Laburnum Pohon Hujan Emas yang Mirip Wisteria

Laburnum Pohon Hujan Emas yang Mirip Wisteria. Wah ternyata di kota tempat ku tinggal ada pohon hujan emas Laburnum juga. Beberapa waktu lalu saya lihat pohon serupa saat liburan. Postingan ini pindahan dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya.

Pohon Laburnum yang baru saya lihat ini terdapat dekat TK nya Benjamin. Saya lihat pohon Golden Rain Laburnumnya sedang berbunga dengan cantiknya. Kalau tidak berbunga saya tidak tahu kalau disitu ada pohon tersebut.

Laburnum pohon berbunga kuning terkadang disebut juga golden chain tree (Laburnum anagyroides), pohon ini mirip dengan pohon Wisteria, kalau Golden rain warna bunganya kuning, sedangkan Wisteria bunganya berwarna biru dan atau putih. Pohon Laburnum berasal dari eropa tengah dan selatan.

Laburnum Pohon Hujan Emas yang Mirip Wisteria

Bunga nya pohon hujan emas Laburnum. Lokasi Jerman. Foto diambil Mei 2018

Baca juga: Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

Dalam bahasa Jerman, baik Laburnum dan Wisteria punya nama yang mirip, ada kata hujan (regen) nya. Golden rain Laburnum disebut Goldregenbaum (Gold = emas ; regen = hujan ; baum = pohon), atau disebut juga Gemeine Goldregen ; sedangkan Wisteria dalam bahasa Jerman disebut Blauregen (blau = biru ; regen = hujan).

Golden Rain Laburnum termasuk subsuku Faboideae mencakup anggota suku Fabaceae yang dapat disebut tumbuhan berbunga kupu-kupu.

Tulisan Terkini

Masa Berbunga Golden Rain Laburnum adalah pada bulan Mei – Juni. Bunganya tidak bertahan lama, hanya sekitar 2-3 minggu, itupun kalau pohonnya ditanam ditempat agak sejuk, kalau lokasi agak panas, apalagi pohonnya terkenal sinar matahari langsung, lebih singkat lagi masa berbunganya. Lokasi/tempat terbaik menanam pohon golden rain adalah zona 5-7 USDA zones.

Semua bagian tanaman terutama biji/pods mengandung cytisine dan beracun jika dikonsumsi. Podsnya kering dan pecah di musim gugur, bulan September. Pohon yang baru saya lihat tersebut tidak berbunga setiap tahun, melainkan setiap 2 tahun sekali, dugaan saya karena lokais pohon yang minim mendapat sinar matahari makanya tidak tiap tahun berbunga.

Baca jugaPanen Buah Liar Plum Cherry 3 Warna | Musim Gugur di Jerman

Nama umum: Golden rain / hujan emas
Genus: Laburnum
Spesies: x watereri
Budidaya: ‘Vossii’
Skill Level/Tingkat keterampilan: Experienced/berpengalaman
Eksposur: Sinar matahari penuh
Tahan banting: Hardy
Tipe tanah: Well-drained/light, Clay/heavy, Acidic, Chalky/alkaline
Tinggi: 900cm
Lebar: 600cm
Waktu untuk menanam benih: September-November
waktu untuk mengambil potongan/ cuttings: Desember sampai Februari
Masa berbunga: Mei-Juni.

 

Video Pohon Hujan Emas Golden Rain Laburnum di Jerman

 

Tertarik mau punya pohon hujan emas juga? Kalau kamu tinggal di Indonesia, pohon Laburnum ini tidak cocok karena butuh suhu dingin untuk keluar bunganya, namun kamu bisa cari pohon yang mirip bunganya dan cocok dengan iklim tropis yakni pohon hujan emas juga namanya, yakni pohon tengguli atau disebut juga trengguli, terkadang disebut juga pohon asam trengguli (cassia fistula).

Bedanya Golden Rain laburnum dan Cassia fistula (Indian laburnum)

Sekilas kedua pohon hujan emas ini mirip sekali, keluarganya juga sama Fabaceae, namun subfamilynya berbeda kalau pohon hujan emas Laburnum yang ditempatku ini Faboideae, sedangkan yang banyak di Asia atau Indonesia subfamily nya Caesalpinioideae.

Tengguli, trengguli atau kayu raja (Cassia fistula) adalah tumbuhan di dalam keluarga Fabaceae, anak suku Caesalpinioidea. Berbunga kuning cerah dan indah, tengguli banyak ditanam sebagai pohon hias dan juga tanaman obat tradisional. Tanaman ini tumbuh secara alami di Asia Selatan dan Asia Tenggara, tetapi kini menyebar luas ke pelbagai negeri tropis. Bunganya merupakan bunga nasional Thailand.

Pohon Laburnum ditempatku (Jerman) asli daerah pegunungan di Eropa Selatan dari Perancis sampai Balkan.

Laburnum Pohon Hujan Emas yang Mirip Wisteria

Laburnum, sometimes called golden chain or golden rain. laburnum tree – Detail of the flowers

Pohon hujan emas cassia dikenal juga sebagai pohon golden shower. Cassia fistula (Indian laburnum) atau Tengguli banyak ditanam karena kegunaannya dalam pengobatan, selain karena bunganya yang indah. Polong yang masak dan biji-bizinya digunakan sebagai obat urus-urus (laksativa); begitu pula bunga, daun-daun dan kulit akarnya, meski dengan kekuatan yang lebih rendah, nah kalau yang ditempatku Golden Rain Laburnum malah semua bagian tanaman terutama biji/pods mengandung cytisine dan beracun jika dikonsumsi.

Kalau tertarik tahu lebih lanjut mengenai 2 jenis pohon hujan emas bisa baca:

Golden Rain laburnum

Golden shower Cassia fistula (Indian laburnum)

 

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

Demikianlah cerita saya mengenai Laburnum Pohon Hujan Emas yang Mirip Wisteria. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

error: Content is protected !!