Kebunku di Musim Gugur

loading...

Kebunku di Musim Gugur. Sahabat berkebun, tak terasa di tempatku sini sudah masuk musim gugur. Cuaca sudah sangat dingin tidak bersahabat lagi untuk berkebun. Setiap hari suhunya sudah dibawah 15 derajat celcius, selalu mendung, hujan dan angin kencang ๐Ÿ˜ฅ .

Ketika musim panas, matahari dikutuk-kutuk karena panas sekali, giliran sekarang, diminta datangpun sepertinya mataharinya ngumpet melulu ๐Ÿ˜€ . Disaat seperti ini, betapa saya ingin cuacanya tanah air tercinta, yang hangat sepanjang tahun. Bisa (puas) berkebun tanpa harus repot bongkar-bongkar tanaman karena cuaca dingin.

Saya sudah mulai memasukkan tanaman-tanaman ke dalam rumah, seperti kaktus-kastus sudah dari pertengahan September taruh rumah dan tanahnya sudah diganti dengan yang baru.Tanaman Cabe Habanero kalau malam saya masukkan rumah, karena jadi layu kalau kedinginan. Habanero adalah cabe terpedas nomer 2 iya kan? ๐Ÿ˜€ .

Baca juga: Kaktus dan Pemeliharaannya

Beberapa pot bunga gladiol sudah saya bongkar (masih ada 3 pot lagi), bunga dahlia masih bisalah diluar sampai pertengahan November, baru akan saya bongkar. Tugas bongkar membongkar tanaman masih banyak. Saya malah belum sempat menanam bibit-bibit bunga musim semi seperti tulip, krokus, daffodil, alium dll pusinggg banyak nian kerjaanku ๐Ÿ˜† .

Berikut ini saya perlihatkan koleksi tanamanku:

Dalam rumah dulu ya ๐Ÿ˜‰

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di Ruang tamu:

Di depan jendela (Fensterbank), lokasi bagus untuk tanaman-tanamanku, karena matahari pagi bersinar ke bagian ini. Kemudian beberapa pot bergerombol adalah tiga jenis kaktus, lalu ada Zamio Palme dan pohon kecil itu Dracenbรคume? Dikasih ibu mertuaku minggu lalu. Matahari pagi juga mengenai lokasi ini. Semua pot bagian ini sudah diganti tanahnya dengan yang baru, saya berikan juga pupuk bentuk batangan yang akan bertahan 3 bulan.

Tanaman di Kamar tidur:

Pada jendela kamar tidur ada 3 pot tanaman anggrek, yang satu pot berbunga lagi. Horee ini anggrek dendrobium, baru mulai membuka bunganya.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di Kamar Mandi:

Disini ada satu anggrek, crasula, kaktus dan Tradescantia Zebrina. Semua pot sudah diganti tanahnya dengan yang baru, saya berikan juga pupuk bentuk batangan.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Tanaman di dapur:

Kebunku di Musim Gugur. Di Jendela dapur ini hanya ada kaktus dan tanaman mini ga tau mungkin palem
Di Jendela dapur ini hanya ada kaktus dan tanaman mini ga tau mungkin palem

Ruang tanaman:

Saya punya ruang khusus untuk tanaman dong (Pflanzenzimmer), disini saya taruh rak bunga dan ada miniatur rumah kampung. Umbi-umbi bunga yang sudah saya bongkar saya taruh diruang ini dulu, kalau sudah kering akan saya bungkus Koran dan simpan di gudang, tahun depan akan ditanam lagi.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sekarang mari keluar rumah. Ke balkon depan dulu yaย  ๐Ÿ˜‰ .

Di balkon depan ini ada satu tanaman tomat coklat, bunga lili, fingerhut, sempervivum di depan jendela dan lain lain banyak banget tanamannya hehe.

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sekarang kita lihat balkon belakang yukk. Balkon ini lebih luas, jadi tanamannya pasti lebih banyak dong ๐Ÿ™‚ .

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Masih ada lagi, yang pedas-pedas nih ya ๐Ÿ˜€ .

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Sisi lain balkon belakang

(klik gambar untuk melihat ukuran besar)

Bulan depan sepertinya masih bisa update sekali lagi cerita mengenai tamanku, setelah itu tutup kebun deh :mrgreen: .

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

125 thoughts on “Kebunku di Musim Gugur

  • October 30, 2013 at 9:52 am
    Permalink

    mbaa tanamannya banyak sekaliiii.. semuanya mba nella yang urus itu tanamannya? ๐Ÿ™‚

    • October 30, 2013 at 3:16 pm
      Permalink

      Hehe iya aku sendiri yang urus, banyak bangett ya ๐Ÿ˜† .

  • October 25, 2013 at 2:49 am
    Permalink

    Jiaahhh ternyata sebanyak ini tanamannya, dari kemarin baca peritilan satu per satu setelah diliatin semua baru berasa banyaknya.. ga cuma di balkon Ka?

    • October 25, 2013 at 9:31 am
      Permalink

      Didalam rumah (ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dapur) ada tanaman juga spt anggrek, kaktus dan houseplants ๐Ÿ˜‰ .

  • October 24, 2013 at 6:43 pm
    Permalink

    Nel, aku mau tanya dooong.. Kalau anggrek itu perawatannya susah ga ya? aku kemarin liat anggrek di jual murah di Ikea, pingin beli tapi takut ga bisa ngerawatnya.. Butuh dikasih ini itu ga sih? atau cukup kena matahari sama dikasih air aja?

    Oh iya anggreknya yang udah mekar gitu ya yang dijualnya

    • October 25, 2013 at 12:26 am
      Permalink

      Klo menurutku ga susah merawatnya. Cuma butuh matahari dan disiram seminggu sekali, klo sudah dingin begini 2x seminggu siramnya, bisa juga potnya direndam diair selama 10 menit. Ada juga pupuk cair khusus anggrek. Oh ya potnya ko bisa yg transparat jadi akarnya bisa kena sinar trus potnya yg bolong bawahnya jadi kelebihan air bisa keluar.

      • October 25, 2013 at 8:44 am
        Permalink

        waa. siph siph makasih infonya. Kalau potnya ga bolong gpp kan ya? suamiku
        pasti melotot kalo liat becek2 dari anggreknya.. ahahaha

        • October 25, 2013 at 9:50 am
          Permalink

          Berarti gunakan 2 pot Be, ada pot dalam yg bolong trus pot luarnya ga bolong. Biasanya ada juga dijual tatakannya ko. Paling simpel tatakannya aku gunakan piring yg sdh jelek ๐Ÿ˜€ .

  • October 24, 2013 at 8:29 am
    Permalink

    cepat banget musim berganti ya kak. giliran kakak pengen iklimnya kayak di Indonesia, aku justru pengen merasakan musim gugur di Eropa ๐Ÿ˜€ “so marhasoan” kalau kata orang Batak hahah ๐Ÿ˜€ selamat musim gugur ya kak

  • October 23, 2013 at 4:55 am
    Permalink

    Tanaman yang didapur dan kamar mandi bagus banget. Potnya juga macem-macem, lucu ^^

    • October 23, 2013 at 11:35 pm
      Permalink

      Iya mbak, kalau ke toko lapar mata lihat pot yang unik-unik ๐Ÿ˜€ .

  • October 23, 2013 at 4:06 am
    Permalink

    Waaa…. saya ngecess liat kebunnya,… dulu kepingin pnya rumah yg ada halaman belakang dan halaman depan, karena bisa buat kebun mini, tapi apa daya, perumahan di jakarta yg luas gitu mahaalll,… jadi nggak punya halaman dehh

    • October 23, 2013 at 11:34 pm
      Permalink

      Saya juga ga punya halaman. Berkebun di balkon deh ๐Ÿ˜‰ .

      • October 24, 2013 at 3:37 am
        Permalink

        saya juga gak punya balkon mb nel, apa berkebun diatas atap aja yaaa ๐Ÿ˜†

  • October 22, 2013 at 5:08 pm
    Permalink

    Tanaman di kamar itu gak bahaya kak? Kan ada airnya gitu? Tp bgs semuanya.

    • October 22, 2013 at 5:36 pm
      Permalink

      Tanamannya dalam rumah ga perlu banyak disiram. Tanahnya kering ko, aku beli yang kemasan ๐Ÿ˜€ .

      • October 22, 2013 at 6:04 pm
        Permalink

        Oh gitu. Trus itu dipindahin kalo siang ya? .wah pengen dah kyk gitu. Eh kak si abang itu jail gak sihh? Tar tiba2 di patahin daunnya .wkwkwk.kali aja iseng.

  • October 22, 2013 at 12:43 pm
    Permalink

    Suka sekali dengan filosofi persiapan media di musim gugur, istirahat di musim dingin keseimbangan media yang terjaga. Salam berkebun Jeng Nella.

    • October 22, 2013 at 2:43 pm
      Permalink

      Salam berkebun juga bu Prih, makasih ya sudah mampir ๐Ÿ˜‰ .

  • October 22, 2013 at 7:07 am
    Permalink

    Rajinn benerr kk ini, tapi emang klo dah hobby pasti telaten ngerawatnya. Untung ada satu ruangan sendiri yah kak, jadi bisa nyimpen banyak tanemannya.. Disini skrg lagi mendung terus kak..

    • October 22, 2013 at 2:40 pm
      Permalink

      Mendung mau musim hujan ya?. Untung cerah nih ditempatku, semoga begini terus sampai winter ๐Ÿ˜‰ .

  • October 22, 2013 at 3:12 am
    Permalink

    Mbak nella, itu yang di meja namanya taneman apa?
    buat di meja ruang tamu ku juga kayanya okey deh…
    taneman indoor kan..

    • October 22, 2013 at 2:36 pm
      Permalink

      Hai Lia, tanaman yang gambar ini ya klik Namanya Syngonium Podophyllum white butterfly. Imut-imut tanamannya, bentuk daunya spt kuping gajah.

      • October 23, 2013 at 3:00 am
        Permalink

        iya lucu,,,,
        Syngonium Podophyllum white butterfly…
        kira2 tukang taneman tau gak yah,,,?

  • October 21, 2013 at 10:19 pm
    Permalink

    bunga-bunganya manis seperti lili iklan molto.. hehe kalau musim gugur tanamannya di masukin d’rumah kaca ya mba’? nunggu postingan pas winter pasti seru n damai palagi pas nanti desember ๐Ÿ™‚

    • October 22, 2013 at 2:32 pm
      Permalink

      Saya belum punya green house, paling ku taruh ruangan yg ada kaca besar jadi matahari bisa masuk dan kena tanamannya ๐Ÿ˜‰ .

  • October 21, 2013 at 11:05 am
    Permalink

    Nggak kebayang mesti ngebongkar tanem semua tanaman di rumah saya. Buat nyiram aja bisa sejam. Indonesia, iklimnya is the best. Ditinggalin aja tanemannya juga idup. Salut buat Mba Nella yang rajin merawat taneman segitu banyak.

    • October 22, 2013 at 2:27 pm
      Permalink

      Iyaaa puas deh ya berkebun di Indonesia. Paling pusing klo datang hama spt kutu ya ๐Ÿ™ .

      • October 24, 2013 at 4:41 am
        Permalink

        Iya, Melati saya kan ada kayak semacam ngengat putih. Awalnya saya diamkan karena nggak tega, eh nggak nyampe sebulan semua tanaman melati saya udah penuh sama mereka. Kalau kena serbuk putihnya, langsung gatal & panas. Jadinya saya terpaksa motongin semua terus diasapain & dibakar kutunya. Berhubung melati kuat, numbuh lagi kok.
        Pokoknya tiap ngeliat hama, langsung saya asepin. Habis nggak tau lagi gimana cara ngusir mereka. Belakangan malahan kompos dari daun bambu yang saya diserang rayap. Bingung….

  • October 21, 2013 at 7:57 am
    Permalink

    Indahny musim gugur, jd ingat pribahasa jepang. Hati wanita bagai langit di musim gugur.
    adem n asri bgt sis nela, jd bnyk inspirasi neh.

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  • October 21, 2013 at 4:46 am
    Permalink

    hadeeehhh, kk-ku ini green thumb sekali ya ๐Ÿ™‚ ini kalau ketemu sm mamak-ku, bisa rebutan lahan ! wkwkwkwk … bunga – bunga di balkon cerah ceria sekaliiiii … seger mata ngeliatnya ๐Ÿ™‚

    • October 22, 2013 at 2:24 pm
      Permalink

      Haha iya yaa rebutan lahan berkebun ๐Ÿ˜€ . Mamamu punya bunga apa saja Ev ? ๐Ÿ™‚ .

      • October 23, 2013 at 11:30 am
        Permalink

        bunga mawar putih … tapi mati. bunga mawar merah … juga mati. bunga yang putih – putih kecil, tapi gak tau apa namanya. mahkotanya itu cuma ada 5. bunga yg warnanya orange mirip terompet tapi ukurannya kecil. bunga bougenville pink ( satu – satunya yang tumbuh lebat ). sama tanaman yang daunnya hijau – hijau gitu deh ka ( gila, ketauan banget sih gue bukan cewek berkebun … wkwkwwk ) di dalam pot – pot semua ukuran. mulai dari yang kecil sampai segede gaban. hahaha …

  • October 21, 2013 at 2:22 am
    Permalink

    hahahahaaaa ๐Ÿ˜€ mulai bahagia kalo Si Mbak ini kesusahan. wekekekekk :p waduh kasihan mulai kerepotan ya Mbak?? import saya aja Mbak ke Jerman, ntar saya bantu.wah! susah juga kalotiap tahun ganti tanah. tapi kalo yang ngerti ilmu pertanian, sama aja kok Mbak!. Di Indonesia tanaman di pot juga harus ganti tanah, itu pun kalo akarnya udah over growth. kalo di Jerman kan pengaruh musim. ๐Ÿ™‚ waw.. cabenya nggak nahan!

    • October 22, 2013 at 2:06 pm
      Permalink

      Cabe ga nahan harganya rp.120-150rb makanya aku nanam sendiri ๐Ÿ˜€ .

      • October 23, 2013 at 6:15 am
        Permalink

        wah! kalo aku jualan di sana pulang bisa kaya mendadak kali ya Mbak!?? :p wekekek

  • October 20, 2013 at 6:17 pm
    Permalink

    rumahnya pasti seger ya kak, banyak tanaman…..
    btw, klo malem tanaman yg di dlm rumah dikeluarin gak ???

    • October 22, 2013 at 2:02 pm
      Permalink

      Kalau tanaman hiad dlm rumah ga pernah dikeluarin, spt kaktus, anggrek, palem dll. Pas musim panas sih kaktus2 bisa taruh luar.

  • October 20, 2013 at 4:38 pm
    Permalink

    Di mana bisa dapetin orang rajin kaya Mbak gini ya…
    Salut, bukan masalah pinter bercocoknya akan tetapi ketelatenannya…
    Seorang yang suka berkebun biasanya emang orang yang telaten…

    bagilah sedikit musim dinginnya Mbak…biar di Bali gak kepanasan ๐Ÿ˜†

    • October 20, 2013 at 5:46 pm
      Permalink

      Terima kasih Han. Wah aku malah pengen juga minta panasnya Indonesia hehe ๐Ÿ˜€ .

  • October 20, 2013 at 4:35 pm
    Permalink

    Selalu salut atas kecintaan mbak pd berkebun ini…
    Oh iya mbak, disini masih panas terus. Hujan hanya kadang-kadang. Jadi beginilah di bekasi belakangan ini…
    Salam,

    • October 20, 2013 at 5:45 pm
      Permalink

      Terima kasih mas Asa. Di Bekasi klo ga salah memang selalu panas ya mas? .

  • October 20, 2013 at 11:50 am
    Permalink

    Istri teladan pokoknya……pinter semuanya……jempol dua Mbak.

  • October 20, 2013 at 9:59 am
    Permalink

    Ternyata lahan yang terbatas luasnya jika tanamannya tertata dengan apik, tetap terlihat menawan ๐Ÿ™‚

  • October 20, 2013 at 9:55 am
    Permalink

    ternyata walau lahan sempit, tapi tanamannya ditata dengan apik terlihat jadi menawan yaa. kembangkan terus Mbak! ๐Ÿ™‚

  • October 20, 2013 at 8:26 am
    Permalink

    pengen deh buat jendela rumah kayak jendela dapur itu Nel, enak bisa taruh pot2 bunga kecil…,

    • October 20, 2013 at 10:37 am
      Permalink

      Iya kak jadi bisa taruh pot2 kecil untuk kaktus atau sukulen. Jendela2 disi ada semua tatakannya ๐Ÿ™‚ .

  • October 20, 2013 at 6:01 am
    Permalink

    Wah Mbak Nella rajin banget gantiin tanah secara berkala gitu. Ini aku mau pindahin cactus golden barell-ku aja masih malas, padahal potnya udah mulai kelihatan kekecilan ๐Ÿ˜€

    • October 20, 2013 at 10:34 am
      Permalink

      Kaktus yg bisa besar tuh ya Chris, klo punyaku sdh dikasih tanah baru, hanya setahun sekali kaktus2 diganti tanah baru ๐Ÿ™‚ .

      • October 20, 2013 at 2:47 pm
        Permalink

        Iya itu yang berbentuk bulat dan bisa lebih gede dari bola sepak, Mbak. Memang harusnya setahun sekali di-repotting sekalian ditambah pupuk supaya cepat gede.

  • October 20, 2013 at 5:05 am
    Permalink

    Iklim di sana memang menuntut para pecinta berkebun untuk benar-benar telaten ya, Mbak….
    Kalau di Indonesia sini mungkin adalah surganya para pecinta kegiatan berkebun, hehe…

    • October 20, 2013 at 10:32 am
      Permalink

      Iya di Indonesia ga ada deh acara bongkar2 kebun karena cuaca ๐Ÿ˜‰ .

    • October 22, 2013 at 1:54 pm
      Permalink

      Sepanjang banyak baca artikel perihal luar negeri, seriusan baru tahu kalo ada istilah bongkar-bongkar tanaman kebun diluar sana. Apa cuma budaya orang Jerman sono ato semua negeri yang memiliki 4 musim semacam Jepang gitu ga mba?

      • October 22, 2013 at 2:45 pm
        Permalink

        Klo punya taman, biasanya ga dibongkar, jadi umbi tanaman tetap dlm tanah, sampai musim berikutnya si tanaman tumbuh. Berhubung saya berkebun di balkon ya butuh banyak sekali pot klo tanaman tdk dibongkar ๐Ÿ˜€ .

  • October 20, 2013 at 3:43 am
    Permalink

    aiiss adem banget ngeliatnya kk
    walaupun repot bonkar2, tapi klo emang hobi pasti seneng kan ๐Ÿ™‚
    tapi kk, apa gak ada nyamuk atau semut ya naro taneman di dalem rumah?.

    Blog/url incredibleangga.net dihapus karena sudah tidak aktif lagi. Update 25.12.2015.

    • October 20, 2013 at 10:31 am
      Permalink

      Nyamuk cuma pas musim panas, ga banyak ko. Bulan lainnya ga ada nyamuk, mungkin karena disini dingin.

  • October 19, 2013 at 5:50 am
    Permalink

    Umbi-umbi bunga tuh biarpun setahun disimpen emang nggak mati ya Mba?

    • October 19, 2013 at 2:04 pm
      Permalink

      Hai akang. Ga mati ko umbinya, asal disimpan dalam keadaan kering dan terkena udara bisa tahan ko ๐Ÿ˜‰ . Umbinya istirahat sekitar 4 bulan trus ditanam lagi deh.

  • October 19, 2013 at 2:35 am
    Permalink

    musim gugur di jerman seperti itu ya taaman yag cocok di tanam..
    kalau di indonesia biasaya petani sibuk menyiapkan lahan, belum ditanami apa-apa..

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

    • October 19, 2013 at 2:02 pm
      Permalink

      Disini beberapa kali kulihat para petani sudah panen, mulai bongkar lahan dan siap-siap cuti selama winter ๐Ÿ˜€ .

  • October 19, 2013 at 12:14 am
    Permalink

    Kak Nella tanemannya banyak banget, cocok nih kalo ketemu mamahku suka banget berkebun sendiri gini juga dirumah.. Pasti dia mupeng deh liat taneman kak Nella banyak cantik2 lagi hahahaha :p

    • October 19, 2013 at 1:59 pm
      Permalink

      Hai Rere mamamu punya bunga apa saja? Ada anggrek dong? Trus apa lagi? ๐Ÿ˜€ .

      • October 19, 2013 at 10:15 pm
        Permalink

        Aku gak tau nama2nya kak hahahaha… Kalo bunda lebih banyak tanaman yang hijau2 gitu kak, kalo bunga2 kayanya dia jarang deh.. Tapi dia suka juga cuma belom sempat nanem mungkin, udah bingung mau taruh mana halaman rumah yg seiprit itu udah kaya hutan hahahaha

  • October 18, 2013 at 9:35 pm
    Permalink

    astaga naga…. banyak amat tanamannya di setiap sudut rumah pun ada. Saya yg cuma taruh di tempat jemuran setiap 1 minggu sekali siram aja bs 1 jam+, untung lah kaktus, tp ada bbrp pohon di pot jd tiap hari mesti 5-10mnt utk siramin. Gimana klo setiap sudut rumah ada, bs jd 2 jam -_-“.

    • October 19, 2013 at 1:58 pm
      Permalink

      Hahaha gileee ya. Saya ga siram tiap hari, ga ngurus tiap hari ko. Penyiraman ga tiap hari, ada yang seminggu sekali, ada yang 3 hari sekali. Jadwalnya ku tulis di selembar kertas.

  • October 18, 2013 at 3:41 pm
    Permalink

    Enak deh liat foto2nya. Hijau2 gitu mata jadi fresh hehe. Bunga dahlianya cantik banget <3

    • October 18, 2013 at 4:32 pm
      Permalink

      Hai AIko makasih ya. Iya nih segar lihat yang warna warni bunganya ๐Ÿ˜‰ .

      • October 19, 2013 at 5:09 am
        Permalink

        Aku cuma sekali dulu pas kecil nanem2 gitu. Pas disuruh tugas biologi nanem biji kecambah di gelas aqua hehe. Pengen nyoba nanem bunga deh. Maunya sih dahlia itu abis super cantiik

          • October 20, 2013 at 4:00 am
            Permalink

            Kayaknya semua orang projeknya sama ya hihi

  • October 18, 2013 at 9:50 am
    Permalink

    cabe habanero itu udah tergeser dr cabe terpedas di dunia lho mba Nella. yg terpedas sekarang itu Trinidad Scorpion Moruga Blend, stelah itu 7 pot Chocolate, Trinidad scorpion Butch Taylor, Red Bhut Jolokia dst termasuk sodaranya habanero sendiri yg namanya Red Savina. ada jg yg berasa citrus sperti Fatalii pedesnya sekelas red savina sekitar 300.000 SHU (Scoville Heat Unit).

    • October 18, 2013 at 3:48 pm
      Permalink

      Wahh sudah tergeser jauh dong ๐Ÿ˜€ . Saya ada karton cabe dari supermarket tertera skala kepedasan cabe, disitu tertera Habanero masih no. 2 sih. Berarti brosurnya ga update nih ๐Ÿ˜€ .

      • October 19, 2013 at 8:03 am
        Permalink

        iy berarti ga di update tu. saya jg punya tu madagascar jasmine (stephanotis floribunda). wanginya lebih manis dari melati

        • October 19, 2013 at 2:06 pm
          Permalink

          Iya wanginya kuat srkali ๐Ÿ˜‰ . Bunganya rapuh ya cepat rontok?. Punya saya belum berbunga lagi nih sejak dibeli, baru muncul daun2nya yang baru.

          • October 21, 2013 at 5:11 am
            Permalink

            di tempat saya bunganya ga rapuh mba, kecuali yg menguning

  • October 18, 2013 at 7:07 am
    Permalink

    Buanyak banget tanaman nya Mba.. seneng liat banyak tanaman dirumah yah, jd berasa segar terus ๐Ÿ˜€

    url bemzkyyeye.wordpress.com dihapus pemilik blognya update 07.01.2017

    • October 18, 2013 at 3:45 pm
      Permalink

      Saya ketularan orang-orang sini yang suka berkebun juga ๐Ÿ˜€ .

  • October 18, 2013 at 4:23 am
    Permalink

    Wah aq yang tinggal di Indonesia koq malah iri liat tanaman mbak Nelly yang subur dan terawat.
    Hehehehe…

  • October 18, 2013 at 3:53 am
    Permalink

    Seperti Green House aja jadi nx rumah mbak Nel, dimana2 banyak tanaman hampir disetiap sudut ditaruh.
    hehehehe…
    seribu lebih ya mbak tanaman nx pasti cape tuh ngurus nx, soalnya saya yg belum sampai 50 tanaman aja udh kerepotan ngurus semua tanaman saya ๐Ÿ™‚
    Oya mbak bibit Gladiol kiriman dari mbak Nel kemarin udah mulai tumbuh tuh, 1 bibit udh sekitar 20 cm low yg lain masih baru mengeluarkan tunas.
    trus biji sunflower n malve nx jg udh numbuh sekitar 5 cm, cuman sayang nx bibit malve nx banyak yg roboh ga bisa berdiri. ๐Ÿ™
    Kira2 kenapa ya mbak?
    klo Gluckskee br satu biji yg keliatan berkecambah.

    • October 18, 2013 at 3:44 pm
      Permalink

      Hai pak Edy, Gladiol kalau makin besar taruh tempat kena matahari langsung, kalau daunnya sudah berjumlah 7 helai, pegang bagian tengah deh, dari situ akan muncul bunganya. Sunflower dan Malve dan benih bunga lainnya yg ukurannya mini (kecil), biasanya saya tanam di tray penyemaian dulu. Klo mau simpelnya wadah aqua gelas, beri lubang bawahnya. 1 wadah bisa tanam 2 benih. Jika sudah 4 daun baru pindahkan ke wadah lebih besar.
      Glucksklee nanti banyak anakan tuh ๐Ÿ™‚ .

  • October 18, 2013 at 2:52 am
    Permalink

    Mbak nella,,,,
    itu disana kan taneman nya bongkar pasang,,,
    emang nya dana nya nggak meledak??
    kudu ganti taneman tiap musim??

    • October 18, 2013 at 3:40 pm
      Permalink

      Kan tiap datang musimnya lagi, tanam lagi. Misal nih musim gugur, siap-siap bongkar bunga musim panas spt lili, gladiol, dahlia dll, bersihkan anginkan2 umbinya, bungkus koran taruh gudang. Thn depan sekitar bulan maret keluarin lagi dan ditanam buat menyambut musim panas.
      Nah pas dekat winter ini keluarin tanaman (umbi) bunga musim semi dari gudang spt tulip, krokus, dafodil, alium dll, mulai tanam lagi dan akan mekar pas musim semi thn depan deh ๐Ÿ™‚ . Asyiknya bulbs flower ya bisa ditanam berulang kali tiap tahun.

      • October 21, 2013 at 3:32 am
        Permalink

        di rumah bunda aq ada bulbs bunga, warna nya merah (ga tau bunga apa, dapet ngambil dari kampus hehe)
        tapi setelah berbunga, bulbs nya busuk..
        apa ngaruh gara2 musim juga?

        • October 22, 2013 at 2:22 pm
          Permalink

          Klo busuk kebanyakan disiram tuh, atau kena hujan berhati-hati. Bunga dahliaku ada yg busuk gara2 kena hujan melulu dan aku malas pindahin potnya ๐Ÿ™ .

  • October 18, 2013 at 12:38 am
    Permalink

    Mbak Nella,,,banyak banget tanemannya ๐Ÿ˜€
    seger banget ngeliatnya

    • October 18, 2013 at 1:32 am
      Permalink

      Maklum saya kan *pengganguran banyak acara hehe jadi ngurusin tanaman deh ๐Ÿ˜€ .

  • October 18, 2013 at 12:03 am
    Permalink

    pernah diitungin gak total lu punya berapa tanaman? hehehe

    • October 18, 2013 at 1:00 am
      Permalink

      Ada 1001 kali ๐Ÿ˜† . Ga tau ga pernah ngitung ๐Ÿ˜€ .

  • October 17, 2013 at 5:52 pm
    Permalink

    Liat kebun + bunga2 nya inang yang satu ini jadi damai banget di hati, pasti orang nya sabar dan telaten ๐Ÿ™‚

  • October 17, 2013 at 5:13 pm
    Permalink

    waduh nel mantap betul tu bunganya, kalau di indo br mau masuk musim hujan jd cuacanya PUANAS BUANGET..!!
    tanaman pada mati kekeringan.

    • October 17, 2013 at 6:56 pm
      Permalink

      Hai Ria klo bulan akhiran -ber siap-siap musim hujan deh ya ๐Ÿ˜€ . Klo kering sebaiknya siram 2x dalam sehari, pagi-pagi sekali dan sore ๐Ÿ˜‰ .

    • October 18, 2013 at 9:58 am
      Permalink

      iya nie dah 3hr puanas buanget ni yogya.
      nel sebelah rumah dibangun buat rumah baru ya..

      • October 18, 2013 at 3:51 pm
        Permalink

        Iya itu ada yang bangun rumah. Aku potretin setiap ada perubahan. Disini bangun rumah harus sewa alat berat begitu (spt di fotonya).
        Yg ngerjain yg punya tanah dan 1 teman. Cuma berdua ngerjainnya soalnya tenaga tukang kan mahall ๐Ÿ˜€ .

    • October 18, 2013 at 4:52 pm
      Permalink

      wow mantap tenan.
      padahal dr luas tanahnya keliatanya kecil, tp sampai pakai alat berat gitu ya ampun.
      wah pernasaran seperti apa nanti rumahnya hehe.
      ntar aq ngintip kalau kau foto foto bunga di balkon.
      nel aku suka bunga yang ada didalam kamar mandi yg diatas rak itu. manis..

      • October 18, 2013 at 7:40 pm
        Permalink

        Katanya sih disini kalau bikin rumah ribet banyak aturannya, pokoknya dibuat sebaik mungkin sampai bisa bertahan dari generasi ke generasi ๐Ÿ˜€ . Tanah di gali entah berapa meter dalamnya, trus ditimbun kerikil, pasir, beton berlapis-lapis.
        Tanamn di kamar mandi itu nama latinnya Tradescantia zebrina, pas beli sekarat, dipelihara lama-lama subur ๐Ÿ˜€ .Itu tanaman gantung, kalau sudah panjang mau ku taruh pot gantung ๐Ÿ™‚ .

  • October 17, 2013 at 4:44 pm
    Permalink

    stephanotis itu bisa menghipnotis gak mbaa Nel hahaha *oot nih komen aku*

  • October 17, 2013 at 3:03 pm
    Permalink

    Tanamannya bagus, tapi apa gak pusing tuh ngurusnya??? 2 Minggu ini mama aku pergi ke medan buat kunjungi opung yang mau ultah akhir oktober ini, aduhhhh ngurusin kebunnya si mama yang kecil begitu aja aku udah kewalahan, suka lupa nyiram pula… Bah, gak kebayang kalau disuruh ngurus tanaman seperti yang eda punya. Salut deh…

    • October 17, 2013 at 3:28 pm
      Permalink

      Pusingnya kalau tanamanku kena hama, misal kutu. Nah baru pusing cara mengusir hamanya ๐Ÿ˜€ . Oh ya bilang mamamu (mungkin sudah tahu) di Pasar Berastagi banyak tanaman yang bagus dan harganya ga mahal loh ๐Ÿ˜‰ .

  • October 17, 2013 at 3:00 pm
    Permalink

    Mbak, postingan sebelum ini, yg ttg mr Frank, komennya dimatiin, ya? Hihi, sorry jadi OOT… ๐Ÿ™‚

    • October 17, 2013 at 3:26 pm
      Permalink

      Iya baginda ratu kolom komentar ga saya aktifkan hihi ๐Ÿ˜€ .

  • October 17, 2013 at 2:54 pm
    Permalink

    Mba, sampai kamar mandi aja ada yang nyempil ๐Ÿ˜€ tanamannya banyak bangettt, telaten banget ya Mba ๐Ÿ™‚ saluttt ๐Ÿ˜€

    • October 17, 2013 at 3:26 pm
      Permalink

      Tanaman2 tsb cocoknya ditaruh di kamar mandi hehe adem kali ya.

  • October 17, 2013 at 1:34 pm
    Permalink

    aisshhh… kereeen bgt mbak nella..

  • October 17, 2013 at 1:19 pm
    Permalink

    mirip rumah nyokap tapi kadang hobi bunga nyokap tabrakan dengan hobi ayam… udah kebayang donk carut marut daun tanaman

    • October 17, 2013 at 3:25 pm
      Permalink

      Kalau aku punya lahan sih asyik juga pelihara ayam, cuma ayam-ayam sukanya bongkar dan ngerusak tanaman tuh, bisa repot deh ๐Ÿ˜€ .

  • October 17, 2013 at 1:17 pm
    Permalink

    Lihat kebun ku penuh dengan tanaman hahahaha,,,, tanaman nya cantik cantiksemua nya mba. Btw,,,gak ribet y mb ngurusi tanaman segitu bnyk nya????

    • October 17, 2013 at 3:24 pm
      Permalink

      Tiap musim kan beda-beda bunga dan tanamannya, ribetnya kalau mau bongkar-bongkar ๐Ÿ˜€ tapi aku senang ko ngerjainnya ๐Ÿ˜‰ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: