Menu Diet Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Bikin Nagih

Menu Diet Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Bikin Nagih. Beberapa sayuran bisa kehilangan nutrisi saat dimasak, terutama sayuran yang mengandung grup vitamin B dan C yang bisa larut dalam air. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas vitamin C pada bayam segar bisa hilang saat dimasak di temperatur tinggi.

Menu Diet Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Bikin Nagih

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (26/12), peneliti dari Linköping University di Swedia menguji berbagai cara memasak bayam yang dibeli di supermarket untuk melihat bagaimana kandungan nutrisinya berubah.

  • Mereka mengukur kadar lutein secara teratur dan menyimpulkan bahwa sayur bayam daunnya paling baik dicincang dan dikonsumsi mentah bersama susu.
  • Ketika bayam dipotong-potong kecil, lebih banyak lutein dilepaskan dari daun dan lemak meningkatkan kelarutan lutein dalam cairan. “Yang terbaik adalah tidak memanaskan bayam sama sekali,” kata peneliti dan penulis Rosanna Chung.
  • Kandungan Lutein pada bayam mentah telah terbukti membantu mengurangi pembengkakan kronis pada pembuluh darah orang dengan penyakit arteri koroner, yang dapat menurunkan risiko serangan jantung.
  • Bayam disebut sebagai ‘vitamin mata’ karena lutein dianggap melindungi terhadap kerusakan dari sinar matahari.

Lutein adalah antioksidan yang termasuk dalam kelompok karotenoid, ditemukan dalam jumlah tinggi pada sayuran berdaun hijau dan sayuran berwarna oranye-kuning serta suplemen makanan. Lutein penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak.

Sayuran yang bagus di makan mentah:

  • Bawang bombai:
  • Sayuran hijau seperti selada, arugula, kale, dan bayam.
  • paprika merah.

 

Baca juga: Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Kandungan serat yang tinggi pada bayam dapat menyebabkan kenyang yang lebih cepat dan lebih lama. Sehingga jika kamu ingin melakukan diet, kamu bisa mengkonsumsi bayam setiap hari agar mempercepat proses diet. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada bayam juga dapat memperlancar pencernaan.

Video Bikin Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Sebagai Menu Diet

Tonton juga: Video Cara Membuat Smoothie Bayam Apel Minuman Detox Tubuh

Sayur bayam memang bagus untuk tubuh, namun orang dengan kondisi berikut ini sebaiknya mengurangi konsumsi bayam (beberapa penyakit yang tidak boleh makan sayur bayam) karena bisa memperparah keadaan:

  • Penderita Asam urat. Bayam tinggi kandungan purin yang setelah metabolisme tubuh akan meningkatkan jumlah asam urat.
  • Batu ginjal. Bayam mengandung sejumlah besar purin, ketika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebih, purin akan diubah menjadi asam urat. Hal ini akan memperburuk kesehatan ginjal karena keberadaan asam urat yang berlebihan dapat meningkatkan pengendapan kalsium di ginjal yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.
  • Gangguan pencernaan. Bayam adalah sumber serat makanan yang kaya. Meskipun konsumsi serat baik untuk pencernaan yang sehat, namun jika dimakan berlebihan bisa menyebabkan sejumlah gangguan perut, seperti pembentukan gas di perut, kembung, kram dan bahkan sembelit.

Baca juga: Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

Demikianlah pengalaman saya Menu Diet Salad Sayur Bayam Campur Buah Enak Bikin Nagih, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini tertarik membuat salad bayam juga 🙂 .

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan temanmu lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan masakan emak Benjamin berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Sumber bacaan:

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: