Kebun Balkonku Saat Musim Semi

3. Bunga Tulip

Bibit-bibit bunga musim semi yang saya tanam banyak yang gagal, tidak melulu setiap tahun 100% saya bertangan hijau haha. Ada yang sudah kelihatan bakal bunga ternyata tidak mekar dan bakal bunganya kering sendiri, atau daun-daunnya bagus sekali lah ko bunganya tidak muncul, yang paling tragis bibitnya tidak numbuh-numbuh pas saya bongkar pot ternyata umbinya pada busuk misalnya bibit umbi hyacinth dan dafodil yang kena hujan berhari-hari.

Video aneka bunga musim semi yang gagal mekar

 

Kalau tulip tahan kena hujan, malah kalau kurang air gagal mekar tulipnya. Saya ada kombinasi tulip dengan dafodil atau tulip dengan hyacinth, nah kalau nanam di pot tidak bagus kombinasi bunga begitu karena tulip tahan kena hujan sedangkan hyacinth dan dafodil tidak tahan kena hujan berhari-hari. Pengalaman ini jadi pelajaran buat saya tahun depan.

Bunga-bunga yang sudah selesai masa berbunganya tahun ini sebagian besar umbi-umbinya saya simpan karena ternyata bisa berbunga lagi tahun berikutnya loh 😎

 

Cara saya merawat/memperlakukan umbi bunga musim semi yang sudah selesai berbunga:
• Biarkan sampai bunganya layu (rontok)
• Potong batang bunganya.
• Daun-daunnya biarkan sampai menguning/agak kering sendiri karena daun-daunnya ini akan menyimpan energi/nutrisi untuk bakal bunga tahun berikutnya.
• Pemberian air mulai dikurangi.
• Setelah daunnya menguning, cabut semua tanamannya dari pot, saya biarkan ditempat terbuka 1-2 hari supaya akarnya kering sehingga mudah saya gunting.
• Ada pula perlakukan berbeda begini: karena umbi-umbi bunganya banyak sekali untuk menyingkat waktu saya tanam langsung (timbun) saja umbi-umbi bunga tulip bersama daun-daunnya yang masih agak hijau hampir kuning.
• Umbi-umbi bunga musim seminya saya timbun dalam sekali dibawah tanah, dan bagian atasnya saya tanam misalnya bunga musim panas.

Tempat/wadah yang saya gunakan untuk mengubur/menimbun umbi bunga musim semi adalah plastik bekas media tanam. Saya berkebun di balkon jadi selalu beli media tanam/tanah kemasan 40-70 liter. Bungkus kemasannya tersebut saya pakai sebagai pot, kalau terlalu panjang saya gulung plastiknya keluar jadi lebih kuat wadahnya.

Pohon Cherry tetangga bunga-bunganya mekar,

Pohon Cherry tetangga bunga-bunganya mekar, kalau banyak bunganya bakalan banyak buahnya juga

Ceritanya saya memanfaatkan sampah kemasan media tanam tersebut hehe daripada beli pot tanaman kan lebih mahal ya.

Bagian dasar/bawah wadah saya taruh tanah bekas pakai lalu sampah dapur sebagai lapisan kedua. Sampah dapur tersebut antara lain kulit telur, kupasan aneka bawang, sisa sayuran yang tidak dimasak, kulit jeruk, kulit pisang (Benjamin makan pisang setiap hari lumayan buat kompos haha) dan kupasan buah lainnya.

Sampah dapur yang tidak saya jadikan kompos misalnya kupasan kulit kentang, sisa paprika, tomat, cabe dan sayur berbiji banyak lainnya, karena berdasarkan pengalaman tuh kulit kentang numbuh cepat sekali, parah!, niat bikin kompos eh malah numbuh kentang atau biji-biji paprika, tomat, cabe numbuh gile deh haha 😆 .

My balcony garden on springtime 2017. Balkon depan

My balcony garden on springtime 2017. Balkon depan

 

Lapisan ketiga taruh semua umbi-umbi bunganya yang mau ditimbun, tidak perlu saya atur bagus, saya lempar saja semuanya disatukan agak banyak, lalu lapisan keempat tanah sisa bekas pakai lagi atau kalau pas banyak media tanam baru yang itu yang saya pakai, baru dibagian atas saya tanam bunga musim panas atau saya taruh pot-pot pendek diatasnya. Umbi-umbi yang ditimbun kedalamannnya kira-kira 15-20 cm jadi beneran dalam sekali.

Tahun depan saat musim tanam bunga musim semi tidak saya bongkar lagi umbinya, melainkan saya ambil bagian atas saja. Misalnya saya tanam bunga musim panas ya saya bongkar bunga musim panasnya, kalau ada pot diatasnya saya pindahkan pot-pot kecil tersebut, jadi saat musim semi tulip-tulipnya akan numbuh kembali :mrgreen: .

Beautiful tulip flowers

Beautiful tulip flowers. Umbi tulip 2 thn lalu ditimbun niat mau dijadikan kompos malah numbuh

 

Hal ini saya lakukan karena tahun ini ada tulip yang 2 tahun lalu tidak berbunga lalu saya niatnya mau jadikan kompos dengan menimbunnya dalam tanah, lah ko ada yang tumbuh tulip-tulipnya dari kantong tanah kompos, tulipnya cantik warnanya, makanya tahun ini saya menimbun/menyimpan lebih banyak umbi yang sudah selesai berbunga.

Video Aneka Bunga Tulip di Balkonku

 

Selamat berakhir pekan dan salam hijau selalu :mrgreen:

 

Subscribe Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

35 Comments

  1. Nova Tarigan-Gerber April 21, 2018
  2. Nova Tarigan-Gerber April 20, 2018
  3. Nova Tarigan-Gerber April 20, 2018
  4. adelinatampubolon July 10, 2017
  5. Omar Ramlee July 9, 2017
  6. Fanny F Nila June 11, 2017
  7. denkspa June 10, 2017
  8. ellykurnia June 9, 2017
  9. niee June 7, 2017
  10. Omar Ramlee June 1, 2017
  11. Susleni May 28, 2017
      • Susleni May 29, 2017
  12. Monda May 28, 2017
  13. rynari May 28, 2017
  14. Ulfarick May 28, 2017
  15. shiq4 May 27, 2017
  16. kang nur May 27, 2017
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: