June 1, 2020

Kedua kalinya Terima Klaim Hak Cipta Musik Youtube

Kedua kalinya Terima Klaim Hak Cipta Musik Youtube. Hai pemain YouTube saya ingin berbagi pengalaman, dimana salah satu video dari saluran memasak saya diklaim hak cipta oleh HAAWK for a 3rd Party.

Pada video Cara Membuat Mpasi Puree Wortel saya menggunakan background musik yang berjudul Sweet Promise. Musik tersebut adalah Royalty Free Music. Pembuat/pemilik lagunya NICOLAI HEIDLAS.

Kedua kalinya Terima Klaim Hak Cipta Musik Youtube

Saya terima email klaim youtubenya pada 8 Mei 2019. Kejadian ini adalah yang kedua kalinya saya alami. Pertama kali tahun 2018 lalu, dapat klaim hak cipta musik untuk lagunya Nicolai juga, pada video dan judul musik yang lain. Kalau di google ternyata lumayan banyak keluhan Youtuber yang pakai lagu Nicolai heidlas kena copyright claim.

Tulisan Terkini

Video saya tersebut tetap bisa diputar di seluruh dunia, namun karena diklaim musiknya jadi hasil monetasi/duit yang dihasilkan video saya tersebut akan diberikan ke yang nge-klaim HAAWK for a 3rd Party. Karena saya tahu dan yakin musik pada video tersebut free copyright, jadi saya ajukan banding dong, menolak klaim video di youtube.

Masuk ke halaman/edit video tersebut dan klik „dispute/banding“. Isi formulirnya (dalam bahasa Inggris ya). Proses banding bisa memakan waktu 30 hari, namun berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, prosesnya hanya beberapa hari ko.

Benar saja setelah 2 hari saya dapat jawaban dari youtube, kalau banding saya diterima. Hasil monetasi/uang dari video youtube saya tersebut akan menjadi milik saya.

cara mengatasi klaim hak cipta musik youtube
Balasan Email dari Youtube. Bahagianya Akhirnya Banding Menolak Klaim Musik Video di YouTube Saya diterima

Baca juga: 2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Selain ajukan banding, saya juga komen di link lagunya Nicolai. Saya certain kejadiannya. Wah keren banget pemusik ini, tidak sampai 30 menit dapat balasan. Nicolai bilang tidak perlu kuatir, dengan segera banding akan diloloskan.

Royalty Free Music. Pembuat/pemilik lagunya NICOLAI HEIDLAS
Selain ajukan banding ke Youtube, saya kasih tahu ke Pembuat/pemilik lagunya Nicolai Heidlas

Hmm saya mikirnya berarti para pemusik/pembuat lagu bergabung diasosiasi tertentu, untuk melindungi karya mereka dong ya, jadi bisa otomatis ketahuan siapa saja yang pakai lagu mereka.

Untuk jelasnya bagaimana ajukan bandingnya, bisa tonton video saya dibawah yaa. Demikianlah pengalamanku bagaimana cara mengatasi klaim hak cipta musik youtube, semoga rekan youtuber yang mengalami hal serupa bisa juga memperjuangkan video kalian.

Video Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta Musik Youtube

Sejak kasus klaim hak cipta tahun lalu, sebenarnya saya jadi agak malas pakai lagu-lagu diluar punya Youtube, sebenarnya banding bakalan diterima sih.

Saya mikirnya, proses banding, isi formulir lalu ceritain detail permasalannya itu butuh waktu kan, makanya saya lebih baik pakai lagu/musik gratis dari Youtube aja, tapi mau bagaimana lagi beberapa video saya sudah terlanjur menggunakan beberapa lagu (free copyright) bukan dari Youtube.

Oh ya kalau kamu bikin video bikinlah video karya sendiri, latar belakang musiknya juga jangan ambil punya orang lain, bakalan ketahuan youtube!. Kamu bisa cari musik yang free copyright, di youtube juga ada banyak juga ko free musik yang bisa kita pakai.

Untuk informasi lebih lanjut tentang memperdebatkan klaim hak cipta pada video YouTube, silakan kunjungi situs web Google Support Menolak klaim Content ID.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

20 thoughts on “Kedua kalinya Terima Klaim Hak Cipta Musik Youtube

  1. Sekarang di Facebook juga ketat ya mbak. Aku biasanya share video si K yang lagi nari-nari gitu pake lagu blackpink untuk performnya di sekolah, eh kena mute sama FB. Cuma di Indonesia tetap bisa seh, jadi ya aku biarin aja.

    Padahal muter lagunya juga dari Iphone dan lagunya aku beli seh di iTune, tapi aku gak ngerti juga seh gimana cara kerjanya klaim kayak gini.

    1. Hai Niee kejam juga ya skrg FB 😀 padahal lagunya kan beli. Hal tsb berkaitan hak cipta kali. Oh ya klo share2 link di fb kadang ada aja yg ga bisa, link2 tertentu sptnya di blok, si FB pengennya membernya pakai FB ads gitu deh alias bayarr 😆 .

  2. kereeen, mbak nel asli aware dan rajin 👍🏻 saya juga diklaim gak sekali dua kali tapi gak pernah tak urus. melainkan videonya langsung tak edit dan ilangin musiknya melalui tool youtube. abis itu memang jadi males pake lagu background. sebel abisnya waktu saya memutuskan pake lagu-lagu tersebut nyarinya juga yang free copyright. udah bagus lagunya bisa numpang di video kita yaaa 😁

    1. Hai mba Kayka, kalau video2ku yang jadul, ada bbrp kupakai/tindih lagu dari youtube. Dulu bangett lebih dr 5 thn lalu mana tahu soal copyright gitu, jadi pakai musik2 terkenal, yaa kena klaim copyright. Kalau yg ajuin banding tuh, mau ga mau banding krn yakin free copyright, pdhl sih males haha. Saya pilih waktu saat longgar, misal anak2 lagi di bawa jalan bapaknya, barulah mood bagus ngurusinnya 😉 .

  3. Nel, yag ngeklaim siapa ? kok itu Nikolai langsung approve?
    kalau ada yang nggak ngeh diklaim begini, bisa2 seperti masuk jebakan batman, dikira gratis ternyata uangnya nggak masuk..

    1. Hai kak Monda, asosiasi musik gitu kak, klo kasus sebelumnya beda lagi yg nge-klaim. Ku pikir nih Nikolainya tergabung dalam asosiasi tsb, makanya dia bilang segera dilepas klaimnya. Kalau ga ngeh youtubersnya, masah bodoh ya duitnya ga masuk kak, tapi youtubernya bisa ganti musiknya, pakai yg ada di youtube daftarnya, jd ditindih gitu lagunya. Trus pernah juga video amaryllisku diklaim sama persatuan sepak bola luar gitu, parah bener deh, sampai 2x kak waktu itu banding, aq ngotot haha. Wong umbi amaryllis beli sendiri, videoin pertumbuhannya sampai mekar, musikpun pakai yg dari daftar youtubenya.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: