Mengatasi Hama Siput Kecil pada Anggrek Tanpa Bahan Kimia

Mengatasi Hama Siput Kecil pada Anggrek Tanpa Bahan Kimia. Awalnya saya kira hama kutu atau serangga bersayap yang membuat daun anggrek seedling Catasetum bolong, makanya saya taruh stiker kuning didalam greenhouse mini.

Mengatasi Hama Siput Kecil pada Anggrek Tanpa Bahan Kimia

Beberapa hari kemudian anakku nunjukin ada siput sangat kecil pada bagian luar pot anggreknya. Nah dengan begini ketahuan sumber masalahnya. Agak bingung juga bagaimana datangnya hama siput tersebut karena saya tinggal diatas, masah iya dari jalanan naik pelan-pelan tuh siput trus nyampe greenhouse di kamar mandi pula haha.

Tulisan Terkini

Siput dan keong, hama anggrek yang ada di mana-mana, dapat menyebabkan kerusakan besar pada hampir setiap bagian anggrek. Biasanya hama siput keluar saat malam hari, keesokan harinya kita lihat daun anggrek pada bolong atau akar anggrek dirusak, kita cari-cari ko tdak lihat ada hama disekitar pot anggreknya yaa karena kalau siang sudah ngumpet lagi tuh hama haha.

Kalau lihat daun atau kuntum anggrek rusak segera cari hamanya sampai ketemu, atau bongkar media tanam anggreknya, jika dibiarkan, hama siput ini bisa merusak dengan cepat.

Saya lebih memilih cara mengatasi hama keong dan siput secara alami tidak pakai bahan kimia adalah dengan memancingnya, yakni taruh makanan yang disukai siputnya.

Berikan potongan atau irisan timun di sekitar tanaman yang dirusak siput, nanti siput atau keong akan makan timunnya. Irisan timun ini juga akan menarik perhatian siput sangat kecil ukurannya.

Baca juga: Anggrek Kamu Dikerubungi Semut?. Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Saat malam tiba dicek deh, bawa senter ngeronda gitu haha, biasanya hama siput atau keong mereka asyik berkumpul makan ketimun. Ambil dan kumpulkan semua siput tersebut lalu buang atau matiin.

Selain timun sebagai umpannya siput, bisa juga kita gunakan semangka.

Video Daun Anggrek Bolong diserang Hama Siput Kecil

Kalau ditempatmu terlalu banyak hama siput atau keongnya dan mau membasminya, bisa gunakan air kopi. Masukkan kopi (telah disaring ya) ke botol semprot, semprot ke siputnya, nanti siput atau keong akan mati karena kandungan kofein didalam kopi.

Bisa juga dengan menaburkan ampas kopi ditempat yang banyak dilewati siput atau keong. Siput sensitive terhadap kofein, siput akan menjauhi kopi. Berikan secara berkala ampas atau bubuk kopinya, karena kalau bau kopinya hilang bakalan balik lagi siputnya.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Mengatasi Hama Siput Kecil pada Anggrek Tanpa Bahan Kimia, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa untuk menghalau siput dari anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

 

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: