Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta bunga anggrek. Pada postingan ini saya berbagi pengalaman bagaimana saya menangani/merawat anggrek yang baru datang hasil beli online.

Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

 

Tulisan Terkini

Cara Merawat Anggrek Beli Online:

  • Keluarkan anggrek dari bungkus karton atau koran, lalu angin-anginkan sebentar.
  • Lihat keadaan anggrek-anggreknya, kalau ada yang sakit atau kena hama pisahkan supaya tidak menular. Apakah ada daun anggrek busuk daun atau busuk akar perlu penangganan segera .
  • Penanganan anggrek yang sakit, rendam fungisida, lalu angin-anginkan.
  • Anggrek sehat rendam air setengah jam atau rendam vit. B1. Guna vit. B1 bikin segar anggrek yang stres akibat perjalanan jauh.
  • Kalau metan bawaan dari shop mengering, misal spagnum moss, nah rendam air dulu sampai metannya lembek/lunak, jadi mudah dilepas metan dari akar anggreknya.
  • Kalau anggrek dalam keadaan baik saat diterima dan belum ada waktu untuk repotting (pindah ke pot & media baru), biarkan saja tidak perlu terburu-buru repotting.
  • Anggrek online bisa seminggu an kemudian baru direpotting, tidak masalah nunggu, asal tidak ada tanda-tanda anggrek sakit.
  • Saat diberikan media tanam baru, jangan terlalu dalam di tanamnya. Sistem tangkring juga bagus ko, jadi akar anggrek hanya ditaruh di atas metan, nanti kalau numbuh akar baru, akar baru tersebut numbuh kebawah.
  • Jangan dipupuk sampai anggrek numbuh akar baru, nanti bisa gosong kalau dipupuknya berlebih.
  • Anggrek online baru datang ini, sebaiknya jangan kena matahari langsung beberapa hari, supaya beradaptasi dengan lingkungan dan suhu tempat baru, oh ya kalau dihalaman rumah ada pohon besar nah bisa taruh dibawah pohon, gantung dipohon atau pakai paranet.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Kalau kamu punya banyak anggrek, dan mau barter atau tukeran anggrek dengan sesama pecinta anggrek, sebaiknya anggrek dikirim dalam keadaan kering (medianya), karena dikirim dalam keadaan basah, sangat beresiko anggrek busuk akar dan daun dalam perjalanan.

Video Penanganan Anggrek Baru Datang Hasil Beli Online

 

Kalau sudah tahu kapan mau dikirim, jangan disiram lagi anggreknya, angin-anginkan bisa lepas metannya, kalau dikirim dengan metan sebaiknya dalam keadaan sudah kering. Anggrek tahan ko sampai seminggu tidak disiram.

Anggrek yang nampak dalam video saya antara lain: 4 dendrobium kriwil, 2 cattleya dan 1 vanda. Ketiga jenisnya seedling ukuran remaja.

Senang hatiku, akhirnya bisa memiliki anggrek kriwil, dan untuk pertama kalinya saya punya anggrek vanda. Vanda ini tidak perlu media tanam saat dewasa, kalau masih kecil saya perhatikan di nursery anggrek pakai metan vandanya.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Demikianlah pengalaman saya mengenai Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: