Panen Buah Liar Plum Cherry 3 Warna | Musim Gugur di Jerman

Panen Buah Liar Plum Cherry 3 Warna | Musim Gugur di Jerman. Walau di Jerman sudah musim gugur, ternyata masih kita temukan beberapa tempat dimana bisa petik buah-buahan gratis. 20 September 2019 di parkiran supermarket anak-anak heboh bilang banyak buah berjatuhan.

Panen Buah Liar Plum Cherry 3 Warna | Musim Gugur di Jerman

Sekian tahun kita belanja disitu, baru kali itu tahu ada pohon plum. Ternyata pohonnya tinggi banget, bapaknya anak-anakpun tidak bisa menjangkau ambil buah plumnya. Banyak sekali buah plum nya matang dan jatuh sendiri.

 

Video Gagal Petik Buah Plum Liar

 

 

Dua hari kemudian kita beruntung lihat pohon buah plum lagi, kali ini berhasil panen buah plum liar banyak sekali. Sangking banyaknya buah plum tiga warna, Benjamin dan saya nyerah deh panen buah plumnya haha, ambil sebutuhnya aja!.

Mata dan tangan kalap pengennya petik buah plum nya sebanyak-banyaknya, oalah lama-lama jadi enek juga kalau petik satu persatu, lama benerr haha ..

Akhirnya tas kain kita taruh di bawah ranting yang banyak buahnya, lalu pohon digoyang, pada jatuh banyak sekali buah plum nya ke dalam tas.

Benjamin senang sekali petik buah liar, cuma si bocah senang panen buahnya aja, makannya dia tidak mau! Haha selalu dikasih ke saya dan Lisa hasil petik buahnya.

Tempat petik buah plum tiga warna ini berada dekat stasiun kereta, tidak persis di samping rel sih, dekat parkiran mobil. Untuk kalian yang tinggal di Jerman, saranku jangan petik buah liar terlalu dekat rel kereta api, dari forum berkebun Jerman dibilang kalau dekat rel, pohon buah nya sering disemprot bahan kimia supaya pohon liarnya tidak makin menggila numbuhnya. Klo mau ambil buah-buah liar lebih baik di dekat hutan atau di dalam hutan, atau dekat parkiran aman tidak disemprot pestisida.

Baca juga: Anakku Cabut Jamur Liar Besar Pengen Ku Masak Drama Terjadi

Awalnya bapaknya anak-anak bilang plum yang kita lihat itu buah Zwetschge (Prunus domestica subsp. domestica), lalu saya bilang terlalu kecil untuk Zwetschge, dan plum yang kita lihat itu bulat ukurannya seperti anggur bulat.

Selain Zwetschge, di Jerman ada pula plum yang disebut pflaume (Prunus domestica), sama-sama disebut buah plum, namun sebenarnya beda. Kalau plum Zwetschge bentuk agak melonjong dan daging buahnya agak keras/kenyal, sedangkan plum pflaume ini bentuknya bulat dan ukurannya lebih besar dari Zwetschge.

Setelah saya bilang bukan Zwetschge, suami bilang buah anggur deh, haha saya tambah ketawa karena saya punya tanaman anggur di balkon. Tanaman anggur merambat, sedangkan yag kita lihat itu pohonnya tinggi menjulang saja, tidak merambat.

Tonton juga video petik buah-buahan gratis di Jerman:

Singkat cerita, keesokan harinya tidak sengaja ketemu nama pohon buahnya di internet, jadi plum yang kita lihat itu Namanya Plum Cherry (Prunus cerasifera). Ukuran dan bentuknya yang bulat memang seperti buah cherry, sedangkan rasanya rasa buah plum.

Buah Plum Cherry dalam bahasa Jerman disebut Kirschpflaume nama ilmiahnya adalah Prunus cerasifera. Prunus cerasifera adalah spesies prem/plum yang dikenal dengan nama umum Plum Cherry dan myrobalan prem.

Lihat Wikipedia Indonesia, plum ditulisnya prem ๐Ÿ™‚ย  namun kita sudah terbiasa bilang plum, bener ga?.

Profil singkat pohon/ semak ” Plum Cherry “

Nama Botani: Prunus cerasifera

Nama bahasa Jerman: Kirschpflaume

Nama bahasa Inggris: Cherry plum

Genus: Prunus

Keluarga: Keluarga Mawar (Rosaceae)

Sinonim / nama populer lebih lanjut: Myrobalane, plum liar, plum Turki.

Periode berbunga utama: Maret hingga April;

Pematangan buah / waktu panen: Juli / Agustus;

 

Rasa: Buah Plum Cherry kadang-kadang asam, jika tidak sebagian besar berair dan hambar, kadang-kadang bahkan manis dan aromatik. Buah-buahan yang matang lebih lembut dan manis. Plum kuning sangat lunak dibanding yang merah dan ungu.

Kalau saya ditanya nih lebih suka rasa buah cherry, kalau plum yang liar ini manis namun tidak semanis cherry, dan tekstur buahnya lembek, saya lebih suka buah yang agak kenyal.

Pohon buah Plum Cherry yang kita lihat ini 3 warna buahnya: merah, ungu dan kuning. Khusus yang plum kuning atau Cherry plum kuning disebut juga Mirabelle plum nama ilimiahnya Prunus domestica subsp. Syriaca, sedang cherry plum yang merah dan ungu nama ilmiahnya Prunus cerasifera.

Buah Plum Cherry sangat populer di Jerman di mana mereka tumbuh liar dan dibudidayakan, terutama di selatan dan barat daya. Mirabelle plum dinikmati segar atau sebagai olahan aneka kue, minuman keras, pengawet, dan buah kaleng.

Secara regional, plum ceri juga dikenal dengan nama ceri Turki, dalam dialek Palatine sebagai Dรคrgelkersch, dalam dialek Saxon-rural sebagai Sterninkel, serta dalam dialek Austria sebagai Kringelbaum, dan di daerah Munich disebut Kriachlbaum.

Buah hijau yang dipanen dan mentah dipasarkan sebagai Can Erik di pasar Turki.

Video Petik Plum Liar | Musim Gugur di Jerman Masih Ada Buah Gratis

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

โ†‘ Grab this Headline Animator

Kalau tertarik mau tahu lebih lanjut mengenai buah cherry plum silakan baca sumber dibawah ini:
โ€ข https://www.pflanzen-vielfalt.net/bรคume-strรคucher-a-z/kirschpflaume/
โ€ข https://en.wikipedia.org/wiki/Cherry_plum
โ€ข https://de.wikipedia.org/wiki/Kirschpflaume
โ€ข http://www.euforgen.org/species/prunus-cerasifera/

Advertisements

12 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: