Cara Bikin Video Reaksi di Youtube Bisa Dimonetisasi Tidak Kena KLAIM HAK CIPTA

Cara Bikin Video Reaksi di Youtube Bisa Dimonetisasi Tidak Kena KLAIM HAK CIPTA. Adakah yang sering baca QUORA? Saya ngikuti Quora Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris untuk tema Jerman, blog dan Youtube. Di Quora biasanya saya suka jawab-jawab saja, belum pernah bikin pertanyaan. Siapa tahu ada yang belum tahu mengenai Quora nih.

Baca juga: Agung Hapsah Jarang Upload Kenapa Selalu Trending? 3 Penyebab Video Trending di Youtube

Apakah quora itu?. Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan pada tahap beta privat di bulan Desember 2009. Situs ini mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010. Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu dan memperbolehkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban

Cara Bikin Video Reaksi di Youtube Bisa Dimonetisasi Tidak Kena KLAIM HAK CIPTA

Beberapa waktu lalu saya dapat pertanyaan di Quora Indonesia. Entah kenapa seringkali ada aja yang nanya ke saya, paling sering seputar Youtube dan blogging seperti tema yang saya suka.

Tulisan Terkini

Kalau ada waktu saya jawab, seringnya lupa buka emailnya lagi karena baca-baca email masuk sebelum tidur haha ..

Kali ini yang ditanyain ke saya begini: “Apakah video reaksi di YouTube bisa dimonetisasi?”

Jawaban saya bisa dan tidak.  Hal tersebut tergantung pemilik asli video yang kita buat reaksinya. Saya mau beri contoh dari pengalaman saya saja, cara membuat video reaksi di Youtube:

    • Tahun 2019 saya banyak buat video reaksi tentang Claudia Emmanuela Santoso yang ikutan The voice of Germany, saya bikin video reaksi sejak Claudia ikut blind audisi hingga menang final TVOG 2019. Dari beberapa video reaksi hanya satu kali pernah tidak bisa dimonetisasi. Video reaksi yang bisa di monetisasi bentuk videonya saya sisipkan thumbail gambar/video Claudia di pojok video saat saya bicara (dalam video full wajah saya). Hanya thumbnail kecil saja Claudia nya dan suara video thumbnail tsb saya matikan. Tidak ada tulisan logo stasiun TV di thumbnail tersebut. Thumbnail video hanya durasi singkat saja kurang 1 menit. Baca juga: Claudia Emanuela Santoso Pemenang The Voice of Germany 2019
    • Di waktu lain saya malas nonggolin wajah, jadi saya bikin video hasil rekaman Claudia dari TV saya, begitu di upload ke Youtube, langsung ke deteksi dan muncul pemberitahuan di klaim hak cipta oleh stasiun TV Jerman dan tidak bisa dimonetisasi, lalu saya buat video baru dengan format seperti saya jelaskan diatas.
    • Tahun 2019 juga untuk tayangan DSDS Jerman Idol, saya buat video reaksi orang Indonesia yang ikutan Jerman Idol. Format video reaksi seperti yang saya lakukan pada video reaksi TVOG, dimana wajah saya bicara ukuran penuh dengan thumbail video di pojok video saya. Ternyata langsung ke detek oleh Youtube di beritahu kalau video saya di klaim hak cipta oleh salah satu TV Jerman (RTL). Pada thumbnail/gambar video ukuran sangat kecil saja dan durasi dibawah 1 menit, sama seperti yang saya bikin pada video reaksi TVOG. Karena sayang videonya kalau saya hapus, dan saya tidak peduli duit monetisasi, jadi saya biarkan video tetap tayang di Youtube namun tidak bisa dimonetisasi. Kalau tidak bisa di dimonetisasi ya mending iklan di non aktifkan kalau tidak rela duitnya dialihkan ke yang klaim video kita, namun terkadang aktif atau tidak duit iklan akan diambil oleh pemilik asli video tersebut..
    • Terakhir kali, di akhir tahun 2019 saya buat video reaksi Dance Monkey yang di populerkan Tones and I, dan videoku tersebut bisa di monetisasi tidak kena klaim hak cipta dari siapapun. Thumbanil video hasil rekam dari youtube nya Tones and I.

Video Agar Video Reaksi di Youtube Bisa Dimonetisasi Tidak Kena KLAIM HAK CIPTA

 

Baca juga3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

Kalau mau aman bikin video reaksi, sebaiknya tidak memasukkan apapun ke dalam video kita, kalau terpaksa banget mau nunjukkin sesuatu ya lebih baik bikin thumbnail screenshot gambar saja bukan video. Pada video deskripsi kita cantumkan link video asli dari artis yang kita buat video reaksinya, supaya yang mau nonton lebih lanjut bisa langsung ke video aslinya.

Demikianlah share saya mengenai: Cara membuat video reaction tanpa copyright. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan Youtuber lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan blog Pursuingmydreams berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers

One Response

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen November 4, 2020
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: