June 4, 2020

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia. Pembaca setia blogku adakah diantara kalian yang masih menyimpan uang di bawah kasur atau bantal?. Kalau saya lebih suka memisahkan uang kedalam amplop. Termasuk uang anak-anak yang didapat dari pemberian keluarga, saya simpan di amplop masing-masing dan saat hari menabung sedunia tiba kita setorlah ke bank.

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia
Kumpulin Uang logam nukerin saat Hari Menabung Sedunia di bulan Oktober

Kalau dikumpulkan mungkin bisa sampai 8 amplop deh, dan saat butuh uang misal kalau mobil masuk bengkel gila banget bisa jantungan duluan saya berapa ratus euro bakal keluar atau seperti akhir tahun lalu buat mengganti kunci rumah kena 700 euro (Rp.10,5 juta). Saya teledor sangking buru-buru lupa cabut kunci rumah langsung pergi dan semua jendela terkunci. Ini pintu model lama, kunci harus dicabut dari dalam baru bisa dibuka dari luar. Panggil tukang kunci di hari Natal, dan seminggu kemudian mengganti engselnya karena setelah diperbaiki pertama tidak bisa dibuka lagi.

Nah senang dong, setelah korek sana sini berbagai amplop tidak nyangka ada sejumlah segitu, dan kadang nemu amplop yang tidak disangka-sangka sangking lupa nih amplop apaan haha. Kalau ada rejeki ya duit dari amplop yang diambil kita kembalikan lagi. Palagraf pembukaannya panjang bener yaa hehe.

1. Hari Menabung Sedunia

Hari menabung sedunia berlangsung pada minggu terakhir bulan Oktober. Biasanya pada hari kerja terakhir. Hari Menabung sedunia didirikan pada tanggal 31 Oktober 1924, pada Kongres Bank Tabungan Internasional Pertama (World Society of Savings Banks) di Milano, Italia. Profesor Italia Filippo Ravizza menyatakan “Hari Menabung Internasional” pada hari terakhir kongres tersebut.

di Jerman, peringatan Hari menabung sedunia (Der Weltspartag) dilakukan sehari lebih awal, karena tanggal 31 Oktober Hari Reformasi Gereja yang merupakan hari libur di beberapa negara bagian di Jerman.

Tanggal 1 November hari merah juga. Seninnya 30 Oktober hari kerja sih, tapi yang sabtu minggu 28-29 oktober libur kerja, lalu nyambung tanggal 30, 31 oktober dan 1 November wah liburan yang panjang nih buat orang-orang di Jerman 😀 .

TK nya Benjamin juga libur 5 hari, baru masuk lagi tanggal 2 November. Hari terakhir sebelum libur dia semangat 45 banget padahal hari itu hujan. Sampai TK semua guru dan teman-temannya disapa. Setiap hari si bocah nanyain mau pergi TK melulu. Saya sampai bosan jawabnya, ya diam aja deh haha.

Hari Menabung Sedunia didirikan untuk memberi tahu orang-orang di seluruh dunia tentang gagasan menabung uang di bank daripada menyimpannya di bawah kasur.

Pada hari menabung ini anak-anak di Jerman ditemani orangtua atau kakek nenek mereka membawa celengan mereka ke bank. Bapak petugas yang bertugas di bank terlihat ngos-ngos an sangking banyaknya nasabah yang datang untuk menabungkan isi celengan mereka.

Hanya ada 2 karyawan yang bertugas melayani nasabah. Alhasil jadi panjang antrian. Untung kita dapat antrian no. 3 (antrinya berdiri). Saya lihat ada seorang ibu dengan anak bayinya. Si ibu membawa plastik berisi uang logam. Sebelum masuk bank saya berpapasan dengan dua anak yang datang dengan ayahnya.

Anak-anak yang datang pada hari menabung ini dikasih hadiah kecil seperti buku catatan, pulpen, spidol warna, dan tahun lalu dikasih permen jely juga. Tahun ini tidak dapat permen, namun Benjamin dikasih mainan kartu domino satu kotak, lalu dua tas pungung ukuran kecil. Saya baru tahu ternyata tas kecil ini untuk menyimpan sepatu olahraga. Tas tahun lalu entah sudah kemana, karena saya lihat ko ukurannya kecil sekali, tidak tahu buat apaan.

Celengan kita bentuknya babi. Sebelum ada Lisa, isinya hanya untuk Benjamin. Mulai tahun ini dibagi dua isinya dengan Lisa. Uang yang dimasukkan ke celangan hanya yang nilainya besar yakni logam 1 dan 2 euro (Rp. 30rb), lainnya yang nilainya kecil seperi 50 cent kebawah jadi milik saya hehe.

Tahun ini isi celengannya sedikit hanya 179 euro (Rp. 2,8 juta) terkumpul, karena bapaknya anak-anak sudah tidak naik kereta ke tempat kerjanya, sudah tidak sekolah juga. Kalau dulu terkumpul banyak uang logam karena sering ke toko roti juga saat bapaknya Benjamin sekolah. Tahun-tahun sebelumnya bisa terkumpul sampai 300 an euro.

Oh iya bapak petugas bank rada kesal karena katanya untuk menukarkan isi celengan hari menabung tuh sebenarnya selama seminggu tapi kenapa semua orang datang pada hari terakhir. Suamiku bilang ke petuagasnya hasil nyari info di google dikatakan kalau hari menabung tanggal 30 oktober. Ya tahun depan kita akan datang 1-2 hari lebih awal lah supaya pak petugas banknya tidak kelelahan melayani nasabah 😉 .

Saat ini, banyak orang melupakan Hari Tabungan Sedunia karena peringatannya bertepatan dengan Halloween.

2.Menukarkan Koin Uang Logam

Dalam bahasa Jerman disebut kleingeld einzahlen.

Kemana bisa menukarkan uang koin ini? Atau bisa kah menukarkannya dengan uang kertas?. Bayar atau tidak menukarkannya?.

Ada bank yang menarik biaya penukaran ada pula yang tidak. Silakan tanyakan langsung ke bank terdekat. Tahun lalu kita kena biaya 3 euro (Rp.45rb) untuk penukaran koin. Tahun ini bebas biaya. Aneh kan, banknya sama tapi beda petugas bank beda aturannya haha.

Hari Menabung Sedunia adalah kesempatan bagi saya untuk menukarkan raturan uang logam! Haha 😆 . Uang logam euro (Münzen) mulai 2 euro, 1 euro, 50 cents, 20 cents, 10 cents, 5 cents, 2 cents dan 1 cents. Iiihh gile deh kalau belanja supermarket atau belanja belanji macem-macem pakai uang cash saya kadang kesal dapat kembalian uang logam begini. Kalau tidak dikeluarkan logamnya dari dompet membuat tas saya semakin berat.

Uang Logam di Jerman. All euro coins
Uang Logam di Jerman. All-euro-coins-Foto via dreamstime.com.

Uang logam yang menyusahkan ini adalah yang dibawah 50 cent. Kalau yang besar 1, 2 euro dan 50 cents  bisa digunakan ketika berbelanja, yang kecil (koin cents) juga bisa sih buat belanja tapi kan kalau dibawa semua bisa bikin jebol dompetku haha makanya kutinggal dirumahlah.

Sejak 2 tahun lalu berkurang kesalku dong karena ternyata uang logam bisa ditukarkan di bank. Pernah di bukan hari menabung saya mau minta bapaknya Benjamin nukerin, dia ogah, malu kali ya haha. Ya sudahlah saya kumpulkan selama setahun uang logamnya.

celengan babi dari tanah liat dengan teks bahasa Jerman
Celengan Babi dari tanah liat. Isinya dibagi dua untuk anak-anak

Kalau uang logam yang dimasukkan ke celengan (babi) kita yang logam besar saja yakni 1 dan 2 euro. Kalau uang cent juga dimasukkan bakalan kepenuhan hehe.

Video Kumpulin Recehan Logam Euro Nukerin Saat Hari Menabung Sedunia

 

Dari hasil baca beberapa artikel yang saya temukan di google. Bank berikut tidak menarik biaya penukaran uang koin:

  • Postbank. Bank ini bisa menerima sampai 800 keping uang logam. Harus jadi nasabah karena nanti uang yang ditukarkan akan masuk rekening tabungan. Ada mesin atm (Münzzählautomaten) nya dimana kita bisa menukarkan sendiri uang koinnya.
  • Commerzbank. Dalam setahun nasabah bisa tiga kali menukarkan uang logam di mesin atm, kalau lebih dari 3 kali biayanya  1,90€ . Mesin akan menerima sampai 1.000 keping uang logam yang ditukarkan.
  • Deutsche Bundesbank. Bank ini mempunyai 47 cabang tersebar di Jerman.

Tahun lalu saya dapat 30 euro (Rp.450rb) hasil logam yang saya kumpulkan. Duitnya saya pakai beli pohon cherry yang kecil untuk ukuran balkon dan 2 tanaman lain. Nah yang kemarin karena dikasih lumayan banyak juga logam dari bapak mertua, digabung punya saya jadinya terkumpul 39 euro 35 cents (Rp.590rb). Rencananya uangnya saya mau pakai beli anggrek hitam Coelogyne pandurate dan anggrek macan papua Grammatophyllum scriptum. Bagi yang suka berkebun mampir ya ke channel berkebunku.

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Apakah kamu yang di Indonesia atau negara lain turut serta juga meramaikan hari menabung sedunia?. Masih adakah yang menabung dicelengan?. Berbagi cerita di kolom komentar ya 😉 .

 

Baca juga: Catatan Tinggal di Jerman

 

Sumber:
Bagaimana Warga Jerman Menyimpan Uang
Muenzgeld Einzahlen
Wie Kann Man Kleingeld Kostenlos Wechseln Bzw Einzahlen

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

51 thoughts on “Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia

  1. seru tuh mbak kalau udah pasti ada hari harinya nukarin uang logam ke bank. kalau di sini aku masih bingung. jadi males buat nabung uang logam. Palingan dipake untuk bayar parkir.

  2. Nggak ikut meramaikan mbak, malah baru tahu kalau ada yang namanya “Hari menabung sedunia”.. Ndeso ya.. Hehe

    Aku kok mikir ya, kalau nabung uang malah rugi. Soalnya nilainya menyusut dari tahun ke tahun. Beda sama emas

  3. beberapa tahun lalu ada himbauan dari BI untuk membelanjakan uang logam, pernah deh nulis di blog,…karena uang logam pada ditabung jadi peredarannya dikit

    uang logam yg ditabung sekarang hanya tinggal uang seribu, uang 500 untuk pak Ogah, uang dengan jumlah lebih kecil ditukar ke minimarket.
    isi celengan yang seibu itu akhirnya ditukar ke kios pulsa punya tetangga yang kesulitan cari uang kembalian

  4. aku juga masih suka nabung koin2 rupiah mba Nell tapi cuma koin2 yang masih bagus dan mengkilap aja wkwk, tujuannya sebenarnya utk koleksi heheh.. bteweh itu koin2 mba nellaaa cucookk

    katalogq.wordpress.com is no longer available. The authors have deleted this site. url tidak aktif lagi. Update Admin per 10.03.2018

  5. Aku baru tauk donk ada hari menabung itu! Asik banget yaa jd anak2 bs belajar dr kecil buat Nabung..
    aku jg mlas bawa uang logam,, berat! Jd biasa aku bawa bbrp Aja sisanya dirumah ?

  6. Saya baru tahu kalau ada hari menabung sedunia! 😀
    Dari kecil saya suka sekali mengumpulkan uang logam. Dulu pernah nabung uang logam di celengan kendi dari tembikar, dan pas sudah penuh, tinggal dipecahkan deh~ Ada rasa bahagia pas memecahkan celengannya. ?

    1. Iya bahagia banget pas pecahin celengan :d ngorek2 celengan pas saya kecil juga sering loh haha. Klo saya bbrp tahun belakangan bahagia saat ke bank menyetor uang logam yg terkumpul 😀 . Saya liat di web hari menabung sedunia, klo di tanah air Bank BTN peserta nya, mungkin klo ke bank tsb ada sedikit perayaan kali. Btw salam kenal ya Agung Rangga 😉 .

  7. Maaf banget mbak, tut mir leid, entah kenapa setelah nulis dua kalimat, tiba-tiba submitting komen sendiri dan tak bisa kukendalikan :D.
    maksud aku, ke automat commerzbank yang buat einzahlen itu lalu aku buang aja ´coin-coin itu di sana, seperti yang mbak Nella sebutkan, harus bayar 1,90 kalau lebih dari 3 kali 😀

  8. Wah, jeli banget mbak sampai tahu hari menabung sedunia. Aku terlalu sibuk sampai2 hari reformasi dan haloween pun lupa. :D. Wah, kalau aku paling malas menukar uang seperti yang mbak Nella lakukan. Paling ke

    1. Hai Girindra krn tiap tahun kita nukerin uang logam/buka celengan anak2 jadinya ya ingat deh 😀 . Pas hallowen lampu2 kumatikan cuma di ruang tamu dan dapur nyala, habis males klo di bel anak2 kecil, soalnya aku ga punya permen haha.

  9. Saya juga pernah nabung ke bank pake recehan semua, hasil buka celengan.
    Petugas banknya ngitungnya lama banget, jadi berasa ngerjain petugas bank 😀

  10. Klo koin-koin di indonesia susah lah karena kan nilainya terlalu kecil, cuma 500-1000. Tapi saya punya satu celengan ayam hampir penuh uang logam, hasil kembalian beli rokok.

    Klo celengan uang kertas biasanya nyimpen 20-50 ribu rata-rata. Tapi dah pecah beberapa bulan yang lalu ha ha ha…

    1. Hai Shiq di eropa nih koin euronya juga kecil banget, yg 1, 2 dan 5 cents menurutku ga ada nilainya, makanya yg koin ini banyak yg masukin ke kotak buat sumbangan 😀 . Klo celengan uang kertas aku pakai yg ada kuncinya 😀 .

  11. Macem-macem kak, tapi kebanyakan buat jajan aja. Hahahaha.
    Udah lupa buat apa aja kak, terakhir nabung pake celengan smp kayaknya.

    Bukan males kak, tapi memang gak laku kata mereka. Aku pernah ngotot dikasir soalnya. Kesel aku, masak uang beneran gak laku. Padahal dapat receh juga dari kembalian belanja.

  12. baru tau ada hari nabung sedunia. hehe. kita jarang banget dapet duit cash. semua langsung masuk bank. kalo dapet cash (kayak anak2 dapet angpao) biasa kita pake cash nya jadi kita gak perlu ngambil duit dari bank. trus dicatet biar tau duit tabungan anak2 berapa. 🙂

  13. jayden juga uda mulai aku ajarin nabung dari sekarang… jadi kalo dia mau beli mobil2an, aku suruh nabung dulu… sehari aku kasih 1000 perak, kadang 2000, sesekali 5000 hahahaha… dia uda pernah beli satu mainan pake uang tabungannya… emang kayaknya belom ngerti ya, tapi minimal bisa jadi habit yang baik hahahaha…

  14. Mba, aku kerja di HSBC bank, tp kok malah ga tau yaaa ttg hari ini. Dan HSBc juga ga ada splash berita apa2 ttg hr menabung sedunia. Aku jg baca berita2 dr bank lain supaya ttp update, tp ga ada jg kebaca ttg hari menabung. Hufftt, apa itu berarti orang2 indonesia ini memang lbh suka mengahbiskan uang ato meminjam uang yaa, drpd menabung utk masa depan 🙁 ?

    1. Kemaren kuliat web hari menabung sedunia, klo di Indonesia bank btn yg turut serta. Berita tahun lalu ada ko ttg Jokowi yg pidato di hari menabung sedunia, nyuruh masyarkat jangan simpan uang dibawah bantal 😆 . Btw mbak Fan, 2 komenmu masuk spam. Maafff yaa yg satu ga sengaja ke delete hiks. Laptop lagi kulepas keyboardnya krn dipukul2 anakku. trus pakai sentuhan lah ternyata salah nyentuh “delete” dan ga ada tombol batalkan 🙁 .

  15. Uang logam dikumpulin trs di solasi per seribu/ 2 ribu (utk 200 dan 100), dipakai untuk bayar parkir. Lumayan bantu buat abisin receh. Hehehe

  16. Yup kami juga ngumpulin koin rupiah…belum nyoba nukar di bank biasanya untuk si mbak beli bumbu saja, atau kalau pas ke super market untuk melengkapi uang utuh dan mbak kasirnya senang banget dapat bayaran belanja pakai koin. Bung yook menabung ya Ben dan Lisa.

  17. Waaahhh…
    Aku gak bisa nabung dicelengan kak, bocor mulu. Hahahaha.
    Nah bicara tentang uang logam, aku punya semangkok uang logam sisa kembalian yg kepake nya pas tanggal darurat.
    Ada beberapa daerah dan toko yg udah gak terima uang logam lagi kecuali pecahan 1000 kak. Gak tau kenapa. Jadi kadang aku agak kesel juga kalo pake kembalian uang logam. Padahal itu kan duit juga.

  18. Neeeel,
    Itu kok bikin stres banget sih ganti kunci aja sampe 10 juta segala 🙁

    Kayla & Fathir masing2 punya celengan keramik gitu, yang satu bentuk ayam yang satunya lagi strawberry.
    Tapi kalo udah dipecahin, trus duitnya dipake jajan gitu sama mereka bukannya ditabungin hahaha *failed*

    1. Hai Erry lama kiga ga bersua ya hehe. Iyaaa stres dan kagetlah pas keluar duit sebanyak itu. Tp sdh diganti engselnya jadi skrg klo ketinggal kunci dipintu bisa dibuka dari luar deh 😉 . Anak-anak yaa nyelengin ya buat beli jajanan atau paling mainan 😀 .

  19. Sebelumnya sorry ya kak Nella kalau aku komennya jadi double atau triple posting soalnya beberapa kali gagal ( ♢kesalahanku sih ).
    Ngomong soal hari menabung sedunia aku malah tidak tahu soal itu..soalnya setiap hari juga hsri menabung buat aku ha ha ha, perihal menabung di celengan…itu aku banget kak Nella ?, setiap hari tidak lupa menyisihkan €1-2 ke celengan yang gede, khusus 50cent kebawah itu kalau kembalian dari belanjaan aja and taruhnya dikaleng susu ha ha. Aku dulu nggak begitu gemar menabung, tapi pas liat berita bapak2 berhenti merokok and menabung 20ribu per hari and kemudiam uang rokoknya bisa di buat beli motor, bukan berarti aku butuh motor sih, tapi kisah bapak2 itu bikin aku termotivasi buat menyimpan “receh” yang bahkan kadang di anggap nggak terlalu bernilai tapi tahu tahu kalau sudah terkumpul cukup membantu apalagi kalau untuk hal yang mendesak seperti pengalaman kak Nella di atas setidaknya cukup terbantu, hal positif lainnya dari menabung dicelengan buat aku pribadi bisa menjadi contoh yang baik untuk Aaron kalau segala sesuatu perlu komitmen, tekad dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang baik ( secara kalau di celengan memang harus sabar apalagi kalau isinya cent cent an, perlu tekad juga.. kalau gak punya tekad mungkin nabung bentar sudah stop ).
    Ngomong tukar uang koin, aku tukar beberapa x di sparkasse nggak di kenakan biaya sih tapi langsung di masukan kedalam rekening kita.
    Oh ya aku baru tahu kalau Benjamin sudah masuk TK, boleh tu kak kapan kapan di tulis prosedurnya bagaimana and persyaratannya apa aja, pendaftsramnya dimulai dari kapan, biaya hingga jam belajarnya ( kalau nggak keberatan buat rikues he he ) pas ponakan kami ultah iparku bilang lebih baik daftsrkan Aaron ke Kindergarten dari Aaron usia 2 bulanan kemarin.. tapi beliau nggak tahu kalau kami berencana untuk pindahan sih biar lebih dekat dengan tempat kerja suami tapi belum dapat2 Wohnung ?, makanya aku galau.. kalau daftar sekarang.. tahu-tahu jadi pindahan and lokasinya jadi jauh.. ?, kalau nggak daftar dari sekarang..takutnya sudah kehabisan tempat…

    1. Ga dobel ko komennya, hanya ada 2 di 2 postingan yg berbeda 😉 . Iya ada tempat khusus buat koin dibawah 50 cents, aku dapat kaleng rokok besar dr bpk mertua. Aku pernah ke sparkasse penasaran mau liat mesin penukar koinnya, aku buat nasabah sih. Akhirnya bisa nukerin di bank tempatku.

      Iya ntar klo ada waktu dan mood hehe pengen banget nulis cerita Benjamin masuk TK. Klo dibawah 3 thn namanya Kinderkrippe biaya nya 400 euro sebulan gileee bener, nih juga aku tahu pas mau masukin Ben TK. Aku kan ibu rt, jd Ben memang sengaja ga dimasukin ke Krippe, klo main2 aja bisa dirumah. Anak kedua juga sama, ntar pas 3 thn baru masuk TK. Biaya TK nya 100 euro/bln utk yg 32 jam/perminggu. Klo mau daftarin Aaron ya jauh2 hari. Soalnya kadnag ada yg masa tunggunya sampai 1 thn. Kita lagi beruntung aja pas telp dibilang ada bangku kosong, jd bulan depannya Ben sdh masuk TK .

      1. Waduh mahal benar ya kinderkrippe, tapi kemarin baru bahas sama temanku.. katanya kalau di aaustrlia, preschool anaknya $115 perhari ??????, dulu aku sering kira kalau sekolah2 di jerman itu gratis soalnya banyak yang bilang gratis.. ternyata pada bayar juga ya ?, kayaknya aku juga nunggu Aaron 3 thun aja.. kinderkrippe kalau kisaran €400.. kalau seandainya kerja mini job aja kurleb €450 sebulan.. itu gaji cuman habis buat di krippe.. ?

        1. Di australia dolar sana deh .. Di Jerman gratis klo sekolah negeri mulai SD sampai kuliah, TK mah belum masuk hitungan sekolah kali ya hihi 😀 . Iya Ann suami dan aku mikirinya gitu, krn aku ibu RT ya pas 3 thn aja anak2 masuk TK. Klo ambil minijob habis kerja trus ngurusin rumah dan anak2 lagi, bakalan stres marah2 mulu kali aku haha. Lgpula aku ga rela duitnya habis buat krippe. Klo misal dr awal sdh full time ya mau ga maulah masuk krippe kan.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: