Benjamin Usia 5 Minggu

loading...

Benjamin Usia 5 Minggu. Hai para pembaca setia blog saya πŸ™‚ apa kabar kalian?. Di tempat saya sini sudah mulai dingin bbbrrr padahal masih musim panas loh!. Jangan-jangan winter akan datang lebih cepat kali ya.

Awalnya sih saya ingin bercerita di blog ini mengenai Benjamin setiap bertambah umurnya sebulan, apa daya saya sibuk tingkat tinggi ngurusin si bocah, jadi sudah kelewat deh usia sebulannya.

Tanggal 21 Agustus lalu untuk pertama kalinya kontrol ke dokter anak. Para ibu yang menetap di Jerman pasti sudah mengenal ya istilah U1 sampai U11, paling akhir J2. Jadi itu adalah tahapan pemeriksaan/jadwal kapan anak harus kontrol ke dokter.

U1 dan U2 sudah dilakukan ketika Benjamin masih di rumah sakit, lalu U3 nya baru tanggal 21 Agustus lalu. U3 ini pemeriksaan saat anak/bayi berusia 4 hingga 5 minggu.

Pada gambar dibawah ini bisa dilihat jadwal pemeriksaan yang harus dilalui seorang anak mulai lahir hingga berusia 18 tahun. Pas kedokter sempat heran juga ada ibu dengan anak sekitar usia 10 tahun ke dokter, saya pikir kontrol ke dokter bayi aja hehe.

Benjamin Usia 5 Minggu. Buku Pemeriksaan Anak

Buku Pemeriksaan Anak

 

Pemeriksaan U3. Usia 4 – 5 minggu

Berat Benjamin saat kontrol ke dokter 21 agustus lalu sudah hampir 5,2 kg sama susternya ditulis 4,8 kg karena pas nimbang Benjaminnya kan pakai baju. Nah sampai rumah saya timbanglah tuh baju dan pampers, ternyata beratnya 152 gram, jadi tahulah kita kalau si bocah beratnya sudah 5 kg. Berat ketika keluar dari rumah sakit 3,5 kg (21 Juli 2014) jadi dalam sebulan bertambah 1,5 kg beratnya πŸ™‚ .

Panjang ketika lahir 54 cm, sekarang sudah 57 cm. Ukuran lingkar kepala saat lahir 36 cm, sekarang sudah 38 cm.

Pas diruang dokter, Benjaminnya di telanjangin πŸ˜€ kan mau diperiksa dokter. Saat itu saya tidak kaget lagi cara dokter memeriksa seorang bayi, karena sudah 2 kali lihat ketika di rumah sakit. Mungkin Frank yang agak shock kali ya hehe karena bayinya diperiksanya seperti mainin boneka πŸ˜† . Pertama tangan kiri dokter memegang dada bayi, diangkat setinggi dada dokter. Dokter pegang satu tangan loh, lalu di pindahkan ke tangan kanan, Benjamin di tengkurapkan, pantantnya di pegang-pegang, jadi anaknya kegelian dan bergerak-gerak. Kepalanya oglek-oglek dong apa sih bahasa pasnya πŸ˜› . Dilakukan begitu supaya tahu geraknya si anak bagus ga, respon kah kalau di sentuh.

Malah pas di rumah sakit anakku sudah diberdirikan dan di dudukkan, padahal belum ada seminggu!, pas diberdirikan dokternya bilang seminggu lagi sudah bisa lari nih kalau dilantai di taruh handphone haha.

Semua bagian tubuh diperiksa, mulai mata, telingga, hidung, alat kelamin. Berhubung saat diperiksa Benjamin lagi tidur pulas, ngamuklah dia diganggu. Dokter bilang semuanya bagus, Benjamin tumbuh kembangnya sesuai usianya. Kita disuruh datang seminggu lagi untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh menggunakan alat USG. Susternya bilang ada juga pemeriksaan khusus ginjal, tapi nih tidak ditanggung asuransi. Pas dirumah Frank bilang tidak usahlah cek ginjal, wong anaknya sehat banget ko, soalnya bayar 25 euro, kalau gratis ya mauu πŸ˜† .

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

Cakepp banget deh kalau lagi anteng begini

 

Usia 5 minggu sudah bisa ngapain aja? :
β€’ Gerak-gerakin kepala ke kanan kiri sudah jago banget, kalau digendong malah kepalanya di goyang-goyang melulu, saya kuatirnya kebentok gigi atau mulut saya dong πŸ˜€ .
β€’ Sudah bisa memiringkan badan, sudah mau tengkurap.
β€’ Diajak ngomong sudah ngoceh-ngoceh. Saya selalu bicara Bahasa Indonesia, sedangkan Frank Bahasa Jerman. Frank bilang dia seperti AuslΓ€nder (orang asing) karena saya, mama dan Benjamin bicara bahasa Indonesia sedangkan Frank kaga ngerti πŸ˜› .
β€’ Mengamati sekeliling sangat serius, apalagi kalau dibawa keluar rumah, kita naik bus semuanya diperhatikan yang ada di jalanan kaga ngedip matanya hehe.

 

Lain-lain :
β€’ Mau tidur rewel banget, harus dapat posisi benar-benar nyaman baru tidur pulas. Awal-awal pusing deh niduran si bocah, mulai di kasih susu, di nenenin, digendong pakai kain panjang, dibedong sampai dibikinin ayunan dari sarung. Untung ada mama yang siap membantu 24 jam.
β€’ Sudah tidur bukan berarti saya bisa santai!. Digendong sudah tidur, malah ngorok, pas di taruh di boxnya busyettt langsung bangun, padahal sudah ditaruh pelan-pelan.
β€’ Kalau lapar minta susu langsung ngamuk, Mariah Carey kalah deh dengan suara 7 oktafnya. Bapaknya Benjamin sampai tutup kuping loh pas awal-awal hehehe.
β€’ Tidak mau pakai empeng. Suster di rs. Juga tidak menyarankan bayi di kasih empeng. Pernah saya coba kasih pas di RS. malah anaknya tambah ngamuk, minta susu ko malah ditipu dikasih empeng πŸ˜› jadi ya nganggur empengnya di lemari.
β€’ Minumnya lahap banget 500-750 ml setiap harinya. Separuh asi separuh sufor. Tidak bisa asi 100% karena tidak cukup. Boro-boro mau nabung asi, malah tekor melulu 😳 . Padahal botol buat simpan asi sudah banyak dibeli hiks.
β€’ Minumnya tiap 2-3 jam sekali. Kalau di kasih asi tidurnya lebih lama, kalau sering dikasih sufor beser melulu pampersnya cepat penuh.
β€’ Jam tidur sudah mulai berkurang, jadi ada waktu tertentu pagi dan sore buat main-main.
β€’ Senang kalau di ajak jalan-jalan. Lebih banyak tidur pas jalan-jalan naik mobil atau kereta dorong. Pas berhenti bangun deh, cari 1001 cara supaya si bocah tidak ngamuk.

Asyikk dapat banyak kado

Asyikk dapat banyak kado

 

Say Cheese

Say Cheese

 

Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

Suka nih bocah kalau di dudukin begini. Foto 22.08.2014

 

Segitu dulu ya, kalau ada yang saya ingat akan saya tambahin lagi. Selamat bermalam minggu πŸ˜‰ .

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.

Advertisements

132 thoughts on “Benjamin Usia 5 Minggu

  1. Hi Mba .. salam kenal yah … saya suka sama blog dan tulisannya … I wish to have the same dreams come true like you .. ^^ .. congratz for the baby yah .. ^^

  2. oh my god, mbak is he your child? what a sweet baby <3 <3

    url ayoupset.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  3. Mba Nella, Benjamin lucuuu bangeeett… Dari kecil udah keliatan gantengnya, hihihi πŸ™‚
    Apalagi yg pas senyuumm manisnya.. Sehat selalu ya Ben.. πŸ™‚

  4. Ihh, Ben kecil, kamu lucu paket bangettttt..!!!
    Mau mau mauuu, punya anak cowok.. terakhir USG blom ketahuan jenis kelaminnya, hehehe

    • Hai Ded beda negara beda pandangan dokternya kali ya πŸ˜€ soalnya 3 kali kontrol ke dokter, bayi2 disini diperiksa dokternya ektrim banget, mulai di berdirikan, dibuat posisi tengkurap, posisi duduk dll. Supaya kuat jadi pemain bola nantinya πŸ˜† .

  5. Benjamin ganteeeeeng… Seneng ih liat udah senyum2nya..
    Si Jo dulu juga betah banget Nel kalo diajak jalan2.. Sekarang udah gedean malah mulai susah.. pinginnya diajak main terus.. hiks

  6. Hai Ben, perkembangan yang mengagumkan
    Lah 5 minggu sudah semi didudukkan ya Jeng Nella
    Senangnya Ben didampingi Oma
    Salam hormat untuk Mama ya Jeng Nella.

    • Hai bu Prih, sama dokter malah Benjamin sudah di berdirikan, lalu dibuat posisi merangkak juga, ektrim dokter anak disini πŸ˜€ . Terima kasih salamnya ya, nanti saya sampaikan ke mama πŸ˜‰ .

  7. Aiiiih…
    Ben lucu banget si Neeeel πŸ™‚
    Pipinya gembil dan gemesin πŸ™‚

    Kalo mau bobok emang biasanya rewel sih Nel…coba ditengkurepin di dada kita gitu Nel…
    Katanya posisi paling nyaman kalo dia bisa denger detak jantung ibunya…kayak masih didalem perut gitu…

    Sehat-sehat terus yah Baby Ben πŸ™‚
    kitik kitik kakinya

    • Nih anak maunya digendong pakai kain panjang, jadi iya benar spt masih dalam perut kan sempit dan hangat πŸ˜€ trus belakangan kalau tidur maunya ngumpet di ketek πŸ˜€ .

  8. Aih mbak senengnya kalau punya momongan ya…
    Lihat foto-fotonya saya mah jadi inget tahun 1991, saat anak pertama saya baru lahir.
    Turut merasakan kebahagiaan yang sedang mbak alami saat ini.

    Salam,

  9. Halo Benjamin, aku tante Yanti, lucu banget sih kamu, menggemaskan, apalagi fotonya yang pas lagi anteng, imut banget.
    Mbak, nanti di posting terus ya foto dan perkembangan Benjamin, habisnya lucu dan cakep banget Baby Ben…

  10. wuaah.. moga Benjamin sehat2 ya.. lucu liatnya da senyum2..emang bener anak sekarang cepat besar dan sadar kamera ya..hehe.. jadi ga sabar liat my baby jg nih, yg tinggal menghitung hari πŸ™‚
    Selamat ya mba jg suami.. liat baju yg diapaki Benjamin ketahuan bgt deh bawaan dr Indo..krn merknya sama kyk ankku, hehe salah fokus.

    baca kisah diatas, aq jg kmrn2 ini liat di youtube cara lahiran dsini sampe cara dokter periksa bayi..eh ternyata sama yah dgn pngalaman mb Nelly.. jd bs siap2 deh spy ga kaget πŸ˜‰

    thanks for share yah mba.. mungkin nanti bs muat tema persiapan benjamin mskin first winternya ya. hehe..krn kmgkinan dtg lbh cepat..(da mlai mndingin aja dsini, bbrrr).. dtunggu kisah selanjutnya πŸ™‚

  11. Aaaa, imutnya. Lucu banget. Pengin nyubit pipinya itu.
    Besok kalo dah gedhe main ke Indonesia ya dek ya.

    (Link zonaperubahan.com sudah tdk aktif lagi jadi dihapus ya 03.10.2015)

  12. Kak, ganteng banget baby Ben.. Macam baby latino πŸ˜€ Awhh.. Kebayang gedenya pasti jadi rebutan..hihi.. Apalagi yg foto centil say cheese itu.. Awww.. 5kg lumayan yah kak, bisa berotot tuh lengannya..hhiihii.. Sehat2 terus yahh bang Ben πŸ˜€

  13. Cuteeeee

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    • Pastinya dong πŸ˜€ . Sejak Benjamin lahir saya bicara bahasa Indonesia melulu ke dia, sampai suami bilang dia spt orang asing, karena saya, mama dan Ben ngobrol bhs Indonesia πŸ˜† .

  14. Benjamin udah bisa bikin hati emak dan yang lihatnya luluh deh, gemesin.
    habis netek-in, emaknya langsung minum jus kesukaan Nel, kalau ga bakal keteter ama anak cowok πŸ™‚

  15. Mbaa please give us benjamin’s photo more more n more!!! Enak ya mbaa ada yg bantuin mba bantuin ngurus benjamin, soalnya ada opung boru nya si benjaminn. Titip cium dan peluk ya mbaa utk benjamin πŸ™‚

  16. Aku lagi repot banget, lama gak blog walking. Terus baru lihat, selamat ya Mbak.So happy to hear that your baby is healthy, semoga Ibunya juga sehat. Btw, He’s a beautiful boy.

  17. Kak Nellaaaa~ kok makin cantik aja sih habis lahiran! Aku iri! πŸ˜†
    soalnya hamil aja belon, kawin aja belon tapi malah gemuk hahaha

    Btw enak ya disana anak2 dirawat sampai usia 18 tahun, diperhatikan banget oleh lingkungannya (baca: dokter) kalo aku tinggal disana juga mau banget deh.. Sayang umurnya udah lewat πŸ˜€ hehe

  18. Ben cakep amaaat!! Udh keliatan gede banget deh, btw kenapa gak dibolehin pake empeng mbak? Kl disini malah dianjurkan untuk merangsang kerja otak dan menghindari toddler meninggal mendadak saat tidur

    • Iya Cha pegel deh kalau gendong Benjamin πŸ˜€ . Lebih banyak kekurangan penggunaan empeng ketimbang keuntungannya Cha.
      Misalnya: bayi menelan lebih banyak gas karena ngisap udara, malah bikin sakit perut krn banyak gas di perut. Bikin ketergantungan juga, lalu yg kuliat dari ponakanku sendiri, giginya jadi jelek banget/tonggos, makanya pas adikku punya anak lagi sama sekali ga dikasih empeng, walaupun memang sudah disiapkan sih buat jaga-jaga πŸ˜€ .

      Salah satu hal positif pengunaan empeng, benar spt yg kamu bilang Cha untuk mengurangi resiko terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS). Hal ini mungkin disebabkan oleh karena empeng dapat mencegah bayi tidur dalam posisi tengkurap, menjaga jalan napas bayi, mengurangi bayi gumoh, dan meningkatkan usaha napas bayi.

      Point lainnya silakan baca deh di tanyadok.com lengkap banget, klik Dot atau Empeng, Bergunakah untuk Bayi?

  19. Benjamin, ganteng banget deh…Hug….cup cup cup…. Mau kubawa pulang kerumah euy…anaknya siapa nih? Hehehehehe…cubit pipinya deh…

  20. wah Ben kliatan udah gede yaa.. lha beratnya aja uda 5 kiloan. Kok sus nya nguranginnya banyak banged ya? disini biasa klo timbang 5,2 dikurangin pampers n baju dianggap 5,1 kg (dikurangin 0,1 kg) kali soalnya disana pake jaket dll ya?
    Kalo soal tidur itu biasa kok Nel. Pokoknya tahan2in deh 2 bulan pertama rata2 baby emang tidurnya kaco. Dulu anak gw pas mulai umur 3 minggu juga gamau ditaro di ranjang/box. Jadi gw tidurin diatas dada gw supaya gw bisa ngaso hiskkk cape boo gendong mulu. Pernah gw tidur sambil gendong dia (taro di dada) di sofa semaleman.. Untungnya masa-masa ini berlalu kok gapake lama. Umur 2 bulan uda teratur tidurnya πŸ™‚

    • Ga pakai jaket ko Teph, cuma baju selapis aja. Tau tuh susternya knapa nguranginnya banyak gitu. Hiks iya kaco banget tidurnya, mau2nya si bocah tidur. Untungnya mamaku ada disini, jadi gantian bangun dan kasih susu pas tengah malam, asi gw pompa taruh kulkas, jadi tinggal hangatin aja πŸ˜‰ .

      Nah di rs gw tidurin anak gw di dada, cuma kan kuatir klo gw bablas ketiduran, takut jatuh. Kriting tangan gendong melulu πŸ™ apalagi ntar sampai umur 3 bulan atau 6 bulan hadohh tambah berat anaknya. Nah akhirnya nyokap bikin ayunan dari sarung, mujarap banget tuh anak bisa tidur 2 sampai 3 jam an πŸ˜€ ..

      • seriuss? gimana ayunannya kaya apa, fotoin donkkk.. ayunan bisa digoyang2 gituh? #kepobanged

        Haha banyak2 istirahat yah plus minum vitamin kalo ga enak badan. jangan sampe sakit πŸ˜‰

        • Iya nanti kubuat postingan khusus soal ayunan deh πŸ˜€ . Harus di goyangin baru bisa goyang ayunannnya :lol : Thanks ya Teph πŸ™‚ . Vitamin sih aku ga minum, paling banyak makan sayur, buah dan teh.

  21. Wah jadwal periksanya sampai 18 tahun ya? Di sini rasanya cuma sampai sekitar 7-8 tahun deh Mbak, itupun waktu itu anak-anakku gak tuntas sampai umur segitu. Aku sama istri sudah terlanjur bosan ke dokternya πŸ˜›

  22. wah di Jerman anak di periksa sampai 18 tahun?? ihh enak bener itu tergantung asuransi mbak atau smeua wn jerman.. btw Benjamin sudah tambah gede ya………………….oma nya stay sampai kapan nih??

  23. Ya ampun dedek ben cakep banget..
    ih doronganya manis banget.
    wah benar benar teliti ya nel mungkin kaya di indo posyandu gitu ya tapi kelianya balita aja ngak sampai umur 18 tahun.
    wah ben baru 1 bulan udah bisa duduk, boleh ya…?

    • Mbak selamat ya buat kelahiran baby Ben, lucu banget anaknya.
      Semoga selalu sehat ibu dan babynya. Itu meriksa bayi kayak mainan juga aku alami pas aku ajak noura bayi ke tukang urut. Ngurutnya sih biasa aja kayak di elus-elus tapi pas diuntang anting kayak mainan aku syook banget.

    • Hai Ria, iya sudah bisa duduk gitu ko πŸ˜€ .
      Sama dokter malah sudah diberdirikan trus ditatah spt mau disuruh jalan.
      Aku ngeliatnya aja kuatir keseleo yaaa ternyata sama dokter aja digituin ya sutralah ngikut juga πŸ˜† . .

Comments are closed.