Menanam Maple dari Biji Kegiatan Berkebun yang Buang Waktu

Menanam Maple dari Biji Kegiatan Berkebun yang Buang Waktu. Terbersit menulis di blog setelah pagi ini membaca komentar di video Youtube ku tentang menanam pohon Maple dari biji.

Sebenarnya bukan cara menanam maple yang saya mau bahas, melainkan mengenai kegiatan berkebun mencoba sesuatu yang dianggap mustahil atau buang waktu melakukannya.

Menanam Maple dari Biji Kegiatan Berkebun yang Buang Waktu

Saya kasih contoh begini:

  • Menanam maple dari biji di Indonesia
  • Menanam umbi bibit tulip di Indonesia
  • Menanam pohon Sakura di Indonesia
  • Menanam pohon cherry di Indonesia

Lalu videonya di komen seperti ini: „Banyak yg kayak gini, kasi tutorial tanam tumbuhan di negara sub-tropis (4 musim) tapi gak bisa di coba di Indonesia. Silakan aja kalo yg mau coba sia-sia.“

Jawabanku untuk yang biji maple: Salah satu yang gagal berarti mas Hadi ya?. Kalau mau coba yang dianggap “tidak mungkin” harus siapkan diri dulu bakalan susah prosesnya, kalau diri kita tidak punya cukup KESABARAN mending sama sekali TIDAK MENCOBA karena ujungnya bakalan kecewa.

Menanam maple dari biji

Komen di video menanam maple dari biji

Kalau sudah siapkan diri, maka banyaklah membaca berbagai info dari internet dan forum berkebun dengan beberapa bahasa terutama yang bahasa Inggris (cakupannya lebih luas).

Pehobi sudah menyiapkan dirinya, sudah punya cukup kesabaran ekstra kalau nantinya tidak berhasil ya tidak masalah yang penting sudah mencoba, bukan?.

Tulisan Terkini


Yakin mau menanam maple dari biji?. Biji beli dari mana?. Beli biji maple dari OLSHOP Indo?, yakin segar bijinya?. Yakin itu beneran biji maple?? Bukan biji rumput. Kalau tidak yakin lebih baik minta tolong teman/kerabat atau keluarga yang liburan ke luar negeri, minta belikan bijinya, atau pakai jasa titip (jastip) wni yang mau ke Indo.

Video Cara Menanam Pohon Maple dari Bijinya Tanpa Metode Stratifikasi Dingin 🍁🍁

Lebih bagus lagi beli tanamannya langsung kalau tidak mau PUSING nanam biji. Emang bisa?, nabung buat liburan ke luar negeri, pulang bawa sendiri tuh pohon kecil, atau pakai jastip bisa juga, atau cari shop yg bisa kirim ke Indo pakai “phytosanitary certificate“.

Mahal banget kan?, oh ya jelas bakalan mahal kalau cari sesuatu yang dari luar negeri, mahalpun sebenarnya bukan halangan toh kalau sudah pengen banget punya, karena sudah mempersiapkan dananya.

Ini salah satu shop di Jerman yang menjual aneka maple Jepang www.pflanzmich.de/japanische-ahorne lagi pada diskon, kalikan Rp.17rb kalau mau dikurs ke rupiah.

Banyak membaca jadi banyak tahu, seperti biji maple itu ada yang jatuh saat musim semi dan yang bijinya jatuh jelang winter. Perbedaan panen ini, tentu saja berbeda cara penanamannya. Seperti di video saya itu maple Norway, bijinya jatuh di musim semi, masih segar langsung diproses (tanam), dan jenis ini tidak perlu stratifikasi dingin.

Saya rendam air seminggu lalu tanam ditanah dan berkecambah, sedangkan yang diambil jelang winter ukuran bijinya sangat kecil harus stratifikasi dingin, panas, dingin ada waktunya. Sekali lagi kalau sudah siap dengan segala keribetannya cari info dari internet!.

Nah kan ada orang-orang yang pengen bibit atau pohon unik dari luar negeri tapi malas cari info dulu mengenai cara merawatnya. Harusnya sebelum membeli bibit atau tanamanya cari info banyak dulu mengenai menanam di habitat berbeda.

Orang semacam ini saat  menonton video Youtube langsung komen „banyak omong“ ; „penjelasannya bertele-tele“ ; „kebanyakan omong“ ; „bicara diulang-ulang“ dsb nya yang saya sudah kenyang dapat komen begitu haha.

pengalaman nanam maple dari biji

Kadang ada netizen nonton sekian detik langsung komen tanpa cari tahu dulu, langsung bilang saya Youtubernya ngaco wkwkw

Padahal kalau tidak punya waktu nonton video penjelasan silakan cari bentuk artikel (postingan), toh mungkin nanti akan dikomenin juga kalau tulisannya terlalu panjang, bosan bacanya haha dasar netizen Indonesia!.

Contoh lain, nanam umbi tulip di Indonesia?, bisa berbunga?. Pasti yang pesimis duluan bilang TIDAK MUNGKIN! sia-sia. Nyatanya bisa dong, tahun 2013 saya kirim bibit tulip ke Indo, yang mau coba waktu itu ya silakan saja, mereka cari info sana sini, termasuk sayapun nulis di blog, dan kalau saat ini cari info di Internet atau youtube sudah banyak tuh yg berhasil nanam tulip dan bisa bikin berbunga.

Ko bisa tulip numbuh di Indonesia?, karena mereka yang mau MENCOBA sudah cari tahu sana sini, sudah bolak balik coba, tidak yang baru 2x kali mencoba sudah bilang tidak bisa, cuma sia-sia saja, ya beneran tidak bisa, beneran sia-sia, karena sudah sugesti duluan tidak bisa.

Waktu itu ada koran online/cetak atau majalah apa gitu mau wawancara saya mengenai nanam tulip di Indonesia, saya bilang jangan sayalah ga tepat, karena saya tidak tinggal di tanah air, walau saya tahu caranya namun saya bukan orang yang tepat buat share pengalaman, lalu saya kasih nama pehobi di Indonesia yang berhasil membungakan tulip, hyacinth dll bunga musim semi untuk diwawancara.

Contoh lagi bunga amarilis di Indonesia bertahun tahun ko tidak bisa berbunga lagi, pas dibeli berbunga, tahun berikutnya daun saja lebat, bagaimana cara bikin berbunga lagi?. Oh, ternyata umbinya butuh istirahat (dorman), lalu ditanam lagi eh bisa bunga lagi.

Contoh lagi saya pernah nanam bunga peoni dari biji berhasil numbuh bijinya. Prosesnya 5 bulan saya kerjain haha. Mulai masuk kulkas sekian bulan, keluar kulkas masuk lagi hala ribet dah!, senang luar biasa pas bijinya sprout!, trus akhirnya pada mati sebelum besar karena saya tidak telaten rawat. Lakukan kegiatan tersebut cuma buat pembuktian diri kalau nanam peony dari biji bisa ko!. Bagi yang tertarik silakan baca disini Pengalaman Sukses Menanam Peoni dari Bijinya

Dari pengalamanku berkebun kubikin videonya, ku berbagi pengalaman begini loh akhirnya tanamannya bisa berbunga, akhirnya bibitnya bisa numbuh, kalau ada orang lain bikin video serupa, bikin tulisan serupa berdasarkan pengalaman sendiri, ya silakan saja asal tidak copy paste tulisanku, atau tidak re-upload videoku.

Mencoba sesuatu yang diangap “tidak mungkin/sia-sia” punya TANTANGAN sendiri, maksudku ada kepuasan batin saat proses mencoba tersebut, entah hasil akhirnya “BERHASIL/gagal” paling tidak saya dapat pengalaman, kegagalanpun kadang saya dokumentasikan, agar orang lain tahu “oh gagalnya disitu, berarti coba cara lain“.

Baca juga: Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Saat ini yang masih menjadi tantangan buatku adalah merawat anggrek bulan celebensis. Anggrek bulan berdaun lurik ini sudah 2x beli berakhir mati setelah 1 atau 2 tahun haha .. saya beli yang remaja tanggung, kalau yang dewasa mahal sekali ditempatku.

Tahun ini ada botolan (orchi pack isi 4 angbul) senang sekali!, padahal baby orchid begini susah rawatnya kan, namun mendapatkannya saja sudah bikin BAHAGIA haha .. lalu anggrek bulan schilleriana remaja yang kubeli tahun lalu akhirnya bulan ini mati hiks.

Terkadang ada saat-saat saya KECEWA, atau marah mengapa tidak bisa merawat anggreknya. Nah saat RASA KECEWA tersebut sudah berlalu dan mendapat semangat baru dari hasil nonton video-video youtube atau baca-baca di internet atau saat melihat di majalah, akhirnya saya beli lagi anggreknya dan siap untuk mencoba lagi..

Apa yang saya uraikan di tulisannya ini bisa juga dalam konteks lain seperti siapapun kamu yang bermimpi:

  • Mau kuliah di luar negeri
  • Mau kerja di luar negeri
  • Cari pasangan beda bangsa
  • Punya impian lihat luar negeri sekedar liburan atau ingin menetap di luar negeri
  • Mau lihat kota terkenal di suatu tempat yang selama ini hanya kamu lihat di majalah atau film.

JANGAN pernah berhenti bermimpi dan wujudkan impian tersebut. Orang lain bisa saja PESIMIS bilang tidak mungkin, bilang sia-sia aja, buang waktu lu!, yang penting diri kamu sendiri HARUS SELALU OPTIMIS Cari tahu lewat internet dan dari mana saja untuk mewujudkannya.

 

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Menanam Maple dari Biji Kegiatan Berkebun yang Buang Waktu. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

 

9 Comments

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen December 5, 2021
  2. Lasma December 4, 2021
  3. Emaknya Benjamin br. Silaen November 28, 2021
  4. rynari November 27, 2021
  5. Omar Ramlee November 25, 2021
  6. Emaknya Benjamin br. Silaen November 24, 2021
  7. Omar Ramlee November 24, 2021
  8. Emaknya Benjamin br. Silaen November 23, 2021
  9. kurniawan November 21, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: