May 30, 2020

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek. Saya menggunakan pupuk alami dari air cucian beras untuk anggrek, dan memang terbukti anggrek-anggrek saya menjadi subur dan rajin berbunga.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Saya pakai air cucian beras yang pertama karena kandungan karbohidrat berupa pati nya lebih banyak dibanding cucian ke dua dst nya

(ACB) air cucian beras memiliki nutrisi yang melimpah diantaranya karbohidrat berupa Pati 85-90%, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi.

Seringkali saya mendengar keluhan tanaman anggrek di datangi semut setelah di berikan air cucian beras. Hal tersebut wajar, karena didalam air cucian beras tersebut mengandung karbohidrat (pati) alias gula yang menarik semut untuk datang.

Baca juga: kelebihan Merawat Anggrek dengan Media Hidroton

Nah untuk mengatasi anggrek di datangi semut setelah siram air cucian beras (ACB):

  • Bisa campurkan acb dengan air rebusan kulit bawang merah.
  • Rendam kulit bawang merah dan bawang putih di dalam air cucian beras, diamkan semalaman, lalu saring, siramkan POC (pupuk organic cair) tersebut ke tanaman anggrek.
  • Atau semprot media tanam anggrek dengan air bawang, ngacir semutnya. Tips mengatasi semut lainnya bisa tonton video ini Tips cara mengusir semut pada anggrek.

 

Saat mencuci beras, biasanya air cucian pertama akan berwarna keruh. Warna keruh bekas cucian itu menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang, namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat tersebut.

Tulisan Terkini

Video Agar Anggrek Subur dan Rajin Berbunga Siram dengan Air Cucian Beras

Mari bergabung di grup anggrep supaya tambah pintar merawat anggrek, silakan di Grup Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia 

Kandungan dan Manfaat Air Cucian Beras:

Kandungan air cucian beras, disebut leri, memiliki nutrisiyang berpengaruh positif pada pertumbuhan tanaman.

Misalkan fosfor (P), salah satu unsur utama yang dibutuhkan tanaman dan selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman semisal NPK. Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda.

Nutrisi lainnya adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi.

Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim).

Beras mengandung karbohidrat yang tinggi. Sangat mungkin karbohidrat ini terdegradasi saat mencuci. Hipotesa awal, saat disiramkan ke tanaman, karbohidrat akan terpecah menjadi unsur yang lebih sederhana dan memberikan nutrisi bagi mikroba yang menguntungkan bagi tanaman.

Fakta terbaru adalah hasil penelitian yang dilakukan Yayu Siti Nurhasanah mahasiswa IPB. Mengungkapkan bahwa air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman. Informasi lebih detail silakan baca pada sumber tulisan di bagian bawah postingan ini.

 

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Hal penting nih yang perlu di ketahui perawat anggrek pemula, yang mengatakan anggrek jadi mati setelah disiram air cucian beras atau pupuk organik lainnya. Bukan air cucian beras yang membuat anggrek busuk atau mati, melainkan karena penyiraman berlebihan yang membuat anggrek berakhir mati.

Anggrek suka disiram jika medianya sudah hampir kering. Anggrek berasal dari hutan yang hanya mendapat air saat hujan, jika kamu menyiramnya terlalu banyak dan media masih basah kamu siram, maka anggrek akan busuk.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini sedang mencari alternatif lain pupuk anggrek kalian mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Sumber bacaan:

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: