Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi

Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi. Kapan terakhir kali Anda membeli bunga untuk orang yang Anda sayangi?. atau mungkin menghadiahi diri Anda sendiri?. Pernahkah terpikir kalau bunga yang kita beli asalnya berpuluh kilometer dari tempat tinggal kita?.

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi). Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi)

Bunga adalah salah satu yang paling sering dibeli untuk berbagai kesempatan khusus. Sementara banyak orang mengagumi keindahan bunga potong, sedikit berpikir tentang di mana bunga potong diproduksi.

Terakhir kali saya membeli bunga potong (mawar) adalah bulan Februari lalu, biasanya setiap seminggu atau dua minggu sekali, ketika suami dan saya berbelanja ke supermarket, kami membeli bunga potong. Di Jerman bunga potong tidak mahal. 10 tangkai bunga potong jenis mawar harganya hanya 1.99 Euro. Bulan Maret dan April saya absen membeli bunga, karena memang disupermarket sedang tidak tersedia bunga-bunga seperti yang biasa saya beli.

Orang Belanda adalah yang pertama menghasilkan bunga untuk lelang, dan mulai mengekspor pada awal tahun 1600. Hari ini, setengah dari bunga dunia tumbuh di Belanda, dan jumlah bunga Belanda yang dijual 19 juta bunga per hari. Sebagian bunga potong diproduksi dan diekspor oleh negara-negara berkembang seperti Kenya, Tanzania, Kolombia, dan Ekuador. Industri bunga di negara berkembang merupakan sumber pendapatan penting bagi banyak orang. Namun sayangnya, slogan populer „cinta dan kasih sayang“ seringkali menempatkan para pekerja dan lingkungan dalam risiko tinggi, akibat penggunaan bahan kimia dan tenaga kerja yang tidak wajar.

Oh ya, ada etiket tergantung di salah satu tangkai bunga mawar, tertera kode 2765, saya cari kode tersebut di websitenya Fairtrade, ternyata buket mawar yang saya beli berasal dari Finlay dari pertanian bunga Kenya di Afrika Timur.

Pertanian bunga Finlay Bunga Kenya
Finlay memiliki dua pertanian bunga yang berbeda yang luasnya lebih dari 100 hektar, terletak di Afrika Timur dataran tinggi Kenya dekat kota Kericho. Bunga segar diangkut dengan pesawat langsung ke Jerman. Dibawah ini kita bisa melihat dokumentasi, bagaimana bunga mawar dari Kenya di sampai ke supermarket di Jerman.

Video Dokumentasi Mawar Fairtrade

Catatan: Fairtrade-Mawar ukurannya lebih besar dari bunga yang biasa saya beli, dan ada 3 warna bunga yang berbeda ;-).

Sumber: info.fairtrade.net

Baca juga:
Bunga Mawar Koleksiku
Taman Mawar di Lottum Belanda

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

8 Comments

  1. aqila September 17, 2012
    • pursuingmydream September 17, 2012
  2. farida June 10, 2012
    • pursuingmydream June 10, 2012
  3. hunnihonning June 6, 2012
    • pursuingmydream June 6, 2012
  4. giewahyudi June 6, 2012
    • pursuingmydream June 6, 2012
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: