Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan komedo hitam dan putih dengan bahan alami. Komedo hitam dan komedo putih sebenarnya sama saja terbentuk karena minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Minyak tersebut mengeras bersama kotoran dan bakteri lalu menjadi sebuah komedo.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Bahan Alami. Sumber gambar jdsremedies.com

Yang membedakan komedo hitam dan komedo putih adalah komedo hitam tidak tertutup lapisan kulit sehingga mengalami proses oksidasi yang membuat komedo tersebut berubah warna menjadi hitam.

Komedo hitam akan terasa lebih kasar dan lebih sulit untuk dihilangkan dibandingkan dengan komedo putih. Komedo biasanya akan lebih banyak muncul pada masa pubertas. Pada masa tersebut hormon menjadi tidak stabil dan menghasilkan minyak yang berlebih.

Minyak yang berlebih tersebut terus menempel pada kulit wajah, bercampur dengan kotoran dan bakteri sehingga menyebabkan timbulnya komedo. Oleh karena itu untuk menghindari menumpuknya lemak pada wajah pada saat pubertas, rutinlah untuk menjaga kebersihan wajah dengan cara rajin mencuci muka menggunakan sabun pembersih.

Menghilangkan komedo hitam dan putih dengan bahan alami

Bahan alami memang dipercaya mampu mengatasi komedo dengan lebih aman secara permanen. Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan komedo tidak akan menimbulkan rasa sakit dan sangat minim resiko iritasi ataupun alergi.

  • Gel Lidah Buaya adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam dan putih. Lidah buaya biasanya dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut dan mencegah rambut dari kerontokan. Namun sebenarnya lidah buaya juga memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo yang menempel pada wajah.Caranya adalah bersihkan dahulu wajah sebelum menggunakan lidah buaya. Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, usahakan lidah buaya yang akan digunakan adalah lidah buaya yang baru saja dipetik. Oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian wajah terutama pada bagian yang sering menjadi tempat menumpuknya komedo seperti hidung, bawah bibir dan pipi. Setelah selesai, bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk.

 

  • Putih Telur merupakan bahan alami lainnya yang juga dapat digunakan menghilangkan komedo. Cara menggunakannya adalah pecahkan satu butir telur dan pisahkan antara kuning telur dan putih telur. Kocok bagian putih telur yang sudah dipisahkan hingga mengembang dan gunakan sebagai masker. Oleskan masker tersebut pada bagian wajah yang memiliki komedo dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air. Akan lebih baik jika saat membilas wajah air yang digunakan adalah air hangat.

 

  • Buah Pepaya. Selain kedua bahan tersebut di atas, Anda juga dapat menggunakan buah pepaya untuk menghilangkan komedo. Caranya menggunakannya adalah haluskan daging buah pepaya yang sudah matang sebanyak satu cangkir. Campurkan 1 sendok kopi ke dalam buah pepaya yang sudah diihaluskan tersebut hingga membantu seperti adonan pasta. Setelah itu oleskan adonan yang sudah mirip pasta ke seluruh bagian wajah terutama pada bagian wajah yang memiliki komedo berlebih.

Mengapa memilih menggunakan bahan alami?

Bahan alami memang lebih aman digunakan untuk membantu proses menghilangkan komedo yang menumpuk pada wajah. Menggunakan bahan alami tidak akan menimbulkan rasa sakit pada prosesmya. Terkadang beberapa cara yang digunakan untuk menghilangkan komedo adalah cara yang menyakitkan dan cenderung berbahaya.

Menggunakan bahan alami akan memberikan hasil yang permanen meskipun cara kerjanya secara perlahan. Bahan alami juga tidak akan memberikan efek samping seperti iritasi atau alergi. Selain itu bahan-bahan alami dapat lebih mudah untuk didapatkan dan harganya cenderung lebih ekonomis.

Nah demikian tadi beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa saya bagi. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk selalu bersabar dalam semua proses pengobatan agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

 


Tentang Penulis:

Imam Fahrudin Adalah seorang ayah satu anak yang menyukai aktivitas blogging dan menulis tentang kesehatan.

Alamat : Tulungagung, Jawa Timur

Blog: http://www.manfaatcaramengatasi.com

Advertisements
Advertisements

7 Comments

  1. Glentina Pasaribu February 20, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 20, 2018
  2. adelinatampubolon August 24, 2017
  3. Imam Fahrudin August 20, 2017
  4. andreas August 18, 2017
  5. indah nuria Savitri August 17, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: