5 Bunga Penyemarak Suasana Natal di Jerman

 

3. Poinsettia

Euphorbia pulcherrima begitu nama latinnya. Dalam bahasa Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Kastuba. Poinsettia adalah tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah, sebagai tanaman hias dalam rumah mulai dikenal di eropa sejak tahun 1950.

Dalam bahasa Jerman disebut Weihnachtsstern (bintang Natal, semoga benar terjemahinnya 😀 ) . Tanaman ini unik, daunnya akan berwarna merah saat menjelang Natal. Aslinya tanaman ini hijau, dengan perlakuan khusus mulai akhir September maka saat bulan Desember daunnya menjadi merah.

bunga merah khas natal. Poinsettia. Euphorbia pulcherrima. Di Indonesia dikenal dengan nama Kastuba. Foto tahun lalu 2014 di rumah ibu mertuaku

Poinsettia. Euphorbia pulcherrima. Di Indonesia dikenal dengan nama Kastuba, bunga merah khas Natal. Foto tahun lalu 2014 di rumah ibu mertuaku.

 

Kalau beli di toko-toko tentu saja daun Poinsettia sudah berwarna merah, tanaman ini beredar di pasaran saat menjelang Natal Perlakuan khusus Poinsettia sampai bisa menjadi merah daunnya, adalah dengan menaruh tanaman ini ditempat gelap selama 12 jam setiap harinya. Perlakuan ini dimulai dari bulan September, maka saat desember akan menjadi merah.

Kalau kamu punya tanaman Kastuba dan mau dibuat merah daunnya, tutuplah bagian atas tanaman dengan plastik hitam dan jauhkan dari matahari. Beri perlakuan khusunya 3-4 bulan.

Baca juga: 7 Hal Mengenai Natal di Jerman

4. Christmas Cactus

Nama botaninya Schlumbergera atau Zygocactus. Biasanya berbunga saat Natal dan terkadang berbunga juga saat Paskah jika kita bagus merawatnya. Di Indonesia dikenal sebagai Wijaya kusuma kepiting, padahal tanaman ini tidak termasuk genus wijaya kusuma epiphyllum. Mari biasakan menyebutnya kaktus kepiting. Bisa baca postinganku ini 3 Tanaman dengan Satu Nama Kenapa Bunga Wijaya Kusuma dianggap Epiphyllum? Bikin Bingung Anak Cucu

Lovely Christmas cactus. Photo source https://de.pinterest.com/pin/503910645786397509/

Lovely Christmas cactus. Photo source https://de.pinterest.com/pin/503910645786397509/

Baca juga: Christmas Cactus (Schlumbergera) Care Guide – epicgardening

 

5. Paperwhite Narcissus

Narcissus papyraceus termasuk genus Narcissus dikenal juga sebagai daffodil. Tidak seperti Narcissus lainnya, paperwhite tidak membutuhkan masa dingin (cold treatment) untuk membuatnya berbunga. Malah Paperwhite ini tidak winterhart alias tidak tahan dingin, itu sebabnya kita menanamnya dalam rumah.

Nanam 5 umbi paperwhite minggu lalu. Narcissus Ziva, jenis ini tidak perlu di cold treatment, ini nanam dalam rumah

Nanam 5 umbi paperwhite minggu lalu. Narcissus Ziva, jenis ini tidak perlu di cold treatment, ini nanam dalam rumah

 

Begitu umbi ditanam akan mulai tumbuh dan paperwhite ini akan berbunga setelah 4-6 minggu penanamannya, wah cepat sekali kan tumbuhnya kalau dibanding bunga musim semi lainnya.

Narcissus Ziva dikenal juga sebagai paperwhites. Popular for indoor forcing. Photo source https://de.pinterest.com/pin/374924737704363306/

Narcissus Ziva dikenal juga sebagai paperwhites. Popular for indoor forcing. Photo source https://de.pinterest.com/pin/374924737704363306/

 

Saya penasaran dengan Paperwhite ini karena banyak saya baca web dari pinterest katanya Paperwhite ini ada wanginya, selain wangi bunga ini menghasilkan banyak bunga, 1 tangkai bisa menghasilkan beberapa bunga.

Baca juga: 4 Jenis Kue Natal Khas Jerman Bikin Mupeng

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Hellebore
https://en.wikipedia.org/wiki/Poinsettia
http://www.wikihow.com/Care-for-a-Christmas-Cactus
https://en.wikipedia.org/wiki/Narcissus_papyraceus

error: Content is protected !!