Bunga Bawang Bombay dan Daun Bawang Hasil Nanam Sayur Sisa Dapur

Bunga Bawang Bombay dan Daun Bawang Hasil Nanam Sayur Sisa dapur. Hai sobat berkebun saya ingin perlihatkan bunga bawang bombay, daun bawang dan tanaman bawang prei yang mekar di kebun balkon saya. Tanaman bawang-bawangan tersebut hasil menanam sayuran sisa dapur, khusus yang bawang Bombay karena dua bawangnya sudah numbuh daunnya agak panjang, maka saya tanam sajalah daripada dipakai untuk masak kan sudah ada bagian daun (hijau) nya sampai ke akar, mungkin rasanya sudah berubah.

Bunga Bawang Bombay dan Daun Bawang Hasil Nanam Sayur Sisa dapur

Bawang prei yang berbunga ini, hasil nanam tahun lalu. Hebat nih tanamannya tahan menghadapi dinginya winter. Saya biarkan saja di potnya eh musim semi numbuh dan summer ini berbunga. Ukuran bunga bawang prei paling besar dibanding daun bawang dan bawang bombay.

Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam masakan Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Tulisan Terkini

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Bawang prei (Allium ampeloprasum atau Allium porrum) tergolong dalam genus Allium yakni keluarga bawang.

bunga daun bawang prei

Bawang prei (Allium ampeloprasum atau Allium porrum) tergolong dalam genus Allium yakni keluarga bawang. Sebelah kiri sebelum kepala bunga terbuka, foto kanan bunganya mekar sempurna, lama-lama akan terbentuk bibit/biji benih yang bisa kita tanam nantinya

Bawang bombai biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya.

Disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

Baca juga: Sayur Pak Coy Kenapa Pahit?

 

Daun Bawang Berbunga dan Menghasilkan Benih, apa yang harus dilakukan?

Tidak seperti kebanyakan sayuran kebun yang berbunga dahulu lalu menghasilkan buah (timun, tomat, cabe dll), nah saat daun bawang berbunga lalu menghasilkan biji, selanjutnya tanamannya akan mati.

Jika kamu ingin mencoba menanam daun bawang, bawang bombay dan bawang prei untuk musim tanam berikutnya, biarkan beberapa tanaman sampai bawang berbunga. Setelah berbunga, kumpulkan benih dan simpan untuk ditanam tahun berikutnya.

Bentuk bunga bawang Prei

Jika kamu seperti saya yang penasaran  seperti apa bentuk bunga daun bawang dan bunga bawang prei, kamu akan terkejut betapa indahnya daun bawang saat berbunga 🙂 . Kalau kamu pernah nanam bibit umbi bunga musim semi Allium, jangan heran kalau bunga daun bawang akan mirip terutama karena mereka termasuk dalam keluarga allium. Berikut ini adalah beberapa karakteristik kepala bunga daun bawang dan bunga-bunga yang secara bertahap muncul:

  • Kepala berbentuk bulat dengan tampilan yang elegan
  • Lapisan kulit luar di kepala akan mengering dan terbuka
  • Miniatur bunga ungu dan putih yang membentuk bola berbentuk pom-pom
  • Bunga memiliki bau bawang, saat awal mekar belum tercium bau bawangnya, setelah beberapa hari kemudian baru tercium.

 

Video Bunga Bawang Bombay dan Daun Bawang Sayur Sisa Dapur

Kapan Daun bawang berbunga?

Bawang daun akan menghasilkan benih di dekat akhir masa hidup tanamannya. Ketika hal ini terjadi, daun bawang menjadi keras dan pahit. Suhu yang hangat, atau memberikan terlalu banyak pupuk juga menyebabkan daun bawang berbunga.

Jika kamu tidak ingin daun bawang atau bawang prei berbunga, segera panen/potong dan pergunakan daun bawang begitu mulai agak panjang, sisakan hanya sekitar satu atau dua cm diatas tanah, nanti tanamannya akan tumbuh terus daunnya.

 

Cara Mengumpulkan Biji dari Bunga daun bawang

  • Sangat mudah untuk mengumpulkan benih dari daun bawang dan menyimpannya untuk digunakan di masa depan. Setelah daun bawang prei berkembang, biarkan di tangkai sampai benar-benar kering.
  • Perhatikan saat bunga mulai kering karena akhirnya bungkusnya akan terbuka, dan benih akan mulai berjatuhan.
  • kita bisa mengenali bijinya dengan bentuknya yang hitam dan segitiga.
  • Saat kita memotong bonggol bunga yang kering, siapkan wadah atau kantong kertas di bawahnya, sehingga kita tidak kehilangan benihnya.
  • Metode lain untuk mengumpulkan biji bawang adalah dengan mengikat kantong kertas di atas bonggol bunga ketika melihatnya mulai mengering. Saat bonggol bunga terbuka, bijinya akan jatuh ke dalam kantong.
  • Jika tidak ingin mengambil risiko biji bawang akan berjatuhan, kita bisa memotong tangkai bunga dan menyimpannya di kantong, biarkan benih daun bawang kering di dalam kantong kertas.

 

Baca juga: Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

 

Demikianlah cerita saya mengenai Bunga Bawang Bombay dan Daun Bawang Hasil Nanam Sayur Sisa Dapur. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta berkebun lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

11 Comments

  1. wulanwahyudi Juli 6, 2020
  2. denaldd Juli 5, 2020
  3. jessmite Juli 5, 2020
  4. wulanwahyudi Juli 5, 2020
  5. Nandito Silaen Juli 4, 2020
  6. Nandito Silaen Juli 3, 2020
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: