Ladang Bunga Potong di Jerman Tanpa Penjaga Pembeli Petik dan Hitung Sendiri yang dibeli Uang Masukin Tong

Ladang Bunga Potong di Jerman Tanpa Penjaga Pembeli Petik dan Hitung Sendiri yang dibeli Uang Masukin Tong. Apakah kamu sering membeli bunga potong?, biasanya kita beli bunga di toko bunga lalu bunga dirangkai, kita bayar deh. Nah ada yang unik di Jerman, dimana kita bisa membeli bunga potong di ladangnya langsung.

Ladang Bunga Potong di Jerman Tanpa Penjaga Pembeli Petik dan Hitung Sendiri yang dibeli Uang Masukin Tong

Jika lewati jalan raya kerap kali saya lihat banner besar bertuliskan „Blumen zum Selbstschneiden“ yang berarti potong sendiri bunga yang kamu inginkan. Mulai dari musim semi hingga akhir musim gugur kita bisa beli bunga potong di kebunnya langsung.

Tulisan Terkini

Di tempat ini kita bisa membeli bunga yang kita sukai dengan cara petik sendiri bunganya. Tidak ada penjaga di ladang bunga ini. kalau ada yang mau beli lihat harga bunga potong pada papan di depan ladangnya.

Pisau untuk potong bunga dan tong pembayaran disediakan dipintu masuk ladang bunga. Pembeli tinggal hitung sendiri berapa tangkai bunga yang dibeli, lalu masukin duit kedalam tong pembayaran.

Kalau di Indonesia ada semacam ladang bunga begini, kira-kira yang punya ladang bakalan tutup kebun bunganya tidak ya? karena yang beli pada ngambilin aja trus pergi tidak bayar gitu hehe.

Bunga yang tumbuh di kebun bunga potong tersebut tergantung musimnya, misal saat terakhir saya ke sana adalah bulan September (22.09), sudah akhir musim panas, awal musim gugur, namun belum dingin sih, tapi sudah tidak panas lagi.

Bunga yang masih tumbuh bulan September adalah bunga matahari, bunga dahlia, gladiol dan bunga Zinnia. Ada satu atau dua baris bunga matahari sudah kering (mati). Bagian ini yang ditanam lebih dulu bibitnya kali ya, lalu baris lainnya ada yang sudah mekar dan ada pula yang masih kuncup.

Pemilik kebun bunganya nanam bibitnya supaya sunflower mekar berkelanjutan gitu, supaya pembeli tetap bisa beli bunga matahari hingga musim gugur.

Baca juga: Pohon Buah Depan Rumah yang Umumnya ditanam di Jerman

Bagian bunga dahlia luas sekali dan tersedia mulai dari bunga yang ukuran kecil hinga dahlia kuntum ukuran xxl.

Video Ladang Bunga di Jerman Petik Sendiri ya kalau Beli

Bunga gladiol menurutku sudah tidak bagus lagi numbuhnya, ada yang masih kuncup sudah kering jadi gagal mekar, adapula yang sudah mekar namun tidak cantik lagi. Bunga gladiol ini butuh full sun suka terik matahari, puncak mekarnya Juli dan Agustus. Faktor hujan juga berpengaruh ke ladang bunga begini, pemiliknya mengandalkan curah hujan yang cukup. Tahun ini curah hujan saat summer tidak sebanyak tahun lalu, kalau tanaman berbunga kurang air saat pembentukan bunga, ya jadi seperti bunga gladiol yang kulihat saat itu, pada belum mekar namun sudah kering kuntumnya.

Kumpulan bunga Zinnia masih cantik sekali, masih banyak yang mekar dengan warna warni genjreng. Saya ada kumpulin benih bunga Zinnia, bbrp warna yang saya suka dan yang bunganya ukuran besar. Pengen coba tanam tahun depan.

Benjamin ada beli 2 bunga Zinnia, dia ambil tanamannya berikut akarnya, lalu saya taruh air dan tetap mekar kuntumnya sampai 3 minggu, tanamannya pun masih bagus, mau saya tanam lupa melulu haha.

Setelah saya google ternyata bunga Zinnia ini termasuk tanaman annual (semusim), ah payah deh, artinya setelah berbunga tanamannya akan mati, namun kita bisa ambil benih dari kuntum yang sudah kering untuk ditanam tahun depannya.

Jelang winter, kebun bunga potong akan dibongkar, dimana umbi bunga gladiol dan dahlia akan diambil dan disimpan di Gudang. Daunnya akan dibuang semua, gladiol dan dahlia tidak tahan suhu dingin, akan mati tanamannya karena dingin dan tanaman bunga tersebut butuh sinar matahari supaya tumbuh baik.

Bunga matahari dan Zinnia akan dibuang semua, tahun depan ditanam lagi benih/bijinya. Oh ya kalau bunga matahari dibiarkan dulu karena biji sunflowernya jadi sumber makanan burung liar.

Bunga Potong hasil beli di ladangnya langsung

Bunga Potong Hasil Beli di Ladangnya Langsung

Benjamin dan Lisa beli bunga matahari, punya si Ben sunflowernya ukuran raksasa. Girang pas potongnya, eh nyampe rumah saya bingung mau taruh dimana tuh sunflower giant?, taruh di vas bunga biasa bakalan terbalik pot nya kan sangking berat nahan batang bunganya.

Benjamin merajuk kenapa bunga matahari dia merunduk (seperti padi), sedangkan punya Lisa bisa tegak bunganya haha, ya si Ben mau nya bunga yang raksasa, kan berat banget kuntumnya nahan buanyak biji bunga mataharinya, makanya jadi merunduk, sedangkan sunflower Lisa tidak sebesar punya Benjamin.

Kalau kita mengunjungi kebun bunga potong di musim semi mulai April hingga bulan Mei akan kita jumpai bunga peoni dan lily, tahun depan saya dan anak-anak mau kesana lagi ah, penasaran lihat bunga peoni yang ukurannya sangat besar.

 

Baca juga: Orang Jerman itu seperti apa tipikalnya

Demikianlah cerita saya mengenai Ladang Bunga Potong di Jerman Tanpa Penjaga . Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan cerita dari Jerman berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Advertisements

3 Comments

  1. mayang koto October 13, 2020
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 14, 2020
      • mayang koto October 14, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: