Menambal Celana Bolong di Lutut Tanpa Menjahit

Menambal Celana Bolong di Lutut Tanpa Menjahit. Apakah kamu punya baju berlubang? atau celana berlubang di lutut?. Bagaimana cara menambal celana robek dengan mudah?, kalau punya mesin jahit tidak usah pusing bisa segera ditambal yaa.

Menambal Celana Bolong di Lutut Tanpa Menjahit

Nah saya tidak punya mesin jahit, ada 4 celana panjang anakku yang robek dilutut. Satu celana sudah saya potong, jadikan celana pendek, mumpung summer pikirku jadi bisa dipakai, lalu ko rasanya sayang ada 3 celana panjang lainnya kalau harus dipotong juga.

Tulisan Terkini

Saya pernah memperbaiki celana dan baju suami yang robek, hanya beberapa kali dipakai malah tambah besar robeknya, ya iyalah kalau bolongnya besar harusnya di tambal kan haha. Trus pernah sekali kena omel tukang jahit, karena saya bawa celana suami yang robek parah dan yang sudah saya perbaiki malah jadi rusak banget haha, maklum lah saya bukan tukang jahit mau mencoba menjahit.

Saya tidak berminat bawa celana Benjamin yang berlubang ke tukang jahit, karena di Jerman biaya vermak mahal, bisa-bisa harga memperbaiki celana tersebut senilai harga celana baru haha.

Saya ngedumel pada suami, kenapa celana si Benjamin pada robek cuma dibagian lutut kanan saja, eh bapak anak-anak bilang kalau dulu pas dia remaja juga sama, celananya sering robek dilutut, ya bapak dan anak ternyata sama aja, atau karena cowo aktifitasnya terlalu gesit haha.

Suamiku bilang cari aja di supermarket ada bahan kain untuk menambal celana yang robek. Untung saya sempat cerita ke suami sebelum 3 celana lainnya ku pootong dijadikan celana pendek haha.

Baca juga: 7 Kelakuan Unik Suami Jerman yang Bikin Makin Cinta

Bahan penambal celana saya beli 2 macam. Satu macam bahan tambal tebal dengan sulaman tema anak-anak, harganya 3,49 Euro (Rp.55.800), satu lagi bahan jeans, isi 2 kain tambalan harga sepaketnya 2,99 Euro (Rp.47,800) yang ini jauh lebih tips bahanya.

Cara tambal celana robek tanpa menjahit?

Bisa gunakan kain tambal menggunakan lem kain untuk menempelkannya ke bagian celana yang robek. Sebagian besar lem kain hanyalah aplikasi sederhana, oleskan ke bagian belakang bahan tambal (patch) lalu tempelkan ke bagian yang robek.

Hasil baca dari internet, tambalan dengan disterika begini bisa sampai 25 kali pencucian bertahan itu kain tambal celananya.

Kalau pada video saya, bahan penambal celana sudah siap pakai, sudah ada lemnya jadi tinggal disterika, kain tambal akan menempel di bagian yang robek.

Cara menempelkan kain tambal dengan setrika:

  • Gunakan setrika panas sedang.
  • Tutupi tambalan dengan saputangan tipis (atau kain tipis lainnya) sambil menyeterika bahan kain tambalnya. Saya lupa bagian ini, untung saja setrikaan saya tidak terlalu panas.
  • Tekan kuat-kuat selama beberapa detik, lalu setrika kain tambal agar tidak lengket, teruskan sterika sekeliling kain tambalan celana selama 2-3 menit.
  • Balik celana, setrika bagian dalam dimana kain tambal tertempel.
  • Celana bisa langsung digunakan.

 

Video Sulap Menambal Celana Bolong di Lutut Tanpa Menjahit

 

Kalau kamu tertarik mau nambal menambal celana atau baju bolong dengan bahan tambal setrika seperti yang saya lakukan, ada baiknya mengetahui tambalan setrika tidak bekerja dengan baik pada kain tertentu, seperti nilon, rayon, kulit, atau bahan tahan air (waterproof). Bahan yang saya sebutkan tersebut kalau bolong lebih baik dijahit saja. Bahan tambal setrika (patch to iron on) bekerja sangat baik pada bahan cotton dan poliester.

Baca juga: Menjadi Ibu Rumah Tangga di Jerman

 

Demikianlah ceritaku mengenai Menambal Celana Bolong di Lutut Tanpa Menjahit Kalau suka tulisan saya ini, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan tentang Jerman berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: