Bukan Berbunga Malah Anggrek Cattleya Tumbuh Keiki Hal Ini Penyebabnya

Bukan Berbunga Malah Anggrek Cattleya Tumbuh Keiki Hal Ini Penyebabnya. Hai pecinta anggrek apakah kamu pernah melihat keiki anggrek Cattleya?. Keiki pada anggrek Cattleya saya tumbuh bukan karena diolesi pasta keiki ya, melainkan tumbuh alami.

Bukan Berbunga Malah Anggrek Cattleya Tumbuh Keiki Hal Ini Penyebabnya

Dari bahasa Hawaii keiki anggrek adalah anakan dari tumbuhan anggota suku anggrek-anggrekan (Orchidaceae). Keiki dapat tumbuh dari pangkal batang maupun ruas batang serta ruas tangkai bunga. Keiki menghasilkan akar sehingga anggrek dapat diperbanyak secara vegetatif menggunakannya.

Tulisan Terkini

Biasanya keiki anggrek muncul paling sering pada anggrek bulan dan dendrobium. Anggrek cattleya apalagi yang spesies sangat jarang muncul keiki (hasil baca di internet), terkadang cattleya hibrida yang muncul anakan anggreknya, seperti pada anggrek cattleya saya ini.

Ini bukan kali pertama cattleya hibrida saya ini muncul keiki. Padahal saya mengharapkan bunganya, eh ternyata bukan amplop yang muncul malah bulb kecil. Saya yakinlah karena amplop tidak muncul nantinya bulb kecil tersebut akan mengeluarkan akar.

Keiki cattleya

Keiki anggrek Cattleya ini belum ada akarnya, tunggu sampai berakar baru dipisah. 04.10.2020

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Video Ngarepin Cattleya Berbunga Malah Numbuh KEIKI Anggrek nya

Saya coba cari tahu dari internet penyebab anggrek cattleya muncul keiki (anakan anggrek):

  • Tanaman anggrek akan mati. Sebelum mati anggreknya muncul keiki untuk kelangsungan hidup berikutnya, alias sebelum mati indukannya bikin anak dulu gitu haha.
  • Perubahan suhu dari dingin ke panas. Umumnya pembentukan tunas bungga cattleya saat ada perubahan suhu dari panas ke dingin, makanya saya taruh anggrek cattleya diluar rumah sampai musim gugur. Pergantian dari musim panas ke musim gugur persiapan tuh pembentukan tunas bunga cattleya (anggrek bulan juga begini). Saat musim gugur tiba, sudah dingin sekian minggu, eh panas lagi dong suhunya, bingung kali ya cattleya haha makanya bukannya terbentuk amplop malah jadi keiki cattleya.

Baca juga: Metode Sungkup Pada Anggrek Cattleya dan Seedling Bikin Anggrek Berbunga dan Subur

Kapan kita bisa memisahkan keiki anggrek?

Untuk alasan ini, penting untuk menunggu sampai keiki memiliki beberapa daun dan akar kecil yang panjangnya 5-8 cm. Jangan terburu-buru memisahkan keiki cattleya karena anakan anggrek tersebut aman mendapat cukup nutrisi dari indukannya. Saat memotong keiki, gunakan alat potong steril, tanam keiki di pot yang ukurannya tidak terlau besar.

Jangan terburu-buru memisahkan keiki cattleya, tunggu akarnya agak panjang dulu. Keiki pertama pada Cattleya ku. 05.05.2019

Keiki anggrek akan berbunga pertama kali setelah 2 tahun dirawat, cepat kan yaa dibanding jika kita merawat anggrek seedling cattleya bisa 4 sampai 7 tahun muncul bunga pertamanya.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Bukan Berbunga Malah Anggrek Cattleya Tumbuh Keiki Hal Ini Penyebabnya, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini dan cattley mu muncul keiki juga mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

5 Comments

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen Oktober 28, 2020
  2. Triyanto Banyumasan Oktober 27, 2020
  3. bluepurplegarden Oktober 26, 2020
  4. Emaknya Benjamin br. Silaen Oktober 25, 2020
  5. bluepurplegarden Oktober 22, 2020
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: