5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Bagus Atasi Polusi

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Bagus Atasi Polusi. Menurut Epa (Environmental Protection Agency) di Jerman istilahnya USEPA (Umweltschutzbehörde) polusi dalam ruangan mungkin 2 sampai 5 kali dan kadang-kadang 100 kali lebih tinggi dari tingkat polusi luar ruangan.

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Bagus Atasi Polusi

Dari begitu banyaknya tanaman hias untuk membuat udara dalam ruangan lebih bersih, berikut ini 5 tanaman diantaranya:

  1. Ivy Inggris atau English Ivy (Hedera Helix). Hedera merupakan tanaman merambat bisa 20-30 meter panjangnya. Seluruh bagian tanaman ini beracun. Biasanya digunakan sebagai tanaman hias di taman. Saya sering lihat di Jerman sini Hedera ini banyak tumbuh merambat di tembok rumah  dan bangunan.Pemerintah Eropa merekomendasikan menanam tanaman ini untuk gedung-gedung sehingga saat musim panas ruangan bisa sedikit lebih sejuk. Hedera adalah tanaman yang baik ditanam didalam ruangan. Toleran terhadap sedikit cahaya. Tanaman ini menyerap Formaldehid, polutan yang umum digunakan dalam pembuatan produk bangunan termasuk papan lantai dan pewarna karpet sintetis.
English Ivy, Hedera Helix

English Ivy, Hedera Helix saat musim gugur warnanya menjadi merah. Castle covered-english ivy. Foto credit dreamstime.com

Tulisan Terkini

  1. Peace Lily (Spathiphyllum) seperti Hedera, Peace Lily juga toleran terhadap cahaya yang minim dan hanya butuh sedikit air untuk perawatannya. Tanaman ini dapat menyerap Formaldehid, benzene dan Trichloroethylene (VOC). Benzen adalah karsinogen (penyebab kanker) yang terdapat dalam cat, lilin, furniture dan bahan politur/poles lainnya. Trichloroethylene terdapat dalam tinta dan cat. Hati-hati tanaman Peace Lily ini karena beracun untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

    Peace Lily, Spathiphyllum

    Peace Lily, Spathiphyllum. Tanaman pembersih udara ruang, toleran terhada cahaya dan air yang minim

Baca juga: Pro Kontra Manfaat Air buangan AC untuk Tanaman

  1. Spider Plant Chlorophytum comosum dalam Bahasa Jerman disebut Grünlilie (Grün = hijau). Tanaman ini cocok dirawat oleh mereka yang menyatakan tidak bertangan hijau karena sangat mudah perawatannya. Spider Lily menyerap benzen, formaldehid, karbon monoksida dan Xylene senyawa yang banyak ditemukan dalam banyak pelarut dan pengencer cat.Tips supaya Spider Lily tetap cantik tanam di pot gantung. Ukuran pot jangan terlalu besar makin besar pot maka tanaman Spider plant ini akan tumbuh subur menggila dan panjang daunnya. Saya bisa kasih tips ini karena saya punya pengalaman memelihara tanaman ini dan akhirnya tanaman ini saya buang karena tumbuh tidak karuan tidak bagus dan tidak rapih. Setiap kali ke Garden center ingin beli lagi eh akhirnya di awal tahun dikasih satu pot kecil sama mama mertua. Spider Plant ini kalau ada anakannya cantik menjuntai dan kadang ada bunganya warna putih.

    Spider Plant, Chlorophytum comosum

    Spider Plant, Chlorophytum comosum terbukti mengurangi polusi udara dalam ruangan

  1.  Aloe. Tanaman aloe vera ini menyerap formalin udara dan benzene. Aloe sangat mudah tumbuh dan suka tempat terang. Jangan terlalu banyak disiram. Aloe dirumah saya kutaruh ruang tamu. Selain sebagai pembersih udara Aloevera juga bekhasiat sebagai antiinflamasi, anti jamur, antibakteri dan membantu proses regenerasi sel.

    Tanaman Aloe vera lidah buaya

    Aloë, adalah genus yang berisi lebih dari 500 spesies tumbuhan berbunga sukulen. Spesies yang paling banyak dikenal adalah lidah buaya (Aloe vera), atau “aloe sejati”. Foto credit dreamstime.com

  1. Snake plant Sansevieria trifasciata dalam bahasa Jerman disebut Schwiegermutterzunge. Tanaman Lidah mertua, mother in law Tongue. Tanaman Ini salah satu tanaman dalam ruang yang baik menyerap Formaldehid saat malam hari dan melepaskan oksigen sehingga kamar tidur adalah tempat yang bagus untuk menaruh tanaman ini. Tanaman ini beracun untuk anjing. Snake plant toleran terhadap cahaya yang minim dan sedikit air.

    Snake Plant, Sansevieria trifasciata

    Snake Plant, Sansevieria trifasciata . Tanaman ini tumbuh baik dengan sedikit penyiraman. Foto credit dreamstime.com

Lidah mertua (mother in law Tongue) lucu ya nama lain Snake plant ini. Kenapa pula dinamakan seperti itu apa karena ibu mertua lidahnya tajam dan beracun? Haha. Saya hanya bisa tertawa dan penasaran saja nah daripada saya penasaran sendiri saya cari tau dong di internet kenapa tanaman ini dinamakan tanaman lidah mertua.

Saya cari dengan kalimat mother in law plant meaning . Ternyata karena ketajaman ujung tanaman ini makanya dinamakan tanaman lidah mertua.

Baca juga: 4 Tanaman Pembawa Rejeki Di dalam Rumah

Video 5 Tanaman Hias Indoor Pembersih Udara

 

Demikianlah share saya mengenai 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Bagus Atasi Polusi, apakah kamu punya salah satunya?, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa jika ingin membeli salah satu tanaman hias diatas.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: