Kondisi Begini Saat Tepat Repotting Anggrek Bulan

Kondisi Begini Saat Tepat Repotting Anggrek Bulan. Halo sobat anggrek, kali ini saya ingin share mengenai kapan saat tepat mengganti media tanam anggrek bulan dan mengenali apa saja tandanya kita saat kita perlu repotting anggrek bulan.

Kondisi Begini Saat Tepat Repotting Anggrek Bulan

Saat merepoting anggrek, penting untuk mengidentifikasi pola pertumbuhannya. Ada dua jenis: anggrek monopodial dan anggrek simpodial. Anggrek monopodial tumbuh keatas dengan setiap daun baru (seperti pohon palem); anggrek simpodial (seperti, Cattleya) tumbuh secara horizontal dari rimpang (seperti iris Germanica/ bearded iris).

Tulisan Terkini

Panduan visual ini menjelaskan cara repotting anggrek monopodial dan simpodial.

Apa itu anggrek monopodial?. Anggrek monopodial, seperti anggrek bulan(Phalaenopsis), memiliki batang utama yang tumbuh ke atas dari satu titik. Daun baru (biasanya hanya satu atau dua) diproduksi setiap tahun di bagian atas batang utama.

Sementara itu, daun anggrek bulan yang lebih terdapat di bagian paling bawah akan menguning dan mati. Spike atau tangkai anggrek bulan tumbuh di ketiak daun.

Mengganti media tanam anggrek bulan:

  • Anggrek bulan sebaiknya direpotting setiap 2-3 tahun sekali.
  • Media tanam anggrek sebaiknya diganti jika sudah lapuk dan hancur, dimana medianya terlihat sudah seperti tanah.
  • Tanda berikutnya repotting anggrek bulan perlu dilakukan, jika banyak akar anggrek yang tumbuh menjauhi media tanam (tumbuh keluar pot), hal ini karena PH media tanam sudah asam. Baiknya metan anggrek PH 7 (PH normal), jika PH metan terlalu rendah (kurang dari 7) anggrek rentan terkena hama dan penyakit. Media tanam yang terlalu asam akan rentan tumbuh lumut dibagian permukaan metan.
  • Anggrek tumbuh tidak subur, lama tidak berbunga, maka sebaiknya perlu dilakukan penggantian media tanam, dilihat keadaan akarnya siapa tahu akarnya bermasalah, ada akar yang busuk, mati (kopongÄ9, kalau dibirkan anggreknya tumbuh tidak subur.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

  • Lakukan repotting anggrek bulan saat masa berbunga sudah selesai. Penggantian media tanam saat anggrek dalam keadaan berbunga dapat membut anggrek stress, sehingga masa berbunga bisa saja menjadi lebih singkat.
  • Buang tangkai spike anggrek bulan yang telah mengering.
  • Jika media tanam anggrek ditumbuhi jamur, semut dan hama lain maka tidak bisa tunggu lebih lama, segera lakukan repotting anggrek.
  • Sebelum di repotting, rendam pot anggrek bulan didalam air selama 10 menitan atau lebih lama jika pot nya besar, hal ini supaya media tanam dan akar anggrek melunak dan bisa dengan muda dilepas.
  • Saat daun anggrek paling bawah mulai menguning, bisa juga sebagai tanda anggrek bulan perlu di ganti media tanamnya. Daun anggrek paling bawah adalah daun tua, hal ini wajar sebagai siklus hidup anggrek, dimana saat tumbuh daun baru, daun tua akan menguning dan berakhir masa hidupnya.

Video Kapan Saat Tepat Repotting Anggrek Bulan? Ini Tandanya

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Kondisi Begini Saat Tepat Repotting Anggrek Bulan, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: