Gampang Banget Stek Daun Cara Memperbanyak Tanaman Dolar

Gampang Banget Stek Daun Cara Memperbanyak Tanaman Dolar. Zamioculcas (dalam Bahasa Inggris disebut juga tanaman Zanzibar gem, ZZ plant, Zuzu plant, aroid palm, eternity plant atau emerald palm) adalah genus tanaman berbunga di keluarga Araceae, yang mengandung spesies tunggal Zamioculcas zamiifolia. Di Indonesia Zamioculcas dikenal dengan nama tanaman dolar atau pohon dolar.

Gampang Banget Stek Daun Cara Memperbanyak Tanaman Dolar

Tanaman dolar adalah tanaman abadi tropis asli ke Afrika timur, dari Kenya selatan Afrika Selatan timur laut. Zamioculcas ditanam sebagai tanaman hias, terutama karena dedaunannya yang menarik dan perawatannya yang mudah.

Masih ingatkah kalian mengenai isu tanaman dolar sebagai penyebab kanker darah?. Sudah lama sih isu nya tahun 2016 selama dua tahunan isu tersebut marak dibahas, namanya hoaks tentu saja saya tidak percaya isu tersebut dan kala itu tidak ikutan membuang tanaman dolar milikku.

Baca jugaHeboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

Kali ini saya bukan mau bahas isu tanaman dolar, namun ingin berbagi pengalaman bagaimana saya memperbanyak tanaman hias dolar melalui stek daun.

Tanaman dolar Zamia ini saya dapatkan dari ibu mertua ku sudah sekitar 5-6 tahun lalu, waktu itu hanya berupa tanaman kecil saja ukurannya. Tanaman dolar Zamia ini termasuk tanaman hias yang lambat pertumbuhannya, selain itu tanaman dolar bisa beradaptasi dengan baik pada ruangan minim cahaya.

Waktu lihat video memperbanyak tanaman dolar di youtube atau baca beritanya di majalah agak tidak percaya juga, masah daun tanaman dolar hanya ditaruh didalam air saja lalu bisa numbuh akar? Haha.

Tulisan Terkini

Kalau kalian tidak percaya, silakan buktikan sendiri, ternyata manjur juga trik stek daun tanaman dolar. Saran dari saya, jangan dilihat setiap hari ya apakah akarnya sudah numbuh, bukan 1-2 minggu prosesnya melainkan bisa sebulan bahkan lebih baru mulai numbuh akar halus dari ujung bawah daun dolar nya.

Daun dolar yang tercelup didalam air tidak menjadi busuk walau sudah sebulan didalam air, sama sekali tidak saya pindahkan. Saya menambahkan air jika sudah berkurang airnya. Air rendaman pakai air keran. Selama direndam air, tarulah ditempat teduh jangan kena sinar matahari langsung, kalau saya menaruhnya didalam ruangan.

Pada bagian bawah daun akan membentuk benjolan bulat dari situ akan keluar akar halus berwarna putih. Benjolah bulat tersebut mirip pada tanaman dolar yang utuh, ada umbi pada bagian akarnya, di bagian umbi tersebut air disimpan, makanya tanaman hias dolar ini tahan tidak disiram lama, malah kalau kebanyakan disiram bisa membuat akarnya menjadi busuk.

Setelah daun dolar akarnya numbuh sekian cm bisa ditanam ditanah, kalau punya saya karena masih berupa daun saja maka saya satukan 5 daun di satu pot. Oke sahabat berkebun silakan dicoba ya tips cara memperbanyak tanaman daun dolar, siapa tahu kalian punya tanaman dolar Zamia juga dirumah atau lihat ada daun dolar yang unik punya teman atau mau budidaya, silakan di coba triknya.

Video Cara Memperbanyak Tanaman Dolar dengan Stek Daun

Alasan saya suka tanaman dolar Zamia sebagai tanaman hias indoor:

  • Tanaman dolar toleran dapat beradaptasi dengan baik pada ruangan yang minim cahaya.
  • Hanya butuh sedikit penyiraman. Di habitat aslinya, tanaman dolar hidup di padang rumput kering tanah berbatu, makanya kalau dirawat sebagai tanaman hias dirumah jangan terlalu banyak disiram ya. Ditempat saya negara 4 musim, saya hanya menyiramnya seminggu sekali, saat winter mungkin bisa 2-3 minggu baru disiram, malah ada satu website saya baca dia menyiramnya 8 minggu sekali saat winter. Kalau tanaman dolar ditaruh ditempat minim cahaya, jangan terlalu banyak disiram. Sebaiknya media tanam kering dahulu baru disiram kembali.
  • ZZ plant tanaman hias indoor yang bagus untuk mempercantik ruangan rumah atau ruang kantor.
  • Tanam dolar termasuk salah satu tanamn hias yang bisa memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Menurut peletian NASA, tanaman dolar dalam membersihkan racun dalam udara dalam ruangan, zat yang diserapnya anatara lain: xylene, toluene, dan benzene dari udara

 

Baca juga: 10 Tanaman Beracun Jauhkan dari Anak-anak

Demikianlah share saya mengenai Stek Daun Cara Memperbanyak Tanaman Dolar, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa jika punya tanaman dolar dan ingin memperbanyaknya.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: