2014
  12. dedy oktavianus pardede August 29, 2014
    • Pursuingmydreams September 1, 2014
  13. bebe' August 29, 2014
    • Pursuingmydreams September 1, 2014
  14. prih August 29, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
  15. Bibi Titi Teliti August 29, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
  16. Attar Arya August 29, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
  17. Ika Koentjoro August 28, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
  18. Titik Asa August 28, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
  19. YantiNurhida August 27, 2014
    • Pursuingmydreams August 29, 2014
      • YantiNurhida September 25, 2014
        • Pursuingmydreams September 25, 2014
  20. mkstories4life August 26, 2014
    • mkstories4life August 27, 2014
      • Pursuingmydreams August 29, 2014
  21. adelinatampubolon August 26, 2014
    • Pursuingmydreams August 26, 2014
  22. yangsayasukai.blogspot.com August 26, 2014
  23. winnymarch August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 26, 2014
      • winnymarch August 28, 2014
  24. ardika August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
      • ardika August 26, 2014
  25. monda August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
  26. Janiar August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
  27. Janiar August 25, 2014
  28. Pypy August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
  29. Elskan August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
  30. astridtumewu August 25, 2014
  31. Makinoedin August 25, 2014
    • Pursuingmydreams August 25, 2014
  32. hwa August 24, 2014
  33. ysalma August 24, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  34. ervananggi August 24, 2014
  35. ervananggi August 24, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  36. nyonyasepatu August 24, 2014
  37. abi_gilang August 24, 2014
  38. Ailtje Binibule August 24, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  39. gegekrisopras August 24, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
      • gegekrisopras August 25, 2014
        • Pursuingmydreams August 25, 2014
  40. Arman August 24, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  41. Fascha August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  42. Gita August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
      • Gita August 26, 2014
  43. t3ph August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
      • t3ph August 25, 2014
        • Pursuingmydreams August 25, 2014
  44. suriyatifang August 23, 2014
  45. chris13jkt August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
  46. syifna August 23, 2014
  47. siti August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 24, 2014
      • siti August 25, 2014
        • Pursuingmydreams September 6, 2014
          • siti September 6, 2014
          • Pursuingmydreams September 6, 2014
          • siti September 6, 2014
          • Pursuingmydreams September 6, 2014
  48. Amy Rahmi August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 23, 2014
      • Amy Rahmi August 27, 2014
  49. Messa August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 23, 2014
      • Messa August 23, 2014
        • Pursuingmydreams August 23, 2014
      • Messa August 23, 2014
        • Pursuingmydreams August 23, 2014
  50. shintadarmawan August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 23, 2014
  51. NisadanChicco August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 23, 2014
      • NisadanChicco August 23, 2014
        • Pursuingmydreams August 24, 2014
  52. rianamaku August 23, 2014
    • ceritaikha August 23, 2014
      • Pursuingmydreams August 23, 2014
    • Pursuingmydreams August 23, 2014
      • rianamaku August 23, 2014
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: