June 3, 2020

7 Hal Perlu diperhatikan Saat Repotting Anggrek Cattleya

7 Hal Perlu diperhatikan Saat Repotting Anggrek Cattleya. Hai sobat berkebun adakah kalian yang memiliki anggrek Cattleya?. Katanya jenis Cattleya Mantini adalah yang paling mudah berbunga, atau Cattleya yang berdaun dua mudah dibuat berbunga. Cattleya yang saya miliki berdaun satu, yang katanya paling susah dibuat berbunga jenis ini.

7 Hal Perlu diperhatikan Saat Repotting Anggrek Cattleya

Setelah lebih 3 tahun merawat satu cattleya, saat ke garden center saya jatuh hati lagi lihat Cattleya bunga nya pink ngejreng dan wangi luar biasa. Pas tiba dirumah saya baru sadar, lagi lagi yang saya beli berdaun satu haha.

Tulisan Terkini

Saya ingin mengganti media tanam anggrek Cattleya. Bagaimana cara repotting anggrek, media tanam anggrek seperti apa yang bagus dan hal apa saja yang perlu kita perhatikan saat mengganti media tanam anggrek Cattleya?.

Saya merangkum 7 hal yang perlu diperhatikan saat repotting anggrek Cattleya:

1. Repotting mengganti media anggrek Cattleya setiap 1-2 tahun. Mengganti media tanam anggrek supaya keasaman media anggrek terjaga. Idealnya PH media anggrek adalah 7 (PH netral). Jika anggrek Cattleya sudah terlalu banyak bulb nya dapat dilakukan pemisahan juga.

2. Repotting Cattleya setelah masa berbunga selesai. Jangan mengganti media anggrek saat sedang berbunga karena jika akar tanaman anggrek terganggu dan anggreknya stres dapat menyebabkan masa berbunga menjadi pendek.

Jika anggrek sedang berbunga dan terkena hama atau penyakit, walalupun sedang berbunga, mau tidak mau harus segera diganti media tanamnya, dilihat juga mungkin akar anggrek yang bermasalah.

3. Sterilkan gunting dan alat potong. Sterilkan gunting dan alat potong dengan alkohol atau Hidrogen Peroksida (H2O2 yang 3%). Gunakan pot bersih dan gunakan media tanam anggrek yang baru. Gunanya H2O2 sebagai anti bakteri. H2O2 bisa kita beli di apotek, saya membeli nya online.

4. Gunakan pot yang sesuai dengan ukuran anggrek Cattleya. Tujuannya:

  • Supaya tidak boros media tanam anggrek.
  • Pot terlalu besar menyimpan banyak air bisa membuat akar anggrek busuk.
  • Akar anggrek suka melekat satu dengan lainya, kalau pot terlalu besar maka kemungkinan anggreknya lama berbunga, nunggu akar memenuhi seluruh pot, saling menempel akarnya baru berbunga.

5. Rendam anggrek (bersama pot) didalam air supaya mudah dilepas. Jika media terlalu kering akan susah mengeluarkan anggrek dari pot dan susah melepas akar anggrek dari media karena menempel erat. Sebaiknya rendam pot anggreknya dalam air selama 10-15 menit, jika media sudah lembek maka lebih mudah melepas anggrek dari media nya.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Video Repotting Anggrek Cattleya Berikut 7 Hal Perlu diperhatikan

6. Buang akar anggrek Cattleya yang busuk, kering dan kopong. Buang juga bulb dan daun Cattleya yang menguning dan kering. Cuci akar anggrek dibawah air mengalir, jika sudah bersih kita bisa lihat mana akar masih sehat dan mana yang sudah kering dan kopong akar nya (kecoklatan warnanya).

7. Hati-hati menyiram Cattleya setelah diganti medianya. Setelah repotting anggrek cattleya, jika terlalu banyak disiram bisa membuat akar cattleya busuk.

  • Saat anggrek mau ditaruh ke pot baru, isi media separuh tinggi pot, taruh anggreknya, tambahkan media anggrek sambil ditepuk-tepuk pot nya supaya media anggrek merapat kebawah dan tidak banyak bagian kosong di pot.
  • Media anggrek Cattleya dapat pula dicampur arang supaya menetralisir garam. Arang ini bukan arang untuk barbeque ya, melainkan arang untuk tanaman.
  • Isi 1 pot dengan minimal 3 bulb Cattleya.
  • Jika saat repotting sudah ada tunas baru numbuh, letakkan posisi tunas baru menghadap ke bagian media yang luas, sedangkan bulb lama letakkan menempel ditepi pot.
  • Totolkan bubuk kayumanis pada bekas potongan bulb atau akar yang dipotong. Fungsi bubuk kayumanis ini sebagai anti bakteri da nanti fungi.
  • Siram anggrek langsung ke medianya. Taruh angrek Cattleya ditempat teduh dahulu, setelah 1-3 minggu kemudian bisa taruh kembali ditempat terken sinar matahari langsung (pagi hari).

 

Demikianlah share saya mengenai 7 Hal Perlu diperhatikan Saat Repotting Anggrek Cattleya, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan mengenai repotting anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: