Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman

Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman. Hai pembaca setia, saya mau cerita-cerita masih seputar musim gugur. Sebenarnya sudah latepost karena videonya rekaman dari dari 13 November – 23 November 2018.Β  Ada video posting di youtube, sekalian posting di blog, supaya nih blog paling tidak ada isinya hehe.

Cerita Musim Gugur Menjelang Musim Dingin di Jerman

  • Ketentuan mengambil jamur liar di Jerman

setelah baca-baca di Internet ternyata jamur liar di Jerman boleh diambil gratis loh!, nah ada ketentuannya gitu, yang mungkin buat sebagian kalangan tidak enak. Jadi kita bisa ambil jamurnya maksimal 1 kg, kalau kebanyakan dan ketahuan bisa ditangkap polisi.

Belum lama ini saya baca tulisannya kompasiana Gaganawati mengenai jamur liar yang boleh diambil. Jadi ada 2 orang kakek usia 67 dan 69 tahun ngumpulin/mengambil jamur liar dihutan sampai 19 kg, gilee bener banyak banget ya! πŸ˜€ .

Niat banget mereka, mau dikemanakan sebanyak itu?, apakah dijual?. Oalah ternyata malangnya perbuatan mereka diketahui polisi, mungkin ada tetangga yang lapor kali ya, jadilah kedua lansia ini kena kasus.

Mereka harus membayar denda yg kalau dirupiahkan 29 juta dan jamur liar yang 19 kg tersebut ikutan disita!. Kalau tertarik ceritanya silakan disini yaΒ Gara-gara Ngumpulin 19 Kg Jamur di Hutan, 2 Kakek Didenda 29 Juta.

Saya senang baca tulisan-tulisannya Gaganawati kompasiana yang tinggal di Jerman ini, pernah setahunan saya lupa berkunjung ke kompasiana.com, jadilah saya baca habis banyak sekali tulisan ibu Gaga.

Jamur Liar di Jerman

Jamur liar di Jerman. Bisa ambil jamurnya maksimal 1 kg, kalau kebanyakan dan ketahuan bisa ditangkap polisi

Foto jamur diatas (lihat video dibawah lebih jelas), jamurnya bagus banget dan terlihat bersih kan yaa, kalau yang numbuh sebelumnya mirip jamur kancing. Tahun depan saya mau ambil ah jamur seperti foto diatas.

Feelingku sih jamurnya aman alias jenis jamur liar yang bisa dikonsumsi. Nanti saya cari tahu dulu supaya yakin 100 persen hehe. Bagi yang tinggal di Jerman mau berburu jamur, saya nemu web ini Deutsche Gesellschaft fΓΌr MykologieΒ .

The German Society for Mycology (DGfM) asosiasi yang mewakili minat para ahli mikologi dan jamur di Jerman. Nanti saya mau baca-baca webnya, tahun depan pengen punya pengalaman aja berburu dan mencicipi jamur liar πŸ˜‰ .

Baca juga: Teka Teki Antara Keracunan Jamur Liar atau Keracunan Kerupuk Udang

  • Bermain dengan dedaunan kering musim gugur

Si Benjamin nih setiap kali lihat tumpukan dedaunan kering, pasti dia sepak!, padahal yang didepan rumah-rumah orang tuh ada yang memang sudah dirapihkan, dikumpulin gitu maksud saya, jadi nantinya cepat dimasukin ke karung atau tong sampah.

 

Musim gugur dedaunan rontok. Autumn has come

Musim Gugur telah tiba, dedaunan berguguran. Autumn has come

Kita kadang lihat ada bapak-bapak nyapu ngumpulin dedaunan didepan rumah dia, lalu saya tunjukin ke Benjamin, β€žtuh lihat daun-daunnya disapu, dikumpulin bapak itu, kamu sepak-sepak daunnya berantakan lagi!β€œ, namun sering juga dipinggir jalan gitu kan banyak pohon tinggi, pada rontok daunnya, nah saya memang tidak suka Benjamin sepak-sepak tuh dedaunan, apalagi setelah hujan deras, daun-daunnya kotor jadi sepatu si bocah kotor. Ada saatnya juga, saya diam ajalah, malas cerewet karena tidak melulu dia nurut. Sepatunya kotor, dia yang pakai sendiri haha.

6 Desember lalu diperingati sebagai hari Santo Nikolas (Nikolaustag), santo ini bukan santa klaus ya, namun sama pada perigatan Nikolaustag ini anak-anak juga mendapat hadiah. Tradisinya anak-anakmenaruh sepatu bootnya didepan pintu rumah pada tanggal 5 desember, nah pas tanggal 6 nya anak-anak mendapati sepatu boot mereka penuh hadiah.

Di TK nya Benjamin anak-anak bukan memberikan sepatu boot mereka, namun tiap anak mengumpulkan satu saja kaos kaki ukuran besar, lalu gurunya menggantung kaos kaki di Jendela. Kaos kakinya sudah dikumpulin sebelum minggu ke 4 November. Tahun lalu seingat saya dapat hadiahnya banyak, nah tahun ini ko seperti ada penghematan gitu haha.

Perayaaan Nikolaustag 6 desember

Perayaaan Nikolaustag 6 desember, dalam kaos kaki ada hadiahnya mulai apel, kacang walnus, jeruk juga coklat

Jadi isi kaos kakinya ada satu apel, satu jeruk kecil, coklat bentuk mirip Santo Nikolas dan 2 kacang walnuss. Tidak ada satupun yang dimakan Benjamin haha. Jeruk dikasih ke saya, apel dikasih adiknya, coklat dikasih ke bapaknya, kacangnya buat mainan. Ben sih sama sekali tidak protes, dia senang aja dapat hadiah walau dia tidak makan hadiahnya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Winter di Jerman

Video Pepohonan Mulai Gundul Namun Tetap Indah | MusimGugur 2018 di Jerman

 

  • Keadaan cuaca akhir musim gugur

Musim gugur begini gelap datang lebih awal, jam 5 sore sudah gelap gulita, dan 8 pagi baru mulai terang. Karena gelapnya lebih awal, si Benjamin seringkali prostes kenapa sudah gelap haha. Jam 7 pagi saat antar Benjamin ke TK suasana masih gelap gulita, dan matahari tidak setiap hari bersinar.

Hujan hampir setiap hari, kadang hujan deras, seringnya gerimis saja yang awet sepanjang hari, dan lagi-lagi di protes si Benjamin dong, kenapa hujan melulu dan matahari tidak kelihatan. Banyak yang depresi saat cuaca jelek begini. Makanya beruntung ya yang tinggal di negara tropis, bisa sepanjang tahun melihat mentari bersinar πŸ™‚ .

Secara kalender musim dingin tahun ini akan dimulai tanggal 21 Desember, selamat tinggal musim gugur deh, bakalan lebih dingin dan tidak enak lagi suasana musim dingin nantinya, kalau bisa memilih maunya kabur ke nagara yang hangat dulu, balik lagi pas musim semi, maka hati akan bahagia melihat matahari yang bersinar hehe.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Cerita Seru Tinggal di Jerman

Advertisements

28 Comments

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: