May 26, 2020

Lisa Marie Anakku yang Lagi Mogok Makan

Lisa Marie Anakku yang Lagi Mogok Makan. Putriku Lisa Marie selama ini memakan segalanya (omnivora kali yee) haha. Makannya gampang maksudku dan sampai usia 15 bulan dia makan apa aja yang saya dan suami makan. Tentunya disesuaikan dengan lidahnya anak kecil ya, bukannya saat saya makan pedas lalu saya kasih hehe.

Lisa Marie Anakku yang Lagi Mogok Makan

Kalau kami lagi makan bersama, nah Lisa seringkali menghampiri pengen ikutan mencoba makanan dewasa, seperti mie goreng, nasi goreng, atau aneka masakan Jerman yang saya buat. Orang Jerman tuh tidak suka atau tidak terbiasa kali ya dengan masakan pedas, makanya kalau bapaknya anak-anak makan ya tidak masalah buat Lisa.

Seperti roti pakai keju, atau roti pakai sosis, pakai selai juga oke aja buat Lisa. Makanan khusus untuk Lisa masih saya bikin teratur dan saya simpan di freezer, namun porsi makan makanan orang dewasa sudah semakin sering Lisa konsumsi.

Kalau Benjamin malah kebalikannya Lisa, nih jagoanku susah makannya, apa-apa tidak mau. Buah pisangpun yang sejak bayi sampai usia 2,5 tahun jadi santapan rutin setiap hari, sudah 6 bulan belakangan sama sekali tidak mau lagi.

Mungkin Benjamin sudah enek kali makan pisang haha. Buah pir dan apel yang lagi jadi favorit dia, sedangkan buah lainnya semacam anggur, ceri, blueberry tidak mau, ah pokoknya cuma pir dan apel yang Benjamin makan.

Balik ngomongin Lisa, jadi pada video dibawah ini untuk pertama kalinya Lisa mogok makan saat sarapan, baru sesendok lalu dia tutup mulut. Beberapa aksi membujuk sudah saya lakukan namun tidak berhasil. Saya jadinya kesel!. Sarapan, makan siang dan malam saya buat beberapa menu dan tidak sama setiap hari, makanya saya juga bingung, ko tumben nih bocah mogok makan!.

Video Anakku Mogok Makan!

Jadi saya marah, lalu saya turunin si bocah dari bangku makannya, dan saya taruh di luar dapur. Pintu dapur saya tutup deh!. Lisa lagi aktif-aktifnya manjat segala yang bisa dipanjat, kalau dapur saya tidak tutup, dia naik ke bangku makan lalu ke meja, dan semua yang ada diatas meja diobrak-abrik! Huhu.

Anak jaman sekarang pintar-pintar ya, melek teknologi gitu, Lisa sudah tahu bagaimana cara menghidupkan laptop dengan hanya melihat abangnya atau saya saat mau pakai laptop. Kan ada 2 tombol dibagian atas laptop tuh, nah power laptop adalah tombol kecil disebelah kiri, dia tahu lalu dipencet. Pas nyala dia ngirang sekali, lalu dengan jari telunjuknya yang mungil mulailah dia geser keatas layarnya, supaya gambar dekstop berubah, lalu sentuh layar laptopnya dan geser ke kanan kiri, atas awah, sambil girang banget karena dia lihat gambar laptop ada foto saya, Lisa dan abangnya.

Anak perempuan usia 15 bulan naik ke atas meja
Didapur. Bangku ada pijakan jadi si bocah bisa manjat, trus naik ke meja deh, di acak-acak semua yang ada diatas meja huhu

Saat dapur ditutup, saya sibuk cuci piring dan masak. Diruangan lain sudah aman buat Lisa, ruang tamu saya tutup pintunya, supaya Lisa tidak manjat ke meja komputer, dilain waktu bangku kayu di meja komputer ini saya taruh kamar mandi, saya tutup pintunya, nih bangku sama seperti didapur bisa dipanjat Lisa!.

Lisa bisa main atau mau ngapain kek jalan gitu dikamar saya, ruang tengah dan kamar abangnya. Sofa-sofa di ruang tamu belum bisa dipanjat karena agak tinggi, kalau bangku kayu bisa dipanjat karena ada pijakan kaki buat dipanjat haha.

Saya kerja cepat didapur, sambil sesekali Lisa gedor-gedor pintu dapur, tapi gedornya tidak sekencang saat abangnya dulu seusia Lisa mengedor pintu. Saya sambil sesekali nanya “.. mau makan tidak?”. Nah ada sekali saya buka pintunya, dudukin lagi, mungkin sudah mau makan pikirku.

Playlist video Menu Makanan Anak 12 bulanan

Yaelah masih sama aksi tutup mulut juga. Ya udahlah balik di hukum lagi, taruh diluar dapur. Saya lanjut cuci piring. Beberapa saat kemudian ko sunyi sepi ..

Ternyata si bocah sudah tidur pulas di tempat tidur saya. Tempat tidur ini rendah, Lisa sudah lancar naik turun sesuka dia (Lisa bisa jalan umur 10 bulan sama seperti abangnya). Adalah sejam-an lebih putriku tidur. Saya mikir dan mikir, kenapa Lisa tidak mau makan, trik apa untuk membujuknya yaa.

Putri cantikku mogok makan, naik sendiri ke tempat tidur
Si bocah yang lagi mogok makan, akhirnya naik sendiri ke tempat tidur dan tertidur pulas

Pas anaknya sudah bangun, saya mau kasih menu yang sama, sudah saya hangatkan. Kalau biasanya saya kasih dari botol (beling) makannya, jadi begitu saya suapinya, supaya tidak ngotori piring kan ya.. Nah kali ini jadi setelah makanannya hangat, saya tuang separuhnya ke piring, dan botol saya taruh ditempat yang tidak bisa dilihat Lisa.

Tahu tidak??? Ternyata dia lahap makan. OMG apa bedanya coba dari botol dan dari piring makannya?. Huahaha. Besoknya saya coba kasih makan dari botol lagi, dia pasang aksi tutup mulut lagi, dan begitu saya taruh piring dia mau makan!.

Trik saya berhasil. Hmm mungkin begini ya, Lisa mikir „kenapa mamakku kasih makan aku dari botol?, kenapa si papa, mamak dan abang makan dari piring, ko cuma aku yang dibedakan??“ haha.

Jadi seterusnya saya tuanglah makanan si bocah ke piring, dan dia lahap makan seperti biasa. Ada aja deh cerita lucu punya anak kecil begini. Video diatas dibuat saat Lisa marie berumur 15 bulan. Lisa Lahir pada Maret 2017.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Mainan Anak Mancing Ikan Seru Bikin Lupa Waktu

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

25 thoughts on “Lisa Marie Anakku yang Lagi Mogok Makan

  1. Lisa Marie cantik. GTM memang problem klasik emak2 yang bikin gemas…tapi dorongan alam biasanya juga kuat (lapar). Heran ya kenapa anak ga mau makan sementara org dewasa ngerem makan susah ??

  2. Wow pintarnya Lisa. Kirain gtm gerakan tutup mulut ada yg hambat nafsu makannya, ternyata protes mau cara makan seperti abang, daddy dan mamanya. Untuk seusianya Lisa termasuk tinggi ya Jeng Nella. Salam hangat

  3. Kak Nella apa kabar? ? krucilnya udah 2 aja nih ya ?? kecil2 udah punya keinginan sendiri ya gak mau dibedakan ?? good for you Lisa, and good for you too kak karna cepat nemuin solusinya ??

  4. Untung saja ketemu solusinya jadi Lisa kembali makan lahap lagi.
    Mudah-mudahan cukup sekali saja mogok makannya ya mbak.. Soalnya jangankan mogok makan, makan terlalu sedikit atau terlalu pilh pilih aja kita takut mereka kurang gizi.

    Anakku yang cowok juga kecilnya cuma suka buah tertentu. Yang digigit renyah begitu seperti apel, pir dan timun, kalau yang lembek atau terlalu berair dia kurang suka.

    1. Sudah lancar jaya sekarang si Lisa makannya. Nih anak rakus makan dibanding abangnya susah bangett makannya, pusing aku deh. Eh iya si Ben juga suka apel dan pir. Dari bayi sampai usia 2 tahun tiap makan Benjamin suka makan pisang, lewat 2 thn sampai skrg sudah musuhan sama pisang hahaha.

  5. lucu banget kak maunya makan dari piring hihihi… banyak yang bilang katanya anak kedua makannya lebih gampang ya… mudah2an anak keduaku juga nanti makannya gampang deh hehehehe… soalnya yang pertama dulu susah makan ampe aku pusing…

    1. Hai Mel, ooh gitu ya, emang sih si Lisa nih rakus makan. Apa aja yg kita makan dia mau juga, dia sendiri yg minta. Kalau Benjamin mulai makan pisang dikerok dulu, si Lisa langsung bisa gigit. Benjamin juga spt Jayden susahh bangett makannya, pdhl lagi dibawah 2 tahun banyak makan. Pusing skrg kalau suruh makan, gerak ga ada hentinya, tp makan susa jd nya ya kurus.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: