Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis. Anggrek bulan atau Phalaenopsis orchid adalah anggrek yang membutuhkan sedikit perawatan. Anggrek jenis ini katanya merupakan anggrek yang paling mudah dirawat, cocok untuk pemula yang mulai menyukai bunga anggrek dan mau belajar merawat anggrek.

Tulisan ini adalah pindahan dari blog khusus berkebunku yang sudah tidak aktif lagi.

 

Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis

Setelah sukses merawat anggrek bulan, bisalah kita mencoba merawat anggrek jenis lainnya, seperti dendrobium, cattleya, paphiopedilum, vanda, dll.

Tulisan Terkini

Pada video dibawah ini, saya repotting dua anggrek bulan. Repotting anggrek adalah mengganti media tanam anggrek dan menaruhnya di pot baru yang bersih.

Sejak dibeli kedua anggrek bulan ini belum pernah saya ganti media tanamnya. Saya menunggu sampai masa berbunga selesai dulu, kuatir bunganya berhenti mekar kalau saya ganggu (repotting) bikin anggreknya stres.

Tonton juga: Video 4 Penyebab Kuntum Anggrek Layu Sebelum Berkembang 

Anggrek bulan yang kuning saya lihat tidak ada masalah, daun baru sudah tumbuh, akarnyapun bagus besar, sedangkan yang anggrek bulan black jack harus segera diganti medianya, karena saya lihat lumayan banyak calon bunga yang gagal mekar, menjadi layu dan rontok sendiri. Anggreknya terlihat stress 🙁 .

Sebenarnya saya mau membeli media tanam khusus anggrek bulan, namun karena saya pikir anggrek bulan black jack ini dalam keadaan gawat darurat, jadi saya gunakan media tanam universal, yang katanya bisa digunakan untuk semua jenis anggrek. Saya tidak terlalu suka media tanam anggrek universal ini, walaupun mereknya bagus, karena metannya terlalu halus, dan banyak serpihan halus nyaris seperti pasir.

Cara untuk mengganti media tanam Anggrek:

  • Rendam potnya selama 10-15 menitan supaya akar-akar anggreknya mudah dilepaskan dari medianya, kalau potnya besar mungkin saja butuh waktu lebih lama untuk merendamnya.
  • Buang/gunting akar yang rusak/kopong/kosong kalau ditekan. Sterilkan gunting dengan alkohol atau Hidrogen peroksida 3%.
  • Gunakan pot yang baru (bukan baru beli ya, tapi pakai pot bersih). Pot anggrek jangan terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran anggreknya, karena pot yang terlalu besar akan membuat akar anggreknya numbuh banyak sekali dan tidak keluar bunganya. Akar anggrek suka berlekatan satu dan lainnya, kalau potnya terlalu besar maka akar akan terus numbuh sampai memenuhi pot dan baru akan terjadi pembuangan.
  • Buang media tanam yang lama, jangan dicampur dengan media baru.
  • Kalau saya gunakan media tanam sudah jadi beli di nursery anggrek. Ada metan khusus anggrek cattleya, anggrek bulan, paphiopediulum dan lainnya.

Video Repotting Anggrek Bulan Phalaenopsis

 

Baca juga: Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Mengganti Media Tanam Anggrek Bulan Phalaenopsis, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: