Cara Merawat Bunga Lili Tiger Agar Berbunga Tiap Tahun

Cara Merawat Bunga Lili Tiger Agar Berbunga Tiap Tahun. Postingan ini dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya dan saya revisi. Halo sobat berkebun, khususnya kamu yang suka dengan bunga lili. Apakah kamu sudah pernah menanam atau paling tidak melihat bunga lili jenis macan (tigrinum)?.

Cara Merawat Bunga Lili Tiger Agar Berbunga Tiap Tahun

Bunga bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily.

Setiap jenis bunga bakung memiliki arti yang berbeda. Tetapi arti yang paling umum arti bunga lily adalah kemurnian dan kesuburan. Keindahan bunga lili yang manis dan polos melambangkan asosiasi antara kehidupan yang murni dan kelahiran kembali. Meski artinya bisa berbeda tergantung warna bunga lily nya.

 

Tulisan Terkini

Tigrinum lily. Tiger lili orange

Tigrinum lily. Tiger lili orange saya tanam dari umbi nya

Lilium lancifolium (syn. L. tigrinum) adalah spesies lily Asia, asli Cina, Jepang, Korea, dan Timur Jauh Rusia. Tanaman ini ditanam secara luas sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna oranye dan hitam mencolok.

Sebagian besar Tiger Lily ini dapat dimakan oleh manusia tetapi semua bagiannya beracun bagi kucing, menyebabkan gagal ginjal kucing. … Di seluruh Internet ada peringatan mengerikan bahwa serbuk sari Lilium lancifolium (alias Lilium tigrinum) beracun, artinya akan membuat manusia muntah dan keadaan sangat buruk.”

Keterangan bunga lily beracun untuk kucing

Sebagian besar Tiger Lily ini dapat dimakan oleh manusia tetapi semua bagiannya beracun bagi kucing, menyebabkan gagal ginjal kucing

Bingung ga sih kalau baca palagraf begitu, haha katanya bisa dimakan tapi juga beracun?. Jadi sebagian besar lily tiger memang bisa dimakan dan tentunya adapula yang beracun, jadi kita harus tahu benar jenis mana yang aman dan yang mana beracun. Cara makannya dilepas helaian umbinya lalu diolah jadi masakan. Kalau saya sih sayang makan bunga lily karena mahal haha.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Amaryllis Berbunga Kembali

Apa yang dilambangkan Tiger Lilies?

Bunga lili Tiger (harimau) oranye melambangkan kepercayaan diri, kebanggaan, dan kekayaan. Bunga lili kuning melambangkan rasa terima kasih dan keinginan untuk kesenangan.

Bunga lili adalah tanaman perenial artinya bisa berbunga lagi tahun berikutnya, tentunya jika benar perawatannya, kalau tidak bagus merawatnya umbi yang awalnya besar saat kita beli akan mengecil setelah berbunga, nah kalau umbi lily nya mengecil tidak bisa tanamannya mengeluarkan bunga tahun berikutnya, jadi perlu di rawat lebih lanjut.

 

Saya ingin berbagi pengalaman bagaimana supaya bunga lili berbunga setiap tahunnya:

  • Setelah masa berbunganya selesai, potong batang, bekas kelopak bunganya. Hal ini dilakukan supaya tidak muncul pod (buah)nya alias bakal benih bunganya. Kenapa harus dipotong?, Karena kalau terbentuk pod nya akan menyerap banyak nutrisi umbi lilinya. Kecuali kalau kamu mau budidaya ya silakan saja dibiarkan terbentuknya buah bunganya. Kalau tidak budidaya repot sekali merawat benih bunga lili.
  • Daun tanamannya biarkan saja jangan dipotong, pelihara dengan baik. Daun yang hijau dan sehat akan memberikan bakal bunga yang baik tahun berikutnya. Daun-daun tanaman lili akan menyerap sinar matahari melalui proses fotosintesa dan menyimpan nutrisi pada umbinya untuk bakal bunga tahun depannya.
  • Penyiraman dan pemupukan tetap dilakukan teratur.
  • Kalau dari awal tanamannya tahan kena sinar matahari ya teruskan saja. Seperti lili tiger merah saya tahan kena matahari terik, namun kalau lagi berbunga sebaiknya taruh tempat teduh supaya bunganya mekarnya lebih lama. Kalau saat berbunga kena terik sinar matahari pengalaman saya bunganya hanya bertahan 3 hari, sedangkan lili lain yang saya taruh tempat teduh tahan semingguan.
  • Biarkan daun-daunnya tumbuh selama 4-6 bulan. Baru setelahnya potnya dibongkar dan potong batangnya sampai dekat umbi. Kalau saya bongkar pot bunga lily saat menjelang winter. Lili tidak tahan musim dingin. Setelah saya potong batang dan daun-daunnya, saya tanam ulang dan saya taruh di greenhouse.
  • Penyiraman selama musim dingin paling saya lakukan sebulan sekali, jangan sampai berlebihan karena umbinya akan busuk.
Buah bunga lili bibit biji lily

Foto Kiri buah bunga lili, isinya benih/biji lili- Lily flower seed pods- ; Foto kanan benih bunga lily saat buahnya dibuka-flower lily seeds. Pod Lili tiger king pete

Beberapa fakta unik mengenai bunga lili tiger ini antara lain:
• Nama ilmiahnya adalah Lilium lancifolium atau Lilium tigrinum.
• Dinamakan lili macan karena adanya titik-titik hitam dibunganya, jadi terlihat seperti totol macan.
• Pada tahun 2002 memenangkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit. Penghargaan ini diberikan untuk tanaman dengan konstitusi sehat, bentuk stabil dan ketahanannya terhadap hama.
• Lili tiger ini tahan panas. Saat summer balkon rumahku pernah hingga 38 derajat C dan tanamannya masih tumbuh dengan baik dan daunnya tetap segar.
• Kalau dijadikan bunga potong bisa tahan hingga 2 minggu.
• Walaupun dijadikan bunga potong, dikagumi karena keunikan dan keindahannya, namun hati-hati ya serbuk sarinya beracun. Bisa menyebabkan susah tidur dan muntah.
• Semua bagian lili tiger beracun untuk kucing. Jadi hati-hati kalau kamu menanam bunga ini sekaligus pelihara kucing juga.
• Lili tiger sangat tahan terhadap penyakit tanaman.

Bunga Lili warna kuning. Lili tiger king pete nanam dari umbinya

Bunga Lili warna kuning. Lili tiger king pete nanam dari umbinya

 

Video Cantiknya Bunga Tiger Lily Red Life

 

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

Demikianlah cerita saya mengenai Cara Merawat Bunga Lili Tiger Agar Berbunga Tiap Tahun. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: