Kebunku di Musim Gugur

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

125 Responses

  1. liamarta says:

    mbaa tanamannya banyak sekaliiii.. semuanya mba nella yang urus itu tanamannya? ๐Ÿ™‚

  2. Jiaahhh ternyata sebanyak ini tanamannya, dari kemarin baca peritilan satu per satu setelah diliatin semua baru berasa banyaknya.. ga cuma di balkon Ka?

  3. bebe' says:

    Nel, aku mau tanya dooong.. Kalau anggrek itu perawatannya susah ga ya? aku kemarin liat anggrek di jual murah di Ikea, pingin beli tapi takut ga bisa ngerawatnya.. Butuh dikasih ini itu ga sih? atau cukup kena matahari sama dikasih air aja?

    Oh iya anggreknya yang udah mekar gitu ya yang dijualnya

    • Klo menurutku ga susah merawatnya. Cuma butuh matahari dan disiram seminggu sekali, klo sudah dingin begini 2x seminggu siramnya, bisa juga potnya direndam diair selama 10 menit. Ada juga pupuk cair khusus anggrek. Oh ya potnya ko bisa yg transparat jadi akarnya bisa kena sinar trus potnya yg bolong bawahnya jadi kelebihan air bisa keluar.

      • bebe' says:

        waa. siph siph makasih infonya. Kalau potnya ga bolong gpp kan ya? suamiku
        pasti melotot kalo liat becek2 dari anggreknya.. ahahaha

        • Berarti gunakan 2 pot Be, ada pot dalam yg bolong trus pot luarnya ga bolong. Biasanya ada juga dijual tatakannya ko. Paling simpel tatakannya aku gunakan piring yg sdh jelek ๐Ÿ˜€ .

  4. Your garden is outstanding. Hugs, Barbara

  5. Messa says:

    cepat banget musim berganti ya kak. giliran kakak pengen iklimnya kayak di Indonesia, aku justru pengen merasakan musim gugur di Eropa ๐Ÿ˜€ “so marhasoan” kalau kata orang Batak hahah ๐Ÿ˜€ selamat musim gugur ya kak

  6. Tanaman yang didapur dan kamar mandi bagus banget. Potnya juga macem-macem, lucu ^^

  7. Waaa…. saya ngecess liat kebunnya,… dulu kepingin pnya rumah yg ada halaman belakang dan halaman depan, karena bisa buat kebun mini, tapi apa daya, perumahan di jakarta yg luas gitu mahaalll,… jadi nggak punya halaman dehh

  8. Tanaman di kamar itu gak bahaya kak? Kan ada airnya gitu? Tp bgs semuanya.

  9. prih says:

    Suka sekali dengan filosofi persiapan media di musim gugur, istirahat di musim dingin keseimbangan media yang terjaga. Salam berkebun Jeng Nella.

  10. Pypy says:

    Rajinn benerr kk ini, tapi emang klo dah hobby pasti telaten ngerawatnya. Untung ada satu ruangan sendiri yah kak, jadi bisa nyimpen banyak tanemannya.. Disini skrg lagi mendung terus kak..

  11. punyaliana says:

    Mbak nella, itu yang di meja namanya taneman apa?
    buat di meja ruang tamu ku juga kayanya okey deh…
    taneman indoor kan..

  12. yuyu says:

    bunga-bunganya manis seperti lili iklan molto.. hehe kalau musim gugur tanamannya di masukin d’rumah kaca ya mba’? nunggu postingan pas winter pasti seru n damai palagi pas nanti desember ๐Ÿ™‚

  13. Silvie says:

    Nggak kebayang mesti ngebongkar tanem semua tanaman di rumah saya. Buat nyiram aja bisa sejam. Indonesia, iklimnya is the best. Ditinggalin aja tanemannya juga idup. Salut buat Mba Nella yang rajin merawat taneman segitu banyak.

    • Iyaaa puas deh ya berkebun di Indonesia. Paling pusing klo datang hama spt kutu ya ๐Ÿ™ .

      • Silvie says:

        Iya, Melati saya kan ada kayak semacam ngengat putih. Awalnya saya diamkan karena nggak tega, eh nggak nyampe sebulan semua tanaman melati saya udah penuh sama mereka. Kalau kena serbuk putihnya, langsung gatal & panas. Jadinya saya terpaksa motongin semua terus diasapain & dibakar kutunya. Berhubung melati kuat, numbuh lagi kok.
        Pokoknya tiap ngeliat hama, langsung saya asepin. Habis nggak tau lagi gimana cara ngusir mereka. Belakangan malahan kompos dari daun bambu yang saya diserang rayap. Bingung….

  14. kasamago says:

    Indahny musim gugur, jd ingat pribahasa jepang. Hati wanita bagai langit di musim gugur.
    adem n asri bgt sis nela, jd bnyk inspirasi neh.

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  15. evy doloks says:

    hadeeehhh, kk-ku ini green thumb sekali ya ๐Ÿ™‚ ini kalau ketemu sm mamak-ku, bisa rebutan lahan ! wkwkwkwk … bunga – bunga di balkon cerah ceria sekaliiiii … seger mata ngeliatnya ๐Ÿ™‚

    • Haha iya yaa rebutan lahan berkebun ๐Ÿ˜€ . Mamamu punya bunga apa saja Ev ? ๐Ÿ™‚ .

      • evy doloks says:

        bunga mawar putih … tapi mati. bunga mawar merah … juga mati. bunga yang putih – putih kecil, tapi gak tau apa namanya. mahkotanya itu cuma ada 5. bunga yg warnanya orange mirip terompet tapi ukurannya kecil. bunga bougenville pink ( satu – satunya yang tumbuh lebat ). sama tanaman yang daunnya hijau – hijau gitu deh ka ( gila, ketauan banget sih gue bukan cewek berkebun … wkwkwwk ) di dalam pot – pot semua ukuran. mulai dari yang kecil sampai segede gaban. hahaha …

  16. hahahahaaaa ๐Ÿ˜€ mulai bahagia kalo Si Mbak ini kesusahan. wekekekekk :p waduh kasihan mulai kerepotan ya Mbak?? import saya aja Mbak ke Jerman, ntar saya bantu.wah! susah juga kalotiap tahun ganti tanah. tapi kalo yang ngerti ilmu pertanian, sama aja kok Mbak!. Di Indonesia tanaman di pot juga harus ganti tanah, itu pun kalo akarnya udah over growth. kalo di Jerman kan pengaruh musim. ๐Ÿ™‚ waw.. cabenya nggak nahan!

  17. rumahnya pasti seger ya kak, banyak tanaman…..
    btw, klo malem tanaman yg di dlm rumah dikeluarin gak ???

  18. Rumahnya pasti seger ya kak….
    btw, klo malam tanaman didalam rumah dikeluarin gak???

  19. Di mana bisa dapetin orang rajin kaya Mbak gini ya…
    Salut, bukan masalah pinter bercocoknya akan tetapi ketelatenannya…
    Seorang yang suka berkebun biasanya emang orang yang telaten…

    bagilah sedikit musim dinginnya Mbak…biar di Bali gak kepanasan ๐Ÿ˜†

  20. Titik Asa says:

    Selalu salut atas kecintaan mbak pd berkebun ini…
    Oh iya mbak, disini masih panas terus. Hujan hanya kadang-kadang. Jadi beginilah di bekasi belakangan ini…
    Salam,

  21. arianimartini says:

    Istri teladan pokoknya……pinter semuanya……jempol dua Mbak.

  22. annisarah says:

    Ternyata lahan yang terbatas luasnya jika tanamannya tertata dengan apik, tetap terlihat menawan ๐Ÿ™‚

  23. annisarah says:

    ternyata walau lahan sempit, tapi tanamannya ditata dengan apik terlihat jadi menawan yaa. kembangkan terus Mbak! ๐Ÿ™‚

  24. monda says:

    pengen deh buat jendela rumah kayak jendela dapur itu Nel, enak bisa taruh pot2 bunga kecil…,

  25. chris13jkt says:

    Wah Mbak Nella rajin banget gantiin tanah secara berkala gitu. Ini aku mau pindahin cactus golden barell-ku aja masih malas, padahal potnya udah mulai kelihatan kekecilan ๐Ÿ˜€

  26. Ditter says:

    Iklim di sana memang menuntut para pecinta berkebun untuk benar-benar telaten ya, Mbak….
    Kalau di Indonesia sini mungkin adalah surganya para pecinta kegiatan berkebun, hehe…

    • Iya di Indonesia ga ada deh acara bongkar2 kebun karena cuaca ๐Ÿ˜‰ .

    • Miftahgeek says:

      Sepanjang banyak baca artikel perihal luar negeri, seriusan baru tahu kalo ada istilah bongkar-bongkar tanaman kebun diluar sana. Apa cuma budaya orang Jerman sono ato semua negeri yang memiliki 4 musim semacam Jepang gitu ga mba?

      • Klo punya taman, biasanya ga dibongkar, jadi umbi tanaman tetap dlm tanah, sampai musim berikutnya si tanaman tumbuh. Berhubung saya berkebun di balkon ya butuh banyak sekali pot klo tanaman tdk dibongkar ๐Ÿ˜€ .

  27. Erit07 says:

    Wahh,repot juga ya mbak..

  28. Angga Kusuma Nugraha says:

    aiiss adem banget ngeliatnya kk
    walaupun repot bonkar2, tapi klo emang hobi pasti seneng kan ๐Ÿ™‚
    tapi kk, apa gak ada nyamuk atau semut ya naro taneman di dalem rumah?.

    Blog/url incredibleangga.net dihapus karena sudah tidak aktif lagi. Update 25.12.2015.

  29. abi_gilang says:

    Umbi-umbi bunga tuh biarpun setahun disimpen emang nggak mati ya Mba?

  30. Tina Latief says:

    musim gugur di jerman seperti itu ya taaman yag cocok di tanam..
    kalau di indonesia biasaya petani sibuk menyiapkan lahan, belum ditanami apa-apa..

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

  31. Rere says:

    Kak Nella tanemannya banyak banget, cocok nih kalo ketemu mamahku suka banget berkebun sendiri gini juga dirumah.. Pasti dia mupeng deh liat taneman kak Nella banyak cantik2 lagi hahahaha :p

    • Hai Rere mamamu punya bunga apa saja? Ada anggrek dong? Trus apa lagi? ๐Ÿ˜€ .

      • Rere says:

        Aku gak tau nama2nya kak hahahaha… Kalo bunda lebih banyak tanaman yang hijau2 gitu kak, kalo bunga2 kayanya dia jarang deh.. Tapi dia suka juga cuma belom sempat nanem mungkin, udah bingung mau taruh mana halaman rumah yg seiprit itu udah kaya hutan hahahaha

  32. Steven says:

    astaga naga…. banyak amat tanamannya di setiap sudut rumah pun ada. Saya yg cuma taruh di tempat jemuran setiap 1 minggu sekali siram aja bs 1 jam+, untung lah kaktus, tp ada bbrp pohon di pot jd tiap hari mesti 5-10mnt utk siramin. Gimana klo setiap sudut rumah ada, bs jd 2 jam -_-“.

    • Hahaha gileee ya. Saya ga siram tiap hari, ga ngurus tiap hari ko. Penyiraman ga tiap hari, ada yang seminggu sekali, ada yang 3 hari sekali. Jadwalnya ku tulis di selembar kertas.

  33. Aiko says:

    Enak deh liat foto2nya. Hijau2 gitu mata jadi fresh hehe. Bunga dahlianya cantik banget <3

  34. cabe habanero itu udah tergeser dr cabe terpedas di dunia lho mba Nella. yg terpedas sekarang itu Trinidad Scorpion Moruga Blend, stelah itu 7 pot Chocolate, Trinidad scorpion Butch Taylor, Red Bhut Jolokia dst termasuk sodaranya habanero sendiri yg namanya Red Savina. ada jg yg berasa citrus sperti Fatalii pedesnya sekelas red savina sekitar 300.000 SHU (Scoville Heat Unit).

  35. bemzkyyeye says:

    Buanyak banget tanaman nya Mba.. seneng liat banyak tanaman dirumah yah, jd berasa segar terus ๐Ÿ˜€

    url bemzkyyeye.wordpress.com dihapus pemilik blognya update 07.01.2017

  36. Wah aq yang tinggal di Indonesia koq malah iri liat tanaman mbak Nelly yang subur dan terawat.
    Hehehehe…

  37. edy says:

    Seperti Green House aja jadi nx rumah mbak Nel, dimana2 banyak tanaman hampir disetiap sudut ditaruh.
    hehehehe…
    seribu lebih ya mbak tanaman nx pasti cape tuh ngurus nx, soalnya saya yg belum sampai 50 tanaman aja udh kerepotan ngurus semua tanaman saya ๐Ÿ™‚
    Oya mbak bibit Gladiol kiriman dari mbak Nel kemarin udah mulai tumbuh tuh, 1 bibit udh sekitar 20 cm low yg lain masih baru mengeluarkan tunas.
    trus biji sunflower n malve nx jg udh numbuh sekitar 5 cm, cuman sayang nx bibit malve nx banyak yg roboh ga bisa berdiri. ๐Ÿ™
    Kira2 kenapa ya mbak?
    klo Gluckskee br satu biji yg keliatan berkecambah.

    • Hai pak Edy, Gladiol kalau makin besar taruh tempat kena matahari langsung, kalau daunnya sudah berjumlah 7 helai, pegang bagian tengah deh, dari situ akan muncul bunganya. Sunflower dan Malve dan benih bunga lainnya yg ukurannya mini (kecil), biasanya saya tanam di tray penyemaian dulu. Klo mau simpelnya wadah aqua gelas, beri lubang bawahnya. 1 wadah bisa tanam 2 benih. Jika sudah 4 daun baru pindahkan ke wadah lebih besar.
      Glucksklee nanti banyak anakan tuh ๐Ÿ™‚ .

  38. punyaliana says:

    Mbak nella,,,,
    itu disana kan taneman nya bongkar pasang,,,
    emang nya dana nya nggak meledak??
    kudu ganti taneman tiap musim??

    • Kan tiap datang musimnya lagi, tanam lagi. Misal nih musim gugur, siap-siap bongkar bunga musim panas spt lili, gladiol, dahlia dll, bersihkan anginkan2 umbinya, bungkus koran taruh gudang. Thn depan sekitar bulan maret keluarin lagi dan ditanam buat menyambut musim panas.
      Nah pas dekat winter ini keluarin tanaman (umbi) bunga musim semi dari gudang spt tulip, krokus, dafodil, alium dll, mulai tanam lagi dan akan mekar pas musim semi thn depan deh ๐Ÿ™‚ . Asyiknya bulbs flower ya bisa ditanam berulang kali tiap tahun.

  39. Rara says:

    Mbak Nella,,,banyak banget tanemannya ๐Ÿ˜€
    seger banget ngeliatnya

  40. Arman says:

    pernah diitungin gak total lu punya berapa tanaman? hehehe

  41. Liat kebun + bunga2 nya inang yang satu ini jadi damai banget di hati, pasti orang nya sabar dan telaten ๐Ÿ™‚

  42. Ria angelina says:

    waduh nel mantap betul tu bunganya, kalau di indo br mau masuk musim hujan jd cuacanya PUANAS BUANGET..!!
    tanaman pada mati kekeringan.

    • Hai Ria klo bulan akhiran -ber siap-siap musim hujan deh ya ๐Ÿ˜€ . Klo kering sebaiknya siram 2x dalam sehari, pagi-pagi sekali dan sore ๐Ÿ˜‰ .

    • Ria angelina says:

      iya nie dah 3hr puanas buanget ni yogya.
      nel sebelah rumah dibangun buat rumah baru ya..

      • Iya itu ada yang bangun rumah. Aku potretin setiap ada perubahan. Disini bangun rumah harus sewa alat berat begitu (spt di fotonya).
        Yg ngerjain yg punya tanah dan 1 teman. Cuma berdua ngerjainnya soalnya tenaga tukang kan mahall ๐Ÿ˜€ .

    • Ria angelina says:

      wow mantap tenan.
      padahal dr luas tanahnya keliatanya kecil, tp sampai pakai alat berat gitu ya ampun.
      wah pernasaran seperti apa nanti rumahnya hehe.
      ntar aq ngintip kalau kau foto foto bunga di balkon.
      nel aku suka bunga yang ada didalam kamar mandi yg diatas rak itu. manis..

      • Katanya sih disini kalau bikin rumah ribet banyak aturannya, pokoknya dibuat sebaik mungkin sampai bisa bertahan dari generasi ke generasi ๐Ÿ˜€ . Tanah di gali entah berapa meter dalamnya, trus ditimbun kerikil, pasir, beton berlapis-lapis.
        Tanamn di kamar mandi itu nama latinnya Tradescantia zebrina, pas beli sekarat, dipelihara lama-lama subur ๐Ÿ˜€ .Itu tanaman gantung, kalau sudah panjang mau ku taruh pot gantung ๐Ÿ™‚ .

  43. stephanotis itu bisa menghipnotis gak mbaa Nel hahaha *oot nih komen aku*

  44. BukuHarian says:

    Tanamannya bagus, tapi apa gak pusing tuh ngurusnya??? 2 Minggu ini mama aku pergi ke medan buat kunjungi opung yang mau ultah akhir oktober ini, aduhhhh ngurusin kebunnya si mama yang kecil begitu aja aku udah kewalahan, suka lupa nyiram pula… Bah, gak kebayang kalau disuruh ngurus tanaman seperti yang eda punya. Salut deh…

    • Pusingnya kalau tanamanku kena hama, misal kutu. Nah baru pusing cara mengusir hamanya ๐Ÿ˜€ . Oh ya bilang mamamu (mungkin sudah tahu) di Pasar Berastagi banyak tanaman yang bagus dan harganya ga mahal loh ๐Ÿ˜‰ .

  45. Mbak, postingan sebelum ini, yg ttg mr Frank, komennya dimatiin, ya? Hihi, sorry jadi OOT… ๐Ÿ™‚

  46. Mba, sampai kamar mandi aja ada yang nyempil ๐Ÿ˜€ tanamannya banyak bangettt, telaten banget ya Mba ๐Ÿ™‚ saluttt ๐Ÿ˜€

  47. ilmiy says:

    aisshhh… kereeen bgt mbak nella..

  48. mirip rumah nyokap tapi kadang hobi bunga nyokap tabrakan dengan hobi ayam… udah kebayang donk carut marut daun tanaman

  49. Lihat kebun ku penuh dengan tanaman hahahaha,,,, tanaman nya cantik cantiksemua nya mba. Btw,,,gak ribet y mb ngurusi tanaman segitu bnyk nya????

  50. adem banget liat rumah mbak nella ๐Ÿ™‚

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: