June 4, 2020

Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted

Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted. Sebenarnya malu jugalah mau cerita urusan dapurnya (duit maksudnya 😀 ) blog saya ini, wong dapatnya tidak seberapa, nanti dikira pamer 😀 .

Namun siapa tahu ada yang kepo (penasaran), termasuk pernah ditayain dua teman bloger, atau ada yang ingin coba memonetasi blog kamu, semoga pengalaman saya ini bisa dijadikan gambaran kasarnya ya.

Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted

1.Trafik Blog Menurun Tajam

Dari tahun 2009 sampai September 2016 saya ngeblog di wordpress.com, lalu pada bulan Oktober 2016 saya pindah pindah ke self hosted. Kenapa saya memutuskan pindah ke self hosted?. Karena 2 tahun lalu para bloger yang kukenal pada pindahan juga, yang konon katanya lebih baiklah sejak di self hosted. Buat saya arti “lebih baik” adalah lebih baik dari segi trafik dan dari segi uang yang didapatkan dari blog dong.

Yang bingung bisa baca: Perbedaan wordpress.com dan self hosted (wordpress.org)

Ternyata blog saya malah hancur-hancuran trafiknya, kehilangan trafik harian sampai 60%. Selama 1,5 tahunan galau kenapa dengan trafik blogku yaa, lalu pindah hosting lagi, dan naik trafiknya sekitar 30%, sampai sekarang mentok segitu angkanya 😀 .

Tetap masih penasaran, apakah hanya blog self hosted saya yang menurun tajam trafiknya?, apakah yang ngeblog di wordpress.com tetap bagus angkanya?, apa sebaiknya saya balik lagi ke wp.com kali ya?, tapi kalau balik hanya bisa pasang wordads, dan tuh platform monetasi hasilnya jelek banget sejak Feb 2016.

Saya kepoin 2 blog yang saya pikir tinggi trafiknya (dilihat dari banyak yang komen). Bisa tahu trafik kedua bloger ini karena mereka pajang stat blog di halaman depan. Saya catat angkanya dan tunggu sampai 24 jam kemudian.

Satu bloger karena punya banyak follower dan nulis setiap hari tidak heran ya angkanya bagus 3000 an pageviews/hari, namun tidak tahu sih trafik bagus, apa hasil wordas nya juga bagus/tinggi?.

Satu bloger lagi, kaget saya, ha masah sih sedikit itu?, beneran shock saya dibawah 1.000?, saya kira trafik bloger ini jauh diatas saya loh!, sampai saya coba tungguin beberapa hari trafiknya, mungkin lagi error pikir saya, eh ternyata stabil angka memang segitu.

Akhirnya ya saya sadar ternyata bukan hanya blog saya yang menurun tajam trafiknya. Setelah galau berkepanjangn, riset sana sani, baca berbagai blog bahasa Indonesia dan bahasa asing, akhirnya ketahuan penyebab trafik anjlok, adalah algoritma google!. Kalau penasaran mengenai algoritma google, silakan google saja, banyak sekali artikel yang sudah membahasnya.

Baca juga: 10 Cara Jitu Memilih Hosting yang Tepat

2.Monetasi melalui iklan Wordads (wordpress.com)

Selain trafik yang menurun, alasan kedua kepindahan saja adalah karena hasil pendapatan dari Wordads sudah tidak bisa diharapkan lagi. Wordads ini tidak transparan memberikan hasil monetasinya, kita hanya pasrah dikasih tahu sekian impressi (iklan terpasang) dan sekian dapat duitnya.

Iklan wordads ini bukan berdasarkan jumlah klik dapat duitnya, melainkan berdasarkan jumlah impressi (iklan terpasang) saya juga tidak tahu apakah kalau ada pembaca yang klik iklannya maka akan dapat tambahan duit?.

Logikanya semakin tinggi trafik semakin banyak iklan akan terpasang dong?. Tidak juga, karena setiap blog beda-beda kan isinya, berbeda nichienya, berbeda target pembacanya, berbeda mayoritas negara yang baca blognya dan berbeda pemasang iklannya.

Jadi tergantung ke si pemasang iklannya, apakah mau pasang iklan di blog kita atau tidak. Menurut saya percuma membandingkan ko blog A impressinya kecil kenapa malah dapat duit jauh lebih banyak?, dan kenapa blog trafik tinggi hasil WA nya sedikitl?. Mungkin nichie blog/tulisannya disukai pemasang iklannya, makanya bisa suatu blog dapat duit dari WA lebih banyak.

Target pembaca juga menjadi salah satu faktor besar kecil uang yang didapat. Kalau blogmu mayoritas pembacanya di Asia (misal Indonesia) ya bakalan kecil sekali dapatnya, dibandingkan kalau dapat pembaca asal Amerika atau Eropa. Kenapa beda? karena pemasang iklan asia ya beda kan budget iklannya dengan yang di Amerika dan Eropa.

Saya memasang 2 monetasi di blog saya ini. Dulu saat masih di wordpress.com hanya boleh pasang iklan dari wordads saja. Nah sejak pindah ke self hosted, bebas mau pasang iklan dari mana saja, termasuk iklan wordadsnya masih bisa jalan.

Oh ya waktu pindahan dulu ke self hosted, upload ulang plugin Jetpack dan adcontrol, lalu muncul akun wordads baru gitu. Saya tanyalah apa bisa duitnya dipindah dari yang sudah kekumpul di wordpress.com ternyata bisa ko, jadi dipindahlah duitnya 70 euro ke blog self hosted saya. Untuk jetpack saya tetap terhubung dengan id wordpress.com saya.

Bagi yang berminat ikutan wordads ini, setahun terakhir susah sekali diterimanya (hasil pengamatan yang nanya-nanya di forum Bahasa Inggris dan Indonesia). Trafik blog yang jadi kendalanya.

Saya kadang mampir ke forum wordpress.com english banyak sekali yang tergiur mau memonetasi blognya dengan pasang Wordads, tapi trafiknya itu loh. Masah yang 100-500 pageviews sehari berani nanya bagaimana daftarnya?. Blog yang punya trafik 1.000-2.000 an aja pada ditolak.

Punya pageviews 40rb-50rb an/bulan aja hanya dapat kisaran 4-5 usd lah bagaimana blog yang trafiknya lebih rendah, masah rela dapat setengah dolar/bulan?. Harus kumpulin bertahun-tahun buat minimal pencariannya yang 100 usd.

Mulai hancur pendapatan wordads ini di bulan Februari 2016. Januari 2016 saya masih dapat 70 usd, itu penghasilan tertinggi saya dapat dari wordads, lalu Februari 2016 dapat 19 usd, Maret dapat 14 usd dan bulan April 2016 terjun bebas dapat 4 usd haha parah!.

Agustus 2016 dapat 15 usd, dan bulan lainnya sampai sekarang stabil sekitar 4-6 usd. Eh pernah dapat cuma 2 usd gila bener, nih paling parah deh! Haha.

Kalau kamu ngeblog di wordpress.com sudah punya domain sendiri dan mau ikutan WA sekarang susah sekali diterimanya, karena diperlukan trafik yang tinggi. Kalau sudah ada 100rb an total pageviews sebulan silakan dicoba daftar wordads disini https://wordads.co/signup/ . Kalau mau baca-baca FAQ nya silakan https://wordads.co/faq/ .

Kalau trafik sudah tinggi dan masih tetap di php-in wordads alias digantung statusnya (belum diterima), kamu bisa upgrade wordpress.com mu atau jetpack ke paket premium (biaya nya 99 euro/tahun = Rp.1.585.000) dengan paket premium ini tidak akan di php-in lagi loh, jadi iklan otomatis akan muncul di blogmu dan blogmu otomatis diterima program wordadsnya.

Upgrade ini termasuk bisa untuk blog self hosted ya (harus punya id wp.com), jadi upgrade-lah jetpackmu ke premium kalau merasa punya trafik blog yang tinggi.

Bagi yang mau membandingkan paket wordpress.com gratis, personal, premium dan profesional silakan baca https://jetpack.com/pricing/ . Ada lagi paket yang biayanya Rp. 5 juta berbulan, tidak masuk di daftar tersebut. Paket 5 juta itu sih buat bloger kelas kakaplah menurutku hehe 😉 .

Bulan Februari 2018 saya upgrade paket ke premium. Sebenarnya iklan wordads sudah terpasang diblog saya sejak tahun 2013, namun karena saya penasaran dengan berbagai kelebihan fitur Jetpack premium, maka saya ingin mencobanya.

Alasan saya berani upgrade dari Jetpack gratisan ke paket premium:

-Penasaran dengan fitur-fitur premium, jetpack.com/features/comparison

-Saya mikirnya, mungkin kalau pakai premium jatah iklan akan lebih banyak? yang artinya pendapatan blog akan meningkat?.

-Apakah nilai iklan jetpack yang premium lebih tinggi nilainya?

-Apakah rangking artikel blog akan lebih baik lagi di mesin pencari (jadi trafik meningkat), karena adanya fitur SEO blog?.

-Baca pengalaman para bloger yang pakai jetpack premium ini, mereka share pengalaman di forum wp.com Indonesia, wah dapat duitnya tuh gede banget, kalau dapat 50-60 euro per bulan, maka dalam 2-3 bulan saja balik modal loh! biaya paket tahunannya.

Mereka yang dapat duitnya besar dari program wordads ini sih memang yang trafiknya tinggi, ada yang pageviewsnya 150rb an per bulan atau 1 juta per bulan, sedangkan saya? Jauuuhh bo haha hanya dikisaran 39rb-50rb pageviews per bulan.

 

Saya pakai premiumnya di bulan Februari 2018 berarti hasil wordadsnya muncul di bulan Maret. Saya hanya aktifkan iklan dibawah postingan (single ads). Tahun 2013 dan tahun 2016 pernah pasang triple ads (iklan banner diatas/header, samping blog dan bawah artikel), ternyata hasilnya pendapatannya beda tipis sekali.

Impressi (iklan terpasang) memang jadi banyak, bisa 2-3x lipat, namun penghasilannya tidak beda jauh antara single ads dan triple ads, termasuk saya pernah menanyakan langsung mengenai hal ini ke bagian support wordadsnya.

Penjelasan mereka kalau iklan yang dibawa artikellah yang memberikan kontribusi terbesar, kalau ada yang masuk/buka artikel kita, namun baru separuh langsung tutup artikelnya, berarti iklan dibawah artikel tidak dilihat, maka si pemilik blog tidak mendapat apapun. Padahal kan iklan di header atas dan di widget/samping blog paling eye catching/terlihat pengunjung ya, sayangnya iklan dibawah artikelah yang bayarannya paling besar.

 

PERIODEARNINGSADS SERVEDSTATUS
06-2018$4.1886,309Unpaid
05-2018$6.06127,322Unpaid
04-2018$6.85208,332Unpaid
03-2018$6.98227,415Unpaid
02-2018$5.1276,787Unpaid
01-2018$4.6448,175Unpaid
12-2017$4.4628,692Unpaid

 

 

Dibulan des 2017 dan Januari 2018 penghasilan WA saya sekitar 4 usd, dengan impressi seperti terlihat di tabel. Impresi Januari naik pesat, namun penghasilannya beda tipis dengan bulan Desember 2017.

1 Februari saya mulai pasang Jetpack premium, impresi naik sekitar 51%, namun duitnya hanya naik 0,47 cent. Pada bulan Februari tersebut, saya mau tes pasang triple ads lagi, sebenarnya tidak beneran triple, iklan di widget (sisi kanan) saya non aktifkan, karena saat itu ada saya pasang Google Adsense, jadi WA nya di bagian atas/header dan dibawah artikel.

Pemikiran saya bener dong, ternyata yang pakai Jetpack premium ini dapat jatah iklan lebih banyak, terlihat dibulan Februari yang meningkat impresinya, apalagi mulai Maret hampir naik 3x lipat impresinya, sayangnya tidak diiringi dengan meningkatnya penghasilan yang signifikan. Impresi naik 3x lipat, uangnya hanya nambah 1,86 usd.

Saya kecewa dengan hasil dibulan Februari, sudah pasang dobel iklan dapatnya seiprit begitu, lalu saya kembali ke single ads lagi (pasang dibawah artikel saja). WA kasih laporan tidak tentu, kadang tepat waktu tengah bulan, seringnya molor ke akhir bulan. Nah jadi Impresi bulan April 2018 itu tetap tinggi, karena saya non aktifkan triple adsnya sudah hampir akhir bulan Maret.

Ada yang perhatikan tidak, kalau setahun terakhir iklan WA dibawah artikel jadi dobel?. Setahun pertama di self hosted, iklan saya hanya satu, nah ko para bloger lain iklannya dobel (ada 2) dibawah artikel.

Saya kira yang dapat dobel hanya pengguna wordpress.com dong, ya sudahlah pasrah terima. Cuma sempat mikir kalau dobel iklannya apa dobel dapat duitnya? 😀 . Eh saya dapat masalah yang komen di blog saya ko pada tidak muncul komennya, sayapun saat blogwalking, sering komen saya masuk spam, atau tidak muncul. Saya lapor ke support wordpress, disuruh ini itu, termasuk debug wp saya.

Saya dikasih kode apaan, lupa yang disuruh dimasukin ke htaccess hosting, ajaib sejak saat itu iklan dibawah artikel saya jadi dobel haha. Bloger lain iklannya 2 nah loh ko punya saya jadi 4 iklannya.

Dapat sesuatu yang baru, seru aja pengen tahu lagi dong, nih bakalan menguntungkan atau tidak, kalau tidak menguntungkan saya mau minta kurangi iklannya. Saya tes lah satu bulan pada September 2017. Hasilnya keluar dibulan Oktober 2017, horeee naik 2x lipat duitnya, sebelumnya dikisaran 5 usd, jadi 10 usd girang bangetlah saya.

Termasuk impresi iklan naik 2x lipat. Ternyata naik duitnya hanya bertahan 2 bulan, entahlah apa memang saat itu nilai iklan lagi tinggi, atau pada akhirnya wp nya sadar ada yang tidak beres diblog saya haha.

Maka dibulan Desember 2017 kembali lagi penghasilan WA ke kisaran 4 usd dan impresinya nurun drastis, padahal masih tetap terpasang 4 iklan loh. Jadi saat itu tidak melulu iklan WA nya tampil. Sampai sekarang sih, sering saya lihat diblog lain saat bw, yang iklannya hanya iklan wordpress.com, artinya tidak ada iklan, artinya si pemilik blog tidak dapat duit tuh.

Pokoknya kecewalah dengan WA ini, jadi saya cari tahu bagaimana cara mengurangi iklan WA yang dari 4 biji, mau normal saja 2 bijilah. Enak dipemasang iklan, ya rugi disaya dong haha.

Terjawab sudah penasaran saya mengenai paket Jetpack premium ini, hasilnya memang mengecewakan, namun kalau saya tidak tes sendiri, ya tidak bakalan tahu, dan tetap penasaran kan.

Dengan modal biaya paket Jetpack premium yang 99 usd pertahun, tidak akan balik modal dalam setahun, karena blog saya hanya dapat dikisaran 5-6 usd, ya nyaris 7 usd gitu. Tahun depan tidak saya perpanjang lagi paket premiumnya.

Blog saya isinya campursari, bukan hanya satu nichie yang dibahas. Entahlah apakah blog yang satu topik saja dibahas, akan memberikan hasil monetasi WA yang lebih baik?. Silakan share pengalaman kamu ya di kolom komentar.

Ternyata pakai Jetpack premium tidak menjamin juga keanggotaan lancar jaya, ada pula yang di banned tahun 2018 ini 🙁 dengan tuduhan trafik bukan dari manusia. misalnya topic/wordads di banned .

 

Berhubung postingan ini sudah terlalu panjang, akan saya buat bagian keduanya mengenai penghasilan dari Google Adsense (GA). Singkatnya pengen bilang kalau hasil dari GA sedikit lebih baik dibandingkan wordads (WA), dari Adsense saya bisa dapat 2,5 kali lipat dari WA.

Ada penasaran saya yang lain, yakni apakah wort it beli premium nya YOAST?  😀 . Belum lama ini ada diskonan 20%, cuma ya saya mikir kelamaan, mungkin coba tahun depan deh.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

44 thoughts on “Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted

  1. Wah, saya lagi tertarik untuk monetasi blog, baca ini jadi mikir lagi hehe.
    Padalah kalau dilihat ribuan views itu banyak ya, Bu tapi dapatnya kecil sekali :/

    Trims infonya, Bu! 🙂

  2. Ahh ini mewakili yang ada di pikiran saya hehehe *tosss

    Dulu saya pakai domain sendiri, hosting sendiri (wordpress.org), dll, tujuannya pingin monetize blog…
    Tapi hasilnya tidak sesuai harapan 😀

    Akhirnya saya coba evaluasi diri, apa sih yang saya inginkan dari ngeblog? Ternyata setelah saya kerucutkan, saya hanya ingin bisa rajin menulis bagus. Ya sudah, akhirnya saya balik ke wordpress.com 😀

    Salam hangat dari Cepu-Jateng 🙂

  3. walah ternyata upgrade ga pengaruh yah.
    Kalau mau nutup akun supaya sisa saldo cair bisa ga mba? kalau bisa bagaimana caranya?
    saya ada saldo sekitar $50 soalnya tapi udah ga pasang wordads lagi

    semenjak hasilnya ga bisa diprediksi saya pilih copot semua WA dari blog & pernah ada satu akun jetpack baru malah dapat undangan buat gabung ke WA tapi saya abaikan 🙂 karena hasilnya udah ga bisa diharapkan lagi.

    Kalau dulu dari 1 blog bisa gajian tiap bulan, tapi lama2 makin ancur 🙁

    1. Hai Adit, hubungi supportnya di link ini: https://wordpress.com/help/contact . Saya lupa deh minimal brp bisa dicairkannya, coba tanya aja. Bener banget jelek banget penghasilan WA, dari pasang triple ads dan single tetap aja ga ngaruh banyak, bahkan saya coba upgrade premium jetpack ternyata beda tipiss banget dapatnya, padahal saya bayar hampir 1,5 juta kalau dirupiahkan, pas habis setahun saya ga perpanjang lagi premiumnya, ga nutup modalnya hehe 😀 .

  4. lagi trending nih pembahasan migrasi blog ke selfhosted. Aku masih belum kepikiran karena ngeblog belum maksimal, takutnya entar cuman bayar tagihan mahal pertahunnya tapi blog malah aku anggurin hihi. Mungkin kedepannya kalau udah traffic ribuan perhari bakal mikir buat selfhosting. Thanks for sharing mba

    1. Hai Hendri, pada wp.com yang gratisan memang kadang-kadang muncul iklan, namun pemilik blog tidak mendapatkan uang dari iklan tersebut. Hasil iklannya dipakai wordpress.com untuk membayar tagihan perusahaan mereka, makanya bisa pakai gratis 😀 ; termasuk membayar tenaga kerja wp.com nya dari hasil iklan. Bisa baca lebih lanjut di display advertisements on your blog.

      Barusan saya lihat link tsb tidak ada iklannya. Mengenai untuk upgrade atau tidak silakan baca pengalaman saya dg Wordads di link yang dikoementari ini –> https://wp.me/p82pvP-7I7 . Nanti bisa ambil kesimpulan apakah worth it atau tidak untuk upgrade 😉 .

      Maaf baru balas, baru buka blog lagi.

  5. Amatan Jeng Nella jeli dan rinci sekali. Kalau statistik saya jalan di tempat hehe..
    Namun girang kalau blogstat dan kinerja WA para sahabat ngeblog bagus. Terima kasih sharingnya.

    1. Hai Girindra, kalau aku sih ga jadi nyesel pindahan, trafik anjlok dialami banyak bloger karena ada algoritma google. Dg di self hosted ini jadi lebih leluasa untuk monetasinya, kalau di wp.com hanya bisa pakai wordads aja. Jangan berkecil hati Girindra, nichie blogmu bagus banget ko, aku spt skrg ini karena sdh ngeblog sejak thn 2009. Tetap konsisten nulis, sambil lihat topik atau keyword yang tinggi masuk ke blogmu dan bikinlah bbrp postingan dg keyword tsb.

      Sdh daftarin blogmu di Google Search Console?. kalau sudah dari situ bisa lihat 5 keyword tertinggi masuk ke blogmu. Cara baca keyword tertingggi blog kita bisa baca postinganku ini https://wp.me/p82pvP-7zr . Postingan di link itu salah satu keyword tertinggi masuk ke blogku, sblm ada tulisan tsb aku hanya sempat menuliskan sekilas/satu kalimat ttg youtuber ini. Aku lihat keyword search console dan kubikin tulisan ttg youtubers tsb, sampai skrg keyword dan postingan tsb adalah salah satu penyumbang trafik dan banyak dibaca pengunjung blogku. Nah itu salah satu tips untuk naiikin trafik kita 😉 .

  6. waaahhh. aku masih jauh lah ya mbak mau pasang. wong trafik cuma 300 aja sehari. hahahaha.

    Tapi yang aku lihat iklan ini emang gak terlalu gede ya mbak. padahal trafiknya harus tinggi. Rasanya lebih menguntungkan sponsor post. Biasanya mereka hanya menargetkan trafik di atas 3000 aja per bulan udah bisa ikutan. Dan pembayarannya pun lumayan.

    1. Hai Niee, hasil dari iklan memang ga sebandinglah dg trafik kita. Makanya utk blog dg trafik tinggi, klo blogernya kesel, kadang2 di hapus dulu iklannya 1 1-2 minggu atau sebulanan, karena hasilnya minim banget. Heheh iyalah aku demen tuh sponsor post, dapatnya jauuuuhhh bangettlah dibandingin iklan monetasi, tp klo aku belum tentu setahun seklai dapat tawaran, dan ga nyari juga hehe 😀 .

  7. Wah percobaannya detail mbak, menarik liat dari sudut pandang user individual. Aku kemarin lebih ngulik data adwords untuk company, ROInya rata2 naik kalau adsnya naik. Tapi untuk user yang jadi platform adsnya malah ga gitu significant ya

    1. Hai Laura, saya pernah bbrp waktu lalu pakai adword, dapat kupon beriklan 25 euro dapat 75 euro. Kalau belakangan ini banyak kupon yg tinggi spt beriklan rp.450rb dpt segitu juga, nah tuh terlalu besar nilainya yg dikeluarkan, walaupun nantinya kembali sih hehe 😀 . Waktu itu saya beriklan utk saluran youtube yg baru bikin, bener pasti trafik/viewnya cepat naik klo pakai adword, sedangkan utk pemilik saluran yg dipasangi iklannya, dapatnya kecil bangett hehe 😀 .Saya ngulik data wordadsnya detail, krn mikirnya klo hasilnya ga sebanding dg yg saya bayar, ya saya ga mau lanjut lagi pakai jetpack premium ini, ternyata ya beneran rugi bandar buat trafik blogku haha.

  8. Aku kok ya malah lebih tertarik sama keywords daripada trafik … Mending 30 pembaca yang sasarannya ngena dan engagement tinggi daripada 3000 pengunjung yang “numpang lewat”. Tapi itulah mungkin kenapa aku engga cocok buat monetising blog, ha ha. Engga ada jiwa bisnis samsek.

    Kalau diperhatikan berdasarkan history, rutinitas posting juga penting, malah hal no. 1 yang mempengaruhi trafik (in my experience, anyway). Setelah periode waktu blog engga ke-update, trafik yang masuk palingan banter-banternya 500an, tapi pas rajin-rajinnya nge-blog (minimal satu post per minggu), trafiknya bisa berkali-kali lipat. Jadi tambah kesimpulannya mending hanya monetise blog kalau memang siap konsisten nge-blog, engga cuma hura-hura saat bosan seperti aku, ha ha.

    1. Hai Mae dengan adanya algoritma google tuh makanya jadi lebih tepat sasaran kalau ada seseorang nyari artikel di google, kalau dulu kan pakai keyword pendek 1-2 kata, skrg yg bagusnya pakai long keyword. Oh ya kalau aku sih ga apa2 ada pengunjung numpang lewat, justru yg numpang lewat ini bisa naiikin trafik, asal numpang lewat konsisten angkanya tiap hari. Misal ada pencarian dari serach engine/google 500 aja sehari, trafik 1.000 an sdh pasti dapat deh. Mereka ketemu yg dicari, sambil lihat tampilan widget dikanan atau kiri, atau kalau ada “baca juga ..” mereka bisa baca artikel lainnya, makanya pencarian yg 500 dari google bisa jadi 2-3x lipatnya. Aku ada bikin blog lain, baru setahun trafiknya sdh 10x lipat. Memang ngejar target yg numpang lewat aja, ga ada blog followernya, dan ga ada yg komen, posting belum tentu sebulan sekali haha, dan nichie tsb ga mau kubikin ke blog pursuingmydreams ini krn bakalan bikin enek yg baca, dibilang ga jelas, tp postingan tsb banyak yg cari, makanya deh aku bikin blog lain.

      Kalau yg harus konsisten nulis teratur adalah blog yg sdh punya banyak follower, makin sering nulis, trafik makin bagus, sayangnya kalau waktu terbatas spt aku nih, bisa seminggu sekali aja posting sdh bagus 😀 .

    1. Ima untuk youtube kamu lihat analitik saluranmu, tema video apa yang dicari dan disenangi orang. Fokus bikin video tema itu dulu sampai lolos bisa dimonetasi lagi. Saluran berkebunku aku mulai mikir mau mengembangkannya tuh maret 2017, kala itu subs nya 300 an, aku nonton banyak tutorial pengembangan saluran youtube dan aku lakukan satu per satu petunjuknya. Mulai bikin chanell art, tumbnail video, end screen, kartu/link yg disisipkan ke video bagian kanan atas, bikin durasi video lebih panjang (diatas 2 menit) dll. Skrg sdh punya subs 10x lipat nya. Bisa baca lagi postingan ini deh 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers.

      1. yg paling bagus video ku potong rambut ? masa ku potong rambut tiap hari hahaha ? is oke sekedar nyimpen dokumentasi mbak nell aku nyari duitnya mending bikin woodcraft 1 jam bisa bikin 4 reindeer harga jual £10 satu reindeer jadi 1 jam woodcraft aku bisa dapet £40 ? well not everyday sold but good enought buat nabung ?

  9. Wah iya stats gw terjun bebas belakangan ini gara gara males posting hahahaha. Udh males dah mikirin stats. Kalo word ads walaupun gak gede tp masih lumayan stabil.

  10. wah mau banyak belajar nih dari mbak Nela.. hiks kadang maish bingung banyak nih saya stress traffik saya skrg 800-I000 an dulu I500an… ..harus banyak berbenah nih……… hiks.. main YT lebih banyak dapatnya ..

    1. Hai mba Siti, saya sih sdh pasrah dg trafik, sdh tahu polanya google. 2 minggu anjlok, 2 minggu naik hehe posting ga posting tulisan ga pengaruh 😀 . Blog makin banyak saingannya juga, klo artikel kita ga muncul di halaman 1 google, ya lebih sedikit trafiknya, krn orang2 yg cari artikel jarang buka halaman selain artikel2 di halaman 1 google. Klo ngeblog skrg perlu pakai long keyword/tag, ga bisa yg hanya 1-2 kata saja, klo saya biasanya survey singkat dulu nyari ekyword/tagsnya. Bisa baca postinganku ini caranya: 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya. Iyaaa youtube lagi bagus hasilnya bulan ini deh 😉 .

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: