Kapan dan Bagaimana Cara Menyiram Anggrek Bulan yang Benar

Kapan dan Bagaimana Cara Menyiram Anggrek Bulan yang Benar. Gagal melulu merawat anggrek anggrek bulan (Phalaenopsis)?. Akarnya selalu busuk?. Anggrek jenis ini tidak suka terlalu banyak disiram, kapan kita perlu menyiramnya bisa dilihat dari warna akarnya.

Kapan dan Bagaimana Cara Menyiram Anggrek Bulan yang Benar

Hai pecinta anggrek, khususnya pemula anggrek, yang baru mulai merawat anggrek bulan saya ingin share mengenai tema kapan dan bagaimana mengetahui saat yang tepat untuk menyiram anggrek bulan supaya tidak busuk akar.

Menyiram anggrek bulan terlalu banyak bisa menyebabkan akar anggrek bulan busuk dan akhirnya mati. Tidak seperti kebanyakan tanaman rumah, anggrek harus disiram hanya ketika akan mulai kering.

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Semua anggrek bulan saya menggunakan pot transparan, jadi saya bisa melihat warna akar anggrek bulan saat butuh penyiraman.

Akar anggrek bulan (di bagian dalam pot) saat berwarna hijau artinya anggrek bulan punya cukup air dan belum ingin disiram. Saat akar anggrek bulan nya berwarna abu-abu/keperakan, nah saatnya anggrek bulan butuh air.

Jika kita menyiram anggrek bulan saat akarnya masih hijau, saat anggreknya belum butuh air, hal inilah yang sering sekali membuat akar anggrek bulan menjadi busuk (Root Rot).

Jika kamu menanam anggrek bulan bukan di pot transparan seperti yang saya gunakan, cara mengetahui apakah media sudah kering atau masih basah dalah dengan memasukkan 2 jari ke dalam media, raba media di bagian tengah nya, kalau terasa agak lembab tunggu sehari lagi baru menyiramnya

Tulisan Terkini

Video Kapan Menyiram Anggrek Bulan yang Benar Agar Tidak Busuk Akar

Saya tinggal di negara 4 musim, dan saya merawat semua anggrek secara indoor. Saat musim dingin anggrek bulan saya siram seminggu sekali atau sampai 10 hari sekali. Untuk anggrek di pot yang besar bisa sampai 14 hari baru saya siram, saya lihat bagian dalam akarnya, saat masih hijau berarti anggrek bulan masih belum butuh air.

Di luar musim dingin penyiraman anggrek bulan saya lakukan seminggu sekali, dan saat musim panas bisa saya siram dua kali dalam seminggu.

Apakah pagi, siang atau sore hari saat yang tepat menyiram anggrek?.

Biasanya saya menyiram anggrek dipagi hari untuk anggrek-anggrek indoor.

Kalau anggrek disiram pagi-pagi sekali, ada kesempatan hingga malam hari media anggreknya untuk kering (tidak terlalu basah/tidak terlalu lembab), kalau terlalu basah medianya akan menimbulkan jamur.

Saat musim panas, anggrek yang tahan panas saya taruh luar rumah, seperti jenis anggrek Dendrobium, Cattleya.dan Vanda.

Kalau ditaruh diluar rumah, mirip seperti di Indonesia. Kalau di Indonesia dari yang saya baca di forum anggrek, saat tepat menyiram anggrek katanya disore hari, mulai jam 5 atau jam 6 sore, saat mataharinya sudah tutun/terbenam, dan sinar mataharinya tidak mengenai langsung anggreknya.

Pada sore hari mulai jam 5 atau jam 6 stomata daun tanaman mulai terbuka. Jadi penyerapan airnya lebih baik, penyerapan pupuk juga jadi lebih baik.

Penyiraman anggrek jam 8 atau jam 9 malam juga bisa, cuma kalau anggrek kita banyak sekali, apalagi punya anggrek yang digantung dipohon-pohon, siram anggrek sendirian, saya ko serem juga membayangkannya haha.

 

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Di tempat saya sini di Jerman, kalau sudah masuk musim panas, terangnya lebih lama. Sampai jam 10 masih agak terang. Jadi saya siram anggreknya jam 8 malam.

Apakah pagi hari boleh menyiram anggrek?. Boleh, asal pagi buta/dini hari. Jam 4-5 pagi, saat matahari belum bersinar, bisalah kita siram anggrek, jadi ada kesempatan media tanam anggrek agak kering sebelum matahari bersinar.

Kalau kalian punya anggrek yang daunnya hitam gosong, penyebabnya adalah, saat kita siram anggrek, airnya terkena daunnya, lalu airnya tidak kering hingga matahari bersinar, dan sinar mataharinya mengenai daun anggrek yang masih basah, sehingga daun anggrek menjadi busuk menghitam, jika tidak ditanggani segera, bisa menular ke daun sehat di dekatnya.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Kapan dan Bagaimana Cara Menyiram Anggrek Bulan yang Benar, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Advertisements

4 Comments

  1. Titik Asa March 25, 2020
  2. bluepurplegarden March 24, 2020
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: