June 4, 2020

Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman

Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman. Hai pembaca setia, saya mau cerita-cerita masih seputar musim gugur. Sebenarnya sudah latepost karena videonya rekaman dari dari 13 November – 23 November 2018.Β  Ada video posting di youtube, sekalian posting di blog, supaya nih blog paling tidak ada isinya hehe.

Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman

  • Ketentuan mengambil jamur liar di Jerman

setelah baca-baca di Internet ternyata jamur liar di Jerman boleh diambil gratis loh!, nah ada ketentuannya gitu, yang mungkin buat sebagian kalangan tidak enak. Jadi kita bisa ambil jamurnya maksimal 1 kg, kalau kebanyakan dan ketahuan bisa ditangkap polisi.

Belum lama ini saya baca tulisannya kompasiana Gaganawati mengenai jamur liar yang boleh diambil. Jadi ada 2 orang kakek usia 67 dan 69 tahun ngumpulin/mengambil jamur liar dihutan sampai 19 kg, gilee bener banyak banget ya! πŸ˜€ .

Niat banget mereka, mau dikemanakan sebanyak itu?, apakah dijual?. Oalah ternyata malangnya perbuatan mereka diketahui polisi, mungkin ada tetangga yang lapor kali ya, jadilah kedua lansia ini kena kasus.

Mereka harus membayar denda yg kalau dirupiahkan 29 juta dan jamur liar yang 19 kg tersebut ikutan disita!. Kalau tertarik ceritanya silakan disini yaΒ Gara-gara Ngumpulin 19 Kg Jamur di Hutan, 2 Kakek Didenda 29 Juta.

Saya senang baca tulisan-tulisannya Gaganawati kompasiana yang tinggal di Jerman ini, pernah setahunan saya lupa berkunjung ke kompasiana.com, jadilah saya baca habis banyak sekali tulisan ibu Gaga.

Jamur Liar di Jerman
Jamur liar di Jerman. Bisa ambil jamurnya maksimal 1 kg, kalau kebanyakan dan ketahuan bisa ditangkap polisi

Foto jamur diatas (lihat video dibawah lebih jelas), jamurnya bagus banget dan terlihat bersih kan yaa, kalau yang numbuh sebelumnya mirip jamur kancing. Tahun depan saya mau ambil ah jamur seperti foto diatas.

Feelingku sih jamurnya aman alias jenis jamur liar yang bisa dikonsumsi. Nanti saya cari tahu dulu supaya yakin 100 persen hehe. Bagi yang tinggal di Jerman mau berburu jamur, saya nemu web ini Deutsche Gesellschaft fΓΌr MykologieΒ .

The German Society for Mycology (DGfM) asosiasi yang mewakili minat para ahli mikologi dan jamur di Jerman. Nanti saya mau baca-baca webnya, tahun depan pengen punya pengalaman aja berburu dan mencicipi jamur liar πŸ˜‰ .

Baca juga: Teka Teki Antara Keracunan Jamur Liar atau Keracunan Kerupuk Udang

  • Bermain dengan dedaunan kering musim gugur

Si Benjamin nih setiap kali lihat tumpukan dedaunan kering, pasti dia sepak!, padahal yang didepan rumah-rumah orang tuh ada yang memang sudah dirapihkan, dikumpulin gitu maksud saya, jadi nantinya cepat dimasukin ke karung atau tong sampah.

 

Musim gugur dedaunan rontok. Autumn has come
Musim Gugur telah tiba, dedaunan berguguran. Autumn has come

Kita kadang lihat ada bapak-bapak nyapu ngumpulin dedaunan didepan rumah dia, lalu saya tunjukin ke Benjamin, β€žtuh lihat daun-daunnya disapu, dikumpulin bapak itu, kamu sepak-sepak daunnya berantakan lagi!β€œ, namun sering juga dipinggir jalan gitu kan banyak pohon tinggi, pada rontok daunnya, nah saya memang tidak suka Benjamin sepak-sepak tuh dedaunan, apalagi setelah hujan deras, daun-daunnya kotor jadi sepatu si bocah kotor. Ada saatnya juga, saya diam ajalah, malas cerewet karena tidak melulu dia nurut. Sepatunya kotor, dia yang pakai sendiri haha.

6 Desember lalu diperingati sebagai hari Santo Nikolas (Nikolaustag), santo ini bukan santa klaus ya, namun sama pada perigatan Nikolaustag ini anak-anak juga mendapat hadiah. Tradisinya anak-anakmenaruh sepatu bootnya didepan pintu rumah pada tanggal 5 desember, nah pas tanggal 6 nya anak-anak mendapati sepatu boot mereka penuh hadiah.

Di TK nya Benjamin anak-anak bukan memberikan sepatu boot mereka, namun tiap anak mengumpulkan satu saja kaos kaki ukuran besar, lalu gurunya menggantung kaos kaki di Jendela. Kaos kakinya sudah dikumpulin sebelum minggu ke 4 November. Tahun lalu seingat saya dapat hadiahnya banyak, nah tahun ini ko seperti ada penghematan gitu haha.

Perayaaan Nikolaustag 6 desember
Perayaaan Nikolaustag 6 desember, dalam kaos kaki ada hadiahnya mulai apel, kacang walnus, jeruk juga coklat

Jadi isi kaos kakinya ada satu apel, satu jeruk kecil, coklat bentuk mirip Santo Nikolas dan 2 kacang walnuss. Tidak ada satupun yang dimakan Benjamin haha. Jeruk dikasih ke saya, apel dikasih adiknya, coklat dikasih ke bapaknya, kacangnya buat mainan. Ben sih sama sekali tidak protes, dia senang aja dapat hadiah walau dia tidak makan hadiahnya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Winter di Jerman

Video Pepohonan Mulai Gundul Namun Tetap Indah | MusimGugur 2018 di Jerman

 

  • Keadaan cuaca akhir musim gugur

Musim gugur begini gelap datang lebih awal, jam 5 sore sudah gelap gulita, dan 8 pagi baru mulai terang. Karena gelapnya lebih awal, si Benjamin seringkali prostes kenapa sudah gelap haha. Jam 7 pagi saat antar Benjamin ke TK suasana masih gelap gulita, dan matahari tidak setiap hari bersinar.

Hujan hampir setiap hari, kadang hujan deras, seringnya gerimis saja yang awet sepanjang hari, dan lagi-lagi di protes si Benjamin dong, kenapa hujan melulu dan matahari tidak kelihatan. Banyak yang depresi saat cuaca jelek begini. Makanya beruntung ya yang tinggal di negara tropis, bisa sepanjang tahun melihat mentari bersinar πŸ™‚ .

Secara kalender musim dingin tahun ini akan dimulai tanggal 21 Desember, selamat tinggal musim gugur deh, bakalan lebih dingin dan tidak enak lagi suasana musim dingin nantinya, kalau bisa memilih maunya kabur ke nagara yang hangat dulu, balik lagi pas musim semi, maka hati akan bahagia melihat matahari yang bersinar hehe.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Cerita Seru Tinggal di Jerman

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

28 thoughts on “Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman

  1. Kak, biasanya jamur hasil buruan itu digunakan untuk apa ya ?. Dibikin olahan masakankah ?.

    Adik Benyamin juga fasih bahasa Indonesiakah ?.
    Salam kenal ya buat adik Benyamin.

      1. Hai lagi, kak 😁
        Oh, aku jadi tau kalau jamur hasil berburu itu untuk dimasak, misalnya dimasak soup ya, kak …
        Ngomongin jamur, jadi teringat satu cerita dongeng anak-anak tentang jamur trouffle hehehe πŸ˜‰
        Dan itu kalau dijual pasti sangatlah mahal ya …

        Aku jadi bayangin aksen bicara adik Benyamin bicara dalam bahasa Indonesia.
        Pelan-pelan saja mengajari 2 bahasa, kak agar lebih mudah dicerna.
        Diajari juga bahasa Jawa, ya πŸ˜‰ …, contohnya bilang gini : matur nuwun … wwwkkkwwkk πŸ˜…

        1. Hai Himawan, iya bisa diolah buat masakan, termasuk sup ada yang dari jamur. Jamur truffle per 50 gr ada yg harganya Rp.3,3 juta πŸ˜€ .
          Sementara Ben dan Lisa belajar bhs Jerman dan Indonesia saja, klo sdh sekolah ada lagi pelajaran bhs Inggris πŸ˜€ .

  2. pantasan banyak bule bule gitu liburan ke daerah tropis pas musim dingin ya mbak. mereka stress juga kayaknya kalau cuacanya muram terus 😁

    1. Akupun stres Niee haha, eh Benjamin juga stress, dia nanya2 mulu ko sdh gelap ya, pdhl masih jam 4 sore, trus matahari ga sering bersinar, dlm seminggu klo sekali aja bersinar sdh baguslah itu, rasanya bahagia banget liat matahari haha πŸ˜€ .

      1. oia. untung mbak nella ingetin. aku tuh suka gonta ganti masih gravatarnya karena ada keperluan. tapi ini kok ya kelamaan aku gak ganti dan kelupaan. jadi komen di temen temen blogger juga kepake link yang lama. Aku baru ngeh kok gak ada yang balas komen aku ya. makanya aku cariin. hahahaha

    1. Hai bu Prih, sptnya tgl 21 des hari terakhir TK, seminggu belakangan Ben ga sekolah, batuk pilek dia, besok rencananya baru mau masuk TK lagi πŸ˜‰ . Aku sdh punya akun kompasiana bu, 5 thn lalu prnh posting bbrp artikel, cuma skrg ko ga pede lagi ya posting di sana hehe.

  3. Perayaan Nikolas itu sbnrnya apa ya mbak? bedanya sama santa claus apa? temen aku yg di jerman jg crt ada santa nikolas yg kasih coklat ke dalam kaos kaki anak kecil. hihihi.. ternyata yg diisi bukan cuma coklat ya? tp bisa juga kacang walnuts, jeruk.. Btw kakek – nenek yg kumpulin jamur itu, mgkn buat obat jg kali ya? dulu aku jg sempat terapi jamur (lupa jamur apa) di rebus, terus di minum dengan campuran gula batu, untuk obat asma.

    1. Hai Ristin Santo Nikolas dikenal sebagai santo yang sangat baik hati dan oleh karena itulah ia menjadi populer. Ada cerita mengenai dirinya yang menolong tiga orang gadis dengan memberi mereka uang supaya mereka bisa menikah. Karena kebaikannya, Nikolas dijadikan orang suci. Ada pihak yang mengatakan bahwa sisa-sisa jenazahnya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan secara ajaib, sehingga akhirnya dicuri dari makamnya di negara asalnya. Petunujuk historis pertama yang pasti mengenai Nikolas terdapat di gereja S. Priskus dan S. Nikolas yang didirikan oleh Kaisar Yustinianus di Konstantinopel. Penghormatan terhadap santo ini menyebar dan kerangka jenazahnya dipindahkan ke Bari, Italia Selatan. Figur Sinterklas yang membawa hadiah pada saat Natal merupakan sekularisasi tokoh Nikolas yang sebenarnya. Sumber wiki

      Hdiahnya sih macem2 ga cuma coklat, bisa aja barang yg diidapkan si anak. Ooohh baru tahu deh ternyata jamur bisa buat obat juga πŸ˜‰ .

      1. Wah, makasih banget udah di jelaskan tentang sejarahnya Nikolas, kebaikan dan berbaginya sangat kental. πŸ™‚

        Iya, waktu itu aku minum pake jamur itu sampe beberapa kali deh, aku masih SMP klo ga salah, tapi enak sih manis dan hangat gitu minumannya πŸ™‚

      1. wp reader kak. maksudnya tu habis klik baca lebih lanjut langsung menuju ke artikelnya

        kemaren ini gak bisa. kalo diklik jadi eror. nyoba ke pursuingmydream.com dulu baru bisa

  4. 19 kg 😱 itu untuk Christmas dinner bareng keluarga besar mungkin, jadi perlu banyak banget πŸ˜†. Aku penasarannya polisi tau dari manaaa… jahat bener mah kalau tetangga ngelaporin, udah kakek-kakek begitu, ha ha.

    1. Hai Mae iya yaaa mungkin buat makan malam bersama keluarga besar atau buat sekampung πŸ˜€ . Klo soal lapor atau mengadu, banyak di Jerman gitu Mae, emang sih niatnya mau aturan berjalan baik kali ya. Yg punya anjing aja klo ga bayar pajak anjing, diaduin sama tetangga ke petugas.

        1. Iya ada pajaknya satu anjing 90 euro/thn, punya 2 atau lebih jauh lebih mahal lagi pajaknya, bukan pajak 1 anjing dikali jumlahnya, malah jauh lebih mahal deh klo punya lebih dari 1 πŸ˜€ . Tapi klo kucing ga ada pajaknya.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: