Curhat Berkebun 2015 – Tulip dan Sakura

loading...

Curhat Berkebun 2015 – Tulip dan Sakura. Hai sahabat berkebun, mungkin kalian sudah merindukan update an kebun saya, jadi kali ini saya ingin cerita panjang. Bagi yang tidak suka berkebun boleh melihat-lihat foto-fotonya, siapa tahu ketularan jadi ikutan berkebun juga, sama-sama kita Go Green :mrgreen: .

Niat awalnya saya mau cerita langsung saja beberapa point di satu tulisan, ada mengenai bunga-bunga musim semi yang saya tanam, menyemai berbagai benih bunga dan sayuran, tanaman apa saja yang saya baru beli, dan pohon ceri tetangga yang bagus sekali saat bunganya bermekaran. Ternyata baru nulis mengenai tulip saja sudah panjang sekali. Supaya tidak bosan bacanya saya cerita mengenai nanam tulip dan sakura tetangga saja dulu.

1. Kzl bet
Kesal banget!. Jangan bilang saya bertanggan hijau, karena saya masih sering gagal saat menanam bibit tanaman berupa benih ataupun umbi. Niat hati mau melihat bunga tulip yang cantik beraneka warna, malah tidak berhasil karena banyak sekali tulipnya yang kering. Padahal saat terlihat bakal bunganya, saya senang sekali. Malang tak dapat ditolak, bakal bunganya kering sendiri 🙁 .

Awalnya tulip-tulip saya subur sekali, lihat daun-daunnya lebat dan sehat kan dan sudah keliatan bakal bunga bermunculan.

Curhat Berkebun 2015 – Tulip dan Sakura. Berbagai jenis tulip yang saya tanam ketika musim gugur 2014. Mulai tumbuh saat musim semi

Berbagai jenis tulip yang saya tanam ketika musim gugur 2014. Mulai tumbuh saat musim semi

 

Saya siram secara teratur, terkadang saya siram banyak, lalu sempat kena salju dan hujan beberapa hari pada bulan januari dan februari. Setelah kena hujan 3 harian tentu saja saya pindahkan ke tempat tidak kena hujan, lalu saya tutupi plastik yang lebar. Pokoknya banyaklah pengorbanan waktu dan tenaga yang saya berikan *gaya sok sibuk 😛 .

Ternyata ..

Sebagian tulip-tulip yang gagal alias kering dan tidak berbunga. Sedih banget hiks. Hyacinth pun gagal, bunganya tidak tinggi

Sebagian tulip-tulip yang gagal alias kering dan tidak berbunga. Sedih banget hiks. Hyacinth pun gagal, bunganya tidak tinggi

 

Foto diatas hanya sebagian kecil tulip-tulip yang sempat saya potret, termasuk hyacinth tahun ini banyak gagalnya. Kalau banyak gagal ya tidak perlu diabadikan semua, tinggal berpikir bagaimana tidak gagal lagi ketika mencoba menanam kembali.

Hyacinth tidak taruh diluar rumah, memang tanaman tersebut untuk dalam rumah. Gagalnya karena bunganya tidak tumbuh tinggi. Hal tersebut karena kurang air. Serba salah kalau nanam bibit (umbi) musim semi ini, kebanyakan air busuk. Kurang air kering.

3 tahun lalu saya menanam bibit-bibit tulip 90%nya berhasil numbuh. Lihat foto dibawah ini :

Selamat Datang Musim Semi di rumahku. Tamanku 15.02.2013

Selamat Datang Musim Semi di rumahku. Tamanku 15.02.2013

Kala itu saya nanam bibit-bibitnya saat musim gugur tahun 2012, musim semi 2013 nya tulip-tulip bermekaran.

Perlakuan apa yang berbeda dengan 3 tahun lalu hingga 2 tahun berturut-turut tulip-tulip saya gagal alias tidak mekar?.

Tahun 2012 semua bibit tulip saya rendam air 24 jam sebelum penanaman. Kalian bisa lihat semuanya bermekaran dengan cantik. 2 tahun belakangan ini bibit tidak saya rendam air sama sekali, atau kadang saya celupkan ke air, itupun takut kalau akan busuk.

Jadi setelah saya berpkir keras nih *gaya bener! 😛 Jadi disitulah letak kesalahan saya. Saya mengikuti katanya gardener di Indonesia supaya tidak merendam bibit/umbi tulipnya karena akan menyimpan air dan akan busuk.

Padahal yaaa saya tinggal di negara 4 musim, yang mana disini udaranya kering, kulit saya saja pecah-pecah sangking udaranya kering sekali. Nah sedangkan di Indonesia kebalikannya. Kalau gardener disana merendam umbi tulip ya kemungkinan besar akan busuk karena disana lembab.

Gila ya saya mikirnya sampai 2 tahun haha. Jadi musim gugur nanti saya akan rendam dulu bibit-bibit tulipnya baru ditanam.

Jadi kesimpulannya tiap gardener punya trik nya masing-masing bagaimana mereka memperlakukan bibit dan tanaman mereka.

Saya lebih memilih bisa melihat bibit (umbi) yang saya tanam berhasil berbunga dengan cantik, biar saja umbinya busuk asal bisa berbunga. Kalau gagal berbunga berarti sia-sia usaha saya. Bibit-bibit musim semi butuh 4-5 bulan sampai berbunga, bayangkan saja penantian saya begitu lama dan akhirnya seperti menelan pil pahit kegagalan 😥 .

 

Bagi yang ingin beli bibit tulip silakan klik bibit tulip 2015

2. Bunga-bunga musim semi yang berhasil mekar sempurna
Selain tulip ada juga dafodil, hyacint, krokus dan lainnya bunga musim semi. Berikut ini yang berhasil berbunga dan membuat hati saya berbunga-bunga 🙂 .

Tulip

Tulip Hitam yang berhasil mekar 2015. Aslinya tidak hitam pekat begini ko. Entah kenapa pas disorot atau dipotret kamera jadi hitam pekat warnanya.

Tulip Hitam yang berhasil mekar 2015. Aslinya tidak hitam pekat begini ko. Entah kenapa pas disorot atau dipotret kamera jadi hitam pekat warnanya.

 

Tulip merah dan pink. yang pink itu dibilangnya warna salmon. Keduanya jenis xxl

Tulip merah dan pink. yang pink itu dibilangnya warna salmon. Keduanya jenis xxl

 

Hyacinthus

*klik gambar untuk melihat satu persatu

 

Krokus

Krokusnya cantik, bunganya besar

Krokusnya cantik, bunganya besar

 

Bunga musim semi yang namanya Fritillaria uva vulpis. Unik bentuk bunganya

Bunga musim semi yang namanya Fritillaria uva vulpis. Unik bentuk bunganya

 

Dafodil

*klik gambar untuk melihat satu persatu

 

3. Bunga musim semi di Indonesia
Ha tulip, dafodil, hyacint nanam di Indonesia? negara tropis, mimpi kali ye!”. Mungkin kamu yang belum tahu akan komen begitu. Namun lihat dong gambar dibawah ini :mrgreen: .

Bunga-bunga musim semi milik bro Diwan di Tanjung pinang, ini nanam di Indonesia lohh bisa numbuh kan, hebat deh yang berhasil membungakan bibit umbi bunga musim semi seperti tulip

Bunga-bunga musim semi milik bro Diwan di Tanjung pinang, ini nanam di Indonesia lohh bisa numbuh kan, hebat deh yang berhasil membungakan bibit umbi bunga musim semi seperti tulip

Saya saja ngiri lihat hyacintnya bisa numbuh tinggi begitu. Punya saya banyak yang numbuh cuma bantet alias pendek, bunganya bersembunyi dibagian bawah.

Ada lagi mbak Hari di Gunungkidul, Yogyakarta tulip dan hyacintnya seperti dibawa ini:

Bunga musim semi di Gunungkidul, Yogyakarta

Bunga musim semi di Gunungkidul, Yogyakarta

Bunga musim semi di Gunungkidul, Yogyakarta

 

kalau mau lihat lengkapnya silakan mampir ke tulisan mbak Hari klik tulip dan hyacintnya di Yogyakarta dan February flower.

Sebenarnya ada beberapa sobat berkebun lagi yang sukses membungakan tulip di Indonesia, 2 contoh saja cukup ya. Atau kalau kamu berhasil membungakannya ayoo ikut komen di kolom komentar, sertakan link blog atau sosmed kamu mengenai bunga musim semi yang kamu tanam di Indonesia.

Kuncinya kalau mau berhasil nanam bibit umbi tulip, dafodil dan lainnya bunga musim semi, mau nanam di negara tropis seperti Indonesia, adalah umbinya (bulb) harus di cold treatment dahulu 3-4 bulan, yakni umbinya disimpan dalam kulkas. Setelah lewat waktu tersebut baru ditanam.

Diperlakukan begitu supaya sama dengan bulb yang ditanam di negara 4 musim. Bulbnya ditanam saat cuaca mulai dingin yakni musim gugur lalu melewati musim dingin yang ekstrim dan bibit baru akan numbu saat musim semi. Jadi kalau mau berhasil ya kita harus memperlakukan bibitnya sama seperti dinegara 4 musim.

Kalau mau baca penjelasan / cara lengkapnya silakan di Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta).

 

Bagi yang ingin beli bibit tulip silakan klik bibit tulip 2015

 

3. Sakura tetangga
Least but not last, pohon cherry tetangga saat berbunga cantik sekali.

Apakah bunga sakura sama dengan bunga pohon cherry? Jawabannya Iyaa. Bedanya kalau yang hanya pohon hias saja tidak menghasilkan buah.

Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Banyak varietas yang telah dibudidayakan digunakan sebagai tanaman hias jadi tidak menghasilkan buah. Itulah yang sering kita lihat di taman atau tepi jalan. Pohon-pohon cherry tersebut hanya berbunga dan tidak berbuah. Ceri yang dimakan umumnya berasal dari kultivar dari spesies Prunus avium dan Prunus cerasus.

Bunga pohon cherry tetanga memenuhi seluruh pohon <3 . Eh saya kan tidak pernah tegor sapa dengan tetangga pemilik pohon tersebut, karena mereka tetangga belakang, kapan saling lihat toh. Pasangan tersebut tidak negor saya, saya juga cuek bebek 😛 .

Foto kiri 03.04.2014 saat hamil 6 bulan. Kanan 18.04.2015 Benjamin 9 bulan

Foto kiri 03.04.2014 saat hamil 6 bulan. Kanan 18.04.2015 Benjamin 9 bulan

Foto kiri 03.04.2014 saat hamil 6 bulan. Kanan 18.04.2015 Benjamin 9 bulan

Nah waktu naik bus bulan lalu, ternyata si ibu satu bus dengan saya dan Ben, pas turun mau dibantuin angkat kereta dorong Ben, saya bilang tidak usah, saya bisa sendiri dan gampang banget nuruninnya, secara tiap hari turun naik bus gitu loh haha. Nah jadilah kita ngobrol bentar, si ibu bilang dia tetangga yang punya pohon cherry.

Hihi padahal saya sudah tahu ko, lalu saya tanya deh namanya. Ibu Maria namanya, nama keluarganya susah saya ingat maklumlah nama bule, saya bilang nama saya Nella. Di Jerman kalau kenalan pasti kasih tahu nama lengkap, sopannya pasti mereka akan panggil kita dengan nama keluarga. Ah saya ribet langsung saya bilang saya panggil Nella gampang toh. Ya udah siapa tahu nanti pas pohon cherry nya berbuah lebat dikasih seember, saya pasti senang hati menerima*ngarep 😀 .

Tahun lalu sebenarnya si ibu datang nganterin cherry, cuma saya tidak bukain pintu karena saya tidak tahu siapa yang datang, dan males aja kalau ternyata sales. Saya ngintip dari pintu dapur balkon, lah si ibu tetangga yang punya pohon cherry, mau nanya minta lagi kan malu hati dong haha.

Tidak perlu pergi jauh untuk me lihat bunga sakura, cukup ke balkon bisa lihat sakuranya tetanga. 17 april 2015. jam 19.42

Tidak perlu pergi jauh untuk me lihat bunga sakura, cukup ke balkon bisa lihat sakuranya tetanga. 17 april 2015. jam 19.42

Sampai disini dulu ceritanya ya. Happy Gardening dan Go Green yukk menghijaukan bumi kita :mrgreen: .

 

Baca juga:
Berdesakan melihat tulip di Keukenhof Belanda
Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)
Inilah The Queen of Night
Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon
Tulip Bermekaran di Taman Kota
Black Parrot – Tulip Kakatua Hitam
Memotret Bunga Tulip
Tulip Berbau Permen
Tanamanku Subur Menggila karena ..

*per 4 juni 2015 kolom komentar dinonaktifkan. Terima kasih buat teman-teman yang sudah berkomentar. Bagi yang mau komentar tidak bisa lagi, semoga di postingan berikutnya kita bisa bertegur sapa ya 😉 .

Advertisements

56 thoughts on “Curhat Berkebun 2015 – Tulip dan Sakura

  1. Selalu kagum dengan ketelatenan Jeng Nella, berkebun dengan kasih hasilnya bunga2 cantik. Mau sakura ataupun tulip datang aja yook ke balkon Emaknya Ben.
    Salam hijau

  2. Nella hebat deh, cakep cakep tanamannya…
    tampilan blog baru nih cieee…
    jadi enak dibaca, tulisan gede dan jelas …
    Maju terus blog Nella hehe

    • Makasih kak Bertha dibilang hebat hehe GR deh aku 😀 . Aku masih sering gagal ko, masih belajar terus berkebun.
      Iya kak tampilan baru nih, ga mau sering gonta ganti krn yg ini aja 2 jam setting sana sini haha.
      Theme sebelumnya itu kupakai dari April tahun lalu. Semoga tambah enak buat para pembaca 😉 .

  3. Rajin ya Nella, semangat…..
    kalo aku gak suka tanaman haha…
    tampilan blog baru ciieee, enak banget di mata, tulisan gede jelas…..semoga makin mantap nih blog Nella

  4. Mbak Nellaaa.. Please rid me of this jealousy.. XD
    Kapan ya kesampaian liyat bunga musim semi mekar di kebunku sendiri.
    Masa harus ke Jerman dulu, ngga kuku… T_T

    Salut buat perjuangan teman-teman di Indonesia yang bunga musim seminya sukses berbunga 🙂

  5. tetangga yang punya sakura itu keliatan pengen berteman ya Nel
    mungkin juga dia liat Nella senang bunga makanya mau dikasih

    jadi kepikiran kl sakuranya diawetin di buku terus dibuatin kartu ucapan pasti jadi cakep banget ya

    tulip hitamnya keen banget deh Nel

    • Aku sempat kepikiran mengawetkan bunga dan daun, bahkan pernah baca postingan seorang blogger ngumpulin daun-daun ditempel dibuku. Tapi sampai sekrang hanya sebatas kepengen belum kulakukan kak hehe. Aku pernah lihat iklan peralatan utk mengawetkan daun, alat ngepresnya, krn kak Monda bilang soal mengawetkan jd pengen juga 😀 .

  6. Selalu kagum sama kebun mbak Nella… ternyata di balik itu banyak ya pengorbanannya. Semoga saya bisa tertular sedikit ketelatenan mbak Nella… Semangat!

  7. elu mah udah kategori tangan hijau banget dah nel.. banyak banget gitu bunga2nya cakep2…

    kita nanem apa2 kok gak ada yagn tumbuh sama sekali ya. hahaha.

    • Itu mah yang cakep2nya dikumpulin Man, klo yg gagalnya gak kalah banyak ko, cuma gw males potret krn bikin kesel haha. Harus sabar sih klo berkebun, gagal sekali coba lagi dan lagi sampai berhasil 😀 .

  8. Wah aku suka Krokus bunganya kecil kecil tapi manis, aku pernah baca tulisan kamu soal tulip yang bisa tumbuh di indo tapi ribet buanget pakai masuk kulkas, tapi setelah muncul bunganya jadi terbayar sudah.

  9. indahnya…
    nggak nyangka bisa tumbuh secantik itu di dalam rumah

    komentar nggak konsisten, yg bener indah apa cantik

    😀

  10. wah bunga tulipnya yang berbunga cantik2, balkon mbak nella pasti meriah dengan banyaknya bunga yang mekar, jadi betah lama2 di balkon ngeliatin bunga. mudah-mudahan gak di cabutin Ben satu2,hahaha bisa sedih emaknya Ben :-D.
    Kalo ada orang yg ngebel/ngetuk pintu kalo saya gak kenal emang biasanya gak saya bukain juga mbak nella, tapi kalo yg ngetuk nganterin cerry se ember pasti saya bukain dgn senang hati 😀

    • Ga bisa lama-lama juga di balkon kan ada Ben, pasti rewel dia klo aku lama di balkon. Kadang Ben aku gendong sambil nyiram atau cek tanaman 😀 . Hahaha Ben pernah dilepas di balkon, langsung bongkar pot, setelah itu hanya boleh dia mandang balkon dari balik pintu kaca. Nah itu dia aku juga ga tau klo si ibu pohon cherry yg datang, soalnya aku pernah juga buka pintu ternyata sales, males kan nolaknya 😀 .

      • cara nolak sales ala saya begitu buka pintu sebelum salesnya ngomong panjang lebar saya langsung bilang saya gak bisa bahasa italia, langsung deh salesnya mundur teratur :-D.
        ya ampun Ben baru dilepas sebentar aja udah bongkar pot, pantesan cuma bisa liat dari balik pintu kaca,nanti kalo udah gedean dikit bantuin emaknya berkebun ya Ben 🙂

  11. Mama ben tulip itemnya cakep amat…
    Dafodil, bunga yang kelopaknya kalo kena air transparan bukan mama ben?
    Liat ben difoto terakhir,,, makin cakep aja abang kicik nie 🙂

  12. Cakepnya bunganya. Mba, aku kepo. Nanti bunganya dipetik terus jadi pajangan atau dibiarin mati sendiri di pot baru di gunting?

  13. Hebat banget mbaaaaa, :O

    aku ngerawat anggrek aja ga bisa, sama pernah ada beli tanaman apa gitu yang udah berdaun terus tiba tiba mati. setelah itu aku menyerah bikin bunga dari kertas aja hahaha…

    url azuminisa.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  14. Mbak Nela, apa kabar ?? aihhh Benjamin makin ganteng aja ya 🙂
    Aku memang ngga begitu suka bercocok tanam tapi selalu suka liat hasil fotonya mbak dengan bunga yang aduhai indahnya ….. gpp ya mbak 🙂

Comments are closed.