Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn

Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn. Postingan ini dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya. Hai sobat berkebun khususnya, pecinta anggrek, saya lagi sedih nih, beberapa daun anggrek cattleya saya menghitam daunnya. Daun anggrek cattleya ku pada gosong terkena sunburn alias terbakar sinar matahari.

Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn

Saya tinggal di negara 4 musim, biasanya semua koleksi anggrek saya taruh didalam rumah, nah menjelang musim panas (dari bulan Mei) untuk anggrek-anggrek yang tahan kena sinar matahari langsung, seperti anggrek cattleya, dendrobium, termasuk dua anggrek Gramma yang saya bawa dari tanah air, saya taruh luar rumah.

Awalnya semua anggrek tahan kena sinar matahari pagi sampai jam 11 siang, lalu cuaca makin memanas saat puncaknya summer, dan saya harus sering memantau saat sinar matahari bergerak apakah pas kena anggreknya, apakah ada yang lewat jam 11 siang sampai sore tetap terpapar sinar matahari melulu anggreknya atau tidak. Walau sinar matahari pagi bagus untuk anggrek, namun kalau kalau terpapar sinar matahari berjam-jam bisa gosong anggreknya karena di balkonku tidak dipasang paranet.

Tulisan Terkini

Sunburn pada anggrek Cattleya ku ini terjadi karena saat saya siram tanaman disore hari (bukan siram anggrek), bagian yang ada anggrek kena ciprat air juga. Memang menyiram anggrek bagaimana ko ga boleh kena ciprat air daunnya, mungkin yang ga khusus merawat anggrek bertanya-tanya? hehe .. Saya memberikan air untuk anggrek dengan cara merendam potnya didalam air selama 10 menitan, air akan meresap ke medianya, dan daun anggreknya tetap kering.

Air yang kecimprat ke daun anggrek kalau tidak langsung kering sampai keesokan paginya, lalu kena sinar matahari langsung, hal inilah yang membuat daun anggrek menjadi menguning lalu menjadi coklat dan akhirnya hitam gosong daun anggrek cattleya ku.

Langsung saya pindah posisi anggrek-anggreknya supaya aman ditempat lebih teduh, namun masih mendapat cahaya matahari pagi. Untuk menyiram anggrek dengan cara disemprot pada daun anggrek, tidak saya lakukan lagi karena fatal banget kalau cuaca lagi panas sekali.

Video Daun Anggrek Gosong Kena Sunburn dan Cara Mengatasinya

 

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Bagaimana saya mengatasi daun anggrek yang gosong menghitam kena sunburn adalah dengan membuang bagian daun anggrek yang menghitam. Gunting semprot alkohol dulu supaya steril. Setelah daun anggrek saya gunting, tanamannya saya taruh tempat teduh dahulu, kalau sudah pulih akan saya taruh tempat kena matahari lagi.

Daun angrek menghitam kalau berulang kali menghitam lagi setelah dibuang bagian hitamnya, sebaiknya diganti media tanam, kemungkinan tanamannya terkena bakteri. Penyakit bercak hitam kalau telat diatasi maka bisa sampai kena bagian bulb cattleya jadi menghitam, lalu bulb nya jadi lembek dan busuk, mau ga mau harus dibuang bagian kena penyakit tersebut karena cepat nyebar ke anggrek disebelahnya (pengalamanku).

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Cara Mengatasi Daun Anggrek Menghitam Gosong Kena Sunburn, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa untuk mencegah sunburn anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

 

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: