May 29, 2020

Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri. Siapa yang suka makan sayur pak choy, ayo tunjuk tangan?, apa suka nanam sendiri juga?. Sayur pak choy kalau di Jerman harganya 1,99 euro (Rp. 31.000) untuk 300 gram.

Di musim panas begini harganya segitu, kalau di luar summer wah bisa dua kali lipat harganya. Bagi yang tinggal di Jerman dan suka sayur pak choy ini kalau beli di Kaufland deh, ditulis berat 300 gram, saya seringkali nemu yang berat 500 gram an, lumayan banget kan πŸ˜€ .

Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Akhirnya sayur pak choy yang saya tanam bisa dipanen. Kudu segera dipanen sih, daripada keburu habis dimakan hama haha. Pas saya potong batang bawahnya aja mau lepasin dari akarnya, tuh ada belalang kecil hijau yang loncat, untung masih bisa saya matikan si hama, saya pukul pakai sendal πŸ˜€ .

Saya menanam sayur pak choy dari bibit/bijinya. Karena kala itu musim semi masih agak dingin jadinya agak lama baru besar pak choy nya. Pas summer jadi cepat numbuh besar, namun jangan lupa disiram kalau nanam sayuran begini, karena sayuran haus melulu hehe.

Baca juga: Menu Diet Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Bikin Nagih

Saya berikan airnya dari bawah, kalau siram dari atas, daun yang kena tanah jadi ikutan basah dan bisa busuk. Potnya saya taruh diwadah bekas sayuran gitu, tidak ada lubangnya, saya isi air sampai separuh wadahnya, air akan menyerap ke media tanam.

Kalau dikasih air model begini dari bawah, bisa tahan sampai 2 hari baru diberikan air lagi, dan tanamannya jadi segar karena tercukupi airnya.

Bibit sayur pak choy yang ditanam dari bibit/biji masa panennya 60 hari, sedangkan kalau beli berupa youngplants (bibit tanaman bentuk tanaman tapi kecil imut deh) tuh dalam waktu 30 hari sayurannya sudah bisa dipanen.

Saya sebenarnya nanam bibitnya banyak banget, karena insiden greenhouse ambruk, jadi banyak semaian tanaman yang hancur, termasuk pak choy ada sekitar 6 tanamanlah yang bisa saya selamatkan. 3 pot saya taruh balkon depan, taruh ditempat tidak kena matahari langsung. Kalau siang sekitar jam 3 di balkon ini gila banget panasnya, namun sayur pak choy nya aman tidak kepanasan.

Video Terjadi Bencana di Kebun Balkonku – greenhouse ambrukΒ 

Nah 3 pot pak choy lainnya saya taruh dibalkon belakang, taruh di rak bunga. Eh ternyata ko kena matahari langsung. Saya tutupilah raknya dengan karton. Beberapa hari kemudian saya mau siram, ternyata sudah jadi santapan ulat-ulat dan saya juga lupa nambahin airnya! Haha πŸ˜† . Ya sudahlah saya biarin aja mati sendiri, sudah malas ngurusinnya. Biarlah jadi makanan enak buat tuh hama ulatnya.

Sayur pak coy yang saya panen ini sudah lewat dari 2 bulanan, untunglah tidak pahit loh. Kalau sayurannya ada kutu-ktunya, atau kotor, jangan kuatir, bisa dibersihkan ko.

Baca juga:Sayur Pak Coy Kenapa Pahit?

 

Cara membersihkan sayuran sebelum diolah:

  • Bisa dibersihkan satu persatu helaian daun sayur pak coy nya dibawah air mengalir. Kotoran dan kalau ada kutu (hijau menempel) bakalan lepas. Karena sayur yang saya panen tidak banyak, untuk sekali makan saja, jadi ya tidak butuh banyak waktu untuk cuci satu persatu.
  • Kalau sayurannya banyak, bisa taruh di baskom besar taburi garam (sedikit saja) isi air sampai sayurannya teredam. Saya lebih suka merendamnya pakai air dingin, supaya segar sampai saya mengolahnya. Nah tuh kalau ada kutu-ktuu bandel bakalan lepas dari sayuran dan mati.
  • Setelah itu barulah dipotong-potong sayurannya. Kalau dulu saya suka potong sayurannya dulu baru direndam, lalu dimasak, trus kata mamaku kalau begitu gizinya ikut kebuang pas dibersihkan, ya jadinya saya cuci dulu sayurannya barulah dipotong.

 

Saya tahu soal menaburi garam disayuran yang mau dicuci, hasil baca-baca di internet beberapa tahun lalu. Tahun lalu sayuran pak coy saya pas mau dipanen banyak sekali kutu (hijaunya), mau dibuang sungguh tidak rela, karena saya sudah merawatnya lama dan hasil nanam dari biji πŸ˜€ ; untunglah tahu soal merendam sayuran dengan sedikit garam, dan memang benar, kutu-kutunya jadi lepas, sayaurannya jadi bersih πŸ™‚ .

Cara saya masak sayur pak choy mudah tidak pakai ribet adalah dengan menumisnya pakai duo bawang merah dan bawang putih. Silakan lihat videoku dibawah ini ya:

Video Memasak Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Putriku makan dengan lahapnya pakai sayur pak choy, saya potong kecil-kecil dipiring dia, sedangkan si abang Ben dia sih persis bapaknya tidak mau makan sayuran.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

29 thoughts on “Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

  1. Pakchoy ini makanan fave banget selain baby kailan, nggak kepikiran ada yang nanem begini. Dimasak pakai minyak bawang buatan mama sendiri super enak buanget.

    Idenya bagus juga ini, pengen punya kebun pakchoy, baby kailan sama jamur karena saya penggila tiga jenis makanan ini, mau beli pakchoy murah biasanya beli di Diamond Supermarket di Artha Gading.

  2. Aku kalau lihat pakchoy suka terbayang mie ayam lho mbak Nella.
    Soalnya jodoh banget kayaknya mereka. Tapi di menu masakan lain juga sedap sih seperti dimasukin ke capcay atau masakan lain.

    Salahsatu tanaman sayuran favorit karena termasuk paling cepat panennya dan murah harga benihnya hihi..

  3. Neeeeeel,
    kita sekeluarga juga doyan banget makan pakcoy, apalagi masaknya simple banget dan gak pake ribet. Masaknya pun harus dadakan dan sekali makan langsung abis.

    wah, lumayan mahal juga yah Nel 31 rebu cuma buat pakcoy doang, yah mendingan nanam sendiri aja sih Neeel hehehe. Di mang sayur ku beli 10 ribu dapet segambreng soalnya hehehe.

  4. hallo, kak nela

    kak apa aku bisa minta alamat email kakak ?aku mau minta tolong mengenai aku ga bisa akses blogku krn google adsku dicancel. Ga mudeng awalnya datΒ΄ftar2 aja tapi ga pernah aku gunakan dan stl 15 bulan dicancel google scr otomatis.

    Danke ya kaka

  5. aku juga dulu potong2 dulu baru cuci, lalu mamiku kasih tau mendingan cuci dulu baru potong2… dan soal garam juga mamiku yang bilangin… makanya kalo beli buah kayak strawberry gitu, aku rendem pake air garam dulu sebentar…

  6. kereeen pakchoi bio ? saya doyan deh pakchoi mbak nel ? mbak nel entah ditumis begitu aja atau buat masak mie. ada satu toko asia di frankfurt, di basementnya karstad, ajib banget harga sayur pakchoinya makanya kalo beli saya bela-belain kesana. udah segembol besar gak sampe dua euro. apa mereka salah harga gak tau juga setiap kesana harganya tetap sama ?

    1. Iya mba Kay, enak pack coy dimasak bgm juga ya πŸ˜€ . Klo say sementara tahu yg oke harganya di kaufland, kadang nemu yg 1/2 kg pdhl ditulis 300 grm πŸ˜€ . Iya mba saya juga suka deh yg besar-besar gitu, mendingan 2 yg besar, drpd 5 biji kecil haha. Klo harga murah mungkin mereka ada kebun sendiri, atau pemasok dr asia yg memang murah deh. AKu pernah k toko asia di heidelberg, itu tauge satu kantong gede harga sama spt di REWE, di rewe paling 100 gram gitu.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: