Kebunku di Musim Gugur

Kebunku di Musim Gugur. Sahabat berkebun, tak terasa di tempatku sini sudah masuk musim gugur. Cuaca sudah sangat dingin tidak bersahabat lagi untuk berkebun. Setiap hari suhunya sudah dibawah 15 derajat celcius, selalu mendung, hujan dan angin kencang ๐Ÿ˜ฅ .

Ketika musim panas, matahari dikutuk-kutuk karena panas sekali, giliran sekarang, diminta datangpun sepertinya mataharinya ngumpet melulu ๐Ÿ˜€ . Disaat seperti ini, betapa saya ingin cuacanya tanah air tercinta, yang hangat sepanjang tahun. Bisa (puas) berkebun tanpa harus repot bongkar-bongkar tanaman karena cuaca dingin.

Saya sudah mulai memasukkan tanaman-tanaman ke dalam rumah, seperti kaktus-kastus sudah dari pertengahan September taruh rumah dan tanahnya sudah diganti dengan yang baru.Tanaman Cabe Habanero kalau malam saya masukkan rumah, karena jadi layu kalau kedinginan. Habanero adalah cabe terpedas nomer 2 iya kan? ๐Ÿ˜€ .

Baca juga: Kaktus dan Pemeliharaannya

Beberapa pot bunga gladiol sudah saya bongkar (masih ada 3 pot lagi), bunga dahlia masih bisalah diluar sampai pertengahan November, baru akan saya bongkar. Tugas bongkar membongkar tanaman masih banyak. Saya malah belum sempat menanam bibit-bibit bunga musim semi seperti tulip, krokus, daffodil, alium dll pusinggg banyak nian kerjaanku ๐Ÿ˜† .

Berikut ini saya perlihatkan koleksi tanamanku:

Dalam rumah dulu ya ๐Ÿ˜‰

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di Ruang tamu:

Di depan jendela (Fensterbank), lokasi bagus untuk tanaman-tanamanku, karena matahari pagi bersinar ke bagian ini. Kemudian beberapa pot bergerombol adalah tiga jenis kaktus, lalu ada Zamio Palme dan pohon kecil itu Dracenbรคume? Dikasih ibu mertuaku minggu lalu. Matahari pagi juga mengenai lokasi ini. Semua pot bagian ini sudah diganti tanahnya dengan yang baru, saya berikan juga pupuk bentuk batangan yang akan bertahan 3 bulan.

Tanaman di Kamar tidur:

Pada jendela kamar tidur ada 3 pot tanaman anggrek, yang satu pot berbunga lagi. Horee ini anggrek dendrobium, baru mulai membuka bunganya.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di Kamar Mandi:

Disini ada satu anggrek, crasula, kaktus dan Tradescantia Zebrina. Semua pot sudah diganti tanahnya dengan yang baru, saya berikan juga pupuk bentuk batangan.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di dapur:

Kebunku di Musim Gugur. Di Jendela dapur ini hanya ada kaktus dan tanaman mini ga tau mungkin palem

Di Jendela dapur ini hanya ada kaktus dan tanaman mini ga tau mungkin palem

Ruang tanaman:

Saya punya ruang khusus untuk tanaman dong (Pflanzenzimmer), disini saya taruh rak bunga dan ada miniatur rumah kampung. Umbi-umbi bunga yang sudah saya bongkar saya taruh diruang ini dulu, kalau sudah kering akan saya bungkus Koran dan simpan di gudang, tahun depan akan ditanam lagi.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sekarang mari keluar rumah. Ke balkon depan dulu yaย  ๐Ÿ˜‰ .

Di balkon depan ini ada satu tanaman tomat coklat, bunga lili, fingerhut, sempervivum di depan jendela dan lain lain banyak banget tanamannya hehe.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sekarang kita lihat balkon belakang yukk. Balkon ini lebih luas, jadi tanamannya pasti lebih banyak dong ๐Ÿ™‚ .

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Masih ada lagi, yang pedas-pedas nih ya ๐Ÿ˜€ .

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sisi lain balkon belakang

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Bulan depan sepertinya masih bisa update sekali lagi cerita mengenai tamanku, setelah itu tutup kebun deh :mrgreen: .

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

125 Comments

  1. yuyu
  2. Silvie
      • Silvie
  3. kasamago
  4. evy doloks
      • evy doloks
  5. arianimartini
  6. Angga Kusuma Nugraha
  7. Tina Latief
  8. Steven
  9. bemzkyyeye
  10. edy
  11. Rara
  12. Ria angelina
    • Ria angelina
    • Ria angelina

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: