Tulip di Indonesia

loading...

Tulip di Indonesia. Banyak sekali yang bertanya ke saya, baik melalui kolom komentar maupun langsung ke email.  Pertanyaannya „Apakah tulip bisa tumbuh di Indonesia?“.

Kalau tahu cara menanamnya, pasti bisa!. Beberapa hari lalu, Lea mengirimkan beberapa foto tulip dia yang sedang mekar. Lea tinggal di Jawa Tengah, tepatnya di Dieng.

Lea mengatakan, dia membeli bibit tulip dua kali, yang pertama tulipnya berbunga setelah 6 bulan penanaman, dan yang satunya lagi setelah 1,5 bulan penanaman. Tidak ada perlakuan khusus yang Lea berikan ke tanaman tulipnya.

Bagi yang ingin berkunjung langsung ke FB nya Lea (Kebun Dieng) silakan ke www.facebook.com/dayona.garden

 

 

 Coba perhatikan tulip Lea nomer 3, sama atau miripkah dengan tulip milik saya dibawah ini

Cantik ya perpaduan warnanya. Namanya Apeldoorn tulip, termasuk triump tulip.

Ichsan, sahabat blogger di Sleman, Jogya juga menanam tulip dan ini fotonya

Tulip Milik Ichsan di Sleman, Jogya. Tulip di Indonesia
Tulip Milik Ichsan di Sleman, Jogya

 

Media tanam yang digunakannya adalah media tanam outdoor

yang isinya tanah humus, sekam bakar, dan pupuk kompos
perbandingan nya 3:1:1 

Silakan berkunjung ke blognya Ichsan di http://ichsantirtonotolife.wordpress.com

 

Penasaran mau melihat tulip lainnya yang ditanam dan mekar di Indonesia silakan klik disini

 

Artikel lain mengenai menanam tulip di Indonesia:
Menanam Tulip di daerah tropis (Surabaya)
Menanam Tulip di daerah Tropis (Tangerang – Indonesia)
How to Grow Tulips in Warm Climates
TULIP Khatulistiwa

 

Bagi yang ingin beli bibit tulip silakan klik bibit tulip 2016

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Baca juga:
Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)
Tulip Bermekaran di Taman Kota
Black Parrot – Tulip Kakatua Hitam
Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.
Memotret Bunga Tulip
Tulip Berbau Permen
Perkembangan Bibit Tulipku (Jan 2013)
Lihat Kebunku Penuh dengan Bunga

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

92 thoughts on “Tulip di Indonesia

  • July 28, 2013 at 12:29 pm
    Permalink

    Saya juga minat umbi tulipnya mba.. Masukkan saya daftar list ya.
    Makasih

  • May 29, 2013 at 8:40 am
    Permalink

    wah mba nell….pengen dapat bibitnya… kalau medan bisa dikirim mba????

    • May 29, 2013 at 8:44 am
      Permalink

      Dear Fiona, saya bisanya cuma kirim ke Jakarta. Menurut saya Medan terlalu panas cuacanya, tidak cocok untuk tanam tulip, kecuali kalau kamu punya green house yang ada pengatur suhunya. Ada 2 teman yg sdh coba, tidak berhasil. Nah yang cocok di Medan adalah bunga musim panas, salah satu contohnya bunga dahlia, punya teman saya sudah berbunga dahlianya ;).

      • May 29, 2013 at 9:03 am
        Permalink

        huhuhuhu…..sedihnya….pdahal pengen bgt tulip…kalau tanam dalam ruangan rumah bisa mba?? sy seh lagi nyiler tulip, lili dan bunga yang berbau harum yang mba tananm pny lo 🙂
        cuma skrg sy tidak ada sodara atau temen yang dijakarta keknya makanya sedih banget mba nga bisa tanam…… :'(

        • May 29, 2013 at 9:15 am
          Permalink

          Dalam rumahmu sejuk ya? thn lalu saya tanam semua bibit tulip dalam pot, 3 bulan di luar rumah (dingin) setelahnya saya taruh dalam rumah, malah numbuh cepat loh lihat gambarnya klik disini. Bibitnya harus melalui suhu dingin dulu. Suhu dingin merupakan signal buat bibitnya tumbuh. Kalau daerah tidak ada suhu dingin, ya bibitnya taruh kulkas dulu selama bbrp waktu (1-2 minggu).

          • May 29, 2013 at 9:30 am
            Permalink

            lumayan adem mba 🙂 ada 1 kamar kosong cukup besar seh….cuma gmn ya nga da fren dijkt tu…. pliz fren yang dijkt yg baca blog mba nella….. bisa bantu gue nga nih heeee 🙂

          • May 29, 2013 at 10:05 am
            Permalink

            mba nella kayaknya ada 1 temen sy dijakarta pusat heeee….
            nanti kita sharing di email ya mba…. krn sy ada kirim email ke Mba nella .

          • May 29, 2013 at 10:08 am
            Permalink

            Sipp, kalau masih minat mau mencoba menanam tulip, saya masukkan Fiona ke daftar para pemesan ya. Bibitnya beredar lagi Awal September hingga Des. Bulan Septmber saya email ya ;). Kalau mau pesan bunga selain tulip ya bisa pesan sekarang :D.

          • May 29, 2013 at 10:34 am
            Permalink

            tetap mau coba mba heee alias never giv up xixixi 🙂 masukin sy didaftar tulipnya ya….dan utk bunga lain mgkn lili deh tp akan sy request di email mba Nella nanti k…thanks Mba Nella… nice to meet u here…. 😉

  • May 22, 2013 at 3:29 am
    Permalink

    wah baru tahu nih mba.
    kalau mau bibitnya gimana ya? masa titip ke mba lagi…
    daerah rumah masih lumayan sejuk, masuk daerah bogor. tapi kalau siang, bisa panas banget. kalau seperti itu masalah gak mba?

    • May 22, 2013 at 10:31 am
      Permalink

      Tulip butuh juga matahari ko ga melulu butuh suasana dingin. Kalau suhunya 30 derajat ya mungkin pindahin ke tempat yang agak terhindar dari matahari. Kalau malam kan dingin ya Ryan ditempatmu?. Bibitnya baru beredar lagi masuk musim gugur bulan September hingga Desember.

      • May 22, 2013 at 10:52 am
        Permalink

        ooo gitu.
        untuk malam sih dingin mba. jadi kemungkinan besar bisa ya.

          • May 22, 2013 at 11:47 am
            Permalink

            ok deh mba. makasih banyak infonya ya.
            kalau nanti titip bibit masih boleh gak mba?

          • May 22, 2013 at 12:00 pm
            Permalink

            Boleh dong, saya masukkin Ryan ke daftar yang pesan tulip ya ;).

          • May 22, 2013 at 12:05 pm
            Permalink

            makasih banyak mba… pengen kasih ke mama

  • Pingback: Tulip Bermekaran di Taman Kota | Pursuing My Dreams

  • May 10, 2013 at 9:24 am
    Permalink

    Mba salam kenal, ini dayu.. boleh minta nomer kontak.. saya mau berkunjung.. 🙂 terimakasih.. >_<

    • May 10, 2013 at 2:22 pm
      Permalink

      Hai Dayu salam kenal juga. Wah asyik dong mau jalan-jalan atau sekolah.

  • April 12, 2013 at 12:01 am
    Permalink

    saya beli jadi yang uda mekar, 2 minggu uda rontok. belum dibongkar tu potnya. jadi kalo ada umbinya bisa disimpan ya untuk ditanam lagi yaa…tapi harus disimpen kulkas berapa lama?

    • April 12, 2013 at 12:39 am
      Permalink

      Hai Erlin, ya bisa dipotong daun2nya, dan umbinya dibersihkan, simpan untuk tanam tahun depan. Oh ya simpan dalam plastik berlubang2 ya, supaya tetap kena udara. Kalau punya pot banyak sih, sebenarnya bisa taruh begitu saja ko dalam pot, tinggal di potong daun-daunnya.

  • March 25, 2013 at 6:52 pm
    Permalink

    aduh kak nella, ini baru di oobok2 blog nya 😛
    aku kok jadi kepengen nanem tulip yaa.. bibitnya susah kak disini. gak tau beli dimana,
    baru tau di indo bisa idup si tulip itu. dari dulu kalo pengen liat festival tulip kudu ke eropa dulu. hahhaa..
    bunganya sering gak kak? kalo berbunga awet berapa lama? kebetulan aku seneng bgt sama bunga 🙂

    • March 25, 2013 at 7:05 pm
      Permalink

      Berbunga hanya sekali setahun. Kalau sudah selesai berbunga dan bunganya rontok, kita gunting (bersihkan) daun-daunnya, jadi sisakan umbinya saja. Umbinya seperti bawah merah, bawang putih. Kalau di Eropa ada yang dikeluarkan umbinya, lalu disimpan ditempat gelap tahun depannya (mulai September) keluarkan untuk tanam lagi. Ada juga yang dibiarkan saja begitu di taman, nanti akan rontok sendiri daun-daunnya, tahun berikutnya umbinya akan tumbuh lagi.

      Bunganya awet 1-2 minggu ;). Saya suka liat anggrek2 Renny subur sekali :).

      • March 25, 2013 at 7:12 pm
        Permalink

        iya,makasih kak, aku juga suka liat bunga2 nya kak nella, bagus2 banget, sampai bisa dijual bibitnya 🙂
        kak, kalau bibitnya beli di kakak itu ongkir nya mahal ya kak? aduhh aku kok jadi nafsu bener ya nanem tulip 😛
        btw, thanks ya kak buat info cara penanaman dan perawatan tulipnya 🙂

        • March 25, 2013 at 7:21 pm
          Permalink

          Ongkirnya tergantung beratnya. Misal saya pernah kirim paket 100-300 gram ongkirnya Rp.85.000 (plus minus ya tergantung kurs) diatas 300 gram-500 gr Rp.145.000. Kalau 1-2 paket tulip ga berat ko. Bibit tulip baru beredar lagi bulan september. Nanti saya email Renny ya, mungkin berminat toh ;).

  • March 18, 2013 at 9:23 am
    Permalink

    Beli bibitnya dimana yak mbak kalau di indonesia? *balik nanya lagi* hehehe

    • March 18, 2013 at 9:26 am
      Permalink

      Yang di Indonesia juga beli nya sama aku hehehe.. tapi aku bukan pedagang besar ya, paling bersedia kirim 1-2 bungkus.

  • Pingback: Cantiknya Purple Prince Tulip | Pursuing My Dreams

  • March 9, 2013 at 12:15 am
    Permalink

    Klo gitu bisa ditanam di tempat saya di Cipanas, Puncak dong Ne ?
    Saya bilang ke istri “kita coba yuuuk”

  • March 7, 2013 at 4:23 pm
    Permalink

    Jadi harus ditanam di daerah bersuhu dingin ya. Kalo begitu harus di daerah pegunungan.

    • March 7, 2013 at 5:57 pm
      Permalink

      Baiknya pada suhu sejuk, karena kalau terlalu dingin bibitnya tidak tumbuh dengan baik.

  • March 4, 2013 at 3:53 am
    Permalink

    pokoknya kl saya nanti dapat bibitnya…
    saya akan coba nanamnya Mbak….

  • March 3, 2013 at 7:55 pm
    Permalink

    Menarik juga untuk dibahas ne mbak,… jadi pengen bahas lebih lanjut ne tentang tulip dimapus 😀 Kalau boleh minta gambar lainnya donk mbak,.. kalau bisa sent ke E-mail saya ya mbak 😀 newbietora@gmail.com

    url nandagokilz1.wordpress.com is no longer available.

    This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 07.01.2017

    • March 3, 2013 at 8:01 pm
      Permalink

      Hai Tora ada warna tulip tertentu yang mau dibahas? boleh copy dari blogku. Besok terbit judul baru “tulip hitam” :).

  • March 2, 2013 at 2:08 pm
    Permalink

    repot dan harus telaten ya nel untuk tanam tulip itu…
    salut deh sama Nella,
    aku itu maunya nanam yang gampang tumbuh aja nel he..he..

    • March 2, 2013 at 2:41 pm
      Permalink

      iya kak memang repot nih hehehe. klo yg gampang tumbuh kaktus kali ya, ga perlu sering2 disiram, tp ko serem liat duri2nya :D.

  • March 2, 2013 at 10:28 am
    Permalink

    memandang tulip sangat menyenangkan ya mbak. apa lagi kalau lihat langsung.he he tpi aku hanya penggemar berat nonton bunga tpi gak cakap soal tanam menanam

  • March 2, 2013 at 9:02 am
    Permalink

    Cantik dan warnanya banyak banget..

  • March 2, 2013 at 3:54 am
    Permalink

    Dieng masih daerah dingin, jadi tulip ini kemungkinan cantiknya disana ya Mbak Nella. Entah gimana kalau di Tangerang yg panas ini..

    • March 2, 2013 at 10:00 am
      Permalink

      Iya mbak Evi di dieng, malah Lea bilang kadang suhunya 5 derajat C.

  • March 1, 2013 at 4:10 pm
    Permalink

    Di sekitar rumah saya ga bisa ditanami bunga atau tanaman lain… semuanya diisi conblock, batu alam, dan pasir :(. Kalo di Jakarta saya pikir bunga tulip ga akan bisa tumbuh, di sini cuaca nya cendrung panas

    • March 1, 2013 at 4:23 pm
      Permalink

      Berati harus punya green house yang ada pengatur temperaturnya hehehe :D.

  • March 1, 2013 at 9:03 am
    Permalink

    wah terima kasih bunga tulipku di pajang di blog ini

  • March 1, 2013 at 7:41 am
    Permalink

    Sayangnya tidak ada Tulip dari Gunungkidul ya mbak. He he

  • March 1, 2013 at 6:49 am
    Permalink

    Ada harapan kalau tulip-tulip tersebut juga bisa tumbuh di Bogor. Yes!

  • March 1, 2013 at 6:46 am
    Permalink

    wahh, cantik kali mba, ga sabar deh nunggu bibitan punyak ku.
    oia mba info nih, kemaren bibit yang dari mba, yang cukup baik, aku udah pindahin ke media tanah. eh kok kuliat liat gak seger” tunasnya. ya aku bongkar balik mba. ternyata di dalemnya mulai busuk. aku pretelin lagi deh.
    😀
    semoga tulipnya GWS
    oia mba mau nanya juga nih, dari bbrp umbi yg kemaren busuk itu, aku nemu beberapa bijik anakannya.
    itu langsung aku tanam di tanah.
    :/
    gpp kah itu mba??
    😀

    • March 1, 2013 at 4:20 pm
      Permalink

      Anak2nya udah direndam air dulu 24 jam sebelum penanaman?. Oh ya kalau sudah ditanam siramnya jangan terlalu banyak ya, bisa 3-4 hari sekali, pokoknya jangan sampai ada air yang tergenang.

      • March 1, 2013 at 4:27 pm
        Permalink

        udah mba, semalaman lah. Itu kalau langsung di letakin ke media tanah gpp kan mba?
        soalnya tadinya mau tak simpen di tempat yang teduh, dan kering. takutnya matek

          • March 1, 2013 at 4:58 pm
            Permalink

            nanti tumbuhnya bisa segede umbi awalnya mba?
            kemaren babby-nya ukurannya cuma 1 cm
            >_<

          • March 1, 2013 at 5:02 pm
            Permalink

            Iya dong nantinya juga bisa sebesar induknya. Anak2nya juga nanti bisa beranak juga :D.

  • March 1, 2013 at 6:13 am
    Permalink

    Nell, di JKT bisa ga yah…hehehehe…mungkin bisa tumbuh di tempat yg sejuk aja kali yah 🙂

    • March 1, 2013 at 4:18 pm
      Permalink

      Bawa ga bibitnya dari Norway? :D. Bibitnya bisa dimasukkin kulkas dulu Hen untuk merangsang pertumbuhannya, kalau udah keluar akarnya baru tanam di pot.

  • March 1, 2013 at 4:35 am
    Permalink

    yg mas Ikhsan di Sleman beli bibit tulip dmn mbak Nella? seneng bgt yaa klo udah berbunga kyk gitu… *mupeng 🙂

  • March 1, 2013 at 3:55 am
    Permalink

    wah ternyata bisa ya mbak tulip di tanam di indonesia… jadi tertarik…. 😀

  • March 1, 2013 at 3:02 am
    Permalink

    Bibitnya dari mana, Nel..?? Nggak ada yang jual disini..

    • March 1, 2013 at 4:02 pm
      Permalink

      Bibitnya dari tempatku sini mbak. Kalau berminat baru ada nanti awal September ya.

  • March 1, 2013 at 2:37 am
    Permalink

    aaakkkk, bagusss bangeettt mbaaa, pasti rumahnya mb Nella tmbah cakep karena banyak bungaa 😀

    • March 1, 2013 at 4:01 pm
      Permalink

      Belum banyak mbak Riri, ini masih yang dalam rumah. Ga semua bunga cocok ditaruh dalam rumah, contohnya bunga mawar. Makanya kalau cuaca sudah hangat aku baru mulai nanam2 yang banyk :D.

  • March 1, 2013 at 2:15 am
    Permalink

    penasaran jadi pengen nanem tulip. Saya berusaha nanem tomat ga tumbuh-tumbuh, apa komposisi tanahnya yang kurang bener ya?

    • March 1, 2013 at 3:59 pm
      Permalink

      Tanamnya di tray penyemaian dulu Dan, atau wadah yang kecil, misal wadah aqua gelas. Kalau metode baru yang kucoba nih, biji tomatnya di rendam dulu beberapa jam, lalu taruh di secarik kertas tissu, trus tanam deh. Sangking kecilnya bibit tomat memang agak susah numbuh. Bibit tomatku akhirnya tumbuh, setelah 2 kali coba :D.

    • March 1, 2013 at 3:56 pm
      Permalink

      Di Medan panas ya? :D, bibitnya bisa dimasukkin kulkas dulu ko supaya dingin. Di Eropa aja kalau mau mempercepat pertumbuhannya, bibitnya dimasukkin plastik kasih tanah sedikit, simpan dikulkas selama 2 bulan, sudah tumbuh akarnya baru keluarin tanam di pot.

      • March 1, 2013 at 4:49 pm
        Permalink

        Duhhhhh repot ya kalo di adopsi ke medan secara panasnya gak nanggung2

  • March 1, 2013 at 1:20 am
    Permalink

    rasanya jarang liat tulip ya di indo…

    • March 1, 2013 at 3:53 pm
      Permalink

      Memang jarang Man, ini juga baru dua teman yg kasih liat fotonya :D.

  • March 1, 2013 at 1:02 am
    Permalink

    Wah..hebat banget Mbak Lea ya. Berhasil menanam tulip di Dieng.
    Aku beberapa kali pernah membeli tulip di Amsterdam, kubawa ke Indonesia dan kucoba tanam di Jakarta tapi nggak mau berbunga, dan lama-lama mati. Waktu itu sempat berpikir barangkali karena temperaturnya yang terlalu panas untuk Tulip. Sempat terpikir mau kutanam di rumahku di Kintamani saja (temperaturnya mendekati di Eropa), tapi sebelum sempat pulang ke sana, Tulipnya keburu mati.

    • March 1, 2013 at 3:50 pm
      Permalink

      Bibitnya harusnya masukkin kulkas dulu mbak, supaya merangsang pertumbuhannya. Suhu dingin merupakan sinyal buat tulip untuk tumbuh, karena di Eropa mulai ditanam di musim gugur, ketika cuaca mulai dingin. Trus direndam air 24 jam sebelum penanaman. Ribet ya :D.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: