May 29, 2020

Salju yang Datang lebih Awal

Salju yang Datang lebih Awal. Kalau biasanya salju pertama datang saat Natal, makanya ada white Christmas ya, eh tahun ini ternyata saljunya datang lebih awal di akhir November dan awet banget setiap hari sampai saya posting tulisan ini salju tetap turun setiap hari.

Salju yang Datang lebih Awal
Pemandangan Salju dari Balkon Belakang

 

Bagaimana dinginnya?, jangan ditanya deh ya, soalnya, kalau tidak ada keperluan apapun maunya berdiam dirumah saja 😀 . Benjamin masih sekolah senin sampai Jumat. TK nya mulai libur tanggal 22 Desember dan akan masuk kembali 8 Januari 2018.

• Kalau kita naik bus jam 7 pagi sering suhunya nol derajat, masih gelap pula. Jalan harus hati-hati supaya tidak jatuh. Si bocah saya tuntun, untung lebih banyak nurutnya, sudah 3 tahun kan usianya makin besar harusnya makin nurut (mau emaknya haha). Kalau pas keluar bandelnya tidak mau dituntun, pas jatuh saya tambah omelin 😡 kesel kalau dibilangin tidak dengar ya di syukurin aja. Salah sendiri, biar anaknya sadar diri kudu nurut sama orang tuanya.

• Kesel kedua si Benjamin asal lihat air tergenang langsung dia loncat. Bagaimana saya tidak marah, sepatunya bakalan basah, mungkin juga kaos kakinya. Keselnya kalau baru keluar rumah sudah bertingkah begitu, ya saya ancam kita balik lagi pulang ke rumah. Pas usia 2 tahun dulu sih paling parah deh, asal lihat air tergenang, biar saya tuntun dia langsung meronta melepas tangan saya dan dan loncat ke genangan air. Pas usia 3 tahunan ini mulai bisa dibilangin, agak sedikit nurut. Kalau kita mau pulang dan sudah dekat rumah, ya saya biarkan aja dia loncat ke genangan air, kalau mengeluh kaos kakinya basah, saya syukurin, salah sendiri, rasain!. Jadi dia tahu hukum sebab akibat, berikutnya tidak melakukan hal tersebut lagi 😉 .

• Dua kali ketinggalan bus saat mau antar Benjamin sekolah. Reseh banget tuh bus 2 menit kecepatan haha, saya cerita ke suami malah diceramahi disuruh harus berangkat 5 menit sebelumnya. Sekali busnya berhenti karena pak supirnya kenal saya. Pernah sekali lagi, padahal saya dan Benjamin lari gitu melewati depan dan disamping busnya, eh supirnya melengos aja. “Syukurin siapa telat!“, gitu kali pikir pak supir haha. Jadilah kita jalan kaki ke halte bus lain untuk nunggu bus nomer lainnya.
Kita jalan sekitar 10 menitan.

Jemput anak pulang sekolah
Kita lagi nunggu Bus, habis jemput Ben pulang sekolah

 

Saat musim dingin jalan jauh cobaan paling berat deh haha. Sekali si Benjamin nangis melulu sepanjang jalan, selama 10 menitan, dia maunya diantar sama bapaknya, padahal bapaknya mau pergi kerja. Hampir kita balik lagi sangking keselnya saya. Fyi bus di Jerman hanya mau berhenti dihalte yang memang no. Bus tersebut buat berhenti, jadi kalau kamu nunggu tidak dihalte jangan harap dibukain pintu, kecuali kalau kamu kenal baik supirnya.

• Ketemu seorang ibu yang cerita kalau dia butuh sepatu musim dingin, sayangnya kaki dia ukurannya 42 susah katanya nyari sepatu wanita ukuran segitu. Tahun lalu pas winter dia bilang dia jatuh dijalanan dan celana panjangnya robek, lalu badannya sakit-sakit. Makanya pas mulai winter ini dia takut banget kejadian tahun lalu terulang kembali.

• Pertama kali melihat orang jatuh gegara jalanan licin. Kasihan si ibu lansia ini. Seorang bapak yang pas jalan lewat disebelahnya langsung sigap mau bantu si ibu berdiri, namun si ibu lansia menolak katanya dia bisa berdiri sendiri, padahal saya dengar bunyi gedebuk keras sekali, pasti sakit banget kan, tetap si ibu tidak mau dibantu. Saya sering deh melihat orang-orang di Jerman sini yang tidak bersedia ditolong kalau benar-benar sangat tidak butuh. Misalnya yang saya ingat seorang ibu yang pakai alat bantu jalan (Rollator) kalau mau naik turun bus dia tidak mau dibantu, tiap kali ketemu orang baru pasti dia menolak dibantu. Saya yang sudah sering ketemu ya diam aja hehe 😀 .

• Mau bersih-bersih balkon dan alat-alat berkebun sementara tidak bisa dulu karena semuanya jadi keras membantu 😀 . Air hujan dan salju yang mencairpun jadi membeku. Paling kalau mau beresin pot misalnya saya taruh kamar mandi dulu siram air panas, barulah dicuci. Kerjaan balkon tidak ada habisnya, maklumlah saya gila berkebun haha.

Pemandangan Salju di balkon
Pot-pot yang sudah kutanami aneka bibit umbi Bunga Musim semi. Mulai akhir Feb thn depan akan mulai keliatan numbuhnya

 

• Semua tanaman yang perlu ditutupi kain sudah saya kerjakan. Seperti mawar-mawar, dan beberapa tanaman lain. Tanaman tidak tahan dingin sudah saya buangin, soalnya pengalaman tahun lalu cape-cape dilindungi pakai kain, eh akhirnya mati juga. Kalau taruh didalam rumah, tidak ada tempatnya. Masukin tanaman cabe ke ruang tamu, saya ogah deh soalnya kalau kena kutu nanti kuatir nularin ke houseplants saya. Tanaman cabe dan tomat cepat numbuh ko, saat musim semi bisa nanam lagi bibitnya atau beli youngplants nya.

• Semua bibit/umbi bunga musim semi seperti tulip, daffodil, krokus dll sudah saya tanam. Memang sengaja beli tidak terlalu banyak, daripada tidak keburu ditanam semua kan. Saat ini tanahnya sudah membeku (keras). Bibit-bibit tersebut akan mulai terlihat pertumbuhannya tahun depan mulai akhir Februari. Bagi yang suka berkebun silakan mampir dan subscribe ke saluran berkebun saya. Saya lebih banyak update kegiatan berkebun di youtube.

Kebun Emaknya Benjamin on youtube:

 

• Suhu diluar nol derajat, sedangkan dalam rumah antara 18-20 derajat C . Kita beli alat yang dipasang dipemanas, jadi ada timernya kapan pemanas ruangnya akan hidup dan mati. Bisa diatur juga mau dibuat berapa derajat pemanasnya. Didalam rumah pakai baju berlapis, kalau pemanas ruang dibuat panas sekali kuatir nanti kena tambahan tagihan lagi haha, awal tahun ini kita diminta 200 euro (Rp.3 juta) sama pemilik rumah dibawah, katanya dia dapat tagihan 400 euro untuk rumah dia (dibawah) dan rumah kita diatas. Padahal salah dia yang punya rumah loh, kenapa waktu summer tahun 2016 pemanasnya masih pengaturan musim dingin. Dia bilang lupa balikkin pengaturan. Sewa rumah juga sudah dinaikin katanya dia banyak nombok.

Video Pemandangan Salju Pertama di Jerman

 

Sampai disini dulu ya cerita-ceritanya, nanti kalau ada yang menarik mengenai winter ini saya ceritakan lagi 😉 .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Winter di Jerman

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

51 thoughts on “Salju yang Datang lebih Awal

  1. Ben samaan dengan K mbak, suka maen genangan air, aku juga suka kesel kalau anaknya gak nurut. Tapi suka diomelin bapaknya kalau anak jangan sering diomelin 😛

    Ah, salju emang cepet datang sepertinya ya mbak tahun ini. Aku kemaren balik dari Korea, eh seminggu setelahnya ada salju tipis. Jadi mupeng >.<

  2. Wah! Sekarang Ben udah besar, makin ganteng, makin nurut pula. Dulu terakhir baca kayaknya si Ben masih kecil. Ibunya mba juga jauh jauh datang dari Indonesia ikut jagain Ben.

    Bus kecepetan Dua menit harus jalan sekitar 10 menit. Hmm.. Bener Kata Suami mba. Harus datang 5 menit lebih awal. ??

    1. Hai Arum, sudah 3,5 thn usia Benjamin 😀 . Wkatu lahiran Ben mamaku datang, lahiran Lisa juga datang 😉 .
      Bus nya kecepatan 2 menit, ya udah terpaksa kita jalan kaki ke halte berikutnya cegat bus lainya, nah 10 menit lama kita jalan hehe 😀 .

  3. Untung bunga musim seminya sudah kelar ditanam ya Jeng Nella.
    Wah kebayangJeng Nella menghandle sepasang putra-putri aktif di musim salju yang datang lebih awal.
    Selamat menikmati masa advent

  4. nganterin Ben ke sekolah sambil gendong si adek juga kan ya…, terbayang ribetnya sambil jaga si abang yang suka loncat2 .., anak laki mah nggak bsa diam ya Ben

  5. Pasti malas bangat mau keluar kalau nga perlu-perlu amat yach Kak. Bayangin dinginnya nga nahan. Soalnya di Jakarta aja kalau dingin pengennya meringkuk di kamar nga mau keluar-keluar. Tapi ngelihat pemandangan serba putih gini keren dech.

  6. Tahun ini, saljunya datang lebih cepat yaa kayaknya.. Gua lihat dibelahan bumi utara, banyak yang udah saljuan awal desember.. Btw, 2 hari ini angin kenceng banget, pohon cabeku patah huhuhu.. Gak sampe putus sih, kuselotip deh sama pakein kayu buat nahan.. Kalau mati juga yah nasib, huhuhu..

    1. Iya In lebih cepat nih salju datangnya dan awet pula 😀 . Aku naru 2 pohon cabe di greenhouse ala kadarnya huhu mati juga pas minus haha. Klo aku spike bunga anggrek yg patah ku kasih tensoplast, tetap numbuh keluar bunganya 😉 .

          1. Berarti bagian atas batangnya tetap dapat nutrisi 😉 . Klo bagus ngikatnya masih bisa nempel lagi ko. Klo pergantian musim memang gilaa banget anginnya, biasanya tanaman gantung sdh pada kuturunin deh, drpd jatuh hehe 😆 .

  7. Waaa…
    Aku pengeen lihaat saljuu kak…
    Walaupun aku gak tahan dingin.
    Jangankan yg suhu minus, yg rate 20an aja aku udah menggigil dan membeku.
    Apalagi sekarang, tinggal di Pekanbaru, terlatih dengan suhu 38° keatas.

    Tapi kalo ditanam sekarang tetap tumbuh ya kak bunganya? Gak busuk ya kak?

    1. Hai Sus kalau dingin pakaian juga harus disesuaikan, didalam rumahpun ga bisa lagi pakai baju2 summer 😀 . Iya yaa panas banget di PK baru. Ga busuk bibit2nya, tp klo dafodil aku taruh di greenhouse supaya ga kena hujan, klo bibit2 tulip dan krokus tahan kena hujan. Pada numbuh tahun depan 😉 .

      1. Hahaha…
        Agak repot kedengarannya, tapi seru juga kayaknya ya kak.
        Nah musim dingin gitu ada hujannya juga ya kak?!

        Jadi memang gak boleh telat nanem ya kak. Waktunya cuma dikit soalnya untuk membibit, menumbuhkan, dan nunggu berbunga.

        1. Bulan November hujan setiap hari Sus, yg ga hujan klo ditotal mungkin cuma 5 hari kali, makanya klo mau bongkar tanaman2 musim panas, sdh mulai akhir september. Klo winter juga sering hujan, pas hujan dan angin kencang duuuhh gilaa deh bikin batuk, pilek 😀 .

  8. Musim saljunya nggak tentu juga ya mbak? krn sih denger2 pas natal atau akhir desember gitu… BTW, kyaknya si Benjamin perlu jg tuh menikmati negara tropis sekali-kali.. hehe 😀

    1. Ga tentu datang salju 😀 kadang sampai akhir tahun pernah ga turun salju, pernah juga yg harusnya sudah musim semi eh maish deras banget saljunya 😀 . Iyaaa mas kita nabung dulu nih soalnya anak diatas 2 thn sdh full bayar tiket 😀 .

  9. Orang barat usia berapapun sangat mandiri ya..bahkan anak kecil dibantupun suka marah “Im a big boy!”. Salut…..btw kalau kepleset jatuh di salju itu sakitnya nggak seberapa, malunya itu loooh

    1. Hai Fiberti mungkin tergantung orangnya juga sih, kadang lihat lansia sdh renta banget jalannya pengen bantu deh, tp merekanya nolak. Paling kita nanya dulu apa perlu bantuan atau tidak, nih termasuk nanya ke anak kecil, klo ditolak ya pasra haha. Iyaaa maluu banget klo jatuh apalagi klo pas jatuh di pusat kota gitu pas lagi rame 😀 .

    1. Hai AIko nih kebetulan aja saljunya mampir, pernah juga sama sekali satu tahun ga turun salju 😀 . Dingin banget pas angin dan hujan bersamaan, trus sepatu nembus air, kaos kaki basah hahaha sengsara kalau lagi pergi2 😀 .

  10. hahaha anak2 paling suka emang loncat di genangan air. si emma dulu pas lebih kecil juga gitu. sengaja banget. jadi harus dimarahin emang dan diancem2 mau dihukum. baru deh sekarang udah terbiasa, kalo ngeliat air jadi menghindar. takut diomelin. 😛

  11. Yah si bocag suka banget yak loncat2 di air, padahal dingin pulak ??. Mbak Nella Rajin banget sih ngrawatin tanaman2 itu sampai sempat nutupin satu persatu dengan kain. Duuuh aku iri banget mbak, di Hamburg udah 3 tahun ga ada salju. 🙁
    Btw aku lihat videonya tapi kok nggak ada suaranya ya mbak? Emang gtu ya? Atau jgn2 hpku lagi yg rusak??‍♀️

    1. Hai Girindra dulu malah banyak tanaman2 yg kututpi kain, thn ini males haha 😀 . Berarti di Hamburg hangat banget ya makanya ga turun salju?.
      Videonya ada ko suaranya. Coba lihat simbol speaker di youtube kamu apa di disilang?. Aku kalau buka youtube dari Chrome pasti ga hidup suaranya, makanya selalu nonton dari internet explorer. Btw Indra blogmu ko masih belum bisa kubuka ya hiks, aku sudah ikuti petunjuk buka proxy sama aja ga bisa 🙁 .

  12. Wah susahnya klo di jerman sekalipun dah maju mesti tidak boleh telat ke haltenya. Bagus semua sistem berjakan dengan sangat bagus transportasinya. Klo di indo masih acak-acakan dan butuh banyak belajar untuk berbenah. 😀

  13. sebagai anak tropis saya suka liat gambar salju. walaupun belum pernah liat sendiri
    tapi kalo ngalamin salju sendiri pasti kedinginan setengah mati nih 😀

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: